Cara Pasang Iklan di Google Ads 2023 [+ Biaya & Contoh Lengkap]

Anisa 05 Agu 2023 5 Menit 0

Cara pasang iklan di Google Ads bisa dilakukan melalui website maupun HP dengan biaya per harinya Rp20.000 atau estimasinya setara dengan Rp60.800 per bulannya.

Dengan beriklan di Google Ads, kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Seperti menambah trafik kunjungan website, meningkatkan penjualan produk, dan menguatkan brand bisnis yang sedang kamu bangun.

Apalagi lebih dari 90% orang di dunia mengakses Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, sehingga beriklan di Google menjadi opsi tepat bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis online kekinian.

Nah, bagaimana cara membuat iklan di Google Ads? Simak tutorial dan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Apa itu Google Ads?

Google Ads adalah program iklan yang disediakan oleh Google bagi pengguna yang ingin menjangkau orang-orang dengan tepat agar tertarik membeli produk maupun menggunakan layanan yang ditawarkan.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur Google Ads, kamu bisa mempromosikan usaha bisnis online, meningkatkan penjualan produk dan layanan (jasa), menumbuhkan kesadaran masyarakat, serta meningkatkan jumlah kunjungan ke situs atau website kamu.

Kamu pun bisa membuat, mengubah, dan memodifikasi teks hingga anggaran kampanye iklan dengan lewat akun Google Ads. Sama halnya ketika pasang Google Adsense melalui blog atau website untuk mendapatkan pendapatan dari iklan.

Sebelum mempelajari cara pasang iklan di Google Ads, ketahui dulu yuk manfaat dan keuntungannya menggunakan fitur buatan Google ini.

2. Keuntungan Beriklan di Google Ads

Salah satu keuntungan beriklan di Google Ads adalah kamu dapat menentukan jenis pelanggan sesuai target pasar dan memfilter jenis pelanggan yang dihindari karena berbeda kriteria.

Manfaat dan keuntungan lain mendaftar iklan di Google Ads yakni:

2.1. Mencapai Target Pemasaran dengan Cepat dan Spesifik

Keuntungan beriklan di Google Ads yang pertama adalah pengguna dapat mencapai target sasaran pemasaran secara spesifik sesuai dengan kategori pengguna produk atau layanan yang diiklankan.

Contoh: kamu adalah pemilik bisnis kamera dan aksesori ingin menargetkan pelanggan wanita dan laki-laki berusia 23-50 tahun dan tidak menginginkan pelanggan berusia di bawah 20 tahun. Nah, kamu pun bisa mengatur kriteria audiens seperti itu.

Bagaimana cara mencapai target pemasaran tersebut? Tentunya dengan memaksimalkan berbagai fitur dan format iklan yang ada pada Google Ads seperti, menambahkan opsi “Telepon” sebagai penghubung antara penjual dan konsumen, mengunggah video klip promosi guna memberitahu brand yang dibuat, dan sebagainya.

Lewat Google Ads inilah, pengguna bisa memperoleh beragam akses untuk hal-hal berikut:

  • Menarik audiens untuk mengunjungi toko
  • Menelepon ke nomor bisnis yang telah dicantumkan
  • Memasang aplikasi tambahan. Misalnya aplikasi Qontak untuk memaksimalkan program promosi
  • Mengambil tindakan pada situs atau website (mengubah, menambah, atau mengurangi informasi di dalamnya)

2.2. Biaya Dapat Dikelola Sendiri

Pengguna tidak perlu mengkhawatirkan masalah biaya iklan di Google Ads, karena pihak Google memberikan kontrol atau pengaturan penuh pada pengguna. Artinya, pengguna dapat menentukan seberapa besar biaya iklan yang mau digunakan dalam hitungan hari, minggu, dan bulan.

Biaya iklan di Google Ads bisa diatur mulai dari yang paling rendah yakni Rp994,61 per hari dan biaya iklan yang direkomendasikan dimulai Rpp30.000 per hari atau estimasinya setara dengan Rp60.800 tiap bulannya.

Jadi, makin besar anggaran iklan yang ditentukan pengguna, makin banyak banyak pula jumlah jangkauan audiens iklan tersebut.

2.3. Mengukur dan Menganalisis Peluang

Cara pasang iklan di Google Ads sangat mudah, sampai-sampai pengguna bisa mengukur dan menganalisis peluang usaha, ke mana harus berinvestasi, dan iklan seperti apa yang hendak dibuat selanjutnya.

Jadi, ketika ada pelanggan yang mengklik iklan kamu, menanyakan produk melalui telepon, lalu membeli produk tersebut, sebagai pengiklan kamu bisa melacak dan menganalisisnya.

Dari jumlah klik dan ketertarikan pelanggan terhadap produk atau layanan yang kamu iklankan tersebut, kamu dapat memperoleh data penjualan, produk paling populer, dan menganalisis perilaku pelanggan.

Tentunya jika kamu bisa mengoptimalkan iklan lewat data historis tersebut, jumlah omzet dan laba pasti juga akan turut meningkat.

2.4. Pengelolaan Iklan Antiribet

Tahukah kamu kalau setiap pengiklan bisa membuat beberapa akun Google Ads dan mengelola seluruh akun tersebut dari satu lokasi saja?

Ya, layanan Google Ads memungkinkan pengguna (pengiklan) agar dapat mengelola Pusat Klien Saya (MCC) untuk mengatur seluruh akun Google Ads secara mudah dari satu tempat.

Selain itu, kamu juga bisa mengelola akun Google Ads secara offline lewat Google Ads Editor, sehingga lebih mudah membuat perubahan pada akun dengan mudah dan cepat.

Google Ads Editor adalah alat yang dapat digunakan para pengiklan untuk mengunduh informasi akun, update program promosi secara offline, mengunduh perubahan, hinga memindahkan beberapa item di antara grup iklan.

2.5. Lebih Efektif dan Efisien bagi Pemula

Google Ads sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin cepat mendapatkan trafik tinggi serta meningkatkan penjualan.

Jika biasanya beberapa orang mengandalkan teknik SEO agar situs web atau blog naik di pencarian pertama Google, dengan Google Ads, pengiklan tidak terlalu memerlukannya.

Mengapa demikian? Sebab, Google Ads menyediakan optimasi melalui:

  • Kata kunci (keyword) yakni kata-kata atau frasa yang relevan dengan produk dan layanan kamu. Gunakan kata kunci yang tepat dan sesuai untuk menampilkan iklan ketika pelanggan menelusuri sesuatu yang mereka cari.
  • Lokasi iklan akan menampilkan iklan kamu di laman hasil penelusuran Google dan situs web
  • Usia, lokasi, dan bahasa yang meliputi pemilihan usia, lokasi geografis, dan bahasa pelanggan kamu
  • Hari, waktu, dan frekuensi akan menampilkan iklan kamu selama beberapa waktu sesuai budget iklan yang telah ditentukan dan akan memilihkan frekuensi kemunculan iklan.
  • Keberadaan perangkat yang akan membuat Iklan kamu muncul di seluruh jenis perangkat, misalnya HP, tab, PC, dan lainnya.

Menu optimasi tersebut jauh lebih fleksibel ketimbang mengutak-atik SEO saat menulis copy writing produk. Makanya layanan Google Ads lumayan recommended bagi pebisnis pemula.

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa manfaat tersebut saaynya belajar cara pasang iklan di Google Ads.

3. Cara Membuat Iklan di Google Ads

Bagaimana cara pasang iklan di Google Ads? Kamu bisa mendaftar atau membuat iklan melalui perangkat seperti HP maupun PC.

Berikut cara membuat iklan di Google Ads bagi pemula:

  1. Buka laman Google Ads
  2. Kemudian klik Start Now untuk memulai
    Cara pasang iklan gratis di google
  3. Masukkan nama bisnis usaha kamu dan URL (link) blog atau situs web atau media sosial kamu
    Bagaimana cara pasang iklan di google
  4. Setelah itu, klik Next
  5. Lalu, scroll ke bawah dan klik Next
    Langkah langkah beriklan di google ads
  6. Tentukan tujuan utama beriklan. Misalnya, “get more website sales or leads” jika ingin meningkatkan penjualan dan kunjungan trafik dan klik Next
    Panduan lengkap beriklan google ads
  7. Barulah, klik Get Started untuk memulainya
    Cara lengkap daftar iklan di google ads
  8. Pilih aksi dari pelanggan yang kamu inginkan. Misalnya, “customers complete a purchase” (pelanggan menyelesaikan pembeliannya)
    Panduan bikin iklan di google dengan mudah
  9. Kemudian scroll ke bawah dan klik Next
  10. Inilah saatnya menulis atau membuat iklan yang kamu inginkan dengan mengisi semua kolom formulir secara benar dan tepat
    Cara lengkap buat iklan di google ads
  11. Lengkapi seluruh headline, deskripsi produk, dan masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh pelanggan, lalu klik Next
    Cara menggunakan google ads
  12. Lalu klik New Keyword Theme untuk menambahkan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan kamu. Misalnya: kue kering, hampers, ramadhan, dan lain-lain
  13. Klik Next untuk melanjutkan
  14. Berikutnya, pilih lokasi untuk menentukan di mana iklan akan muncul. Contoh: Jakarta, jadi pelanggan yang akan kamu dapatkan berasal dari Jakarta
    Cara iklan di google ads bagi beginner
  15. Selanjutnya, klik Next lagi
  16. Tentukan budget atau anggaran iklan yang kamu miliki. Contoh: Rp30.000,00 dan klik Next
    Harga berlangganan iklan google ads
  17. Hasil preview sudah muncul dan klik Next
    Contoh iklan google ads
  18. Berikutnya, pilih metode pembayaran untuk biaya iklan tersebut. Kamu bisa pilih transfer bank atau GoPay (salah satu)
    Langkah mudah bikin iklan google ads
  19. Lalu centang pada kotak ‘I agree to the Google Ads terms and conditions’ dan klik Submit
  20. Selesaikan administrasi dan pasang iklan di Google Ads pun selesai

Nah, mudah kan cara pasang iklan di Google Ads? Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada dan mempelajarinya secara autodidak.

FAQ

Berapa biaya pasang iklan di Google Ads?

Biaya pasang iklan di Google Ads terendah adalah Rp995 per hari atau Rp30.200 per bulan dengan total klik 10-50 dalam setiap bulannya. Sementara biaya iklan Google Ads yang direkomendasikan adalah Rp30.000 per hari atau Rp912.000 per bulan dengan total klik 560-1.270 klik dalam setiap bulannya.

Apakah pasang iklan di Google Ads gratis?

Tidak. Pasang iklan di Google Ads tidak gratis karena setiap pengiklan akan dikenakan biaya menurut tujuan iklan dan berapa target klik yang diinginkannya.

Kesimpulan

Sudah lebih paham kan cara pasang iklan di Google Ads? Ternyata tidak sulit, khususnya bagi pemula.

Selain mendaftar iklan, untuk memaksimalkan potensi bisnis, kamu juga bisa buat Google My Business untuk menampilkan alamat serta nomor kontak usaha kamu lho!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar ekpedisi khususnya Shopee Express Standard dan Instant dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Tulisan di atas merupakan hasil uji coba dan riset penulis dengan menggunakan langsung layaann Google Ads milik Google demi menghasilkan artikel yang insightful bagi pembaca.
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *