Profil Pendiri Shopee: Forrest Li Masuk Nominasi Orang Terkaya Di Dunia

Diterbitkan pada
18 November 2021
Waktu membaca
4 Menit

Kesuksesan yang telah diraih pendiri Shopee yaitu Forrest Li, tentu tidak langsung datang dalam sekejap mata. Terdapat kisah dan pengalaman hidup yang telah dilewati oleh Foresst Li dari pahitnya kehidupan hingga menjadi seseorang yang hebat.

CEO dari Shopee ini merupakan satu dari sekian banyak orang sukses di dunia yang membawa pengaruh besar dalam perekonomian Internasional. Lewat bisnis yang telah dirintisnya sejak lama, ia dapat menjadi contoh role model dalam dunia ecommerce.

Nah, penasaran profil lengkap, sejarah, hingga jumlah kekayaan yang telah diraih Forrest Li ini? Langsung saja kita simak informasi selengkapnya berikut ini.

Profil Pendiri Shopee & Sejarah Berdiri Shopee

Forrest Li atau juga sering disebut Li Xiaodong merupakan CEO Shopee yang lahir di Tianjin China pada tahun 1978 (43 tahun). Namun, Li memilih untuk pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Singapura. Li pernah berkuliah di jurusan Teknik Universitas Shanghai dan kemudian melanjutkan Master jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Standford.

Tahun 2009, dengan bimbingan dari perusahaan besar China (Tancent), Li mulai mendirikan perusahaan Garena. Namun, kemudian Garena diganti menjadi Sea Ltd (Southeast Asia) karena tempat berdirinya Garena.

Kemudian Sea Ltd melebarkan sayapnya dan mulai melahirkan bisnis e-commerce yaitu Shopee. Di perusahaan Sea Ltd juga menciptakan layanan keuangan yaitu Air Pay, namun kemudian berganti nama menjadi SeaMoney.

Layanan keuangan dompet digital SeaMoney telah melonjak naik 150% dari tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut mencapai 4,1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp. 58,5 triliun. Pada bulan Agustus 2021, Li mengatakan bahwa SeaMoney telah mencapai 2,3 miliar atau setara dengan Rp. 32 triliun.

Baca juga konten terkait ini :

Kapan Berdirinya Shopee?

Tahun 2015, Shopee resmi berdiri di Singapura. Pada tahun itu juga Shopee langsung melebarkan sayapnya ke negara-negara tetangga yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina.

Shopee melakukan open kemitraan yang telah banyak bekerjasama dengan 70 lebih layanan jasa kurir yang tersedia di berbagai titik negara. Saat ini Shopee tidak hanya fokus ke penjualan online tapi sampai dengan pengantaran makanan online atau biasa disebut Shopee Food.

Maka, dengan bekerjasama dari berbagai jasa kurir logistik lokal, hingga jasa transportasi online, Shopee mampu mendongkrak perekonomian di dunia.

Dimana Letak Kantor Shopee?

Tahukah kamu letak kantor utama Shopee? Jawabannya di Singapura! Setelah berdirinya kantor utama Shope di Singapura, kemudian melakukan perluasan di berbagai Negara ASEAN dan membuka kantor cabang di Negara tersebut.

Nah, tahukah kamu letak kantor pusat Shopee di Indonesia? Letaknya yaitu di Wisma 77 Tower 2 lantai 11, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 77 Slipi, palmerah. Jakarta Barat, 11410.

Shopee di indonesia juga mulai berdiri pada tahun 2015, tepatnya bulan Desember.  Forrest Li mendirikan Shopee di Indonesia alasanya karena penduduk terbanyak di Asia Tenggara dan juga pengguna akses internet yang tumbuh amat pesat.

Awal masuk Shopee di Indonesia, masyarakat Indonesia langsung tergiur untuk download aplikasi Shopee. Yang sangat menggetkan yaitu pada tahun pertama Shopee datang di Indonesia, telah di install 1 juta pengguna. Seiring berjalannya waktu selama 4 tahun ini sudah mencapai 100 juta pengguna.

Bagaimana bisa Shopee langsung diterima masyarakat Indonesia? Karena banyak promo menarik yang memikat mereka salah satunya yaitu “Gratis Ongkir”. Promo lain yang juga sangat dinantikan pengguna yaitu pada saat event Harbolnas atau tanggal cantik. Misalnya saat ini sedang event belanja promo 11.11 dan akan menyambut promo 12.12. Pada saat kamu belanja pada event ini akan banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan. Jangan sampai kalian tidak klaim gratis ongkir dan ketinggalan event Harbolnas ini ya!

Tujuan Berdirinya Shopee

Berdirinya suatu perusahaan pasti ada tujuannya. Nah berikut ini beberapa tujuan berdirinya Shopee :

  • Memudahkan pengguna (penjual dan pembeli) untuk saling bertemu dalam satu platform secara online.
  • Untuk memenuhi segala kebutuhan konsumen.
  • Meningkatkan perekonomian di dunia.
  • Memperluas jangkauan pengguna Shopee.

Dari tujuan-tujuan yang ingin dicapai diatas, tentunya ada target pasar yang harus tepat. Disini, Shopee menargetkan ke pengguna yang menggunakan internet.

Dengan target pasar yang tepat, saat ini Shopee telah menjadi ecommerce terbesar yang berdiri di Asia tenggara. Tentunya saat ini di Indonesia juga telah bermunculan ecommerce lain seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak.

Saat ini telah terbukti, Shopee mampu meningkatkan perekonomian di Indonesia. Banyak orang yang menggunakannya untuk jualan di Shopee hingga bisa masuk ke luar negeri. Hal itu tentu akan berguna untuk mengenalkan produk dalam negeri yang sangat bervariasi.

Untuk kamu sebagai pembeli Shopee, dan belum tahu cara menggunkannya yuk kunjungi halaman ini ya, cara belanja di Shopee untuk pemula.

Kekayaan Yang Telah Diraih Pendiri Shopee

kekayaan pendiri shopee

Kamu pasti bertanya-tanya, berapa sih kekayaan pemilik Shopee? Pastinya banyak banget dong! Forrest Li selaku pendiri Shopee, telah dinobatkan sebagai salah satu orang paling kaya di Singapura. Bahkan total kekayaan yang dimilikinya mencapai 20,2 miliar US dolar atau setara dengan Rp. 287,7 triliun.

Jumlah kekayaan yang telah dicapai tidak hanya dari Shopee, melainkan dari Sea Group Ltd juga. Forrest Li menempati urutan ke 98, predikat orang paling kaya di dunia.

Setelah penyimpanan Sea’s America meningkat sebanyak 67% pada tahun 2021,  kekayaan Forrest Li juga mengalami kenaikan yang drastis. Kekayaan Forrest Li sudah melewati Goh Cheng Liang (Bos Cat Nippon Paint) dan Midray (Bos perusahaan kesehatan Singapura).

Lihat Juga : 

Penutup

Diatas sudah kami berikan informasi profil Foresst Li CEO Shopee, sejarah, hingga jumlah kekayaan yang telah dicapai pendiri Shopee. Sangat lengkap bukan? Tentunya untuk mencapai sebuah kesuksesan perlu ada pengorbanan yang keras ya!

Sampai disini dulu ya pembahasan kali ini. Jika masih belum paham, bisa kamu tulis pertanyaan kamu di “kolom komentar” dibawah. Yuk share artikel ini ke teman-teman kamu melalui tombol share sosial media. Dan jangan lupa untuk membaca artikel informatif lainnya hanya di Pintarjualan. Sekian dari kami, semoga dapat bermanfaat ~

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *