Advertisement

20 Tips Belanja Online Aman Supaya Tidak Tertipu Penjual Abal-Abal

Diterbitkan pada
15 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Zaman sekarang transaksi apapun serba online. Belanja, pesan makanan, barang, dan yang lainnya dengan cara online. Kelebihan belanja online ini, selain praktis langkah ini sangat efektif dan nyaman digunakan. Namun ada tips belanja online aman supaya tidak terjadi hal yang tidak diingikan.

Apa saja tipsnya? Akan kami berikan tips lengkapnya dibawah ini!

Oiya, jangan lupa untuk mampir di postingan kami sebelumnya yaitu :

Tips Belanja Online Aman, Pemula Wajib Tahu !

Apakah belanja online aman? Tentu ada tidaknya. Banyak kejadian yang tidak mengenakkan saat membeli barang secara online. Resiko seperti penipuan, barang tidak sesuai, pembayaran tidak aman dan yang lainnya sering sekali kita temui.

Untuk itu jadilah pembeli yang pintar dalam melakukan bertransaksi online. Ada banyak tips belanja online agar tidak tertipu adalah sebagai berikut..

1. Mencari Toko Online yang Terpercaya

Bagaimana agar tidak tertipu belanja online? Tips yang pertama carilah toko online yang dapat dipercaya dan amanah. Sebenarnya banyak manfaat toko online dari pada offline. Namun banyak juga kasus kejahatan melalui toko online.

Ada beberapa ciri-ciri bahwa toko online tersebut benar-benar aman. Berikut ini cara melihat toko online tersebut benar-benar terpercaya :

  • Pilihlah belanja online paling aman yaitu di Ecommerce besar. Misalnya seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan yang lainnya yang sudah terjamin keamananya.
  • Mempunyai predikat penjual yang baik. Biasanya predikat ini diberikan oleh pihak ecommerce seperti Shopee, Tokopedia dll.
  • Mempunyai rating yang sempurna atau bahkan rating yang buruk hanya sedikit saja. Rating yang bagus ini berkisar antara 4.5-5. Jika dibawah itu dapat dipastikan toko online tersebut pasti banyak masalah.
  • Cek testimoni real dari pembeli. Biasanya jika di ecommerce terdapat ulasan dari pembeli yang sudah selesai melakukan pembelian. Bisa dicek di ulasan tersebut yang berupa foto, video, dan komentar.

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online Gratis Untuk Jualan Tanpa Ribet (5 Menit Jadi)

2. Baca Deskripsi dan Spesifikasi Barang dengan Jeli

Cara belanja online yang baik dan benar selanjutnya adalah jangan abaikan deskripsi dan spesifikasi barang. Terkadang ada beberpa penjual online yang nakal.

Para penjual biasanya hanya memberikan gambar yang bagus namun memanipulasi spesifikasi barang.

Tidak sedikit juga pembeli yang tertipu karena tidak membaca jeli deskripsi. Sebenarnya ini bukan kesalahan dari penjual, namun sebagai pembeli kita juga harus pintar.

Lihat Juga :

3. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Banyak sekali toko online yang menawarkan barang murah namun tidak mementingkan kualitas.

Para penjual memang sedang berlomba-lomba untuk memikat hati para pembeli dengan penawaran yang tidak masuk akal.

Inilah beberapa hal yang perlu diketahui jika ada toko yang menawarkan dengan harga murah :

  • Cek kualitas barang, apakah benar original atau KW (tidak asli).
  • Lakukan rise harga dari berbagai penjual dengan produk yang sama. Apakah perbedaan harganya sangat drastis atau masih masuk akal.

Jika kita membeli barang bukan di online shop/ecommerce khusus biasanya banyak terjadi penipuan. Misalnya pada platform instagram/facebook/WA.

Banyak penjual yang menggunakan platform tersebut untuk melakukan penipuan. Nah, untuk itu pastikan harganya masih kompetitif, ya!

4. Baca dengan Teliti Syarat & Ketentuan

Bagaimana cara aman berbelanja online? Tips belanja online aman selanjutnya yaitu cermati syarat & ketentuan. Pastinya setiap toko online mempunyai syarat & ketentuan yang berbeda-beda.

Baca dengan teliti dan pastikan seluruh syarat & ketentuan dapat diterima sebagai perjanjian antara penjual dan pembeli.

5. Pilih Metode Pembayaran Sistem COD

Jika di ecommerce banyak metode pembayaran yang ditawarkan. Misalnya transfer bank, ATM, Cash On Delivery (COD), Indomaret dan lain sebagainya.

Di sistem ecommerce ini jika kita menggunakan metode pembayaran transfer langsung, namun barang belum sampai, penjual tentu tidak akan menerima uang dari kita.

Hal itu karena kita belum melakukan konfirmasi pesanan sudah sampai. Berbeda dengan platform yang bukan khusus online shop. Misalnya seperti jual beli di instagram, facebook, wa dan lain-lain.

Nah, jika menggunakan platorm diatas hindarilah pembayaran dengan transfer langsung. Dan sebaiknya gunakanlah sistem pembayaran COD.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *