Cara membatalkan pesanan Akulaku harus dilakukan secepat mungkin agar pengguna dapat memakai aplikasi dengan nyaman.
Sama halnya ketika ingin membatalkan Shopee pinjam yang mesti menggunakan beberapa langkah.
Nah, bagi pengguna Akulaku pasti sudah memahami bahwa untuk membatalkan orderan tentu perlu melengkapi beberapa persyaratan.
Sayangnya, ketika hal tersebut terjadi banyak yang justru merelakannya begitu saja.
Alih-alih lekas menghubungi cs atau mengusahakan tindakan lain.
Padahal masih bisa diupayakan lho!
Bagaimana cara membatalkannya? Yuk, ikuti saran dan langkah-langkah yang akan dimuat dalam artikel kali ini!
Syarat dan Aturan Membatalkan Pesanan Akulaku
Bagi pengguna lama yang sudah mengetahui cara daftar Akulaku, agaknya tidak asing dengan pembatalan dan berapa lama proses refund dari platform ini, bukan?
Terlebih lagi jika menyangkut syarat-syarat pembatalan pesanan yang belum dibayar.
- Barang yang sudah masuk dalam akun penjual tidak segera diproses dan dikonfirmasi bahkan tidak ada tanggapan sama sekali.
Serta jika sampai tanggal dan batas waktu tertentu barang tak kunjung dikirim - Tempat memesan barang rupanya sudah lama tidak aktif atau jarang online
- Pembeli melakukan kesalahan dalam jumlah serta pemilihan item ketika pembelian terjadi
- Barang sudah diproses akan tetapi masih belum dijemput oleh kurir atau diantarkan oleh pihak penjual ke kantor kurir terdekat, sehingga dibatalkan sepihak
- Stok barang di gudang rupanya kosong dan penjual memberikan opsi pada pembeli untuk membatalkan pesanan atau mengganti dengan barang serupa lainnya
- Pembeli bersedia menerima hasil refund atas barang yang gagal dibeli
- Opsi pembatalan pesanan masih muncul dan bisa diakses oleh pembeli.
Penting Dicatat: Proses pembatalan pesanan tanpa DP tetap bisa dilakukan menurut ketentuan dan kerja sama dengan online shop terkait.
Bila pihaknya berkenan untuk membatalkannya, maka pembeli otomatis dapat cancel orderan tersebut.
Sebaliknya, pembatalan pesanan barang yang sudah dikirim tentu memerlukan proses yang lebih rumit.
Sama halnya ketika mengembalikan pesanan COD Shopee pada seller sejak pertama kali barang diterima.
Cara Membatalkan Pesanan Akulaku
Membatalkan pesanan di platform yang satu ini tidaklah sulit.
Pengguna hanya perlu melakukannya lewat aplikasi.
Nah, beginilah cara cancel orderan di Akulaku dengan aman dan cepat!
ADVERTISEMENTS
Batalkan Pesanan Lewat Menu Bills
- Buka akun Akulaku masing-masing di aplikasi dan masuk ke menu utama terlebih dahulu
- Klik menu âBillsâ di Akulaku guna melihat status limit (sudah terpotong atau belum)
- Apabila ternyata limit pada saldo akun sudah terpotong, segera klik âPesanankuâ dan tunggu sampai muncul menu âMenunggu Hasil Pembayaranâ.
Setelah itu, pesanan tersebut pun akan dibatalkan oleh sistem secara otomatis - Baru kemudian klik âRincian Pesananâ dan pilih âBatalkan Pesananâ
- Klik âKonfirmasiâ untuk menyetujui pembatalan
- Jika sudah selesai, maka kamu bisa memeriksa menu Bills dan lihatlah jumlah limit yang sudah kembali seperti sedia kala.
Selain cara di atas, kamu juga dapat mengajukan proses refund.
Berapa lama proses refund tersebut? Paling cepat 1×24 jam, tetapi terkadang juga agak lama.
Terutama bagi kamu yang sudah bayar DP.
Namun kamu wajib berusaha dulu ya!
ADVERTISEMENTS
Batalkan Pesanan dan Minta Refund
Cara yang kedua ini bisa dipraktikkan ketika pembeli sudah terlanjur membeli barang dan membayarnya.
- Buka akun Akulaku di aplikasi
- Klik menuâPersonalâ yang ada di pojok kanan bawah smartphone
- Pada menu âLayanan Sayaâ pilih dan klik âPusat Bantuanâ
- Setelahnya, pada menu âTanya & Jawabâ langsung saja klik âRefundâ
- Aplikasi akan mengeluarkan rincian pertanyaan tentang bagaimana proses refund berjalan. Nah, tugas kamu adalah klik âFeedbackâ
- Pada tahap kali ini, silakan:
a) Klik Kategori Pertanyaan dan pilih yang sesuai
b) Masukkan nama kamu
c) Cantumkan juga alamat email yang aktif
d) Copy paste atau ketik nomor pesanan (jika ada dan pilihan ini sifatnya optional)
e) Beritahu permasalahan yang ingin kamu selesaikan di kolom berikutnya. Katakan secara mendetail tentang pengajuan pembatalan
f) Masukkan foto sebagai pendukung atau file bukti lainnya - Tunggu prosesnya selesai terlebih dahulu
- Jika sudah maka silakan kembali ke menu âRefund/After Salesâ untuk mengecek kembalinya limit kredit atau saldo yang telah dibayarkan sebelumnya.
- Klik âLihat Detailâ untuk mengecek rinciannya.
ADVERTISEMENTS
Batalkan Pesanan via Chat
Kalau cara di atas ternyata masih belum bisa, langkah berikutnya yang patut kamu coba yakni menghubungi pihak seller atau owner online shop.
Caranya dimulai dari klik opsi âHubungiâ pada âMenu Pesanankuâ untuk kontak pihak penjual.
Kemudian, cobalah untuk mengatakan apa adanya permintaan kamu bahwa ingin membatalkan pesanan.
Sertakan juga alasan konkrit yang melatarbelakangi pembatalan tersebut.
Sebab, pihak penjual juga akan menganalisis motif tersebut, apakah layak untuk menyetujui atau tidak.
Makin logis alasan yang kamu kemukakan, makin cepat juga penjual mengkonfirmasi pembatalan pesanan.
Jadi, usahakan dulu ya. Jangan menyerah!
Baca Juga
ADVERTISEMENTS
Hubungi Call Center ata CS
Sama halnya dengan Pusat Layanan Shopee, Akulaku juga menyediakan forum khusus bagi para penggunanya.
Terlebih lagi bila ingin mengajukan klaim, komplain, menyampaikan keresahan, dan sebagainya.
Untuk panggilan via telepon kamu bisa menghubungi di 1500920.
Layanan tersebut online dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB sehingga setiap telepon pasti akan direspon.
Pastikan kamu juga memiliki saldo pulsa minimal Rp20.000,00.
Sebab setiap panggilan akan dikenai biaya yang ditanggung oleh pengguna.
Sedangkan kontak WhatsApp yang aktif yakni 0811-1350-8161.
Kamu bisa mengirim pesan terlebih dahulu untuk menyampaikan permasalahan.
Nanti pihak Akulaku akan mengarahkan kamu melalui panggilan telepon atau mengisi formulir tertentu.
Tergantung dengan seberapa berat masalah tersebut.
Berikutnya alamat email cs.id@akulaku.com bisa kamu akses kapan dan di mana pun ketika terjadi masalah.
Kiat-Kiat Belanja di Akulaku bagi Pemula
Para pemula dan pengguna lama tentunya memiliki pengalaman berbelanja yang berbeda, kan?
Sama halnya dengan lama dan cepatnya proses pengembalian barang serta dana.
Hal ini karena sistem akan menganggap pemula sebagai pengguna baru dan mengenalinya sebagai new user.
Oleh karena itu, setiap proses tidak selalu berjalan mulus.
Jadi, mari perhatikan beberapa kiat-kiat penting saat hendak belanja di Akulaku.
- Baca terlebih dahulu FAQ pada platform Akulaku
- Jika kamu kesulitan dengan beberapa fitur, tanyakan pada pengguna lain atau chat customer service platform secara langsung
- Waktu mau berbelanja, pilih dan utamakan toko atau pelapak yang sudah mengantongi banyak review positif.
- Jangan memulai kredit apabila masih belum memiliki penghasilan tetap karena keterlambatan akan dikenakan denda pembayaran.
- Sebaiknya bayar seluruh tagihan atau cicilan karena denda Paylater bisa bertambah bila kamu terus menunda dan membiarkannya.
FAQ
Q: Apakah barang yang sudah dibeli di Akulaku dapat dikembalikan?
A: Sejauh ini pembeli dapat melakukan pengembalian barang di marketplace tersebut jika dirasa barang tidak cocok, salah kirim, tak sesuai deskripsi, dan sebagainya.
Nantinya pembeli akan mendapatkan pengembalian dana atau refund yang akan masuk ke akun saldo rekening setelah proses pengajuan berhasil.
Q: Berapa lama proses refund di Akulaku?
A: Waktu pengembalian dana bisa terjadi dengan sangat cepat yakni hanya butuh 10-15 menit saja jika pembeli telah memenuhi syarat dan standar Akulaku.
Bisa juga melebihi 2×24 jam apabila barang sudah dibayar atau sudah DP.
Q: Apakah bisa mengajukan pembatalan limit kartu kredit di Akulaku?
A: Setiap pengguna dapat membatalkan atau berhenti menggunakan limit kartu kredit.
Caranya adalah dengan menghubungi pusat bantuan Akulaku, baik lewat WhatsApp, telepon, atau email.
Penutup
Semoga cara membatalkan pesanan Akulaku di atas dapat membantu memecahkan permasalahanmu ya.
Jika menemui kesulitan dan lainnya, silakan berkomentar pada kolom yang disediakan.
Selain meninggalkan komentar, kamu juga bisa membagikan postingan ini ke platform lain seperti Insta Story, WA Story, dan sebagainya.
Kamu juga dapat mengikuti Instagram Pintarjualan.id dan update soal tips, trik, dan informasi menarik lainnya.
Terima kasih.