Cara membatalkan pesanan Akulaku harus dilakukan secepat mungkin agar pengguna dapat memakai aplikasi dengan nyaman.
Sama halnya ketika ingin membatalkan Shopee pinjam yang mesti menggunakan beberapa langkah.
Nah, bagi pengguna Akulaku pasti sudah memahami bahwa untuk membatalkan orderan tentu perlu melengkapi beberapa persyaratan.
Sayangnya, ketika hal tersebut terjadi banyak yang justru merelakannya begitu saja.
Alih-alih lekas menghubungi cs atau mengusahakan tindakan lain.
Padahal masih bisa diupayakan lho!
Bagaimana cara membatalkannya? Yuk, ikuti saran dan langkah-langkah yang akan dimuat dalam artikel kali ini!
Syarat dan Aturan Membatalkan Pesanan Akulaku
Bagi pengguna lama yang sudah mengetahui cara daftar Akulaku, agaknya tidak asing dengan pembatalan dan berapa lama proses refund dari platform ini, bukan?
Terlebih lagi jika menyangkut syarat-syarat pembatalan pesanan yang belum dibayar.
- Barang yang sudah masuk dalam akun penjual tidak segera diproses dan dikonfirmasi bahkan tidak ada tanggapan sama sekali.
Serta jika sampai tanggal dan batas waktu tertentu barang tak kunjung dikirim - Tempat memesan barang rupanya sudah lama tidak aktif atau jarang online
- Pembeli melakukan kesalahan dalam jumlah serta pemilihan item ketika pembelian terjadi
- Barang sudah diproses akan tetapi masih belum dijemput oleh kurir atau diantarkan oleh pihak penjual ke kantor kurir terdekat, sehingga dibatalkan sepihak
- Stok barang di gudang rupanya kosong dan penjual memberikan opsi pada pembeli untuk membatalkan pesanan atau mengganti dengan barang serupa lainnya
- Pembeli bersedia menerima hasil refund atas barang yang gagal dibeli
- Opsi pembatalan pesanan masih muncul dan bisa diakses oleh pembeli.
Penting Dicatat: Proses pembatalan pesanan tanpa DP tetap bisa dilakukan menurut ketentuan dan kerja sama dengan online shop terkait.
Bila pihaknya berkenan untuk membatalkannya, maka pembeli otomatis dapat cancel orderan tersebut.
Sebaliknya, pembatalan pesanan barang yang sudah dikirim tentu memerlukan proses yang lebih rumit.
Sama halnya ketika mengembalikan pesanan COD Shopee pada seller sejak pertama kali barang diterima.
Baca Juga
Cara Membatalkan Pesanan Akulaku
Membatalkan pesanan di platform yang satu ini tidaklah sulit.
Pengguna hanya perlu melakukannya lewat aplikasi.
Nah, beginilah cara cancel orderan di Akulaku dengan aman dan cepat!
ADVERTISEMENTS
Batalkan Pesanan Lewat Menu Bills
- Buka akun Akulaku masing-masing di aplikasi dan masuk ke menu utama terlebih dahulu
- Klik menu âBillsâ di Akulaku guna melihat status limit (sudah terpotong atau belum)
- Apabila ternyata limit pada saldo akun sudah terpotong, segera klik âPesanankuâ dan tunggu sampai muncul menu âMenunggu Hasil Pembayaranâ.
Setelah itu, pesanan tersebut pun akan dibatalkan oleh sistem secara otomatis - Baru kemudian klik âRincian Pesananâ dan pilih âBatalkan Pesananâ
- Klik âKonfirmasiâ untuk menyetujui pembatalan
- Jika sudah selesai, maka kamu bisa memeriksa menu Bills dan lihatlah jumlah limit yang sudah kembali seperti sedia kala.
Selain cara di atas, kamu juga dapat mengajukan proses refund.
Berapa lama proses refund tersebut? Paling cepat 1×24 jam, tetapi terkadang juga agak lama.
Terutama bagi kamu yang sudah bayar DP.
Namun kamu wajib berusaha dulu ya!
ADVERTISEMENTS
Batalkan Pesanan dan Minta Refund
Cara yang kedua ini bisa dipraktikkan ketika pembeli sudah terlanjur membeli barang dan membayarnya.
- Buka akun Akulaku di aplikasi
- Klik menuâPersonalâ yang ada di pojok kanan bawah smartphone
- Pada menu âLayanan Sayaâ pilih dan klik âPusat Bantuanâ
- Setelahnya, pada menu âTanya & Jawabâ langsung saja klik âRefundâ
- Aplikasi akan mengeluarkan rincian pertanyaan tentang bagaimana proses refund berjalan. Nah, tugas kamu adalah klik âFeedbackâ
- Pada tahap kali ini, silakan:
a) Klik Kategori Pertanyaan dan pilih yang sesuai
b) Masukkan nama kamu
c) Cantumkan juga alamat email yang aktif
d) Copy paste atau ketik nomor pesanan (jika ada dan pilihan ini sifatnya optional)
e) Beritahu permasalahan yang ingin kamu selesaikan di kolom berikutnya. Katakan secara mendetail tentang pengajuan pembatalan
f) Masukkan foto sebagai pendukung atau file bukti lainnya - Tunggu prosesnya selesai terlebih dahulu
- Jika sudah maka silakan kembali ke menu âRefund/After Salesâ untuk mengecek kembalinya limit kredit atau saldo yang telah dibayarkan sebelumnya.
- Klik âLihat Detailâ untuk mengecek rinciannya.
ADVERTISEMENTS
Batalkan Pesanan via Chat
Kalau cara di atas ternyata masih belum bisa, langkah berikutnya yang patut kamu coba yakni menghubungi pihak seller atau owner online shop.
Caranya dimulai dari klik opsi âHubungiâ pada âMenu Pesanankuâ untuk kontak pihak penjual.
Kemudian, cobalah untuk mengatakan apa...