Cara Jualan di TikTok Shop Live Streaming bagi Pemula [+Tips]

Anisa 01 Jul 2022 3 Menit 2

Cara jualan di TikTok Shop live bisa dilakukan bila sebelumnya sudah tahu cara daftar TikTok Shop sebagai seller.

Ya, hampir seluruh akun-akun yang digunakan untuk berjualan sudah mendaftarkan diri secara resmi sebagai penjual.

Setelah itu, barulah menggunakan teknik marketing bisnis online dengan mengunggah konten di akun TikTok.

Eits, tapi sudah tahu cara dan momen yang tepat belum agar banyak orderan yang masuk?

Selain itu menambah pengikut dan menarik calon konsumen baru?

Sebab cara jualan lewat platform asal China ini bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah bila dijalankan di waktu yang tepat!

Berikut tutorial lengkapnya!

Cara Jualan di TikTok Shop Live Streaming

1. Buka akun TikTok (Jika belum punya, silakan download aplikasinya di Play Store kemudian daftar terlebih dahulu ya)

2. Setelah masuk beranda atau di “Home”, klik fitur “Live” (berada di atas sebelah kiri)

3. Pilih opsi “Go Live” dan langsung bisa streaming

4. Buat waktu pemanasan selama kurang lebih 15 detik khusus bagi penonton terutama viewers. Tanyakan pada mereka, barang atau produk manakah yang ingin dibahas.

5. Setelah selesai dan masuk pada sesi live, ambil waktu 5 menit untuk menyapa kabar para penonton serta followers.

Lakukan intermeso atau basa-basi dengan bercerita sedikit mengenai kegiatan maupun hal random lainnya untuk menarik minat penonton.

Kemudian barulah gunakan cara promosi barang dagangan atau pun produk-produk secara online.

Pastikan bahwa internet lancar, produk siap untuk dipamerkan, dan baterei HP dalam keadaan penuh.

Sehingga meminimalisir terjadinya kerugian, baik waktu maupun materi.

Tips Jualan secara Live di TikTok

Riset Prime Time

Sama halnya dengan cara riset hashtag Instagram, untuk ketentuan waktu (prime time) di TikTok tak jauh berbeda dari IG.

Sama-sama memiliki waktu khusus yang mampu menarik viewers dalam waktu cepat serta mencapai target.

Bahkan setiap akun punya prime time berbeda dari satu dengan yang lainnya.

Tergantung tingkat ketertarikan penonton, niche akun TikTok, histori pencarian, dan lainnya.

Oleh karena itu untuk mengecek dan mengujinya, kamu bisa berulang kali melakukan Live di TikTok.

Cobalah memilih waktu.

Baik di waktu siang (waktunya istirahat), malam hari (saatnya pekerja sedang beristirahat sambil main ponsel), dan pagi di hari Minggu atau weekend.

Lalu, ukurlah jumlah penonton yang diperoleh.

Waktu yang paling banyak ditonton, itulah yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melakukan Live Stream.

Selain itu, kamu juga dapat menanyakannya langsung pada penoton lewat polling.

Buatlah sejenis polling dengan menawarkan sederet jadwal Live.

Ambil pilihan terbanyak atau lakukan aktivitas Live secara bergantian agar pengguna yang belum bisa mengikutinya, dapat memilih hari lain di waktu berbeda.

Tentukan Durasi Live

Selain itu, kamu juga harus menentukan durasi waktu untuk Live yang meliputi:

  • 15 detik pertama untuk menanyakan langsung pada penonton tentang produk yang menarik minatnya
  • 5 menit setelahnya menyapa penonton dengan ramah bahkan memberikan sedikit informasi, cerita keseharian yang singkat, dan hal-hal menarik di luar sana
  • Setelah hampir 6 menit, kenalkan produk yang ingi dijual seperti ketika berjualan di Live Shopping Shopee
  • Jelaskan keunggulan, value, cara merawat atau menggunakan, dan alasan pembeli harus membelinya
  • Beri waktu untuk membuka sesi tanya dan jawab pada penonton agar proses live makin meriah
  • Ajak penonton sesekali berinteraksi dan beri mereka apresiasi atau pun ucapan terima kasih karena sudah berkenan menonton live TikTok tersebut.
  • Di sesi akhir Live TikTok Shop (5 menit terakhir), arahkan para penonton untuk segera melakukan checkout produk lewat link yang kamu tulis di bio.

Durasi live sebaiknya tidak terlalu lama karena penonton akan bosan dan malah mengantuk.

Selain itu sebaiknya sedari awal TikTokers juga harus menentukan batasan live stream supaya penonton tahu; kapan harus berhenti dan tetap menonton.

Metode Pembayaran TikTok Shop

Sebagai penjual, menginformasikan beberapa metode pembayaran sangat dianjurkan dan wajib.

Apalagi bila ada pembeli baru yang baru bergabung.

Sebab kini cara pembayaran TikTok Shop bisa dilakukan tanpa harus ke bank.

Yaps, yakni dengan membayar via Indomaret atau Alfa Group.

Makin banyak metode yang ditawarkan, maka kian banyak kemudahan dari sisi pembeli.

Jika sistem pembayaran gampang, closing produk pun juga akan meningkat.

Berikan Diskon Menarik

Pemberian diskon yang menarik akan memberikan dampak besar bagi omset penjualan.

Ya, cara jualan di TikTok Shop live kini menjadi pilihan bagi sebagian besar pebisnis online yang telah sukses.

Selain jumlah penggunanya yang banyak, pemilik usaha tidak perlu harus mengeluarkan biaya promosi serta iklan yang menguras kantong.

Untuk memberikan diskon tersebut, kamu bisa memberikan permainan yang menarik pada penonton.

Misalnya saja memberikan kuis, tebak-tebakan, dan lainnya.

Bagi penonton yang mampu menjawab dan melalui tantangan tersebut, maka akan mendapatkan potongan harga cukup besar.

Lumayan kan?

Cantumkan Akun Seller TikTok Shop

Mencantumkan akun seller TikTok Shop di Bio profil akun TikTok sangat berpengaruh lho!

Sebab, pengguna yang mampir ke akun tersebut akan mengorek dan melihat-lihat produk tanpa harus diminta.

Kebiasaan kepo itu bahkan bisa dibilang menguntungkan bagi penjual.

Selain itu, cantumkan juga sedikit deskripsi mengenai waktu dan durasi TikTok Shop.

Share Konten TikTok Secara Terjadwal

Konten TikTok yang kamu buat juga bisa memperoleh banyak viewers apabila rajin dibagikan.

Bahkan kemungkinan besar konten TikTok bisa FYP apabila banyak yang meninggalkan komentar serta like.

Ketika membagikannya pun, sebaiknya cantumkan caption yang menarik.

Misalnya saja “Cara Belanja di TikTok Shop Untung Banyak”.

Atau judul-judul yang memancing rasa penasaran pengguna.

Penutup

Begitulah sekilas info mengenai cara jualan di TikTok Shop Live terbaru.

Semoga membantu kamu yang sedang menacari cuan dan mendapatkan penghasilan tambahan ya.

Apabila ada beberapa pertanyaan seputar pendaftaran, cara jualan, dan lainnya langsung saja tanyakan pada @pintarjualan.id.

Karena tentu blog serta akun ini berisi wawasan serta pengetahuan seputar teknik berjualan, ide bisnis, ekspedisi, sosial media, dan sebagainya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

2 Comments

  1. Avatar of bulanbintang57 Bulanbintang57 berkata:

    Bang mau nanya saya kan mau hapus akun tiktok seller tapi masi tertaut akun utama dan ga bisa di unlink, alasan menghapus karna akun tiktok seller nya gagal upload produk berkali2 tanpa saya tau alasannya dg jelas, makanya mau buat akun tiktok seller yg baru, penyebabnya apa ya bang gagal upload produk? Padahal sudah mengikuti panduan

    1. Avatar of anisa juniardi Anisa Juniardi berkata:

      Hai Bang, walaupun udah ikut panduan dan ga ngelanggar ketentuan apa pun, biasanya TikTok emang suka random Bang. Sistemnya salah mengenali jenis produk yang biasa dijual.
      Kemungkinan lain yang pernah mimin alami tuh begini:
      – ukuran gambar produk terlalu kecil dan kurang sesuai ketentuan
      – Gambar dianggap kurang jelas
      – Infomrasi belum yang diminta kurang lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *