Advertisement

Cara Membatalkan Pesanan Akulaku Untuk Refund Cepat

Diterbitkan pada
09 Juni 2022
Waktu membaca
4 Menit

Cara membatalkan pesanan Akulaku harus dilakukan secepat mungkin agar pengguna dapat memakai aplikasi dengan nyaman.

Sama halnya ketika ingin membatalkan Shopee pinjam yang mesti menggunakan beberapa langkah.

Nah, bagi pengguna Akulaku pasti sudah memahami bahwa untuk membatalkan orderan tentu perlu melengkapi beberapa persyaratan.

Sayangnya, ketika hal tersebut terjadi banyak yang justru merelakannya begitu saja.

Alih-alih lekas menghubungi cs atau mengusahakan tindakan lain.

Padahal masih bisa diupayakan lho!

Bagaimana cara membatalkannya? Yuk, ikuti saran dan langkah-langkah yang akan dimuat dalam artikel kali ini!

Syarat dan Aturan Membatalkan Pesanan Akulaku

Bagi pengguna lama yang sudah mengetahui cara daftar Akulaku, agaknya tidak asing dengan pembatalan dan berapa lama proses refund dari platform ini, bukan?

Terlebih lagi jika menyangkut syarat-syarat pembatalan pesanan yang belum dibayar.

  • Barang yang sudah masuk dalam akun penjual tidak segera diproses dan dikonfirmasi bahkan tidak ada tanggapan sama sekali.
    Serta jika sampai tanggal dan batas waktu tertentu barang tak kunjung dikirim
  • Tempat memesan barang rupanya sudah lama tidak aktif atau jarang online
  • Pembeli melakukan kesalahan dalam jumlah serta pemilihan item ketika pembelian terjadi
  • Barang sudah diproses akan tetapi masih belum dijemput oleh kurir atau diantarkan oleh pihak penjual ke kantor kurir terdekat, sehingga dibatalkan sepihak
  • Stok barang di gudang rupanya kosong dan penjual memberikan opsi pada pembeli untuk membatalkan pesanan atau mengganti dengan barang serupa lainnya
  • Pembeli bersedia menerima hasil refund atas barang yang gagal dibeli 
  • Opsi pembatalan pesanan masih muncul dan bisa diakses oleh pembeli.

Penting Dicatat: Proses pembatalan pesanan tanpa DP tetap bisa dilakukan menurut ketentuan dan kerja sama dengan online shop terkait.

Bila pihaknya berkenan untuk membatalkannya, maka pembeli otomatis dapat cancel orderan tersebut.

Sebaliknya, pembatalan pesanan barang yang sudah dikirim tentu memerlukan proses yang lebih rumit.

Sama halnya ketika mengembalikan pesanan COD Shopee pada seller sejak pertama kali barang diterima. 

Cara Membatalkan Pesanan Akulaku 

Membatalkan pesanan di platform yang satu ini tidaklah sulit.

Pengguna hanya perlu melakukannya lewat aplikasi.

Nah, beginilah cara cancel orderan di Akulaku dengan aman dan cepat!

Batalkan Pesanan Lewat Menu Bills

  1. Buka akun Akulaku masing-masing di aplikasi dan masuk ke menu utama terlebih dahulu
  2. Klik menu ‘Bills’ di Akulaku guna melihat status limit (sudah terpotong atau belum)
  3. Apabila ternyata limit pada saldo akun sudah terpotong, segera klik ‘Pesananku’ dan tunggu sampai muncul menu ‘Menunggu Hasil Pembayaran’.
    Setelah itu, pesanan tersebut pun akan dibatalkan oleh sistem secara otomatis
  4. Baru kemudian klik ‘Rincian Pesanan’ dan pilih ‘Batalkan Pesanan’
  5. Klik ‘Konfirmasi’ untuk menyetujui pembatalan
  6. Jika sudah selesai, maka kamu bisa memeriksa menu Bills dan lihatlah jumlah limit yang sudah kembali seperti sedia kala.

Selain cara di atas, kamu juga dapat mengajukan proses refund.

Berapa lama proses refund tersebut? Paling cepat 1×24 jam, tetapi terkadang juga agak lama.

Terutama bagi kamu yang sudah bayar DP. 

Namun kamu wajib berusaha dulu ya!

Batalkan Pesanan dan Minta Refund

Cara yang kedua ini bisa dipraktikkan ketika pembeli sudah terlanjur membeli barang dan membayarnya.

  1. Buka akun Akulaku di aplikasi 
  2. Klik menu ‘Personal’ yang ada di pojok kanan bawah smartphone
  3. Pada menu ‘Layanan Saya’ pilih dan klik ‘Pusat Bantuan’
  4. Setelahnya, pada menu ‘Tanya & Jawab’ langsung saja klik ‘Refund’
  5. Aplikasi akan mengeluarkan rincian pertanyaan tentang bagaimana proses refund berjalan. Nah, tugas kamu adalah klik ‘Feedback’
  6. Pada tahap kali ini, silakan:
    a) Klik Kategori Pertanyaan dan pilih yang sesuai
    b) Masukkan nama kamu
    c) Cantumkan juga alamat email yang aktif
    d) Copy paste atau ketik nomor pesanan (jika ada dan pilihan ini sifatnya optional)
    e) Beritahu permasalahan yang ingin kamu selesaikan di kolom berikutnya. Katakan secara mendetail tentang pengajuan pembatalan
    f) Masukkan foto sebagai pendukung atau file bukti lainnya
  7. Tunggu prosesnya selesai terlebih dahulu
  8. Jika sudah maka silakan kembali ke menu ‘Refund/After Sales’ untuk mengecek kembalinya limit kredit atau saldo yang telah dibayarkan sebelumnya.
  9. Klik ‘Lihat Detail’ untuk mengecek rinciannya.

Batalkan Pesanan via Chat 

Kalau cara di atas ternyata masih belum bisa, langkah berikutnya yang patut kamu coba yakni menghubungi pihak seller atau owner online shop.

Caranya dimulai dari klik opsi ‘Hubungi’ pada ‘Menu Pesananku’ untuk kontak pihak penjual.

Kemudian, cobalah untuk mengatakan apa adanya permintaan kamu bahwa ingin membatalkan pesanan.

Sertakan juga alasan konkrit yang melatarbelakangi pembatalan tersebut.

Sebab, pihak penjual juga akan menganalisis motif tersebut, apakah layak untuk menyetujui atau tidak.

Makin logis alasan yang kamu kemukakan, makin cepat juga penjual mengkonfirmasi pembatalan pesanan.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *