Cara Menjadi Star Seller Shopee : Syarat, Kriteria, & Biaya Admin [Terbaru]

Diterbitkan pada
16 November 2021
Waktu membaca
8 Menit

Bagi kamu pengguna setia Shopee atau sedang jualan di Shopee, pasti tidak asing lagi dengan istilah Star Seller Shopee. Kali ini kita akan mengulas cara menjadi Star Seller Shopee, Kriteria, Syarat, Biaya Admin dan masih banyak lagi.

Sebagian penjual di platform ecommerce Shopee, berlomba-lomba untuk mendapatkan predikat Star Seller Shopee. Mengapa demikian? karena predikat tersebut akan menarik pembeli lebih banyak.

Dengan predikat Star Seller Shopee, toko tersebut menunjukan bahwa mempunyai pelayanan yang baik dan dapat dipercaya. Sangat menguntungkan bagi penjual kan? Jadi tak heran jika pembeli memilih toko yang mempunyai predikat Star Seller.

Jika saat ini kamu berjualan di Shopee dan ingin menjadi Star Seller Shopee, kalian bisa ikuti panduan lengkap dibawah ini ya! Jangan lupa untuk klik tanda Bookmarks (⭐) dibagian pojok kanan atas website, supaya kamu tidak perlu mencari artikel ini lagi.

Mengenal Apa Itu Star Seller Shopee?

Sebelum masuk ke pembahasan inti cara menjadi Star Seller Shopee, yuk kenalan dulu Star Seller Shopee itu apa sih?

  Star Seller Shopee merupakan predikat atau bentuk apresiasi dari pihak Shopee kepada penjual aktif Shopee yang telah memenuhi syarat dan kriteria terbaik sebagai penjual.

Tanda seorang penjual berstatus Star Seller yaitu terdapat tulisan Star Seller pada toko miliknya. Penjual akan semakin percaya diri, bersemangat, dan termotivasi untuk terus meningkatkan penjualan di Shopee.

Kentungan Menjadi Star Seller Shopee

Banyak keuntungan yang kamu dapat jika kamu terpilih menjadi Star Seller Shopee. Keuntungan tersebut akan kami ulas dibawah ini :

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Reputasi Penjual

Seorang calon pembeli di  yang akan belanja di Shopee biasanya akan memilih membeli barang di toko yang mempunyai kualitas dan ulasan yang baik. Dengan Status Star Seller, sudah sangat membuktikan bahwa toko penjual tersebut dapat dipercaya.

Pembeli pada saat akan membeli barang tentunya akan mengecek dahulu, apakah bertanda Star Seller atau tidak. Pastinya sebagai pembeli akan memilih toko yang berpredikat Star Seller. Sebagai penjual Star Seller kalian juga harus meningkatkan kualitas produk, jangan sampai ulasan yang kamu dapatkan negatif.

Sebagai penjual, jangan sampai kamu tiba-tiba membatalkan pesanan di Shopee ya! Hal itu akan berdampak buruk terhadap reputasi toko kamu. Pastikan kamu selalu update stok barang yang kamu jual setiap harinya.

2. Pembeli Bertambah & Omset Meningkat

Tentu saja karena keuntungan kredibilitas yang dijelaskan diatas, maka akan semakin banyak pembeli yang melirik dan menjatuhkan pilihan di toko kamu. Semakin banyak pembeli, tentunya semakin banyak omset penjualan yang kamu terima.

Kuncinya, terus tingkatkan pelayanan terbaik dan kualitas produk toko kamu. Supaya pembeli akan menjadi pelanggan setia di toko kamu.

3. Berkesempatan Mendapatkan Promo Menarik

Banyak sekali promo yang tersedia di Shopee. Mulai dari diskon produk, cashback, voucher, hingga gratis ongkir. Pembeli akan sangat senang belanja di Shopee karena mendapatkan promo tersebut.

Sebagai Star Seller, keuntungan yang akan kamu dapatkan yaitu berkesempatan terlibat dalam promo khusus tersebut. Dengan memanfaatkan promo tersebut, akan semakin meroket penjualan kamu.

Syarat & Kriteria Menjadi Star Seller Shopee

Tidak mudah untuk mendapatkan predikat menjadi Star Seller Shopee. Ada beberapa syarat dan kriteria yang harus kamu tempuh untuk menjadi penjual yang terbaik.

Apa saja kriteria dan syaratnya? Yuk simak kriteria menjadi penjual Star Seller Shopee berikut ini :

  • Mempunyai KTP yang sudah terdaftar dan terverifikasi oleh Shopee.
  • Membangun rekor penjualan yang banyak.
  • Melayani pembeli dengan baik dan cepat.
  • Menindaklanjuti semua pesanan dengan cepat dan tepat.
  • Mematuhi semua kebijakan sebagai Penjual Shopee.
  • Persentase toko dan produk sangat bagus dan tinggi.
  • Presentase chat dibalas lebih dari 70%.
  • Penilaian toko lebih dari 4.5.
  • Minimal jumlah transaksi yang telah selesai lebih dari 30 pesanan dalam 1 bulan.
  • Pendapatan bersih dalam 1 bulan terakhir lebih dari 20jt.
  • Melayani pesanan lebih dari 10 pembeli yang berbeda pada 1 bulan terakhir.
  • Poin penalti toko kurang dari 2 poin.

Lihat juga artikel terkait lainnya disini :

Daftar Produk yang Dilarang Dijual

Sampai disini sudah cukup paham kan? Setelah memahami syarat dan kriteria menjadi Star Seller Shopee, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui jenis produk apa saja yang tidak boleh dijual sebagai penjual Star Seller.

Nah, langsung saja kita simak dibawah ini daftar produk yang dilarang untuk dijual sebagai penjual star seller :

  • Tidak mempunyai izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) khususnya produk obat, vitamin, perawatan kulit (skin care), lensa kontak (softlens), dan parfum oles.
  • Produk kesehatan berupa obat pil/cream yang tidak ada resep dokter atau merupakan racikan sendiri.
  • Produk obat bius, obat kuat, penggugur kandungan, perangsang.
  • Obat-obat terlarang (narkoba), rokok, minuman keras.
  • Produk kemasan ulang dan share in jar (dikemas dalam bentuk yang lebih kecil), yang berdampak negatif terhadap kesehatan, kecuali produk tersebut telah diizinkan oleh pabrik yang bersangkutan.
  • Parfum tanpa merk dan bibit parfum abal-abal.
  • Produk MLM (Multi Level Marketing) yang tidak berizin.
  • Voucher fisik dan non fisik yaitu seperti voucher pulsa, tiket, belanja, top up game, donasi, streaming.
  • Produk jimat, benda keramat yang bersifat mistis.
  • Jasa titip, jasa sewa, jasa impor yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan Shopee.
  • Barang rekondisi, replika, dan barang bekas tanpa keterangan kondisi barang tersebut.

Cara Melihat Jika Terpilih Menjadi Star Seller Shopee

Toko yang telah memenuhi syarat dan kriteria sesuai yang disebutkan diatas, pasti akan mendapatkan undangan dari pihak Shopee.

Undangan tersebut berupa notifikasi dari Shopee pada akun kamu. Lalu, bagaimana cara melihat jika kamu terpilih sebagai penjual Star Seller Shopee? Nah, kamu dapat mengikuti panduan dibawah ini ya!

1. Cek Notifikasi

  • Buka akun Shopee pada smartphone.
  • Tekan “Notifikasi”.
  • Kemudian tekan “Notifikasi Toko”.
  • Tekan “Performa Toko”.
  • Klik notifikasi “Program Star”.
  • Baca instruksinya dan ikuti langkah selanjutnya.

2. Pastikan Sudah Upload KTP

Setelah cek notifikasi di akun kamu dan kamu berhasil berkesempatan gabung menjadi Star Seller Shopee, pastikan kamu sudah upload KTP.

Cara upload KTP sangat mudah, dapat melalui aplikasi Shopee maupun Seller Centre. Jika kamu belum melakukan upload KTP, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini :

  • Upload KTP Melalui Aplikasi Shopee

Upload ktp star seller

Centang rincian yang diperlukan diatas, kemudian klik “Upload KTP”. Ikuti panduan cara melakukan upload KTP dan pastikan foto kamu terlihat dengan jelas seperti panduan dibawah ini.

verifikasi ktp star seller

Setelah memasukkan Nama, NIK, Upload KTP, dan Foto diri memegang KTP, kamu akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran pada halaman Program Star.

  • Upload KTP Melalui Seller Centre

upload ktp seller centre

Kunjungi halaman “Program Star”, kemudian klik “Updoad KTP” dan ikuti instruksi seperti panduan upload KTP melalui aplikasi Shopee.

Baca Juga :

3. Periksa Status Verifikasi KTP

Setelah melakukan upload KTP pada langkah diatas, selanjutnya untuk menjadi Star Seller Shopee yaitu memeriksa status verifikasi KTP. Jika KTP kamu telah diverifikasi, maka kamu akan dapat langsung bergabung dalam Program Star di minggu berikutnya.

Periksa melalui Seller Centre maupun pada aplikasi Shopee. Dibawah ini contoh tampilan jika kamu telah diverifikasi dan mulai bergabung.

  • Program Star pada Aplikasi Shopee

status verifikasi ktp star seller shopee

  • Program Star pada Seller Centre

verifikasi ktp program seller center

 

Note : Setelah melakukan verifikasi KTP, periksa secara berkala pada halaman Program Star untuk mengetahui bahwa kamu disetujui atau tidak.

Biaya Administrasi Star Seller Shopee

Benarkah menjadi Star Seller Shopee ada biaya administrasinya? Lalu, berapa biayanya? Bagaimana perhitungannya? Yuk, simak informasinya berikut!

Biaya administrasi yang dikenakan untuk penjual Program Star yaitu sebesar 2% (disc 20% biaya administrasi yaitu 2.5%) atau 1.25% kategori tertentu*

Untuk melihat kategori apa saja yang berlaku untuk mendapatkan biaya administrasi, bisa cek disini Kategori produk.

FYI, biaya administrasi akan dipotong secara otomatis di aplikasi Shopee pada saat uang penjualan diterima ke penjual. Jadi, penjual tidak akan kena potongan lagi pada ongkir, diskon produk, dan voucher dari Program Star Seller.

Penjual yang mengikuti program ini dapat langsung mengecek biaya administrasi pada halaman rincian pesanan & penghasilan, dan dapat diakses melalui aplikasi Shopee maupun Seller Centre.

Sistem perhitungan dari biaya administrasi untuk Program Star adalah sebagai berikut :

(Harga Asli-Diskon Produk yang ditanggung penjual) x 2% atau 1.25%(kategori tertentu).

Jika masih bingung, kalian dapat melihat illustrasi biaya administrasi berikut ini :

biaya administrasi star seller shopee

Tips Menjadi Star Seller di Shopee

Pada penjelasan diatas sudah kami jelaskan secara lengkap panduan menjadi Star Seller di Shopee hingga biaya administrasi yang ditanggung. Namun, kamu perlu memahami juga jika kamu belum mendapat undangan program Star Seller, apa sih yang harus dilakukan?

Jika penasaran tips menjadi Star Seller di Shopee, yuk simak cara cepat agar kamu dapat mendapat undangan dalam waktu yang singkat di Program Star Seller berikut :

1. Ramah dan Sopan kepada Calon Pembeli

Kunci utama dari toko yang mendapatkan predikat Star Seller adalah, melayani dengan ramah dan sopan. Hal ini penting dilakukan dan penjual sering menganggap sepele. Pelayanan yang terbaik akan membuat pembeli merasa senang dan ingin membeli lagi.

Cara untuk melayani pembeli agar kamu dapat cepat mendapatkan predikat Star Seller yaitu :

  • Balas chat dengan fast respon.
  • Balas chat dengan bahasa yang sopan dan ramah.
  • Terima segala kritikan dan pembeli.
  • Tidak membeda-bedakan pembeli.

2. Harga Sesuai Kualitas

Selain kualitas dari produk kamu, harga juga menjadi penentu untuk dipertimbangkan calon pembeli. Tentunya pembeli akan memilih produk yang harganya lebih murah dibandingkan toko lain.

Sebagai penjual, kamu tentu jangan langsung menurunkan harga ya! Tunjukan kualitas produk kamu lebih unggul dari toko lain dan harga akan mengikuti kualitas yang kamu jaminkan.

Jangan memaksakan untuk memasang harga yang murah dan nantinya kamu akan rugi ya! Pasanglah harga yang mampu untuk bersaing sesuai kualitas produk kamu.

3. Promo, Cashback, Diskon, Voucher

Hampir semua pembeli mengincar promo dan diskon yang sedang trend. Kamu dapat melakukan pemberian promo untuk strategi penjualan dalam toko kamu.

Kalau kamu tidak berani untuk melakukan promo, maka dapat dipastikan toko kamu akan tertinggal dengan kompetitor lain. Berikut ini contoh strategi promo yang dapat kamu gunakan dalam toko kamu :

  • Tambahkan bonus barang untuk maksimal pembelian sekian ribu.
  • Buy 1 Get 1 untuk produk tertentu.
  • Voucher belanja.
  • Voucher gratis ongkir.
  • Diskon sekian % untuk produk yang tidak terlalu laku.

Dengan melakukan strategi promo diatas, maka toko kamu akan mengalami penjualan yang meningkat. Toko kamu juga akan semakin cepat mendapatkan predikat Star Seller.

4. Bio, Deskripsi, Foto yang Menarik

Tips yang terakhir yaitu gunakan bio, deskripsi, dan foto yang menarik. Cara untuk mendapatkan calon pembeli yaitu salah satunya dari visual toko kamu. Berikut ini beberapa tips-tips yang dapat kamu praktekkan :

  • Nama toko yang tepat dan mudah diingat.
  • Logo yang menarik.
  • Tambahkan deskripsi toko yang informatif dan unik.
  • Foto produk yang high resolution agar terlihat profesional.

Penutup

Pada ulasan diatas sudah kami sampaikan cara menjadi star seller dari syarat, kriteria, hingga biaya administrasi. Bagaimana, cukup paham bukan? Meskipun tidak mudah untuk mendapatkan predikat Star Seller, kamu dapat mengikuti tips yang sudah dijelaskan diatas.

Saran kami, tetaplah meningkatkan kualitas produk dan pelayanan untuk pembeli. Banyaklah cari pengalaman dari teman yang sudah mendapatkan undangan Star Seller di Shopee. Dengan begitu, kesempatan kamu akan semakin terbuka.

Oh ya, jika kamu mengalami kendala dalam melakukan verifikasi Program Star Seller kamu dapat menghubungi Call Center Shopee ya! Dan sampaikan keluhan apa saja yang kamu alami. Pihak Shopee akan segera memproses kendala kamu kok, jadi jangan khawatir ya!

Demikianlah pembahasan kali ini, jika kamu ingin bertanya mengenai Star Seller di Shopee atau ingin menambahkan kamu, kamu bisa tulis di kolom komentar. Jika kamu tertarik dengan artikel dari Pintarjualan, jangan lupa untuk ikuti perkembangan kami dan follow instagram kami di @PintarJualan.id.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *