Advertisement

Cara Pengembalian Barang di TikTok Shop Mudah dan Cepat

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
22 Juni 2022
Waktu membaca
4 Menit

Tidak banyak yang mengetahui cara pengembalian barang di TikTok Shop. Padahal, mengembalikan barang adalah hak konsumen, terutama jika terdapat ketidaksesuaian antara yang ditawarkan Dengan yang didapatkan.

Karena TikTok kini bukan hanya jadi media sosial, tetapi juga tempat jual beli online dengan hadirnya TikTok Shop. Salah satu keunggulannya adalah adanya return atau retur barang.

Oh iya, pengembalian barang dan uang ini sering kali jadi satu, walaupun sebenarnya return dan refund itu berbeda.

Kembali lagi ke TikTok Shop, Ikuti terus artikel ini supaya kamu bisa melakukan pengembalian barang dengan mudah dan cepat.

Cara Pengembalian Barang Di TikTok Shop

Jika barang yang kamu terima tidak sesuai atau bahkan rusak, kamu bisa mengajukan komplain dan retrur barang. Selain barangnya dikembalikan, uang yang kmu gunakna untuk membeli juga akan dikembalikan/refund.

Berikut langkah yang bisa kamu ikuti untuk Pengembalian barang atau return barang di TikTok Shop.

  1. Buka Aplikasi TikTok dan Masuk ke Profil akun yang berada di pojok kanan bawah
  2. Buka Options > Pengaturan dan Privasi
  3. Pilih fitur pesanan dan pilih “View All” untuk menampilkan semua pesanan
  4. Cari pesanan yang ingin di return
  5. Tekan tombol Request Refund”
  6. Tunggu alamat pengembalian barang yang diberikan oleh seller
  7. Lakukan proses pengiriman barang yang ingin dikembalikan ke seller.

Oh iya, perlu diketahui juga, dalam proses retur ini, biaya pengiriman barang ditanggung oleh kamu sendiri ya. TikTok tidak akan memberikan cashback atau reimburse untuk pengiriman barang. sehingga kamu perlu merogoh kocek sendiri dalam proses retur ini.

Cara Pengembalian Uang TikTok Shop

Setelah barang dikirimkan dan mendapat resi, pencairan dana refund. Tiktok akan mengembalikan uang yang sebelumnya sudah kamu bayarkan untuk pembelian barang retur ke rekening atau metode pembayaran lainnya.

  1. Pada halaman pengembalian barang, Klik tombol “Refund Method”
  2. Pilih metode pembayaran, misalnya bank transfer
  3. Masukkan data yang dibutuhkan, seperti nomor rekening bank, nama bank, nama pemilik rekening, dan email aktif
  4. Klik tombol “send”
  5. Melalui rincian yang muncul, Cek detail rincian data yang sudah kamu masukkan,
  6. Klik “confirm for withdraw”
  7. Proses pengembalian dana umumnya memakan waktu hingga tiga hari
  8. Setelah pembeli mengkonfirmasi, uang akan dikembalikan ke rekening yang sebelumnya sudah kamu input.

Syarat Pengembalian Barang di TikTok Shop

Sebelum kamu mengajukan retur barang, ada beberapa hal yang bisa kmu persiapkan. Untuk bisa mengembalikan barang di TikTok Shop, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

  1. Alasan yang sesuai

Ketika mengembalikan barang, pasti ada keterangan atau alasannya, kan. Inilah beberapa alasan pengembalian barang yang bisa diterima.

  • Pesanan tidak sengaja dibuat
  • Salah menentukan barang
  • Barang tidak sesuai pesanan
  • Barang dalam keadaan rusak
  • Salah pesanan
  • Tidak lengkap
  • Penjual belum memenuhi komitmen.

jika kalian mendapati hal tersebut, lakukan saja klaim return barang, karena itu adalah hak kalian sebagai konsumen.

  1. Pesanan Sudah Diterima

Syarat kedua adalah kondisi pesanan. Untuk melakukan pengembalian barang, pesanan sudah harus diterima terlebih dahulu.

Kondisi barang diterima ini disebut dengan masa purna jual. pengajuan retrun bisa disampaikan dalam waktu 6 hari setelah barang diterima.

Jika lebih dari itu, pengembalian barang bisa ditutup. Sehingga jika mau komplain untuk retur bisa ke penjual atau ke e-commerce@tiktok.com

  1. Persetujuan Penjual

Selain itu, pastikan toko melakukan konfirmasi saat pengembalian barang. klaim pengajuan pengembalian barang akan disampaikan kepada penjual.

Tidak perlu cemas jika penjual menolak pengembalian barang. di TikTok Shop, penjual tidak boleh menolak permintaan retrun tanpa alasan yang kuat.

Bahkan jika permintaan pertama ditolak, pelanggan bisa mengajukan permintaan kedua dalam waktu 48 jam. Jika penjual tidak merespon selama 48 jam, TikTok Shop akan menganggap bahwa penjual menyetujui retur.

  1. Rekening Pengembalian Dana

Syaraat lainnya untuk pengembalian barang adalah menyertakan rekening pengembalian dana. Saat melakukan return, TikTok akan mengembalikan uang yang telah kamu bayarkan. Untuk itu, ada ebberapa metode pembayaran yang bsia digunakan.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

16 Comments

  1. Mis berkata:

    Halo nama saya mia saya ingin mengajukan refund uang nya sudah saya bayar tapi paketnya masih dalam perjalan pembayaranya melewati limit akulaku, masalahnya akun penjual nya adalah akun penipuan sya baru liat ulasan di toko itu barang yg dikirim selalu tidak sesuai apa bisa dikembalikan uangnya

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak, Pengembalian barang menurut aturan TikTok Shop boleh dan sah dilakukan bila melanggar ketentuan yang berlaku. Termasuk jika seller melakukan penipuan.
      Namun syaratnya adalah paket diterima terlebih dahulu dan Kakak melakukan unboxing sejak awal paket diterima. Ambil video saat pembukaan barang ya kak supaya bisa dijadikan bukti untuk refund.

  2. Ria berkata:

    Haloo aku ria mau bertanya, kalo setelah pengajuan pengembalian yg kedua ditolak juga gimana??
    Terimakasih 🙏

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak, kalo boleh tahu, notifikasi penolakan dari pihak tiktok shop bunyinya gimana ya? Penolakan biasanya karena alasan yang kakak masukkan kurang tepat dan bukti yang menjadi alasan tersebut juga kurang.

  3. Nida berkata:

    Ka kan saya mau pengembalian nah maksudnya (unggah nomor pelacakan paket yf dikembalikan) itu maksudnya unggah dimana? Saya kurang paham
    Dan pengembalian ini ongkirnya di tanggung siapa yah ?kan kalo di shopeet ditanggung oleh shopeet nah kalo di tiktok gimana ?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Kalo di TikTok sebagian besar ditanggung oleh pihak penerima Kak, tapi ada juga yang nanggung TikTok/Sellernya. Tergantung kesepakatan antara pengirim dan penerima barang.
      Unggah nomor pelacakan itu maksudnya nomor resi kak.. biasanya ada di atas atau di dekat label barcode

  4. Rauzatuljannah berkata:

    Kak tolong dongg pengiriman baju nya ni kecil mau tukar dong kak atau cancel ajaaa deuhh gini ngk sesuai seperti ap yang disity

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak. Maaf kami bukan penjual atau pemilik akun di TikTok Shop ya. Kakak bisa mengajukan komplain ke seller atau mengikuti panduan/tutorial yang kami tampilkan di atas. Terima kasih.

  5. novi berkata:

    halo saya ingin brtanya
    saya melakukan pengajuan pengembalian barang dan danNmun ditolak oleh pihak penjual dikarenakan saya salah input nomor resi pengembalian barang. untuk barangnya juga sudah saya kirim ke pihak penjual namun, setelah menunggu 48 jam tetap tidak bisa mengajukan permohonan retur ulang. mohon dibantu untuk permasalahan saya ini.
    terima kasih

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak. Apakah nomor resi yang dimasukkan sudah sesuai? Kalau dari penjual menolak karena alasan nomor resi salah, berarti masih bisa diperbaiki.
      Namun kalau barang sudah sampai ke tangan penjual dan tetap tidak ada tindakan, sebaiknya Kakak mengajukan perlindungan pelanggan ke TikTok Shop langsung Kak.
      Biar TikTok Shop yang menangani dan mengurus kelanjutan status penjual tersebut.

  6. Dini nursyamsiah berkata:

    Kak pengembalian dananya itu bisa melalui apa saja?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, biasanya refund di TikTok Shop bisa pakai rekening bank, aplikasi e-money yang tersedia kak.

  7. Mohd Khairunizam berkata:

    Jika saya hendak kembalikan barang yang bermasalah. Siapakah yang menanggung kos penghantaran kepada pengirim

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Untuk pengembalian barang, pihak pembeli ya kak yang menanggung ongko, tapi bisa juga gratis, tergantung tokonya 🙂

  8. logistik berkata:

    halo ka saya lagi refund barang di tiktok tapi gak bisa masukin nomor resi ka gak ada tulisanya, di tulisan merah paling bawah tulisanya selalu cek label pengembalian. padahal barang sudah dikirim lewat ekspedisi

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Sudah dicek dan diperiksa kembali kak label pengirimannya? Tapi sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan seller kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *