7 Cara Memberi Ulasan di Lazada dan Contoh Serta Tips

Anisa 17 Mei 2022 4 Menit 0

Cara memberi ulasan di Lazada ternyata mampu memberikan pengalaman bagi seller dan buyer dalam merespon produk.

Apalagi checkout barang di Marketplace memang menjadi salah satu kebiasaan paling candu bagi sebagian orang.

Tak heran kalau belanja online memang sangat menyenangkan dan cukup solutif bagi mereka yang jauh dari toko konvensional dan sulit mendapatkan produk sesuai keinginan.

Nah, jika dibandingkan e-commerce lain, produk-produk yang ada di Lazada lebih variatif.

Selain itu harga yang ditawarkan penjual juga lebih rendah.

Makanya banyak yang menuliskan review atau ulasan karena beberapa alasan.

Mengapa dan bagaimana cara menuliskannya?

1. Apa itu Ulasan Produk?

Ulasan produk adalah komentar, pengalaman, dan berbagai macam perasaan yang dialami pembeli usai ia membeli suatu produk kemudian menuliskannya di platform tempatnya memesan barang maupun jasa.

Ulasan tersebut dapat berupa kalimat positif dan negatif, tergantung pengalamannya berbelanja.

Biasanya konsumen yang berkomentar negatif ingin ingin mengutarakan kekecewaannya.

Sedangkan, pembeli yang suka memberikan respon positif karena merasa produk yang ia beli sesuai ekspektasi dan deskripsi produk marketplace tersebut.

2. Fungsi dan Manfaat Ulasan di Lazada

Mungkin kamu masih belum ngeh dan bingung, sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat memberikan review di lazada?

Eits, ternyata ada banyak hal yang diperoleh dengan menuliskan ulasan di marketplace lho!

Penilaian di Lazada, baik memberikan rate (bintang) maupun review memiliki fungsi bagi toko online dan buyer itu sendiri.

2.1 Fungsi dan Manfaat Ulasan bagi Seller

  • Mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen
  • Eksistensi dan status toko meningkat, bukan hanya di Lazada saja
  • Nama Toko mulai muncul di halaman pertama pencarian produk oleh konsumen
  • Menjadi motivasi bagi seller untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produknya
  • Mampu mendapatkan konsumen lebih banyak dari hari ke hari
  • Bisa memperoleh gelar sebagai rekomendasi seller oleh para blogger, influencer, dan lainnya
  • Makin tinggi rating atau bintang yang diperoleh, makin bagus pula kualitas online shop
  • Keuntungan yang masuk bernilai fantastis
  • Memastikan bahwa barang telah benar-benar sampai
  • Ulasan dapat digunakan sebagai testimoni dan menjadi alat digital marketing

2.2 Fungsi dan Manfaat Ulasan bagi Buyer (Pembeli)

  • Memberikan pengalaman atau sensasi belanja yang lain daripada lainnya
  • Bila ternyata barang yang dibeli tak sesuai dengan deskripsi produk, secara tidak langsung ulasan tersebut mampu menyelamatkan calon pembeli lain
  • Memberikan bintang di Marketplace lain seperti Shopee atau Tokopedia dapat meningkatkan koin belanja. Begitu juga di Lazada
  • Berksempatan memperoleh lucky egg dan promo-promo yang menarik lainnya
  • Menjadi alat untuk memberikan saran dan masukan untuk seller bila ada yang tak sesuai
  • Sebagai alat pertimbangan buyer untuk berlangganan atau tidak

Nah, setelah mengetahui fungsi dan manfaat di atas, apa syarat dan ketentuan bagi pembeli sebelum membubuhkan ulasan?

3. Syarat dan Ketentuan Memberi Ulasan di Lazada

Memberi ulasan di Marketplace, termasuk Lazada sebenarnya tidak wajib.

Artinya, konsumen boleh tidak memberikannya.

Namun dengan sukarela menuliskan ulasan beserta bintang, mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Ya Seller, ya pihak buyer. Jadi, tidak ada salahnya setelah barang diterima, kamu memvideo, memotret, dan mengulasnya di kolom review online shop tersebut.

Apalagi tidak ada persyaratan khusus untuk memberikan ulasan.

Terpenting, barang tersebut sudah benar-benar diterima dan ada bukti yang bisa ditunjukkan sesuai dengan ulasan kamu di marketplace.

NantinyaLazada akan mengirimkan notifikasi pada buyer untuk menuliskan pengalamannya berbelanja.

Namun bila kamu ingin menulis ulasan negatif, hendaknya perhatikan hal-hal berikut

  • Siapkan bukti yang mendukung (bisa berupa foto, video, dan lainnya)
  • Jika bukti tersebut berupa video, pastikan kamu merekamnya saat pertama kali unboxing atau tepat setelah barang diterima
  • Gunakan kalimat yang sopan dan tidak menggunakan bahasa kasar karena jejak digitalmu tetap akan terekam di internet
  • Jika berkenan, berikan saran dan nasihat untuk penjualnya
  • Sebelum ulasan tersebut dikirim, baca lagi bagian deskripsi produk dan foto dari olshop tersebut: apakah sudah sesuai atau kamu yang salah dalam membacanya
  • Kalau pengembalian barang atau dengan cara retur dan refund masih memungkinkan, sebaiknya chat penjual
  • Jangan memberikan penilaian serta ulasan pada saat dalam keadaan emosi karena hal tersebut justru bisa berisiko buat kamu sendiri
  • Meskipun kehadiran barang memang untuk diulas, akan tetapi bersikap bijak juga perlu
Halaman Selanjutnya
4. Cara Memberikan Ulasan di...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *