7 Social Media Analytics Tools Terbaik untuk Mengetahui Performa Medsos

Anisa 20 Des 2023 5 Menit 0

Ada beberapa rekomendasi social media analytics tools yang dapat digunakan untuk melihat capaian kinerja serta performa media sosial. Sebut saja seperti Tailwind, Sprout Social, Databox, Quintly, dan lain-lain.

Alat analisis media sosial tersebut berfungsi untuk melihat capaian kinerja dan performa media sosial dalam memasarkan produk, jasa, atau pun brand lewat konten.

Seperti yang kamu ketahui, selain menggunakan social media management tools untuk mengelola konten medsos, diperlukan pula software untuk mengukur tingkat efektivitas dan efisiensinya.

Nah, apa saja tools social media analytics yang direkomendasikan bagi perusahaan kecil dan menengah (UMKM), perusahaan besar, usaha franchise (waralaba), organisasi nonprofit, dan lainnya?

Silakan simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Apa itu Social Media Analytic Tool?

Social Media Analytics Tool adalah alat atau software yang berfungsi untuk mengukur kinerja dan menganalisis performa bisnis lewat konten, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman sekaligus dalam merencanakan strategi pemasaran.

Perencanaan strategi ini meliputi penjadwalan konten pakai social media management tools, memilih influencer yang cocok dengan citra brand, optimasi iklan dan konten, serta tindakan yang mengarah pada peningkatan brand awareness lewat social media listening tools.

Dengan adanya social media analytic tools ini, setiap perusahaan bisa menganalisis tingkat efektivitas dan efisiensi dari pemasaran yang telah mereka kembangkan lewat media sosial.

Jika ternyata pemasaran yang dilakukan lewat dunia maya dirasa memberikan dampak pertumbuhan bagi bisnis, maka perusahaan akan mengambil tindakan lebih lanjut. Mulai dari merencanakan strategi bisnis yang tepat, kemudian menerapkannya.

Nah, untuk mengetahui alat atau software social media analytics yang digunakan oleh pebisnis, kamu bisa menyimak review di berikut ini.

2. Daftar Rekomendasi Social Media Analytics Tools untuk Pebisnis

Berikut ini merupakan daftar social media analytics tools yang direkomendasikan untuk bisnis:

2.7. Statusbrew

Pengertian social media analytic tool

Statusbrew adalah software untuk menganalisis kinerja dan performa media sosial secara akurat, real time, dan lengkap melalui template yang bisa dipilih secara bebas oleh pengguna.

Tool ini sangat direkomendasikan untuk perusahaan kecil (small business), usaha franchise, wirausahawan, content creator, bahkan perusahaan besar sekali pun karena matrik yang disuguhkan oleh Statusbrew cukup lengkap.

Mulai dari laporan performa, overview jaringan, insight brand, performa video, capaian organik vs berbayar, demografi audiens, kompetitor, dan masih banyak lagi.

Uniknya, laporan pada dashboard Statusbrew bisa ditinjau tiap hari, minggu, per bulan, bahkan per tahun sesuai dengan keinginan pengguna lewat model kustomisasi. Fitur ini tentu berbeda dengan sejumlah social media analytics tools yang menyajikan data minimal per bulan.

Jadi, Statusbrew bisa dikatakan ramah pengguna (user friendly) dan biaya berlangganan tiap bulannya tergolong sangat terjangkau bila dibandingkan software lain. Contoh saja paket lite yang perbulan hanya dibanderol $69 atau 1.071.000 (per 20 Desember 2023) untuk dua pengguna dalam satu akun.

2.6. Dash Hudson

Social media analytics tools untuk content creator

Dash Hudson sebernanya adalah social media management platform yang juga menyediakan produk untuk menganalisis berbagai platfrom seperti Instagram, X, Facebook, TikTok, YouTube, dan Pinterest dengan cara yang praktis.

Mengapa praktis? Analisis yang dikembangkan oleh Dash Hudson bukan berbentuk laporan jadul atau seperti ketikan manual di spreed sheet, melainkan matrik yang dilengkapi visualisasi menarik serta mudah dipahami.

Selain itu Dash Hudson juga didukung teknologi AI, sehingga dapat dioptimalkan oleh pengguna untuk menghemat biaya, mengenali risiko ketika menerapkan kampanye bisnis, serta menyempurnakan strategi bisnis perusahaan.

Keunggulan lain dari Dash Hudson yakni pengguna dapat membuat laporan dari berbagai brand dan channel dalam satu halaman dashboard saja.

2.5. Quintly

Social media analytics tools paling recommended

Quintly adalah social media analytic tool yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh data lengkap dari media sosial, menganalisisnya, dan melihat perkembangan kompetitor setiap waktu.

Alat ini terbilang sangat direkomendasikan bagi para profesional yang menginginkan kualitas, fleksibilitas, kustomisasi dashboard, teknologi canggih, dan melacak ratusan akun atau profil dalam satu dashboard.

Dengan menggunakan Quintly, kamu bisa menganalisis kinerja bisnis atau pemasaran setiap bulannya, mendapat informasi brand yang bisa dijadikan sebagai rujukan atau kolaborasi, kesempatan mendapatkan klien atau pelanggan baru, hingga memberikan dampak positif di media sosial.

Nah, sejauh ini beberapa brand yang sudah menggunakan Quintly antara lain, Samsung; msi; Coca Cola; asos; accenture; dan lain-lain.

Mengapa pilih Quintly? Karena kamu bisa membuat atau mengatur laporan kinerja dan performa bisnis secara otomatis hingga ekspor laporan ke dalam beragam ekstensi seperti PNG, JPG, PDF, XSLX, dan lain-lain.

