Advertisement

8 Ide Bisnis Tour & Travel Jalan-Jalan Dapet Fee Jutaan

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
20 Juni 2022
Waktu membaca
4 Menit

Indonesia memiliki berbagai daerah dengan daya Tarik dan keindahannya masing-masing. Ini salah satu peluang untuk mengembangkan ide bisnis tour & travel.

Pandemi memang membaut banyak usaha pariwisata tiarap. Namun sekarang Setelah pandemi usai, bisnis tour & travel diperkirakan bakal naik lagi, terutama untuk wisata alam.

Ini adalah kesempatan emas buat memulai Ide bisnis tour & travel.

Jadi tunggu apalagi, simak artikel berikut dan bangun usaha pariwisata yang memajukan daerahmu.

  1. Bisnis Sewa Mobil

Ketika bepergian di tempat wisata, banyak yang memilih untuk menggunakan mobil sewaan. Dengan menggunakan mobil, wisatawan bisa bebas leluasa menjelajahi daerah tujuan.

Karena itu, usaha sewa mobil atau rental mobil cukup laris di daerah wisata seperti Bali, Jogja, Malang, dan Bandung. Bahkan di kota lain pun bisnis sewa mobil juga diminati.

Untuk memulai bisnis ini, tidak perlu memiliki banyak mobil. Selain bisa memulai dari satu mobil, bisa juga loh bekerja sama dengan pemilik mobil lain. Terapkan sistem bagi hasil, dengan kesepakatan tersebut, semua pihak bisa diuntungkan.

Keuntungan dari bisnis sewa mobil ini cukup menjanjikan. Dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu untuk sewa mobil dengan durasi satu hari.

  1. Bisnis Paket Wisata

Bisnis paket wisata juga merupakan bisnis yang tidak kalah menarik. Sebenarnya, banyak wilayah Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Keindahan alam masing-masing wilayah menawarkan daya tariknya tersendiri. Ini bisa jadi sarana menghilangkan penat.

Agar tidak repot, banyak yang memilih mengambil paket wisata. Jadi tidak perlu memikirkan jadwal, transportasi, dan urusan lainnya, karena sudah diatur oleh agen. Dengan begitu pengunjung bisa lebih leluasa menikmati destinasi wisata.

Patokan biaya bisnis paket wisata bisa tergantung lama hari, destinasi wisata, hotel, dan lain lain. Contohnya one day tour di Jogja umumnya dipatok mulai dari Rp 200 tibu, sementara paket 4 hari berkisar di harga Rp 1 juta rupiah.

Untuk bisa memulia bisnis ini, cobalah kunjungi atau hubungi berbagai tempat wisata di kotamu, dan buat list harga dan estimasi durasi berkunjung. Dari situ, kamu bisa meracik itenerari yang ciamik untuk wisatawan dan menawarkannya kepada calon pelanggan.

  1. Jasa Pemandu atau Tour Guide

Ketika mengunjungi tempat bersejarah, belum lengkap kalau tidak ditemani guide atau pemandu yang bisa menceritakan asal usul tempat tersebut.

Begitu juga ketika mengunjungi bentang alam tertentu, harus ada guide yang bisa mengarahkan agar tidak tersesat di belantara alam.

Karenanya, banyak wisatawan yang membutuhkan guide. Terutama wisatawan mancanegara, karena mereka juga biasanya tidak paham Bahasa lokal.

Kamu bisa memulai dengan menjadi guide freelance, atau bahkan mencari sertifikasi profesional dan mendaftarkan diri ke Himpunan Pramuwisata Indonesia.

Lumayan loh pendapatan dari memandu wisatawan. Untuk satu hari bisa dibayar mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu. Apalagi untuk meng handlerombongan atau wisatawan mancanegara, fee nya bisa lebih banyak lagi.

Untuk menjadi tour gouide, tentunya harus memiliki pengetahuan mengenai destinasi sejarah. Pengetahuan ini bisa meliputi asal-usul ataupun cerita-cerita menarik yang meliputi tempat tersebut.

  1. Jasa Penerjemah

Indonesia memiliki berbagai daya tarik yang tidak dijumpai di negara lain/ Contohnya seperti candi Borobudur. Selain itu ada juga pulau Komodo yang menyimpan keindahan alam dan satwa yang tidak dijumpai di negara lain.

Kemudian, ada juga event seperti Moto GP di Mandalika dan juga formula E. Semua daya tarik ini mengundang berbagai orang dari penjuru dunia untuk mengunjungi Indonesia.

Sayangnya, beberapa di antara mereka tidak memiliki kemampuan Bahasa Indonesia. oleh karena itu, tidak jarang jasa penerjemah atau interpreter dibutuhkan untuk mendampingi pengunjung asing.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *