Banyak pembeli khawatir soal pengiriman terlambat, hilang, atau bahkan rusak; begitu juga penjual barang yang tak luput dari pertanyaan, “Kak, kok barangnya belum sampai?” Maka tidak heran, jika komplain SiCepat Ekspres masih terus berlanjut.
Kalau kamu ingin segera mendapat tanggapan dari CS SiCepat untuk kejelasannya, baca laman ini sampai akhir ya. Karena kami sudah merangkum cukup banyak materi, meliputi:
- Persiapan sebelum menghubungi Customer Care SiCepat Ekspres,
- Media yang dapat kamu gunakan untuk menyampaikan keluhan,
- Tips agar pengiriman berikutnya dapat berjalan lancar tanpa hambatan.
Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti bisa kamu temukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling mudah: persiapan.
(Penting) Sebelum Komplain ke SiCepat
Pastikan, sebelum menghubungi CS SiCepat untuk komplain, kamu sudah melakukan 2 hal ini: (1) Rutin lacak paket, (2) Mencatat kendala yang ada.
Cek Resi SiCepat Ekspres Secara Rutin
Sebelum komplain, pastikan dulu status terakhir pengiriman paketnya. Untuk itu, ikuti langkah cara cek resi SiCepat di bawah.
- Buka laman berikut â pluginongkoskirim.com/cek-resi
- Pada opsi Pilih Kurir, silakan pilih SiCepat.
- Pada opsi Nomor Resi, isikan nomor resi/AWB yang kamu dapat.
- Jika sudah, ketuk tombol Lacak.
Setelahnya, akan muncul status pengiriman SiCepat untuk paket yang dikirim. Dalam status tersebut, ada beberapa istilah yang perlu kamu pahami. Jika ingin mempelajarinya lebih lanjut, baca postingan berikut: Arti Istilah Status Pengiriman SiCepat.
Oh iya, mungkin kamu akan bertanya, “Kenapa harus lacak paket secara rutin?” Jawabannya, karena sistem SiCepat akan otomatis memperbarui jika sudah ada perkembangan di pengiriman. Bahkan, dalam hitungan menit.
Jadi, pastikan bahwa kamu sudah mengecek dan mencatat setiap riwayat pengiriman yang ada.
ADVERTISEMENTS
Catat Kendala yang Sedang Dialami
Setelah rutin mengecek resi dan ternyata masih bermasalah, kamu cukup mencatat masalah apa yang sedang dialami. Biasanya ada 3 masalah utama pengiriman SiCepat:
[su_list icon=”icon: remove” icon_color=”#d80006″ indent=”20″]- Paket terlambat sampai rumah,
- Paket yang dikirim hilang,
- Paket yang dikirim rusak,
- Paket tidak bergerak,
- Paket salah alamat.
Masalah lainnya, biasanya seputar keterangan saat cek resi menyebutkan paket sudah diterima namun ternyata belum.
Selain itu, paket SiCepat tidak bergerak juga jadi masalah yang cukup sering terjadi. Kenapa paket tidak bergerak SiCepat? Umumnya paket mengalami masalah pengiriman, seperti paket overload.
Hal-hal seperti ini juga perlu kamu catat untuk nanti disampaikan kepada Customer Care SiCepat Ekspres.
ADVERTISEMENTS
Komplain ke SiCepat, Bukan Pemilik Toko
Khusus untuk pembeli yang doyan belanja di toko online, tolong dengarkan ini:
[su_quote]Jika ingin menyampaikan komplain, sampaikan kepada pihak SiCepat Ekspres, bukan malah pemilik toko. Karena jika barang sudah dikirim dan kamu sudah mendapat resi, maka tanggung jawab pemilik toko sudah selesai dan beralih kepada pihak SiCepat.[/su_quote]Jika kamu penjual yang mengalami hal serupa, tidak perlu khawatir dan gundah (meski merasa sangat kesal ?). Kamu cukup lakukan 1 hal: [su_highlight]copy URL postingan ini, lalu kirimkan ke pembeli yang komplain.[/su_highlight]
Biarkan mereka mempelajari tulisan ini dan belajar dari kesalahan tersebut.
ADVERTISEMENTS
Cara Ajukan Komplain SiCepat Ekspres
Di sini kami sudah merangkum 5 cara untuk komplain ke CS SiCepat, meliputi:
- Menghubungi lewat telepon/hotline,
- Mengirim email ke Customer Care,
- Menyapa lewat media sosial SiCepat,
- Mengirim pesan lewat SiCepat Klik,
- Mendatangi langsung gerai SiCepat.
Mau pakai yang mana, itu tergantung kamu, lebih nyaman berkomunikasi lewat media apa. Namun, jika kami boleh kasih saran, menelepon call center SiCepat akan jauh lebih efektif dan cepat. Kekurangannya, bayar pulsa ?
Baiklah, untuk penjelasan selengkapnya, scroll terus yaa..
ADVERTISEMENTS
Call Center SiCepat
[su_quote]Call center SiCepat Ekspres â (021) 5020-0050[/su_quote]Tanpa mengurangi rasa hormat, sebelum menghubungi call center, sebaiknya kamu isi pulsa terlebih dahulu minimal 10-20rb supaya dapat terhubung dengan CS.
Jika sudah, ikuti petunjuk ringkas di bawah.
- Buka dial telepon pada ponsel kamu. Biasanya terletak di menu Home bagian bawah.
- Copy dan paste nomor hotline SiCepat â (021) 5020-0050
- Ketuk tombol Telepon untuk terhubung ke CS.
- Ajukan keluhan yang sedang kamu alami, beserta informasi pengiriman meliputi:
– Nomor resi SiCepat,
– Data diri pengirim (nama lengkap, no HP, alamat),
– Data diri penerima (nama lengkap, no HP, alamat),
– Layanan yang digunakan (BEST, HALU, GOKIL, SIUNTUNG, dll),
– Ciri-ciri barang yang dikirim (berat, volume, kemasan/packing). - Selesai! â
Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara menghubungi SiCepat Halu? Untuk menghubgungi Customer Service SiCepat mengenai layanan Halu maupun layanan SiUntung, Best, Gokil, H3LO, ataupun Syariah bisa langsung menghubungi nomor (021) 5020-0050.
Kalau kamu khawatir apakah customer service SiCepat 24 Jam? Ya, Hotline 24 jam ini siap menangani keluhanmu kapanpun kamu butuhkan.
Kontak media sosial yang lain juga bisa digunakan utnuk menghubungi Customer Service SiCepat.
Email CS SiCepat
[su_quote]Email resmi SiCepat Ekspres â customer.care@sicepat.com[/su_quote]Jika kamu lebih jago menyampaikan komunikasi dalam bentuk tulisan, email cukup direkomendasikan. Selain dapat mengutarakan panjang lebar, kamu juga bisa melampirkan foto packing, bukti status pengiriman, asuransi, dan lainnya.
Baca Juga
Untuk mengirimkan keluhan via email SiCepat, ikuti petunjuk di bawah.
- Buka Gmail lewat HP (bisa pakai platform lain). Jika belum punya, silakan buat terlebih dulu. Tutorialnya ada di sini: Cara Membuat Gmail Baru.
- Pada laman utama, ketuk tombol + Tulis. Lalu, isikan data-data berikut:
– Kepada â isikan alamat email tujuan (customer.care@sicepat.com)
– Subjek â isikan judul email, misal: [su_highlight][Komplain] Pengiriman SiCepat BEST Terlambat 1 Minggu – Mohon Ditanggapi[/su_highlight]
– Body â sampaikan keluhan beserta data-data yang diperlukan. Jika tidak ingin repot, gunakan template di bawah nanti. - Jika sudah komplit, ketuk tombol Kirim.
- Selesai! â
[Template] Komplain SiCepat Lewat Email
Dear Customer Care SiCepat Ekspres,
Perkenalkan, saya (isi nama lengkap) ingin mengajukan sejumlah keluhan terkait proses pengiriman yang terlambat. Berikut data pengirimannya:
- No Resi: (isikan nomor resi)
- Data Pengirim: (isikan nama, no HP, alamat pengirim)
- Data Penerima: (isikan nama, no HP, alamat penerima)
- Jenis Layanan: (isikan jenis layanan SiCepat yang kamu pakai)
- Keluhan: (isikan keluhan yang ingin disampaikan)
Dengan ini saya berharap ada tindakan lebih lanjut dari pihak SiCepat.
Terima kasih,
(nama kamu)
Media Sosial SiCepat
Kalau kamu ingin mengirim pesan dalam nuansa yang lebih kasual, bisa langsung tanyakan lewat media sosial resmi. Berikut daftar akun resmi SiCepat Ekspres di beberapa media sosial:
- Facebook â /sicepatekspresofficial
- Twitter â @sicepat_ekspres
- Instagram â @sicepat_ekspres
- YouTube â /sicepatekspres
- LINE â @sicepat
Kekurangannya, tentu kamu wajib bersabar karena CS SiCepat membalas setiap pesan yang masuk, sesuai antrean.
SiCepat Klik
Ada satu layanan yang menurut kami cukup bagus, namanya SiCepat Klik. Layanan untuk customer SiCepat yang dapat dilakukan lewat aplikasi WhatsApp. Mulai dari order, cek tarif ongkir, lacak paket, dan komplain.
Caranya bagaimana? Ikuti petunjuk di bawah.
- Buka aplikasi WhatsApp dengan save dulu nomor berikut: 0813-1920-0030 (Chat Only). Jika tak ingin repot menyimpan kontak, silakan buka link berikut: bit.ly/SiCepatklik
- Jika sudah terhubung ke pesan WA, ketikkan SICEPAT lalu kirim. Nanti akan muncul beberapa opsi yang bisa kamu pilih.
- Pilih layanan CS dan silakan sampaikan keluhan kamu.
- Selesai! â
Gerai SiCepat
Langkah terakhir ini lebih cocok untuk kamu yang terbiasa menyampaikan sesuatu secara lisan dan bertatap muka, yaitu datang langsung ke gerai SiCepat terdekat.
Caranya juga simpel, ikuti petunjuk di bawah.
- Cari gerai SiCepat yang paling dekat dengan lokasimu saat ini. Bisa pakai Google Maps, atau cari lewat web resmi SiCepat di sini: https://www.sicepat.com/location
- Jika sudah ketemu, datangi langsung gerai tersebut. Jangan lupa untuk menyalin nomor resi ke HP agar nanti dapat langsung dicek oleh petugas gerai.
- Sampaikan keluhan yang dialami kepada petugas gerai (termasuk nomor resi, data pengirim, data penerima, jenis layanan, hingga ciri-ciri kemasan barang).
- Selesai! â
Oh iya, sekedar informasi, belum ada cara untuk jadi agen SiCepat. Di tahun 2022 ini, yang ada hanya Partner dan Member.
Cara Mengetahui Nomor Kurir SiCepat
Banyak yang menanyakan bagaimana cara chat kurir SiCepat?
Menetahui nomor kurir SiCepat berguna untuk memastikan kalau kamu sedang di rumah atau lokasi pengiriman untuk COD, atau supaya kurir tidak tersesat.
Ketika ingin menanyakan nomor kurir yang mengantarkan barangmu, bisa cek dulu nama kurirnya di status pengiriman Si Cepat.
Setelah mendapatkan nama kurirnya, kamu bsia menanyakannya melalui Customer Service SiCepat di nomor 0812-9966-6080. Jelaskan keperluanmu menguhubungi Customer Service ya.
Tips Mengirim Paket SiCepat Ekspres
Supaya dapat terhindar dari segala macam masalah pengiriman yang membuat kesal dan khawatir, kamu perlu memahami tips dan triknya. Apa sajakah itu?
[su_list icon=”icon: check” icon_color=”#00d80e” indent=”20″]- Kemas Barang Sesuai Standar. Sebelum mengirim barang, perhatikan standar pengemasan barang yang disarankan oleh SiCepat. Pastikan bukan barang yang tergolong sebagai Dangerous Goods.
- Gunakan Asuransi Pengiriman. Jika memungkinkan, selalu gunakan asuransi pengiriman yang diberikan oleh SiCepat. Meski berbayar, namun akan sangat berguna jika barang hilang atau rusak.
- Cantumkan Alamat Komplit. Bukan hanya tulisan alamat yang lengkap, namun juga ditempel dengan aman, tidak mudah luntur, dan terbaca jelas. Hal ini untuk menghindari kesulitan kurir saat mengantar paket.
- Klaim Barang Hilang/Rusak. Jika barang hilang, maksimal klaim adalah 14 hari kerja. Jika barang rusak, maksimal klaim adalah 2 hari kerja (Senin s/d Sabtu).
Rangkuman
[su_note]- Penting sekali untuk rutin cek resi dan mencatat setiap kendala sebelum mengajukan komplain. Kamu boleh segera mengajukan komplain, jika barang hilang atau rusak. Terlebih untuk barang rusak, batas waktu pengajuan klaim hanya 2 hari kerja.
- Untuk menyampaikan keluhan dan klaim garansi, kamu bisa menghubungi CS SiCepat lewat beberapa cara: (1) Telp (021) 5020-0050, (2) Email customer.care@sicepat.com, (3) Media sosial, (4) SiCepat Klik, dan (5) Gerai terdekat.
- Untuk selanjutnya, pastikan bahwa setiap barang yang dikirim sudah sesuai dengan standar pengemasan SiCepat. Selain itu, selalu cantumkan alamat yang komplit dan bisa dibaca dengan jelas. Jangan lupa, selalu gunakan asuransi pengiriman.
Bagaimana, sudah cukup jelas, ya?
Kalau mau kirim-kirim pakai SiCepat lagi, mungkin kamu ingin tahu ongkirnya? Cek ongkirnya melalui post Cek Ongkir SiCepat 2022: Tarif, Estimasi, & Cara Ceknya.
Jika ada yang masih ingin kamu tanyakan, boleh lewat IG @PintarJualan.id. Sekalian Follow (?) dan ketuk Lonceng (?) untuk menyalakan notifikasi. Di situ, kami juga sering diskusi seputar ? cara pintar jualan online.
Oh iya, satu hal lagi. Ketuk tombol Bookmark (â) di pojok kanan browser untuk menyimpan postingan ini. Supaya nanti, kamu bisa akses sewaktu-waktu (karena kami juga akan update secara berkala).
Terima kasih ?