2.4. Rival IQ

Arti social media analytics tool

Salah satu social media analytics tools yang kami rekomendasikan yaitu Rival IQ, terutama bagi kamu yang ingin mengetahui sekaligus mengalahkan pesaing utama lewat media sosial.

Rival IQ adalah software yang menyediakan fitur praktis untuk menangani berbagai kasus seperti menganalisis kompetitor, menganalisis konten di media sosial, mengaudit sosial media, serta mengetahui apa yang sedang dibicarakan publik di dunia maya (social listening).

Tools ini sangat disarankan bagi perusahaan di bidang produksi maupun jasa, industri kesehatan dan kecantikan, nonprofit organisasi, dan kelompok higher end.

Kekurangan dari tool ini terletak pada jaringan media sosial yang didukung cukup terbatas, yakni hanya Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIN, TikTok, dan YouTube.

Namun cukup ampuh jika kamu benar-benar fokus ingin mengalahkan kompetitor yang paling mendominasi atau sulit dikalahkan di sektor produk bisnis yang sama dengan milikmu.

Misalnya, kamu ingin buka usaha seblak kekinian agar ramai pembeli dan ingin membuat versi frozennya. Namun ternyata ada beberapa kompetitor yang sudah dipercaya publik terlebih dahulu.

Nah, kalau kamu mau mengalahkan pesaing-pesaing tersebut, coba gunakan Rival IQ.

2.3. Sprout Social

Jenis jenis social media analytics tool

Sprout Social adalah perangkat lunak yang menyediakan fitur analisis pada seluruh media sosial yang digunakan oleh perusahaan agar menghasilkan keputusan serta strategi pemasaran yang tepat sasaran.

Perlu diketahui, alat ini memiliki banyak manfaat bagi para pebisnis, seperti:

  • Mempelajari dan menganalisis minat/kebutuhan/selera pelanggan
  • Melakukan identifikasi pasar untuk mengetahui tren, inovasi, dan pregeseran gaya hidup masyarakat
  • Menghitung dan menganalisis ROI untuk mengetahui seberapa efektif kampanye yang dijalankan lewat media sosial
  • Merencakan strategi dan praktik pemasaran yang lebih baik

Keunikan dari Sprout Social yakni adanya fitur untuk menyederhanakan laporan dan membuat pengguna bisa melihat analisis kinerja serta performa bisnis dari sudut pandang lain.

Misalnya melihat kinerja dari bagan & grafik, serta memisahkan antara hasil kinerja organik dan berbayar (menggunakan biaya untuk iklan).

2.2. Databox

Databox adalah satu dari sekian social media analytics tools yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan, menganalisis, dan membuat laporan kinerja serta performa bisnis perusahaan secara lengkap.

Halaman khusus media sosial ini akan menampilkan jumlah capaian (reachment) akun atau konten, banyaknya jumlah klik, interaksi, dan sebagainya. Semua akan ditampilkan oleh sistem lewat metrik pada dashboard.

Databox ini masuk dalam daftar tools yang dipakai untuk mengetahui engagement setiap influencers di berbagai dunia. Jadi, kalau kamu mau bikin ide konten lebaran yang viral, coba pilih influencer dengan engagement tinggi lewat fitur Databox.

Apa keunggulan Databox? Software ini terintegrasi dengan 75 ribu software, termasuk Google Analytic dan pengguna dapat menghubungkannya dengan metrik serta data yang dipilih untuk mengukur tingkat kinerja konten (pemasaran bisnis perusahaannya).

Sebagai pengguna, kamu juga bisa melihat peluang paling besar melalui saluran (channel pemasaran) dan data pemasaran yang ditampilkan oleh Databox.

2.1. Tailwind

Macam macam social media analytics tools

Sebenarnya Tailwind lebih cocok disebut sebagai social media dan email marketing tools, akan tetapi situs ini juga menyediakan alat analisis social media bagi pengguna yang ingin menganalisis seluruh platform media sosialnya secara sederhana, jelas, dan mudah.

Sampai saat ini, satu Juta brand dan perusahaan kecil (UMKM) banyak yang menggunakan Tailwind untuk mengukur kampanye iklan dan konten mereka di media sosial. Sebut saja seperti Shopify, Jenny Yoo, SERENA & LILLY, dan sebagainya.

Apalagi Tailwind juga ber-partner atau bekerja sama dengan Meta dan Pinterest untuk menghasilkan analisis data yang lebih akurat serta reliable.

Nah, keunggulan Tailwind ini adalah sangat mudah digunakan oleh pebisnis pemula atau brand anyar karena mereka harus seorang expertis atau bisa dibilang tidak memerlukan pengetahuan khusus mengenai matematika untuk mengkalkulasikan laporan angka yang muncul setiap bulannya.

Selain itu, laporan yang sudah keluar setiap bulannya dapat dieskpor ke platform lain dan dianalisis bersama tim di kantor untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat ke depannya.

Bagi kamu yang mau merumuskan strategi pemasaran untuk UMKM dan UKM, coba untuk permulaan gunakan Tailwind.

Kesimpulan

Demikian rekomendasi social media analytics tools yang menurut kami cukup mudah digunakan, ringan dioperasikan di PC/laptop, dan menyediakan beragam fitur menarik untuk mendukung konten-konten kamu.

Kami juga merekomendasikan kamu aplikasi AI yang populer untuk membantu mengembangkan bisnis agar mencapai pertumbuhan yang signifikan di masa depan.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *