Cara Melacak Seseorang Lewat Email atau Nomor HP

Noer 30 Des 2021 4 Menit 0

Melacak orang terkadang menjadi satu hal yang perlu dilakukan. Baik disengaja atau dalam keadaan terdesak. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan langkah-langkah cara melacak seseorang lewat email atau nomor HP.

Selain memberi langkah-langkah cara melacaknya, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan cara melacak orang secara umum. Maka, simak terus artikel Cara Melacak Orang Lewat Email atau Nomor HP ini sampai selesai.

Apakah Melacak Orang Lewat Email & No HP Akurat?

Tanpa berlama-lama, langsung kami jawab, cukup akurat atau bahkan akurat. Akurasinya kurang lebih mencapai 95%. Lebih dari itu, tidak hanya lokasi yang akan kita dapatkan. Melainkan juga jenis kendaran yang dipakai dan lokasi-lokasi lain yang pernah kita kunjungi.

Baik lewat Email atau nomor HP, keduanya cukup bisa diandalkan untuk melacak lokasi orang-orang tertentu. Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai agar tahu bagaimana caranya melacak lokasi seseorang baik lewat email maupun lewat nomor HP.

Cara Melacak Orang Lewat Email

Melacak lokasi seseorang lewat email bisa kita lakukan setidaknya dengan dua cara. Pertama dengan langsung melalui email itu sendiri yang disertai bantuan Google Maps. Sedangkan yang kedua adalah alamat email dengan bantuan aplikasi.

Namun, agar dapat melacak seseorang dengan menggunakan email, kita harus mengetahui email beserta password orang yang akan dilacak. Jika sudah yakin dengan email dan password orang yang akan dilacak, maka silakan coba cara-cara yang ada di bawah;

1. Menghubungkan Gmail dengan Google Maps

Cara pertama yang bisa digunakan untuk melacak orang adalah dengan menghubungkan akun email dengan Google Maps. Berikut ini langkah-langkah cara melacak seseorang melalui email yang disambungkan dengan Google Maps;

  1. Login ke akun Gmail;
  2. Klik tanda Titik Sembilan yang ada di pojok kanan atas;
  3. Pilih Account;
  4. Pilih Data & Privacy;
  5. Scroll atau tarik ke bawah, pilih My activity;
  6. Pada lama My Activity pilih Activity Controls;
  7. Scroll ke bawah, lalu pilih Manage History;
  8. Setelah itu kita akan masuk ke Timeline. Di Timeline kita bisa melacak keberadaan orang yang dicari dengan tampilan Google Maps;
  9. Selesai.

Cara melacak orang lewat email atau no hp - timeline

Selain dengan cara tersebut, ada juga cara lain yang jauh lebih simpel. Setelah masuk Data Privacy, langsung pilih Location History tanpa lebih dulu ke My Activity. Setelah itu langsung pilih ‘Manage history. Makan kta akan langsung sampai di Timeline.

Pada Timeline tersebut, kita bisa mengatur tanggal yang kita inginkan untuk melacak seseorang. Seperti misalnya, pada tanggal sekian kita ingin mengetahui lokasi seseorang, maka kita tinggal memasukkan tanggal tersebut ke kolom YearMonthDay yang ada di sisi kiri atas.

2. Aplikasi Google Find my Device

Cara yang kedua ini bisa kita lakukan dengan bantuan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut bernama Google Find My Device yang dapat diunduh di Play Store. Namun sebelum menjalankan aplikasi tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. HP yang dilacak harus dalam kondisi aktif;
  2. Fitur GPS atau Location dalam keadaan aktif;
  3. Layanan Find My Device aktif.

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, maka kita akan dapat menjalankan aplikasi Google Find My Device di HP, laptop atau komputer. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah cara melacak seseorang dengan bantuan aplikasi Google Find My Device;

  1. Install aplikasi Google Find My Device;
  2. Buka aplikasi tersebut;
  3. Masukkan akun Gmail yang terdaftar di HP orang yang akan dilacak;
  4. Setelah berhasil login, maka akan muncul tampilan maps;
  5. Langkah selanjutnya kita bisa memilih Play Sound;
  6. Saat memilih Play Sound, maka HP yang dipegang orang yang dilacak akan bergetar dan berdering dengan volume maksimal hingga lima menit;
  7. Selesai.

Cara Melacak Orang Lewat Nomor HP

Selain lewat email, melacak lokasi seseorang juga bisa lewat nomor HP. Setidaknya ada dua cara yang bisa kita lakukan. Pertama dengan bantuan operator nomor HP masing-masing. Sedangkan yang kedua adalah dengan bantuan Google Maps.

Untuk cara yang pertama, pastikan kita memiliki pulsa reguler, karena caranya adalah dengan layanan SMS. Layanan SMS membutuhkan pulsa reguler agar pesan yang kita kirimkan bisa terkirim. Selain itu juga agar kita mendapatkan balasan dari SMS yang kita kirim.

1. Lewat Operator Nomor HP

Ada setidaknya tiga operator nomor HP yang memberikan layanan untuk melacak seseorang melalui nomor HP. Ketiga operator tersebut adalah Indosat, XL, dan Telkomsel. Berikut ini adalah cara melacak lokasi seseorang melalui nomor HP atau melalui operator nomor HP;

  • Melalui operator nomor Indosat. Caranya adalah dengan SMS, ketik LACAK (spasi) Nomor HP yang akan dilacak, kemudian kirim ke 9111.
  • Melalui operator nomor XL. Caranya adalah dengan SMS, ketik CARI (spasi) Nomor HP yang akan dilacak, kemudian kirim ke 9455.
  • Melalui operator nomor Telkomsel. Untuk nomor telkomsel, dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Telkomsel Finder. Caranya dengan buka aplikasi tersebut lalu masukkan saja nomor HP yang akan dilacak pada kolom yang sudah disediakan.

2. Lewat Google Maps

Google Maps biasanya kita gunakan untuk mencari lokasi yang tidak kita ketahui. Jika suatu ketika kita tersesat, kita bisa membuka Google Maps dan melihat peta untuk mencari jalan pulang. Namun, kali ini Google Maps memiliki fungsi lain yaitu sebagai alat pelacak keberadaan seseorang.

Kita bisa melacak lokasi seseorang lewat Google Maps dengan dua syarat. Pertama, kita harus mengetahui nomor HP orang yang akan kita lacak. Kedua, nomor HP yang akan dilacak harus menerima undangan dari kita. Caranya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini;

  1. Pastikan HP terhubung ke koneksi internet;
  2. Buka Google Maps;
  3. Masuk ke Option;
  4. Pilih Friend List atau Daftar Teman;
  5. Tambahkan siapa pun yang ingin dilacak keberadaannya;
  6. Klik pada salah satu target yang akan dilacak;
  7. Google Maps akan mendeteksi dan menampilkan keberadaan orang yang dilacak;
  8. Selesai.

FAQ

  • Aplikasi apa yang dapat digunakan untuk melacak seseorang?

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan seseorang. Antara lain, Family Locator, GPS Phone Tracker, Zenly, Google Find My Device, FamiSafe, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat didapatkan di Play Store atau App Store jika tersedia.

  • Mengapa HP tidak bisa dilacak?

Ada tiga hal yang bisa menyebabkan HP tidak bisa dilacak. Antara lain, akun Google atau Gmail yang dilacak tidak aktif, HP tidak terhubung dengan internet, dan HP tidak menyalakan GPS atau lokasi.

  • Apakah bisa melacak seseorang lewat internet?

Bisa, saat ini melacak seseorang lewat internet sangat bisa dilakukan. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengetahui lokasi seseorang. Seperti lewat email dan HP.

Akhir Kata

Demikian kira-kira cara melacak seseorang lewat email atau nomor HP. Keduanya bisa menjadi alternatif yang dapat diandalkan jika memang keadaan mengharuskan kita untuk melakukannya.

Melacak keberadaan seseorang memang kadang diperlukan. Seperti misalnya untuk memantau lokasi anak. Tempat-tempat apa saja yang ia kunjungi dan sebagainya. Namun, kemajuan teknologi tersebut juga musti digunakan dengan bijak. Bukan untuk tindakan yang bisa merugikan orang lain.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini hingga selesai. Agar semakin banyak orang yang tahu bagaimana cara melacak seseorang lewat email dan nomor HP, jangan ragu untuk membagi artikel ini ke siapa saja dan dengan apa saja.

Bagikan ke:
Noer
Ditulis oleh

Noer

Freelance Writer di Pintarjualan.id menyajikan konten-konten yang bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com