9 Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik untuk Perusahaan dan Perorangan 2023

Anisa 07 Agu 2023 4 Menit 0

Aplikasi manajemen proyek biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengelola, memantau, dan mengatur seluruh aspek yang berkaitan dengan konstruksi dan proyek.

Penggunaan aplikasi ini dinilai sangat membantu mempertahankan produktivitas perusahaan konstruksi di Indonesia karena penanganan proyek sangatlah sulit, terutama bagi project manager.

Alih-alih menggunakan aplikasi manajemen waktu, sekarang sejumlah perusahaan memilih aplikasi terbaik untuk mengatur proses dan pola pengerjaan proyek agar tidak meleset dari target.

Apa saja aplikasi manajemen proyek yang direkomendasikan bagi perusahaan saat ini? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Apa itu Aplikasi Menajemen Proyek?

Aplikasi manajemen proyek adalah alat yang dirancang khusus untuk membantu tim proyek atau project manager dalam mengelola, mengawasi, dan mengkoordinasikan pengerjaan proyek dalam jangka waktu tertentu.

Kegunaan aplikasi manajemen proyek ini adalah untuk:

  • Mengatur komunikasi antar tim
  • Memantau sumber daya yang digunakan
  • Melihat progres pengerjaan proyek
  • Mengidentifikasi kesalahan yang terjadi saat proses pengerjaan proyek
  • Mengurangi risiko, dan
  • Memastikan bahwa proyek diselesaikan sesuai dengan target, jadwal, anggaran, dan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Bagi project manager, pengerjaan proyek memiliki banyak risiko karena mereka harus mengatur seluruh aspek yang berkaitan langsung, mulai dari sumber daya yang digunakan hingga tim yang terlibat.

Apalagi jika proyek sudah memasuki fase initiating sampai closing.

Oleh karena itu, penggunaan aplikasi manajemen proyek dianggap sangat membantu perusahaan saat pembangunan proyek berlangsung.

2. Daftar Rekomendasi Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik

Inilah daftar rekomendasi aplikasi manajemen proyek lengkap dengan fitur, spesifikasi, kelebihan, dan biaya berlangganannya.

2.1. Zoho

Kegunaan aplikasi manajemen proyek

Tampilan halaman depan website zoho | sumber: zoho. Com

Zoho adalah aplikasi manajemen proyek yang menyediakan beragam fitur untuk mengatasi beberapa masalah saat pelaksanaan proyek seperti melacak dan mengelola dependensi, pengeluaran, komunikasi yang buruk, dan sebagainya.

Dengan Zoho, perusahaan akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  • Perencanaan dan timeline proyek mendetail
  • Komunikasi antar tim dapat disederhanakan
  • Mengontrol visibilitasu untuk memantau keadaan proyek
  • Kolaborasi real time yang dapat dibagikan kapan saja
  • Mengatur manajemen sumber daya, khsusunya karyawan
  • Membantu proses perencanaan, pelacakan, dan kolaborasi dalam satu aplikasi

Uniknya lagi, biaya berlangganan Zoho dibagi menjadi dua kategori yakni gratis untuk dua proyek dan berbayar mulai dari Rp69.000 – Rp138.000 per bulan.

2.2. Manpro.id

Aplikasi kolaborasi untuk manajemen proyek

Tampilan aplikasi manpro | sumber: manpro. Id

Manpro.id merupakan aplikasi manajemen proyek berbasis web dan android yang dapat membantu para pelaku konstruksi dalam memonitor proyek, mengurangi miskomunikasi, serta meningkatkan visibilitas proyek lewat laporan online.

Apa saja kelebihan manpro.id?

  • Proses monitoring dilakukan secara digital dan real time
  • Seluruh stakeholder yang terlibat dapat menggunakan 1 platform yang sama dengan mudah
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan yang tengah membangun proyek berkelanjutan

Aplikasi ini juga cocok bagi perusahaan startup di Indonesia, karena biaya berlangganan manpro cukup terjangkau.

2.3. Novade

Aplikasi manajemen proyek yang menyediakan trial gratis sampai dengan 5 pengguna dan 5 proyek adalah Novade.

Tahukah kamu? Aplikasi ini telah digunakan oleh 100 ribu lebih perusahaan di dunia untuk mengelola proyek mereka.

Hal ini dikarenakan fitur Novade yang cukup lengkap mulai dari pelacakan progres proyek, koordinasi proyek, hingga mencatat seluruh inspeksi formulir secara digital.

Dengan fitur yang mendukung pekerja konstruksi, biaya berlangganan Novade cukup terjangkau yakni versi lite standar Rp190.000 per bulan dan versi enterprise dengan harga kisaran Rp500.000 per bulannya.

2.4. Tomps.id

Penerapan manajemen proyek dengan benar akan mendatangkan keuntungan

Sumber: tomps. Id

Tomps merupakan salah satu aplikasi manajemen proyek paling populer di Indonesia karena telah digunakan oleh berbagai perusahaan hingga institusi ternama seperti Telkom Indonesia, Bank Indonesia, Pertamina, Kemenkes, Kemenparekraf, dan masih banyak lagi.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *