Apa itu Qontak: Pengertian, Fungsi, & Cara Menggunakannya

Anisa 22 Mei 2023 3 Menit 0

Apa itu Qontak? Qontak adalah aplikasi CRM yang diluncurkan oleh PT Mid Solusi Nusantara untuk membantu meningkatkan omzet penjualan dan mengembangkan usaha.

Dengan aplikasi ini, para pengusaha dapat meningkatkan kualitas pelayanan, mengelola data perusahaan, mempromosikan bisnisnya, dan lain-lain.

Selain itu, Qontak juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis Omnichannel agar pemilik usaha lebih mudah memantau kinerja bisnisnya.

Nah, seperti apa Qontak itu? Kamu bisa baca penjelasan, fungsi, dan cara menggunakannya di bawah ini!

1. Pengertian Qontak

Mekari Qontak adalah aplikasi CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan) yang diluncurkan oleh Mekari untuk pelanggan agar dapat memaksimalkan penjualan, pelayanan, dan performa bisnisnya dalam jangka waktu yang lama.

Misalnya saja dengan mengelola aktivitas penjualan yang meliputi perencanaan, penjadwalan, serta cara promosi agar produk menarik banyak pembeli.

Beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan apabila berlangganan, antara lain:

  • Menu Dashboard untuk mengatur dan menciptakan kolaborasi tim yang efektif dan efisien
  • Tersedia aplikasi atau fitur Chatbot otomatis agar selalu terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan pelayanan konsumen
  • Mengirim pesan secara massal (bersamaan sekaligus) yang dapat dipersonalisasi
  • Memunculkan laporan terbaru untuk membuat dan menentukan keputusan bisnis yang efektif

Aplikasi ini bisa jadi solusi bagi pemilik bisnis di bidang pendidikan, perbankan, perhotelan, logistik, ritel, outsourcing, bisnis tour and travel, dan lain-lain.

Nah, agar lebih paham lagi, kamu bisa mengenali beberapa fitur Qontak yang cukup useful untuk mengembangkan bisnis!

2. Fitur Qontak

Sudah paham kan apa itu Qontak? Selanjutnya, mari cari tahu terlebih dahulu fitur aplikasi Qontak by Mekari!

2.1. Aplikasi CRM

Fitur ini mampu meningkatkan performa penjualan hingga 75%, karena pemilik usaha dapat mengakses data pelanggan secara tak terbatas.

Pemilik bisnis juga dapat melakukan otomatisasi dan mengelola interaksi dengan pelanggan secara real time.

2.2. Sales CRM

Dengan fitur sales CRM, kamu dapat memonitor dan mengelola seluruh aktivitas penjualan dengan mudah.

Kamu juga bisa melihat laporan penjualan secara komprehensif dan serta mengkustomisasi aplikasi.

2.3. Customer Service

Fitur ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki bisnis berbasis teknologi dan ingin terhubung dengan pelanggan selama 24/7.

Apalagi dengan fitur CS bisa menghemat pengeluaran hingga 60%.

2.4. Omnichannel

Seperti namanya, para pebisnis bisa menggabungkan, menghubungkan, dan mengintegrasikan Qontak dengan aplikasi Omnichannel lainnya.

Tujuan supaya dapat memantau penjualan dalam satu channel, jadi tidak perlu membuka aplikasi satu per satu.

2.5. Cloud Call Center

Fitur Cloud Call Center biasanya digunakan untuk beberapa industri telekomunikasi yang harus melayani customer selama 24 jam.

Para pengusaha dapat memaksimalkan layanan hingga 80% agar pelanggan tidak kabur.

Selain lima fitur tersebut, masih ada fitur WhatsApp API, Instagram API, dan AI Chatbot yang sangat membantu pengguna untuk meningkatkan brand, kepercayaan konsumen, dan penjualan.

3. Fungsi Aplikasi Qontak

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi Qontak dapat diakses menggunakan smartphone maupun PC/laptop yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan usaha.

Tujuannya agar pengusaha jauh lebih produktif dan mampu merampingkan aktivitas bisnisnya, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai rencana.

Makanya sekarang banyak pengusaha melirik aplikasi CRM Qontak karena dinilai mampu mendatangkan banyak keuntungan.

Memangnya apa saja fungsi aplikasi Qontak?

  • Menangani kebutuhan, komplain, keluhan, dan protes dari pelanggan agar lebih efisien
  • Mencatat berbagai aktivitas dan aspek penjualan
  • Menganalisis kebutuhan pelanggan lewat interaksi dan chat setiap harinya
  • Mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan marketing
  • Merilis informsi berdasarkan hasil penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan
  • Menjaga loyalitas pelanggan
  • Sebagai senjata untuk memaksimalkan pemasaran
  • Bisa jadi pengganti email marketingpada waktu tertentu
  • Mempercepat penjualan dan pelayanan pada pelanggan, khususnya saat permintaan sedang naik

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *