Cara Melihat Nomor Virtual Account DANA untuk Semua Bank, Mudah & Anti Ribet

Anisa Juniardi 10 Des 2022 3 Menit 0

Cara melihat nomor virtual account DANA sangatlah mudah, bahkan penggun bisa mengetahui seluruh kode dari berbagai Bank jika melibatkannya dalam sebuah transaksi.

Terlebih lagi jika pakai DANA untuk bayar di Tokopedia dan beberapa marketplace lain seperti Shopee, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Kode virtual tersebut umumnya akan muncul sebelum atau setelah pengguna menyelesaikan transaksi pembayaran dan terkonfirmasi oleh sistem secara otomatis.

Nah, bagi kamu para pemula yang baru saja memutuskan download aplikasi DANA, baca dulu sampai tuntas mengenai nomor virtual yang ada di layanan e-wallet ini!

Apa itu Nomor Virtual Account DANA?

Kode atau nomor virtual account DANA adalah deretan angka yang muncul ketika pengguna hendak melakukan top up DANA lewat transfer bank (ATM) dan gerai minimarket, lewat penyedia jasa pihak ketiga, dan berbagai aktivitas keuangan lainnya.

nomor virtual tersebut biasanya terdiri dari 4 hingga 5 digit angka dan diikuti oleh nomor telepon yang terdaftar pada akun DANA.

Tentunya jumlah digit nomor tiap bank berbeda, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan perbankan tersebut.

Berikut beberapa nama Bank yang terdaftar dan telah bekerja sama dengan DANA: BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri, Permata Bank, CIMB Niaga, BTN, Panin Bank, Bank Sinar Mas, BTPN, Maybank, DANAMON, dan lain-lain.

Selain itu, pengguna juga tidak diizinkan untuk menyebarkan nomor kode virtual account DANA secara sembarangan ke publik apalagi pada pihak tak dikenal.

Oleh karena itu, bagi pengguna yang hendak menggunakan DANA untuk bertransaksi dan mendukung kegiatan sehari-hari, wajib nih untuk daftar DANA dan upgrade versi premium menggunakan KTP agar akun lebih terlindungi dan menikmati banyak fitur di dalamnya.

Cara Melihat Nomor Virtual Account DANA dengan Mudah

Sebelum cek nomor virtual account di DANA, pastikan internet yang kamu gunakan stabil ya karena kalau lelet, bisa dipastikan loading aplikasi juga lebih lama bahkan bisa gagal login.

Selanjutnya update aplikasi DANA terlebih dahulu supaya fitur-fitur yang baru bermunculan dan bisa langsung dipakai.

Langsung aja ya, inilah cara melihat nomor virtual account DANA melalui HP!

  1. Pertama buka aplikasi DANA dan klik Isi Saldo untuk top up DANA lewat BCA atau bank lainnya
    Cara melihat nomor virtual dana

    Source: rais al fatih on youtube

  2. Kemudian halaman Isi Saldo pun muncul, silakan kamu klik BCA

    Cek nomor virtual account dana

    Source: rais al fatih on youtube

  3. Lalu klik BOLEH untuk melanjutkan proses transfer atau pengisian
    Cara cek no virtual account dana

    Source: rais al fatih on youtube

  4. Nah, kemudian nomor akun virtual BCA pun muncul
    Cara melihat kode virtual account dana

    Source: rais al fatih on youtube

  5. Setelah itu, kamu bisa klik SALIN KODE atau screen shoot layar apabila ingin memasukkan nomor secara manual
  6. Selanjutnya ikuti instruksi pembayaran yang direkomendasikan oleh DANA sesuai dengan prosedur yang ada.

By the way, cara di atas berlaku juga ketika kamu ingin mengetahui kode atau nomor virtual akun Bank lain seperti BNI, BRI, Mandiri, BTN, dan lainnya ya.

Eits, tidak hanya bank aja lho! Sebab, cara mengisi saldo DANA dengan mudah dapat dilakukan melalui pegadaian, Kantor Pos, Lawson, dan berbagai gerai resmi lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan opsi tersebut jika belum memiliki rekening bank yang terdaftar. Wah, cocok banget ya buat anak-anak SMA yang ingin menikmati pembayaran lewat dompet digital!

Biaya Top Up Saldo DANA Terbaru sejak 2022

Sudah tahukah kamu dengan kabar terbaru tentang biaya isi saldo DANA melalui merchant atau gerai resmi? harus kamu ingat-ingat dulu nih kalau sejak 2022, isi saldo DANA ke Alfamart atau Alfamidi dikenakan biaya senilai Rp2.500,00 per transaksi.

Jadi, jika kamu mengisi 100 ribu, maka yang harus dibayarkan ke kasir Alfamart sebesar Rp102.500,00, sehingga diperlukan uang lebih. Jangan terlalu ngepas ya!

Sedangkan bagi kamu yang hendak top up saldo DANA di bawah Rp50.000,00 akan dikenai biaya admin senilai Rp4.500,00 per transaksi.

Lain halnya dengan minimarket, transfer atau pengisian saldo DANA lewat bank di atas 50 ribu tidak dikenakan biaya admin sepeser pun alias gratis.

Namun lebih untung lagi bagi pengguna DANA Premium yang tidak akan dibebankan biaya admin untuk 10 kali transaksi dalam satu bulan. Makanya,buruan deh update aplikasi DANA mu ke versi Premium supaya bebas isi saldo tanpa harus bayar admin!

FAQ

Di manakah melihat nomor virtual account DANA?

Setiap pengguna dapat melihat dan mengecek nomor virtual akun DANA, baik dari bank dan gerai pada halaman petunjuk pengisian saldo dompet digital. Nomor tersebut punya seri yang berbeda setiap kali transaksi, sehingga tidak ada nomor yang benar-benar sama.

Apakah nomor rekening sama dengan nomor virtual account DANA?

Nomor rekening berbeda dengan nomor virtual Account DANA. Nomor virtual adalah ID atau kode virtual yang dibuat oleh bank dan diperuntukkan bagi pelanggan yang hendak melakukan transaksi. Nomor virtual satu dengan yang lain juga berbeda. Sedangkan nomor rekening bank adalah nomor tetap yang dimiliki nasabah bank dan dikeluarkan secara resmi oleh bank untuk menerima dan mengirim sejumlah transaksi.

Berapakah nomor kode DANA?

Nomor kode DANA biasanya diawali 8528 yang diikuti dengan nomor ponsel pada akun DANA.

Akhir Kata

Tidak sulit untuk mengecek nomor virtual akun pada DANA kan? Apalagi setelah membaca pembahasan lengkap mengenai tata cara melihat nomor virtual account DANA yang dijelaskan pada sesi kali ini.

Semoga membantu kamu yang saat ini baru saja membuka dan mendaftar DANA atau beralih dari dompet digital lain karena menemukan fitur yang lebih cocok dengan gaya kehidupan sekarang.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • BERAPA BIAYA ADMIN ISI SALDO DANA DARI APLIKASI LAIN? – https://www.dana.id/help-center/saldo-top-up/berapa-biaya-admin-isi-saldo-dana-dari-aplikasi-lain
  • Bagaimana Cara Isi Saldo DANA Melalui Bank BCA? – https://www.dana.id/help-center/saldo-top-up/bagaimana-cara-isi-saldo-dana-melalui-bank-bc

 

Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.