Cara Melihat Riwayat Pesanan di TikTok Shop [Mudah & Ringkas]

Anisa 04 Jul 2022 4 Menit 0

Cara melihat riwayat pesanan di TikTok Shop umumnya bisa melalui dua cara. Asalkan sudah tahu cara daftar TikTok Shop dan melengkapi informasi data secara komplet.

Selain itu pengguna juga bisa mengecek status pengiriman di TikTok Shop hanya dalam beberapa klik saja.

Mengapa kegiatan ini penting? Sebab, bagi penjual bisa memberikan dampak bagi perkembangan tokonya dan dari sisi pembeli bisa memberikannya kepuasan.

Apakah pengecekan tersebut sama halnya dengan cek pesanan di Shopee? Ternyata hampir mirip, dengan begitu pengguna akan mendapatkan informasi yang akurat dan lengkap sebagaimana pada umumnya.

Cara Mengecek Pesanan di TikTok Shop Lengkap

Cara Melihat Riwayat Pesanan di TikTok Shop bagi Pembeli

Agar bisa melihat status atau rincian pesanan di TikTok Shop, maka dapat dilakukan secara manual.

Tentunya lewat aplikasi TikTok yang sudah diunduh oleh setiap pengguna.

  1. Langsung saja buka aplikasi TikTok di Smartphone
  2. Klik akun atau ikon bergambar profil user “Saya”
  3. Klik titik tiga di pojok kanan atas bagi pengguna android dan garis tiga bagi pemakai iOS, kemudian pilih opsi “pengaturan dan privasi”
  4. Geser atau scroll layar ke bawah sampai menemukan menu “Akun” dan silakan klik “Pesanan”
  5. Kemudian halaman pesanan pun muncul dan kamu bisa melihat status pesanan tersebut mulai dari keterangan pembayaran, pengiriman, dan sebagainya.
  6. Untuk mengecek status pengiriman dan cek resi TikTok Shop, pengguna bisa klik “Detail Pesanan” guna menampilkan riwayat pesanan secara terperinci

Sama seperti cara cek resi J&T di marketplace, perihal riwayat order barang di TikTok Shop juga dapat dilakukan lewat aplikasi maupun website.

Bahkan pengguna pun dapat melakukan pengembalian barang di TikTok Shop bila memang tidak sesuai yang ditampilkan oleh seller.

Selain pembeli, penjual ternyata juga bisa melihat status produk yang masuk ke dalam akun seller center lho!

Apalagi kalau ternyata pembeli meminta bantuan untuk checking status barang, karena terjadi masalah pada akun pribadinya.

Misalnya saja status pesanan yang sudah dihapus.

Bagaimana detilnya?

Cara Cek Riwayat Pesanan yang Masuk bagi Seller

  1. Masuk akun seller center TikTok Shop
  2. Pilih icon berbentuk dokumen (Manage Orders) untuk mengatur pesanan
  3. Setelah itu, penjual bisa melihat id pesanan (nomor id order) dan beberapa rincian orderan lainnya yang masuk secara lengkap.
    Mulai dari barang yang belum dibayar, sedang dalam perjalanan, pembelian selesai, dan sebagainya.

Beberapa Masalah Paket yang Sering Terjadi

Ada beberapa masalah terkait pesanan atau paket barang yang sering dialami pembeli.

Yang paling sering terjadi antara lain:

Paket Terlambat Dikirim

Keterlambatan paket bisa saja terjadi akibat beberapa situasi.

Katakanlah pihak jasa pengiriman di Indonesia memang sedang overload, sehingga paket yang harusnya terkirim sesuai estimasi harus mundur dari jadwal sebelumnya.

Tentu saja dalam hal ini bukan salah seller, melainkan ada pada kurir.

Namun meskipun demikian, pembeli sebaiknya tidak asal memarahi pihak ekspedisi, terlebih lagi jika mereka sudah bekerja keras untuk menyelesaikan seluruh pengiriman paket yang ada.

Sebaliknya, pembeli bisa memastikannya sendiri dengan menelepon kantor cabang atau pun drop poin terdekat.

Status Diterima Padahal Paket Belum Sampai

Masalah yang kedua adalah yang paling sering dialami oleh sebagian besar penerima pesanan.

Ya, padahal paket belum di tangan tetapi status pesanan di aplikasi sudah diterima oleh pembeli.

Kalau begini bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, tunggu dulu selama 24 jam karena bisa saja pihak ekspedisi salah memproses status pengiriman.

Kedua, konfimasi ke pihak seller untuk menanyakan seputar paket tersebut.

Ketiga, lacak status melalui website perusahaan ekspedisi.

Apabila tiga cara di atas sudah dilakukan dan belum menemukan hasil, pengguna bisa langsung mendatangi kantor cabang terakhir yang menerima paket tersebut.

Pesanan Stucked ‘Sedang Diproses’

Apakah kamu pernah mengalami hal-hal seperti ini? Pesanan selalu dalam status “Sedang Diproses oleh Penjual” dan tidak ada pergerakan setelahnya?

Nah, jika mengalami kendala tersebut, pengguna dapat mengirimkan pesan lewat chat pada seller.

Namun bila tidak ada jawaban yang pasti dan seolah seller lari dari tanggung jawab, pengguna harus langsung menghubungi pusat bantuan.

Supaya pihak e-commerce (TikTok Shop) dapat mengambil tindakan secara langsung atas peristiwa tersebut.

Pesanan Tidak Sesuai

Pada dasarnya cara belanja di TikTok Shop terbilang mudah dan terpercaya.

Akan tetapi beberapa pembeli mengalami sejumlah hal yang kurang memuaskan.

Contoh saja barang yang dijual tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditulis oleh admin online shop.

Atau mungkin barang mengalami kerusakan, patah, dan beberapa part tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kalau hal seperti itu terjadi, maka jangan terburu-buru menyalahkan pihak seller.

Lihat dulu beberapa aspek yang mempengaruhinya:

  • Apakah pembeli sudah menggunakan asuransi barang untuk meng-cover kerusakan?
  • Apakah pembeli sudah menambahkan pelindung barang supaya paket aman selama proses pengiriman? Misalnya dengan menambahkan bubble wrap, kayu, dan benda pendukung lain yang sudah disediakan oleh penjual
  • Lihatlah cara penjual mengemasnya; apakah sudah sesuai dengan standar umum pengemasan? Seperti memberikan sumpalan, memberi tahu pada pihak kurir untuk memasang stempel “Fragile” sesuai jenis barang, dan sejenisnya.
    Jika memang iya, penjual berhak melakukan komplain dan mengembalikan paket tersebut.

FAQ

Q: Siapakah kurir atau jasa ekspedisi yang digunakan di TikTok Shop?

A: Setiap online shop yang terdaftar di TikTok Shop menggunakan jasa ekspedisi yang berbeda-beda untuk mengirim barang.

Hal tersebut didasarkan tempat tinggal dan wilayah pihak pengirim. Beberapa toko menyediakan layanan kurir JNT, JNE, dan Pos Indonesia.

Namun toko lainnya bisa saja menggunakan layanan kurir yang lengkap mulai dari J&T, Tiki, Pos Indonesia, Ninja Express, JNE, SiCepat, dan Anteraja karena domisilinya berada di tengah kota.

Q: Apakah nomor resi TikTok di Shop dapat dilacak di luar?

A: Setiap nomor resi pesanan di TikTok Shop dapat dicek melalui website perusahaan kurir terkait.

Contoh saja, pengguna menggunakan layanan pengiriman J&tT, maka pembeli dapat mengecek resi tersebut via website resmi J&T.

Q: Berapa hari pengiriman barang atau pun paket di TikTok Shop?

A: Estimasi barang tentu beraneka ragam. Namun rentang waktu pengiriman paling lama antar kota yakni 5 hari. Sedangkan pengiriman ke luar Jawa bisa memakan waktu sampai 2 minggu lamanya.

Q: Apa pembeli bisa melakukan refund di TikTok Shop?

A: Setiap pembeli dapat melakukan refund dengan persyaratan tertentu. Seperti melengkapi pesanan, menuliskan alasan pengembalian barang, dan berkenan menanggung ongkir pengiriman barang.

Penutup

Semoga pembahasan mengenai cara melihat riwayat pesanan di TikTok Shop kali ini berguna bagi kamu yang sedang menanti paket, tetapi belum kunjung datang ya.

Untuk lebih lengkapnya lagi, kamu bisa membaca beberapa artikel lengkap tentang TikTok Shop di blog Pintarjualan.

Terus ikuti kegiatan-kegiatan kami di Instagram dan menuliskan komentar bila menemukan permasalahan seputar jualan, bisnis, ekspedisi, dan sebagainya.

Terima kasih!

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *