8 Ide Peluang Usaha Bisnis Travel Menjanjikan 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
13 Januari 2022
Waktu membaca
7 Menit

Kamu punya hobi traveling dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi kamu itu? Tepat sekali, kali ini kami akan memberikan peluang usaha travel 2022. Salah satunya bisa menjadi usaha rumahan  yang cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Tidak hanya itu, kami juga akan mencoba untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan peluang usaha bisnis travel secara umum lho. Seperti misalnya, menjawab pertanyaan tentang apa langkah awal untuk membuka usaha travel.

Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai. Jangan sampai ketinggal sedikit pun informasi. Sebelum itu, mari simak dulu tips memulai usaha travel berikut ini.

Tips Memulai Usaha Travel

Ada beberapa tips agar usaha atau bisnis travel yang kamu bangun bisa berkembang. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini tips sebelum membuka usaha travel.

  1. Relasi

Sebelum membangun usaha travel, ada baiknya kamu sudah memiliki banyak relasi. Seperti misalnya relasi dengan tempat penginapan dan katering. Dengan begitu, jika suatu saat ada orang yang tertarik dengan paket wisata yang kamu tawarkan, kamu sudah tidak bingung lagi.

  1. Buat Nama Travel yang Mudah Diingat

Memang terlihat sepele. Tapi, orang biasanya akan lebih mengingat nama jika mudah diingat dan mudah didengar. Lain halnya jika nama tersebut sulit diucapakan atau kurang friendly di telinga.

  1. Passion

Tidak kalah penting lagi adalah passion. Dengan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion, paling tidak kamu tidak akan gampang stress atau bosan. Melainkan justru sebaliknya, merasa senang dan bahagia. Sudah senang, bahagia, dapat duit pula.

Peluang Usaha Bisnis Travel 2022

Selain bisa menjadi usaha sampingan, ada banyak keuntungan jika kamu mau mencoba membuka usaha bisnis travel di 2022. Apalagi jika di Indonesia. Berikut ini peluang usaha travel di 2022.

1. Tour Guide

Peluang usaha travel yang pertama dan cukup menjanjikan adalah menjadi tour guide. Tour guide adalah orang yang bertugas mendampingi, memberi info dan membantu para wisatawan.

Baik itu wisatawan domestik atau wisatawan dari luar negeri. Jika kamu ingin menjadi tour guide para wisatawan asing, pastikan kamu memliki kemampuan bahasa inggris yang baik.

Menjadi tour guide susah-susah gampang. Selain harus paham betul kawasan-kawasan wisata beserta seluk beluknya, kamu juga harus pandai dalam berkomunikasi. Peluang ini bisa menjadi peluang usaha mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dan Komunikasi.

2. Penerjemah

Peluang usaha travel yang kedua adalah dengan menjadi penerjemah. Penerjemah juga menjadi salah satu peluang usaha dalam bisnis travel yang cukup menjanjikan.

Bagi kamu yang merasa mahir dalam berbahasa asing, seperti misalnya Bahasa Inggris atau Arab, tidak ada salahnya mencoba peluang usaha travel yang satu ini.

Peluang usaha ini juga termasuk peluang usaha modal kecil. Pasalnya kamu hanya butuh kuota saja untuk mencari wisatawan mana yang kira-kira sedang membutuhkan penerjemah.

3. Jasa Sewa Mobil

Para wisatan biasanya membutuhkan mobil. Apalagi jika jarak antar tempat wisata tidak dekat, alias jauh. Seperti di Yogyakarta misalnya, dari kawasan Malioboro hingga Prambanan.

Kamu bisa memanfaatkan itu dengan membuka jasa sewa mobil atau jasa rental mobil. Biasanya, ada juga jasa sewa mobil yang sudah termasuk dengan supirnya.

Kamu tidak perlu punya mobil banyak untuk memulai peluang usaha travel yang satu ini. Kamu bisa bekerjasama dengan teman yang juga sama-sama memiliki mobil.

Keuntungan yang didapat dari usaha juga lumayan menjanjikan. Jasa sewa mobil umumnya mematok harga 350rb untuk 24 jam tanpa supir. Jika dengan supir biasanya 450-500rb per 24 jam.

4. Menjadi Fotografer

Traveling, rekreasi, jalan-jalan, dan semacamnya sangat identik dengan foto-foto. Orang-orang cenderung senang mengabadikan momen-momen tersebut dengan foto-foto.

Sayangnya, terkadang hasil foto mereka sendiri kurang bagus, alias jelek. Wisata setahun sekali misalnya, tapi hasil fotonya malah kurang bagus, sayang sekali.

Nah, bagi kamu yang mahir dalam dunia foto-foto, kamu bisa mencoba peluang usaha travel yang satu ini. Di tempat-tempat wisata, sudah ada banyak fotografer sekarang. Kamu bisa memulai usaha menjadi fotografer ini dengan bergabung bersama mereka lebih dulu.

5. Penyedia Tiket

Ada banyak aplikasi yang menawarkan pemesanan tiket dengan mudah saat ini. Mulai dari tiket wisata, tiket menginap di hotel, hingga tiket perjalanan dengan pesawat.

Meski sudah ada aplikasi yang demikian, tidak jarang ada orang yang menyediakan tiket untuk dijual. Biasanya mereka akan menjualnya dengan harga yang lebih murah agar menarik.

Seperti misalnya jika ada wisatawan yang sudah tiba di lokasi wisata akan tetapi belum membeli tiket masuk. Kam bisa memanfaatkan peluang usaha travel sebagai penyedia tiket masuk.

6. Travel Blogger

Jika kamu termasuk orang yang suka traveling dan sekaligus suka menulis, coba saja peluang usaha travel yang satu ini. Menjadi seoarang blogger traveler.

Melalui blog kamu bisa bercerita tentang momen-momen saat berwisata, tips agar aman saat berwisata ke suatu tempat, hal-ha yang dibutuhkan, dan sebagainya.

Jika tulisan dalam blog bagus dan menarik, dan bisa mendatangkan banyak traffic atau pengunjung, maka kamu bisa mendaftarkan blog kamu tersebut ke Google AdSense atau yang semacamnya. Dari situ, kamu akan bisa mendapat penghasilan tambahan nantinya.

7. Penyedia Perlengkapan Travel

Perlengkapan untuk berwisata itu biasanya sangat banyak dan bermacam-macam. Banyak orang yang hendak bepergian namun tidak memiliki perlengkapan yang memadai.

Mereka biasanya akan mencari tempat jasa penyedia perlengkapan travel. Mulai dari misalnya tenda, tas, dan sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha travel yang satu ini.

Selain tenda dan tas, perlengkapan travel yang seringkali dibutuhkan antara lain adalah koper, ransel, barang elektronik seperti kamera, power bank, dan lain-lain.

Jika kamu punya modal yang cukup untuk membeli perlengkapan travel tersebut, segera saja beli. Peluang usaha travel ini merupakan bisnis yang menjanjikan di 2022.

8. Penyedia Paket Wisata

Terakhir, peluang usaha travel yang bisa kamu coba adalah menyediakan berbagai paket wisata. Ada banyak sekali paket wisata yang mungkin bisa kamu coba di 2022 sekarang ini. Apalagi pandemi juga sudah mulai berangsur semakin membaik.

Mulai dari penyedia paket wisata umrah sekaligus jalan-jalan ke Turki, paket wisata keliling daratan Eropa, atau bisa juga paket wisata pulau dewata Bali dan kota pelajar Yogyakarta misalnya.

Namun, ada banyak hal yang harus kamu siapakan secara matang sebelum memulai usaha sebagai penyedia paket wisata. Seperti kerjasama dengan berbagai tempat penginapan dan kendaraan.

Contoh Usaha Travel

Buat yang masih bingung mau buka usaha travel apa, tenang saja. Kami juga akan memberikan salah satu contoh usaha travel yang bisa kamu jalankan di tahun 2022.

Peluang usaha travel yang akan kami jadikan contoh adalah peluang usaha travel dengan menjadi penyedia paket wisata umrah sekaligus jalan-jalan ke Turki atau Mesir.

Hampir setiap tahun, sebelum terjadi pandemi, jamaah umrah di Indonesia hampir selalu mencapai lebih dari satu juta orang. Oleh karena itu, paket usaha urah ini begitu menjanjikan.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini step by step contoh peluang usaha travel paket wisata umrah sekaligus jalan-jalan ke Turki atau Mesir yang mungkin bisa kamu coba di 2022.

  1. Daftarkan travel ke pemerintah agar legal;
  2. Lengkapi seluruh syarat yang diminta;
  3. Jalin kerjasama dengan hotel, katering, masakapai penerbangan, dan seterusnya;
  4. Lakukan branding;
  5. Tentukan jadwal keberangkatan dan lama wisata;
  6. Dan seterusnya yang sekiranya dibutuhkan.

Peluang usaha travel ini termasuk yang sangat menjanjikan  jika dijalankan di Indonesia. Mengingat Indonesia dalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Cara Membuka Usaha Travel Sendiri

Selain membuka usaha travel penyedia paket wisata yang mengharuskan untuk bekerja sama dengan banyak orang, kamu juga bisa membuka usaha travel sendiri sebagai usaha kecil-kecilan.

Ada banyak peluang usaha travel yang bisa kamu jalankan sendiri. Mulai dari membuat rumah menjadi penginapan, membuka jasa sewa motor, dan seterusnya.

Namun, agar tetap terkesan profesional, kamu harus tetap misalnya membuat nama travel yang mudah diingat dan didengar, membuat logo, dan membuat profil yang menarik.

Jika semua itu sudah kamu lakukan, maka kamu sudah bisa membuka usaha travel sendiri. Kamu hanya tinggal mempromosikan saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuka travel sendiri.

1. Kerjasama Bisnis Travel

Cara yang pertama ini adalah kerja sama sekedar untuk mengembangkan usaha travel kamu sendiri. Agar usaha travel yang kamu bangun sendiri bisa semakin berkembang dan memiliki banyak pasar, kamu juga harus bekerja sama dengan beberapa orang.

Seperti misalnya, orang lain cukup menjadi marketing sementara kamu yang menjadi penyedia penginapan saja. Dengan begitu, kamu sebenarnya tetap menjalankan usaha travel kamu sendiri. Orang lain hanya membantu. Kamu tidak bergantung sepenuhnya kepada mereka.

Selain tentunya kamu juga tetap harus mempromosikan usaha travel kamu sendiri. Baik itu melalui media-media sosial atau iklan berbayar seperti Google Ads dan semacamnya.

2. Bisnis Travel Rumahan

Cara yang kedua adalah dengan menyulap rumah yang mungkin tidak terpakai sebagai tempat penginapan. Seperti misalnya cara OYO memanfaatkan rumah-rumah atau penginapan yang tidak terpakai menjadi sebuah penginapan yang banyak peminatnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan misalnya pijat refleksi untuk para wisatan di rumah yang sama namun di ruangan tersendiri. Bisa juga dengan menawarkan berbagai makanan dan minuman.

Setelah berwisata, para wisatawan juga cenderung kelelahan. Sepertinya sangat cocok juga bisnis penginapan rumahan dilengkapi dengan pijat refleksi atau minuman-minuman seperti kopi seabagi teman istirahat di malam hari.

3. Bisnis Travel Online

Cara terakhir adalah dengan membuka usaha travel secara online. Kamu bisa menjadi penyedia usaha travel yang bisa dipesan secara online. Seperti misalnya travel perjalanan antar provinsi di Indonesia.

Jadi, orang-orang tidak perlu lagi datang ke tempat kamu untuk memesan  misalnya tiket perjalalan ke Jakarta atau Bandung. Mereka hanya tinggal memesannya saja lewat kamu. Setelah itu mereka hanya tinggal menunggu di rumah sampai jemputan travel datang.

Peluang ini sebenarnya bisa menjadi peluang usaha online sekaligus usaha rumahan yang menjanjikan. Pasalnya utnuk satu tiket perjalanan saja kamu sudah akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

FAQ

  • Apa langkah awal untuk membuka usaha travel?

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk membuka usaha travel adalah dengan membangun relasi atau kerja sama. Usaha travel akan banyak membutuhkan relasi dan kerja sama jika sudah berjalan.

  • Bagaimana cara bisnis travel mobil?

Kamu bisa membuka jasa rental mobil sekaligus sopirnya. Selain itu, kamu juga berkerja sama dengan biro jasa perjalanan antar provinsi. Sewakan saja mobil kamu ke mereka.

  • Bagaimana cara kerja travel agen?

Cara kerja travel agen biasanya mulai dari menjual tiket, menyediakan paket wisata, hingga mengurus dokumen-dokumen penting yang harus dibawa selama berwisata dan sebagainya.

  • Apakah bisa bisnis tour dan travel tanpa modal?

Bisa, kamu bisa bekerja sama dengan penyedia jasa tour dan travel tersebut. Tugas kamu hanya mencari orang-orang  yang mau berwisata saja. Setelah itu, kamu tinggal antar orang-orang tersebut ke tempat jasa tour dan travel yang sudah membuat kerja sama dengan kamu.

  • Bagaimana cara menjadi agen travel yang terpercaya?

Caranya bisa dimulai dengan melegalkan usaha travel terlebih dulu. Setelah itu, kami bisa memeinta feedback dari setiap orang yang telah menggunakan jasa travel kamu. Dari feedback tersebut orang-orang akan tahu, apakah agen travel kamu bisa dipercaya atau tidak.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait peluang usaha bisnis travel di 2022 dan mungkin ada yang bisa kamu coba salah satunya. Mulai dari menjadi tour guide, penerjemah, hingga bisnis travel online.

Usaha travel tersebut juga bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan. Terutama adalah usaha sewa mobil atau sejenisnya. Orang-orang desa suka melakukan ziarah bersama-sama dan mereka biasanya akan lebih memilih menyewa kendaran seperti bus.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk membagi artikel ini ke siapa saja yang kamu kenal.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *