Advertisement

Cara Melacak Nomor HP Pakai Google Maps, Mudah dan Simpel

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
14 Desember 2021
Waktu membaca
4 Menit

Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau salah satu fitur dari Google Maps adalah bisa untuk melacak nomor HP. Padahal, fitur tersebut sangat bermanfaat. Jika berminat untuk mencari tahu Cara Melacak Nomor HP Pakai Google Maps, simak tulisan ini sampai selesai.

Bagi yang belum tahu saja, Google Maps adalah peta yang bisa diakses secara online lewat internet. Cara mengaksesnya sangat mudah. Bisa langsung melalui website Google Maps atau melalui aplikasi Google Maps yang bisa didownload di Play Store.

Cara Melacak Nomor HP Pakai Google Maps Mudah

Selain membahas cara melacak nomor HP pakai Google Maps, kami juga akan membahas fitur-fitur lain dari Google Maps. Di akhir artikel, seperti biasa, kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait dengan cara melacak HP secara umum.

Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai. Jangan sampai ketinggal sedikit pun informasi terkait fitur-fitur canggih dan menarik yang dimiliki oleh Google Maps. Tanpa berlama-lama, terlebih dulu mari simak dulu cara menggunakan Google Maps secara umum.

Cara Pakai Google Maps

Google Maps umumnya digunakan oleh banyak orang untuk mencari lokasi dan jalan menuju lokasi tertentu. Dengan adanya Google Maps, banyak orang bisa dengan tenang berkunjung ke suatu daerah tertentu meski belum pernah ke daerah tersebut sebelumnya.

Para pengguna Google Maps bisa dengan leluasa menggunakan layanan dari Google tersebut. Semua fitur-fitur yang ada di Google Maps umumnya bisa didapatkan secara cuma-Cuma alias gratis. Dengan modal kuota internet saja sudah sangat cukup.

Salah satu kelebihan Google Maps adalah menunjukkan kepada para penggunanya alternatif jalan untuk menuju daerah-daerah tertentu. Namun, seringkali Google Maps akan menyarankan penggunannya untuk lewat jalan terdekat tanpa mempertimbangkan kondisi jalan.

Cara untuk menggunakan Googel Maps sendiri sangat mudah. Cukup buka aplikasi Google Maps lalu ketikkan saja lokasi yang akan dituju. Setelah itu Google Maps akan menunjukkan tempat tersebut dan cara terbaik untuk sampai ditempat tersebut.

Cara Melacak Nomor HP Pakai Google Maps

Fitur dari Google Maps yang satu ini, selain bisa untuk melacak nomor hp, juga bisa untuk melacak keberadaan HP sedang berada di mana. Jadi bisa juga untuk mencari HP yang hilang, misalnya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara melacak nomor HP lewat Google Maps;

  1. Install Google Maps;
  2. Pilih Option;
  3. Masuk ke layanan Friend List;
  4. Klik Add Friend;
  5. Undang nomor HP yang ingin dicari;
  6. Pastikan nomor hp tujuan telah menerima undangan;
  7. Klik nomor HP tujuan;
  8. Google Maps akan melacak no HP secara otomatis;
  9. Selesai

Cara melacak nomor HP lewat Google Maps itu mudah. Selain bisa untuk melancak nomor HP sendiri, cara tersebut juga bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk mencari nomor HP orang lain. Seperti misalnya, teman, kerbat, dan sebagainya.

Khusus untuk menemukan HP, baik HP yang hilang atau tertinggal, Google sebenarnya punya fitur sendiri yang bernama Find My Device. Fitur tersebut sengaj dibuat untuk mendeteksi likasi HP. Caranya juga mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini;

  1. Install Google Find My Place;
  2. Dafta akun Gmail;
  3. Pilih Sign in as Guest (untuk mengakses ponsel yang hilang atau tertinggal);
  4. Tunggu hingga laray HP menampilakan terkait perizinan;
  5. Klik Allow agar bisa mengakses lokasi HP;
  6. Selesai.

Fitur-fitur lain dari Google Find My Device adalah bisa untuk menghapus file-file penting yang ada di HP yang hilang. Selain itu, dengan Google Find My Device pula, kita bisa mengunci HP yang hilang tersebut agar siapa pun yang menemukan tidak bisa mengaksesnya.

Baca juga:

Fitur-Fitur Lain Google Maps

Selain fitur yang bisa digunakan untuk melacak nomor HP, Google Maps juga memiliki fitur-fitur lain yang tidak kalah canggih. Setidaknya ada 7 fitur lain dari Google Maps yang tidak kalah canggih dari fitur melacak nomor HP. Ketujuh fitur tersebut adalah;

  1. Mencari tempat terbaik;
  2. Menyesuaikan ikon;
  3. Google asisten;
  4. Mengubah rute;
  5. Mengukur jarak;
  6. Menampilkan detail peta, dan;
  7. Live view.

Google memang masih terus mengembangkan perusahaannya. Untuk Google Maps misalnya, Google masih berupaya memberikan navigasi terbaik. Google juga menambahkan fitur yang bisa mendeteksi tempat favorit yang sesuai dengan waktu.

Cara Melacak Nomor HP Selain Google Maps

Selain menggunakan Google Maps, cara melacak nomor HP juga bisa melalui WhatsApp Web, Email, Life360, Google ADM, satelit GPS, kode IMEI, dan True Caller. Selain itu juga bisa langsung melalui provider seperti Telkomsel, Indosat, atau XL.

Manfaat Melacak Keberadaan Nomor HP

Fitur pelacak nomor HP sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Tidak saja untuk misalnya mencari HP yang hilang atau melacak nomo pengganggu agar bisa diblokir, dan seterusnya. Selain itu, fitur pelacak nomor HP juga bisa digunakan untuk;

  1. Memastikan keberadaan anggota keluarga;
  2. Mengawasi kerja karyawan yang WFH, dan;
  3. Digunakan dalam keadaan dadurat.

Pertama, dengan mengetahui keberadaan keluarga, kita bisa memastikan bahwa mereka dalam keadaan baik-baik saja. Kedua, di saat pandemi seperti ini, dengan mengetahui keberadaan karyawan, kita bisa memastikan bahwa mereka benar-benar bekerja dengan baik.

Ketiga, fitur pelacak nomor HP juga bisa dimanfaatkan dalam keadaan darurat seperti melacak keberadaan orang hilang. Tentu dengan catatan, memenuhi syarat untuk dilacak dengan berbagai aplikasi yang ada. Paling tidak, lokasi terakhirnya masih bisa ditemukan.

FAQ

  • Apakah bisa melacak seseorang melalui nomor HP?

Jawaban sederhananya bisa. Belum lama ini pemerintah mengharuskan pendaftaran nomor HP musti dengan NIK. Hanya saja, karena data pribadi pasti akan dilindungi.

  • Aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk melacak nomor HP?

Ada setidaknya 9 aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak nomor HP. Kesembilan aplikasi tersebut yaitu (1) Truecaller, (2) Hiya, (3) CallApp, (4) Caller ID, (5) Sync Me, (6) Eyecon, (7) Call Contorl, (8) Simpler Call ID, (9) Mobile Number Locator.

  • Bagaimana cara melacak nomor HP yang tidak dikenal?

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk melacak nomor HP yang tidak dikenal adalah dengan menggunakan aplikasi. Seperti menggunakan aplikasi Showcaller.

Penutup

Demikian langkah-langkah cara melacak HP pakai Google Maps. Selain bisa untuk melancak nomor HP sendiri, juga bisa untuk melacak nomor HP teman, saudara, dan sebagainya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunak fitur dari Goole Maps tersebut adalah pastikan HP tersambung dengan jaringan internet yang stabil, baik GSM atau Wifi.

Jika tidak berhasil menggunak Google Maps, maka bisa menggunakn aplikasi lain atau langsung melalui provider. Untuk aplikasi bisa menggunakan Showcaller atau True Caller.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung website kami dan membaca artikel ini sampai akhir. Jangan ragu untuk mengikuti cara-cara diatas untuk melacak nomor atau HP yang hilang.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *