Advertisement

12 Cara Menjadi Marketing Sukses & Handal Untuk Pemula

Diterbitkan pada
17 Mei 2022
Waktu membaca
7 Menit

Pekerjaan marketing sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Tanpa adanya strategi marketing, suatu perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar. Lalu, bagaimana cara menjadi marketing sukses? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Fungsi dari marketing untuk sebuah perusahaan sangatlah penting. Marketing ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dan menarik konsumen supaya bisa memilih perusahaan tersebut.

Ya, memang teknik marketing ini tidaklah mudah. Banyak beberapa aspek yang harus dikuasai.

Nah, jangan khawatir kami punya tips dan trik jitu untuk menjadi marketing yang baik. Tapi, sebelum itu klik tombol “Bookmark” (⭐) di pojok kanan atas browser supaya tidak kehilangan postingan ini.

Kalau sudah, langsung simak berikut ini. Check it out…

Apa itu Marketing?

Sebelum ke pembahasan inti mengenai tips dan cara menjadi marketing sukses dan handal, ketahui dulu definisi dari marketing.

Marketing adalah sebuah usaha untuk mengenalkan produk ke masyarakat luas untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi, strategi marketing yang tepat sangat dibutuhkan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Adapun beberapa manfaat dari marketing, antara lain :

  • Meningkatkan penjualan,
  • Sebagai jembatan untuk membangun hubungan baik dengan klien atau konsumen,
  • Sebagai media untuk branding,
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan produk.

Selain manfaat diatas, ada beberapa fungsi marketing yang belum banyak diketahui antara lain :

  1. Fungsi Pertukaran : Sebagai konsumen bebas menentukan produk mana yang akan dipilih kemudian menukarkan dengan satuan nilai yaitu uang.
  2. Fungsi Distribusi Fisik : Semua produk dalam bentuk fisik, oleh perusahaan akan dimuat dan disalurkan kepada konsumen yang membutuhkan.
  3. Fungsi Perantara : Supaya bisa sampai ke konsumen, marketing sangat dibutuhkan untuk menghubungkan produsen kepada konsumen.
  4. Fungsi Manajemen : Ada 3 fungsi marketing berdasarkan manajemen pasarnya, yaitu :
    • Marketing Sales : Bertugas menjual produk yang diproduksi oleh perusahaan.
    • Marketing Promosi : Memperkenalkan produk kepada seluruh masyarakat baik secara langsung maupun secara online.
    • Marketing Komunikasi : Bertugas menjalin komunikasi dan membuat hubungan baik antara perusahaan dan konsumen, maupun pihak-pihak yang terkait.

Seorang marketing yang handal harus bisa melakukan riset pasar, pangsa pasar, dan menganalisa kebutuhan konsumen.

Nah, untuk menjadi marketing yang sukses ada beberapa skill dan trik lain yang diperlukan. Untuk itu, simak tulisan ini sampai tuntas.

Cara Menjadi Marketing Sukses & Trik Menarik Konsumen

Diatas kita sudah memahami apa itu marketing beserta manfaatnya.

Seseorang yang bekerja mengenalkan produk dengan teknik marketing, biasanya disebut dengan sales marketing.

Adapun trik marketing menarik konsumen yang saat ini banyak dilakukan yaitu dengan cara promosi secara online.

Namun, cara-cara konvensional juga jangan ditinggalkan, ya! Nah, langsung saja simak 12 cara menjadi marketing sukses untuk pemula, berikut ini. Lets go!

1. Membuat Perencanaan Target Konsumen

Trik yang pertama yaitu dengan membuat perencanaan target konsumen. Cara menargetkan konsumen ini yaitu dengan membuat segmentasi pasar yang tepat.

Misalnya dengan produk fashion pria, akan cocok untuk konsumen dengan rentang umur berapa, pekerjaan, lingkungan, dan lainnya.

Buatlah strategi yang cocok dan paling tepat saat menentukan pasar. Hal ini supaya cakupan pasar yang kamu targetkan bisa dengan tepat dan bisnis berjalan lancar.

Ohya, jangan menargetkan pasar yang terlalu luas, ya. Berikan satu target pasar saja, nah biasanya nanti target yang lain akan mengikuti.

Selain itu, buatlah promosi yang bisa menarik para calon konsumen. Contohnya dengan memberikan diskon, potongan harga, bonus produk untuk minimal pembelian sekian, undian berhadiah, giveaway, dan promosi lainnya.

Kamu juga bisa mengikuti berbagai event sebagai ajang promosi dan penargetan konsumen agar lebih luas. Misalnya seperti menjadi sponsor dalam event sepeda gembira, jalan sehat, dll.

2. Menguasai Informasi Produk

Salah satu langkah awal yang penting dan tidak bisa dilewatkan untuk menjadi marketing yaitu bisa menguasai informasi produk (product knowledge) dengan baik.

Hal ini karena seorang marketing harus mampu meyakinkan calon pembeli dengan memberikan informasi dengan detail dan lengkap mengenai produk tersebut.

Jika ada konsumen yang bertanya mengenai kelebihan maupun kekurangan dari produk tersebut, maka seorang marketing harus pintar dalam meyakinkan calon konsumennya.

Adapun beberapa poin-poin penting dari product knowledge yang harus dikuasai seorang marketer, antara lain :

  • Fungsi dan kegunaan produk.
  • Cara menggunakan.
  • Kualitas produk.
  • Harga.
  • Kelebihan dan kekurangan.
  • Bahan produk, dll.

Berikan informasi dengan bahasa yang mudah dicerna oleh konsumen. Tujuannya supaya para calon konsumen bisa yakin untuk memilih produk atau jasa yang kamu promosikan.

Laman: 1 2 3 4

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *