Cek Resi Sentral Cargo yang Paling Mudah, Cepat & Anti Ribet

Anisa 07 Jun 2022 4 Menit 14

Cek resi sentral cargo biasanya digunakan untuk melacak pengiriman barang via darat, udara, dan laut.

Pengguna atau customer sentral cargo sebagian besar merupakan orang dewasa yang akan mengirimkan paket berbobot berat.

Contoh paketnya berupa peralatan elektronik (Tv, Kipas, Oven, dll) juga perlengkapan dapur.

Mengapa banyak orang memilih sentral cargo sebagai jasa ekspedisi di Indonesia untuk mengirim barang?

Karena tarifnya yang super duper murah.

Per kg hanya dihargai mulai dari Rp2500 saja untuk wilayah Jawa.

Belum lagi kalau sedang diskon besar-besaran, nilainya sangat menggiurkan para customer.

Tak heran banyak yang memanfaatkan jasa ekspedisi yang satu ini.

Apa itu Sentral Cargo?

Sentral Cargo merupakan layanan atau jasa pengiriman barang domestik antar kota dan pulau

Yang berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat.

Dari awal buka hingga sekarang, setidaknya Sentral Cargo telah melayani beragam jenis paket.

Mulai dari bermuatan kecil hingga besar.

Tak heran jika banyak yang memanfaatkannya untuk mengirim barang bervolume besar.

Bagi yang ingin datang ke kantornya langsung, kantor kurir ini buka setiap hari (kecuali Minggu) pada pukul 09.00 pagi sampai 22.30 WIB.

Ada sejumlah keuntungan menggunakan Sentral Cargo

  • Biaya ongkir sangat rendah mulai dari 2500 sampai 14000 per kg
  • Customer dapat memilih jalur pengiriman, entah darat, laut, atau udara
  • Sering mengadakan diskon
  • Estimasi termasuk cepat untuk antar kota hanya 2-3 hari kerja seperti ekspedisi lainnya
  • Dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti ekspedisi cargo lainnya yang sulit dijangkau atau berlokasi jauh dari rumah
  • Pelayanannya cepat dan ramah serta komunikatif
  • Recommended bagi para pengusaha yang punya ide bisnis online untuk mengirim barang dengan kuantitas besar
  • Nomor resi terdiri dari 7 digit atau cukup pendek sehingga mudah dihafal

Selain kelebihan atau keuntungan, ada pula beberapa kekurangan yang sempat dirasakan oleh para penggunanya.

  • Terkadang sulit untuk melakukan klaim bila barang rusak atau pecah saat tiba
  • Biaya dan cara packing barang atau pengemasan terbilang lumayan tinggi
  • Belum tersebar merata di seluruh kota maupun pulau di Indonesia
  • Terkadang jadwal packing mundur dari waktu permintaan pick up oleh customer
  • Penanganan barang beberapa kali dirasa kurang memuaskan
  • Terkadang biaya ongkir yang sedang dipromosikan di media sosial bisa berbeda dengan di lapangan

Bagi kamu yang sudah pernah cek resi ID Express dan ingin membuka website sentral cargo, pastinya tidak akan kesulitan untuk tracking nomor AWB atau resi.

Bukan cuma mudah, tetapi juga spesifik dan terperinci.

Syarat Pengiriman Barang Sentral Cargo

Setiap customer atau pengguna dapat mengirimkan berbagai jenis kategori barang.

Termasuk elektronik, dokumen penting, dan benda-benda berat lainnya.

Namun ada beberapa kategori barang yang dilarang lho!

  1. Barang yang diindikasikan berbahaya (berisiko tinggi) serta bersifat terlarang seperti emas, uang, narkoba, binatang, dan sejenisnya.
  2. Benda yang bisa memicu kebakaran seperti senjata api, amunisi, alkohol, bahan peledak, dan lainnya
  3. Makanan dan minuman ilegal atau tidak mendapat izin edar oleh pemerintah
  4. Barang terlarang lainnya yang peredarannya dilarang oleh negara

Kalau sudah tahu mengenai aturan dan syarat di atas, maka pengguna bisa langsung mengirimkan paket dan cek resi secara berkala.

Cek Resi Sentral Cargo

Untuk cek resi jasa pengiriman asal yang bertempat di ITC Roxy ini, kamu bisa menggunakan beberapa layanan

Mulai dari websitenya langsung, datang ke kantor kurirnya, atau bahkan melalui situs-situs besar kedua lainnya.

Cek Resi SC via Web

Sentral cargo on website

  1. Buka website resmi milik sentral cargo
  2. Ketik atau masukkan nomor resi yang terdiri dari 7 angka
  3. Klik ‘Lacak’
  4. Tunggu prosesnya selesai dan lihat posisi paket berada

Cek Resi Lewat Cekresi

  1. Kunjungi situs atau ketik ‘cek resi’ di kolom pencarian Google
  2. Masukkan nomor resi dan klik ‘cek resi’
  3. Tunggu sampai diarahkan pada laman baru
  4. Pilih opsi ‘Sentral Cargo’ dan diklik

Cek Resi Sentral Cargo di Paketmu

Website paketmu

Cara lainnya untuk mengecek dan melacak paket sentral cargo yakni lewat paketmu(dot)com.

Pelayanannya sangat mudah dan cepat.

  1. Buka langsung website paketmu(dot)com
  2. Masukkan nomor resi (7 digit angka)
  3. Pilih kurir ‘sentral cargo’ (SC)
  4. Klik ‘lacak paket’

Dengan begitu hasil sudah keluar dan bisa kamu screenshoot atau dokumentasikan terlebih dahulu.

Cek Resi di Kantor Kurir Langsung

Kalau rupanya cara di atas belum bisa juga, kamu bisa langsung ke kantor Sentral Cargo terdekat atau kantor cabang lainnya.

Tanyakan langsung pada karyawan atau staff yang bertugas di sana.

Jangan lupa meminta informasi paling update dan tanyakan tentang sulitnya mengakses nomor resi tersebut.

Sebagai pelanggan atau pengguna, kamu berhak mendapatkan kejelasan dan berita terbaru mengenai status paket yang dikirimkan.

Mereka pun juga berhak bertanggung jawab penuh atas pengiriman paket dari setiap pengguna jasanya.

Semoga berhasil ya!

Istilah Penting Soal Cek Resi Sentral Cargo

Dalam proses pemeriksaan atau melacak status paket menggunakan resi, kamu pasti akan menemukan beberapa istilah asing.

Ya, mungkin saja belum atau tidak ditemukan pada ekspedisi lain seperti saat cek resi JNE atau cek resi TIKI.

Mungkin beberapa penjelasan berikut dapat membantu pertanyaanmu soal istilah tersebut.

  1. On Process artinya status paket masih dalam proses pengiriman, sehingga pelanggan harus sabar menunggu sampai statusnya berubah On Delivered atau telah sampai di tempat penerima.
    Pengiriman tersebut juga biasanya memakan waktu tergantung jarak yang ditempuh.
  2. CODA berarti paket sudah sampai di alamat penerima, akan tetapi rumah atau lokasi tersebut kosong. Tidak ada orang atau tiada pihak satu pun yang stand by dan menerima paket saat itu.
    Jika kamu sempat mendapati notifikasi itu, silakan kontak langsung ke pusat bantuan atau kontak WA Customer Service Sentral Cargo ya.
  3. BAD ADDRESS dapat dimaknai bahwa alamat yang tertera tidak ditemukan atau kurang jelas.
    Hal ini dapat terjadi akibat pencantuman alamat yang kurang lengkap, salah memasukkan nomor RT atau RW, salah kecamatan, dan sebagainya.
  4. CC (Criss Cross) yakni paket telah tertukar dengan paket lain

Apabila sempat terjadi hal demikian, sudah jelas salah dari pihak ekspedisi.

Terutama pihak kurir yang mungkin kurang teliti saat proses filter paket atau terjadi error yang luput ketika memproses barang.

FAQ

Q: Berapa lama estimasi pengiriman sentral cargo darat?

A: Untuk wilayah antar kota dalam satu pulau bisa memakan 2-5 hari.

Terutama wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur

Tergantung jarak dan jalur transportasi serta tanggal (apakah mendekati hari besar keagamaan seperti lebaran dan sebagainya)

Q: Mengapa susah mengajukan klaim Sentral Cargo?

A: Berdasarkan aturan, untuk sesi klaim diberikan batas waktu 1×24 jam sejak pertama kali barang diterima.

Jika memang benar barang rusak atau terjadi kesalahan maka bisa dibawa ke kantor ekspedisi Sentral Cargo terdekat dan dicek bersama petugas.

Q: Apakah Sentral Cargo melayani pick up?

A: Ya. Sentral Cargo juga melayani pick up barang layaknya ekspedisi Antaraja dan JNT.

Penutup

Sekian ya pembahasan mengenai cara cek resi sentral cargo dengan menggunakan beberapa metode.

Kamu bisa menanyakan perihal pengiriman dan ekspedisi di atas dengan memberikan komentar pada kolom di bawah ini.

Juga, jangan lupa share konten ini sekaligus follow kegiatan kami di Instagram Pintarjualan.id.

Terima kasih ya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

14 Comments

  1. Avatar of jailani muad JAILANI MUAD berkata:

    Tukang j&t gak ramay dan gak mau kirim pekat sampe rumah

    1. Avatar of anisa juniardi Anisa Juniardi berkata:

      Harusnya sih dikirim ke rumah Kak. Kalo menghadapi hal serupa, langsung komplain ke kantornya aja Kak.

  2. Avatar of asipa Asipa berkata:

    Kurirnya gak amanah tidak nyampe rumah malah di titipkan di rumah orang lain yang tidak di kenal dan jaraknya pun sangat jauh sekitah 10 KM..

    1. Avatar of anisa juniardi Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, coba komplain langsung kak ke pihak ekspedisi supaya tidak terjadi hal yang sama pada pelanggan lain. Ya ampun.. 10 km mah jauh pisan..sabar ya kak 🙂

  3. Avatar of haryanto Haryanto berkata:

    Maaf kiriman barang saya “SLOP PRIA ABU-ABU” dengan resi JP9594135813 kok berhenti di malang?

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Coba dicek lagi resinya, Mas. Biasanya kalo stuck ada masalah operasional. Btw, mimin ga ada kaitannya dengan Sentral Cargo ya, Mas. Makasih hehe.

  4. Avatar of febriansyah Febriansyah berkata:

    Paketan atas nama buk mamah
    Dari tanggal 6 sampe skrng blm sampai2 baru non cod.
    Penerima atas nama febriansyah
    Berhenti dijakarta trs

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Kak coba cek resinya dulu.. baru nanti ajukan komplain ke Sentral Cargonya. Itu saran dari mimin, Kak. Semoga paketnya cepat sampai ya.

  5. Avatar of hikmah ariska Hikmah ariska berkata:

    Pengantaran kealamat tujuan udah 2 hari tapi gak kunjung sampai gimana ini?
    Paket atas nama hikmah ariska
    No resi 10008005929221

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Hai Kak, coba komplain langsung ke pihak ekspedisinya ya ^^ atau bisa buka website https://paxel.co/id/lacak-pengiriman untuk cek resi

  6. Avatar of sumardi romo Sumardi Romo berkata:

    Paket kok lambat sekali datangnya padahal bukan COD lho, malah kemarin saya lacak tertulis pesanan gagal kirim karena pembeli tidak bisa dihubungi dan pengiriman akan diulang esok hari dan saya tunggu2 juga belum dikirim, padahal saya tidak merasa dihubungi padahal HP saya stand by monitor terus. Perlu saya sampaikan No. Resi saya adalah 10008227713406

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Wah, langsung komplain ke kantor cabang terdekat aja kak kalo ada laporan yang tidak sesuai. Terkadang kurir memang gak bisa diajak koordinasi dan bertindak sepihak.

  7. Avatar of abdul gafur rahmadani Abdul gafur rahmadani berkata:

    Prasaan magersari sama bluru kidul dekat padahal dicek resi nya menuju alamat jam 9 pagi tadi sampe sekarang belum datang²

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Biasanya masih proses pengelompokan paket berdasarkan wilayah pengiriman ke tujuan Kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *