Cara Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim, Uang Langsung Balik!

Anisa Juniardi 05 Des 2022 5 Menit 0

Ada nggak sih cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim? Tenang aja, karena ternyata banyak cara yang bisa dicoba. Kamu juga dapat mengambil uangmu kembali melalui beberapa prosedur.

Ya, sebagai pengguna aplikasi e-wallet atau dompet digital harus berhati-hati sebelum kirim saldo atau pun pulsa.

Apalagi sekarang cara transfer DANA ke GoPay, OVO, ShopeePay, dan lain-lain lebih mudah semenjak ada beberapa jasa konversi dari pihak ketiga.

Makanya, kamu harus waspada dan biasakan memeriksa kembali seluruh kebenaran serta akurasi informasi yang diperoleh serta dikirimkan ke orang lain.

Mengapa Bisa Salah Kirim Saldo DANA?

Salah transfer DANA bisa terjadi dan menimpa siapa saja, bahkan termasuk kamu sekali pun.

Walaupun dikategorikan sebagai human error akibat kecerobohan dan ketidaktelitian pengguna, kamu masih bisa meminimalisirnya.

Jadi, apa sih penyebab salah transfer Saldo DANA?

  1. Kamu salah memasukkan nomor rekening dan ID DANA penerima (kurang angka, salah angka, dan lain-lain)
  2. Nominal atau jumlah saldo yang dimasukkan salah
  3. Kamu tidak mengikuti panduan dan petunjuk tentang tata cara mendapatkan saldo DANA gratis dan mentransfsernya ke akunmu yang lain atau milik penerima lain
  4. Server sedang error
  5. Akun telah dibajak atau kena hack oknum sehingga tampak mengirim sejumlah saldo ke nomor tak dikenal

Kalau sudah terjadi seperti hal-hal di atas, jangan panik dulu! Ada beberapa kontak DANA yang bisa kamu hubungi, di antaranya:

  • Nomor WhatsApp DANA: 0819-1150-0445
  • Email DANA: help@dana.id
  • Nomor telepon: 1500445
  • Instagram: @dana.id
  • Facebook: @danawallet atau https://www.facebook.com/danawallet/
  • Twitter: @danawallet atau DANA.id
  • Websit: http://www.dana.id/

Setelah mengetahui fakta di atas, inilah beberapa cara dan solusi yang bisa kamu coba berdasarkan jenis kasus yang dihadapi!

Cara Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim

Kamu tetap bisa kok mengembalikan saldo DANA yang salah kirim ke nomor atau akun orang lain yang tidak dikenal.

Namun dalam kasus seperti ini, kamu harus memastikan bahwa ada kesepakatan antara kedua belah pihak di antara kalian, terutama dari pihak penerima yang harus mengirimkan kembali saldo tersebut.

Bagaimana cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim ke nomor tak dikenal?

  1. Pertama, hubungi nomor yang terdaftar pada akun DANA tersebut melalui WhatsApp. Jika nomor tersebut ternyata tidak terdaftar pada akun WhatsApp, maka silakan telepon melalui panggilan regule terlebih dahulu. Pastikan juga kartumu masih ada pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan.
  2. Kemudian perkenalkan diri, jelaskan kronologinya, dan minta tolonglah pada orang tersebut untuk mentransfer kembali saldo DANA karena uang tersebut sangat penting.
  3. Jika orang tersebut masih enggan karena merasa kesalahan tersebut murni dari kamu pribadi, maka pakai plan B yakni memberikan imbalan sebagai bentuk jasa karena berkeinginan membantu menyelesaikan masalah tersebut

Negosiasikan pula jenis dan berapa banyak imbalan yang diinginkan.

Misalnya ingin penerima mentransfer seluruh saldo tersebut seperti sedia kala karena hendak kamu pakai, maka sebagai imbalannya adalah top up saldo DANA lewat bank atau alfamart untuk orang tersebut.

Apabila cara tersebut tidak berhasil juga, maka mau tidak mau, suka atau tidak suka, kamu harus mengikhlaskannya.

Panduan Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim ke Nomor Tidak Aktif

Kasus berikutnya adalah pengguna salah kirim saldo DANA ke no. tidak aktif dan akun tersebut sudah mengganti nomor DANA dengan yang baru.

Memangnya ada ya? Ada dong! Cara mengganti nomor DANA yang sudah tidak aktif sangat mudah dan cepat, sehingga pengguna dengan leluasa mengajukan perubahan data.

Kalau sudah begitu, kamu perlu menghubungi pihak pusat bantuan DANA secara langsung. Nah, begini nih cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim via customer service:

Pertama, buka akun gmail kamu dan tulis alamat penerima yakni help@dana.id, kemudian isikan juga bagian subjek dengan kalimat “Salah kirim saldo DANA ke akun DANA orang lain yang sudah tidak aktif lagi”

Cara mengembalikan uang di dana ke rekening

Barulah setelah itu, tuliskan isi email secara padat, jelas, dan lugas sesuai dengan apa yang kamu alami, supaya mendapatkan tanggapan yang cepat dari Pusat Bantuan DANA. Contoh penjelasan yang bisa kamu tulis seperti ini:

Cara mengembalikan saldo e money ke rekening

“Selamat siang, DANA. Saya Amril Husadi dengan nomor atau ID DANA 081325876980 yang hari ini, tepatnya pukul 12.05 WIB mengirim saldo DANA ke nomor yang tidak aktif.

Bagaimana saya tahu kalau nomor tersebut sudah tidak aktif? Saat saya tambahkan ke kontak WhatsApp, nomor tersebut ternyata tidak terdaftar.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.