7 Plugin WordPress Terbaik Wajib Diinstall di Tahun 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
15 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Salah satu alasan banyak orang menggunakan WordPress adalah karena tersedia banyak plugin yang bisa didapatkan secara gratis dan sangat membantu untuk membangun website. Pada edisi kali ini kami akan mengulas seputar 7 plugin wordpress terbaik untuk pemula.

Tidak hanya itu, di akhir artikel ini, kami juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan plugin WordPress secara umum. Seperti misalnya pertanyaan tentang plugin apa yang bisa digunakan untuk mempercepat website berbasis WordPress dan sebagainya.

Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai. Khusunya jika Anda adalah seorang pemula yang barus aja terjun ke WordPress. Tapi, sebelum itu mari simak terlebih dulu terkait dengan Apa Itu Plugin WordPress dan Manfaat Plugin WordPress secara umum.

Apa Itu Plugin WordPress?

Sederhananya, plugin WordPress adalah alat bantu yang bisa digunakan untuk menambahkan fitur-fitur tertentu pada WordPress. Dengan plugin, para pengguna WordPress bisa menambahkan fitur-fitur yang mereka inginkan (tidak semuanya) secara mudah tanpa perlu coding.

Seperti misalnya plugin Elementor untuk mempercantik tampilan website berbasis WordPress hanya dengan drag and drop. Plugin Elementor sendiri memiliki banyak sekali fitur. Dari fitur untuk membuat header dan footer custom, membuat slideshow, dan masih banyak lagi.

Manfaat Plugin WordPress

Manfaat plugin WordPress bergantung pada plugin itu sendiri karena ada beberapa jenis plugin. Tapi, secara umum manfaat terbesar dari plugin wordpress adalah untuk memudahkan para pemula menambahkan fitur-fitur tertentu di website yang sedang mereka bangun.

Agar tahu jumlah berapa orang yang mengunjungi website kita misalnya, kita bisa menggunakan plugin Post Hit Counter. Secara otomatis plugin tersebut akan menghitung jumlah pengunjung website kita untuk setipa post setelah kita donwload, kemudian install, lalu mengaktifkannya.

Plugin WordPress Terbaik

Plugin yang terbaik adalah plugin yang dibutuhkan sekaligus bisa bekerja secara optimal. Di WordPress untuk satu jenis plugin biasanya ada banyak plugin. Jadi pastikan jangan salah plih plugin. Berikut ini adalah 7 plugin wordpress terbaik yang wajib diinstall di tahun 2021, khususnya untuk pemula.

  1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang bisa membantu kita untuk mengoptimalkan setiap artikel atau post yang kita buat di WordPress menjadi semakin ramah di mesin pencari seperti Google. Sampai hari ini, tidak akan yang tahu pasti bagaimana cara Google merangking sebuah artikel.

Plugin WordPress Terbaik untuk SEO - Yoast SEO

Para SEO spesialist umumnya menyarankan tiga hal, yakni kecepatan website, kekuatan konten, dan kualitas website itu sendiri secara keseluruhan. Jika Anda tertarik dengan SEO, Anda bisa membaca artikel lain dari kami tentang Apa itu SEO? Manfaat dan Cara Kerjanya.

  1. Google Site Kit

Plugin besutan dari Google Developer ini bisa digunakan sekaligus dimanfaatkan untuk melihat data-data terkait dengan performa wesbite. Tools utama dari plugin Google Site Kit sendiri adalah Google Search Console, Analytics, AdSense, PageSpeeed, Tag Manager, dan Optimize.

Plugin WordPress Terbaik Google Site Kit

Dua dari tools dari Google Site Kit yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan website adalah Google Search Console dan Analytics. Dengan melihat data-data dari kedua tools tersebut kita bisa menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan website kedepannya.

Selain kedua tools tersebut, tools PageSpeed juga sangat bermanfaat untuk melihat misalnya CSS atau JS apa yang tidak digunakan dan hanya memperlambat kecepatan website. Dari situ kita bisa melihat apa script apa saja yang bisa kita hapus untuk mempercepat kecepatan website.

  1. Elementor

Plugin yang satu ini adalah plugin yang khusus digunakan untuk mempercantik tampilan website dengan sangat mudah. Tidak perlu coding seperti ala HTML dan CSS yang lumayan ribet, dengan Elementor kita bisa mempercantik tampilan website hanya dengan drag and drop.

Plugin WordPress Terbaik Elementor

Untungnya lagi adalah sudah banyak tutorial cara menggunakan Elementor di Youtube. Dari mulai misalnya cara membuat toko online dengan elementor, cara membuat website pribadi atau portofolio dengan elementor untuk para pemula, dan seterusnya.

  1. Classic Widgets

Pada versi WordPress terbaru (versi 5.8) tampilan widget diubah menjadi seperti editor blog. Sayangnya, ada beberapa plugin yang tidak cocok dengan widget tersebut alias eror. Untuk mengatasi masalah tersebut plugin Classic Widgets ini akan sangat membantu.

Umumnya, setelah mengaktifkan plugin Classic Widgets tampilan atau gaya widget akan berubah seperlu semula, yaitu seperti tambilan atau gaya widget classic. Cara ini bisa mengatasi eror pada plugin-plugin tertentu yang tidak cocok dengan wiget versi terbaru.

  1. Editor Classic

Tidak jauh berbeda dengan Classic Widgets, Editor Classic juga berfungsi untuk mengembalikan tampilan halaman yang digunakan untuk membuat post menjadi seperti sedia kala atau classic. WordPress versi yang terbaru sendiri menggunakan editor blok ala Gutenberg.

  1. Contact Form 7

Seperti namanya, Contact Form 7, adalah plugin yang bisa digunakan untuk membuat form. Plugin ini termasuk plugin yang paling mudah untuk membuat form. Jika Anda memiliki kemampuan coding, Anda bisa merubah tampilan form bawaan menjadi lebih menarik.

  1. WooCommerce

Plugin yang satu ini adalah plugin yang bisa digunakan untuk membuat toko online berbasis WordPress. Dibanding plugin-plugin lain yang sejenis, plugin WooCommerce sepertinya yang paling banyak digunakan. Selain mudah, plugin ini juga bisa didapatkan secara gratis.

  1. Post Hit Counter (alternatif)

Plugin Post Hit Counter adalah salah satu plugin alterantif yang bisa digunakan untuk menampilan jumlah viewer disetiap artikel. Hanya saja, dibutuhkan sedikit modifikasi pada plugin tersebut agar bisa menampilan jumlah viewer seperti gambar di bawah ini.

  1. W3 Total Cache (alternatif)

Terakhir, penggunaan plugin cache biasanya digunakan agar website bisa menjadi sedikit lepih cepat. W3 Total Cache hanya salah satu (alternatif) dari sekian banyak plugin cache. Selain W3 Total Cache, ada juga misalnya WP Super Cache dan yang paling terkenal adalah WP Rocket.

Cara Download dan Install Plugin

Cara mendownload dan menginstall plugin untuk WordPress sangat mudah. Jika sekedar mendowload bisa langsung melalui dashboard website kita sendiri dan juga bisa melalui website wordpress. Untuk instalasinya sendiri bisa melalui dashboard website atau file manager.

Plugin WordPress Terbaik Download dan Install

Cara yang paling untuk untuk mendownload dan menginstall plugin adalah langsung melalui dashboar website kita sendiri. Cukup dengan login, lalu sorot tulisan Plugin dan klik tambah baru. Setalh itu cari pluin yang dibutuhkan lalu klik instal dan aktifkan, selesai.

FAQ

  • Apa harus memakai plugin di WordPress?

Sebenarnya tidak harus, karena fungsi dari plugin sendiri adalah untuk mempermudah menambahkan fitur-fitur tertentu di website berbasis WordPress tanpa perlu coding. Ada banyak website yang dibuat manual dengan coding tanpa menggunakan plugin.

  • Plugin apa yang bisa dijadikan indikator SEO di WordPress?

Ada 2 plugin yang bisa dijadikan indikator SEO di WordPress, yaitu (1) Yoast SEO (2) All in One SEO Pack atau AIOSEO. Kedua plugin SEO tersebut menyediakan indikator-indikator SEO seperti penggunaan sub heading, meta deskripsi, panjang judul, dan sebagainya.

  • Plugin apa yang bisa mempercepat website?

Salah satu alternatif untuk mempercepat website adalah dengan memasang plugin-plugin cache. Ada banyak plugin cache, seperti W3 Total Cache, WP Super Cache, WP Fastest Cache, Cache Enabler, dan yang paling banyak disarankan adalah WP Rocket.

Penutup

Demikian 7 plugin wordpress terbaik yang akan sangat membantu para pemula. Terutama adalah para pemula yang benar-benar tidak menguasai coding. Mulai dari plugin SEO, plugin untuk mempercantik tampilan wesbite, hingga plugin alternatif seperti Post Hit Counter.

Kata kuncinya adalah bukan berapa banyak plugin yang diinstal. Tapi berapa banyak plugin yang dibutuhkan. Akhir kata, semua pengguna WordPress pada dasarnya memiliki selera dan tujuan masing-masing ketika membangun atau mengelola sebuah website.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *