Advertisement

8 Ide Peluang Usaha Bisnis Travel Menjanjikan 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
13 Januari 2022
Waktu membaca
7 Menit

Kamu punya hobi traveling dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi kamu itu? Tepat sekali, kali ini kami akan memberikan peluang usaha travel 2022. Salah satunya bisa menjadi usaha rumahan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Tidak hanya itu, kami juga akan mencoba untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan peluang usaha bisnis travel secara umum lho. Seperti misalnya, menjawab pertanyaan tentang apa langkah awal untuk membuka usaha travel.

Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai. Jangan sampai ketinggal sedikit pun informasi. Sebelum itu, mari simak dulu tips memulai usaha travel berikut ini.

Tips Memulai Usaha Travel

Ada beberapa tips agar usaha atau bisnis travel yang kamu bangun bisa berkembang. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini tips sebelum membuka usaha travel.

  1. Relasi

Sebelum membangun usaha travel, ada baiknya kamu sudah memiliki banyak relasi. Seperti misalnya relasi dengan tempat penginapan dan katering. Dengan begitu, jika suatu saat ada orang yang tertarik dengan paket wisata yang kamu tawarkan, kamu sudah tidak bingung lagi.

  1. Buat Nama Travel yang Mudah Diingat

Memang terlihat sepele. Tapi, orang biasanya akan lebih mengingat nama jika mudah diingat dan mudah didengar. Lain halnya jika nama tersebut sulit diucapakan atau kurang friendly di telinga.

  1. Passion

Tidak kalah penting lagi adalah passion. Dengan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion, paling tidak kamu tidak akan gampang stress atau bosan. Melainkan justru sebaliknya, merasa senang dan bahagia. Sudah senang, bahagia, dapat duit pula.

Peluang Usaha Bisnis Travel 2022

Selain bisa menjadi usaha sampingan, ada banyak keuntungan jika kamu mau mencoba membuka usaha bisnis travel di 2022. Apalagi jika di Indonesia. Berikut ini peluang usaha travel di 2022.

1. Tour Guide

Peluang usaha travel yang pertama dan cukup menjanjikan adalah menjadi tour guide. Tour guide adalah orang yang bertugas mendampingi, memberi info dan membantu para wisatawan.

Baik itu wisatawan domestik atau wisatawan dari luar negeri. Jika kamu ingin menjadi tour guide para wisatawan asing, pastikan kamu memliki kemampuan bahasa inggris yang baik.

Menjadi tour guide susah-susah gampang. Selain harus paham betul kawasan-kawasan wisata beserta seluk beluknya, kamu juga harus pandai dalam berkomunikasi. Peluang ini bisa menjadi peluang usaha mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dan Komunikasi.

2. Penerjemah

Peluang usaha travel yang kedua adalah dengan menjadi penerjemah. Penerjemah juga menjadi salah satu peluang usaha dalam bisnis travel yang cukup menjanjikan.

Bagi kamu yang merasa mahir dalam berbahasa asing, seperti misalnya Bahasa Inggris atau Arab, tidak ada salahnya mencoba peluang usaha travel yang satu ini.

Peluang usaha ini juga termasuk peluang usaha modal kecil. Pasalnya kamu hanya butuh kuota saja untuk mencari wisatawan mana yang kira-kira sedang membutuhkan penerjemah.

3. Jasa Sewa Mobil

Para wisatan biasanya membutuhkan mobil. Apalagi jika jarak antar tempat wisata tidak dekat, alias jauh. Seperti di Yogyakarta misalnya, dari kawasan Malioboro hingga Prambanan.

Kamu bisa memanfaatkan itu dengan membuka jasa sewa mobil atau jasa rental mobil. Biasanya, ada juga jasa sewa mobil yang sudah termasuk dengan supirnya.

Kamu tidak perlu punya mobil banyak untuk memulai peluang usaha travel yang satu ini. Kamu bisa bekerjasama dengan teman yang juga sama-sama memiliki mobil.

Keuntungan yang didapat dari usaha juga lumayan menjanjikan. Jasa sewa mobil umumnya mematok harga 350rb untuk 24 jam tanpa supir. Jika dengan supir biasanya 450-500rb per 24 jam.

4. Menjadi Fotografer

Traveling, rekreasi, jalan-jalan, dan semacamnya sangat identik dengan foto-foto. Orang-orang cenderung senang mengabadikan momen-momen tersebut dengan foto-foto.

Sayangnya, terkadang hasil foto mereka sendiri kurang bagus, alias jelek. Wisata setahun sekali misalnya, tapi hasil fotonya malah kurang bagus, sayang sekali.

Nah, bagi kamu yang mahir dalam dunia foto-foto, kamu bisa mencoba peluang usaha travel yang satu ini. Di tempat-tempat wisata, sudah ada banyak fotografer sekarang. Kamu bisa memulai usaha menjadi fotografer ini dengan bergabung bersama mereka lebih dulu.

5. Penyedia Tiket

Ada banyak aplikasi yang menawarkan pemesanan tiket dengan mudah saat ini. Mulai dari tiket wisata, tiket menginap di hotel, hingga tiket perjalanan dengan pesawat.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *