Cara Mengembalikan Barang COD Shopee Anti Gagal

Anisa 06 Jun 2022 4 Menit 0

Cara Mengembalikan Barang COD Shopee sama halnya dengan retur barang di Lazada.

Pembeli harus merekam dan mampu membuktikan kelayakan barang tersebut untuk dikembalikan.

Barulah pihak marketplace akan menyetujuinya.

Eh, tetapi kenapa sih ada orang yang ingin melakukan pengembalian barang?

Terutama sistem pembeliannya COD pula.

Rupanya banyak hal yang melatarbelakanginya, lho!

Mulai dari adanya ketidaksesuaian, merasa dibohongi, salah kirim, dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Jadi, kalau kamu salah satu dari mereka dan ingin mengajukan pengembalian, simak dulu syarat-syarat dan caranya berikut!

Aturan Pengembalian Barang COD Shopee

Bagi kamu yang ingin mengembalikan barang COD entah itu COD Tokopedia, Shopee, Lazada atau marketplace lain, simak dulu ketentuannya.

  1. Barang memang rusak dari pihak pengiriman. Baik cara packing penjualyang kurang memenuhi standar, dibanting oleh kurir, atau tidak lengkap
  2. Barang belum pernah digunakan sebelumnya
  3. Tidak mengembalikan barang COD ke penjual lebih dari seminggu karena akan dipertanyakan kebenarannya
  4. Tidak memberikan ulasan atau review jika ingin mengajukan retur
  5. Apabila barang sesuai dengan pesanan, baik ukuran, warna, dan telah menyesuaikan deskripsi produk yang tertera, maka pembeli tidak dapat mengajukan pengembalian. Melainkan memberikan review atau ulasan yang sesuai. Misalnya memberikan rating di bawah 4.
  6. Usahakan memotret dan mengambil video barang saat proses unboxing berlangsung. Jadi begitu, kurir datang dan telah kamu bayar, cobalah untuk langsung merekamnya.
  7. Apabila seller menolak untuk mengembalikan dana apalagi menggantinya, pembeli bisa menghubungi customer service atau call center Shopee untuk meminta bantuan.

Syarat Mengembalikan Barang COD Shopee

Untuk mengembalikan produk dengan sistem COD saat membelinya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tujuannya agar pengembalian yang tidak sesuai pesanan Shopee segera dapat diproses.

Jadi, perhatikan dengan saksama ya poin-poinnya.

  • Pastikan notifikasi ‘pesanan diterima’tidak diklik apalagi mengkonfirmasinya
  • Membuat video dan foto saat pertama kali barang diterima agar penjual tahu bagian yang tidak sesuai ekspektasi pembeli
  • Ukuran foto maksimal 10 Mb dan video 30 Mb, sehingga tidak pecah alias minimal beresolusi tinggi
  • Jika terdapat barang rusak, videokan proses penggunaan barang tersebut yang tidak sesuai dengan fungsinya
  • Ambil foto dengan teknik close up pada bagian yang menderita kerusakan paling berat (jika ada)
  • Chat pihak penjual terlebih dahulu bahwasanya kamu ingin mengembalikan barang atau produk yang sudah dibeli
  • Simpan bukti resi baru maupun lama, chat dengan admin toko, dan dokumen penting lainnya
  • Gunakan jasa pengiriman yang sama saat pertama kali kurir datang. Jadi, misalnya COD J&T, maka kembalikan barang menggunakan ekspedisi tersebut
  • Silakan memilih metode Drop off agar tidak dikenakan biaya tambahan (gratis). Akan tetapi jika ingin mengubah metode pengiriman, pembeli bisa memilih opsi ‘Jasa Kirim Lainnya’ dan menanggung biaya ongkir retur itu sendiri.
  • Hubungi pusat bantuan atau Shopee Center apabila ada kendala saat hendak mengurus pengembalian barang
  • Packaging bawaan tidak rusak (maksudnya kemasan produk langsung ya bukan pengemasan dari seller)
  • Beri alasan yang jelas saat hendak mengirimkan kembali barang tersebut. Baik pada kurir yang akan membawa barang agar lebih hati-hati maupun penjual.

INGAT: Pengembalian di Shopee hanya bisa dilakukan jika memang barang tidak sesuai atau tidak layak untuk diterima.

Cara Mengembalikan Barang COD Shopee

Metode COD di Shopee pada dasarnya sama persis dengan sistem checkout lainnya.

Perbedaan hanya terletak pada waktu pembayaran, yakni di tempat atau saat barang diterima.

Nah, begitu pula saat hendak mengembalikannya.

Kamu bisa mengikuti beberapa tutorial pengembalian atau returnya agar diproses oleh Shopee dengan cepat.

  1. Masuk ke akun shopee (boleh web maupun hp)
  2. Chat penjual terlebih dahulu dan beri tahu kalau barang yang kamu ada kerusakan, salah kirim, atau kecacatan. Katakan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Kalau seller menyetujui, biasanya mereka akan mengarahkan kamu untuk langsung meretur barang.

Jangan lupa juga memberitahu ke penjual metode pengembaliannya. Apakah mau dikembalikan dalam bentuk dana atau refund.

Atau diganti dengan barang baru sesuai pesanan sebelumnya.

  1. Masuk ke menu ‘Rincian Pesanan’
  2. Setelah itu pilih opsi ‘Ajukan Pengembalian’
  3. Klik atau beri centang barang-barang yang ingin kamu kembalikan.
  4. Pada opsi ‘Alasan’ silakan pilih sesuai kategori yang paling mendekati. Misalnya saja produk yang diterima tidak bekerja dengan baik atau produk tidak lengkap.
  5. Jika sudah, langsung klik ‘Kirimkan’
  6. Nantinya kamu akan diminta untuk mengunggah foto produk dan video saat unboxing barang pertama kali
  7. Konfirmasi ulang di kolom chat diskusi dengan penjual dan harap saat proses ini, internetmu stabil ya.
  8. Berikutnya ialah memasukkan nomor resi pengiriman dan tunggu sampai seluruh prosesnya selesai.

Biasanya proses konfirmasi dan verifikasi dari marketplace soal pengembalian barang memakan waktu tak sebentar.

Paling lama2×24 jam atau bisa juga lebih tergantung dari pihak Shopee.

Halaman Selanjutnya
[baca_juga section="3"]...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *