Cara Hapus Akun Lazada Permanen di HP [Untuk Seller & Pembeli]

Diterbitkan pada
31 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Bagi penggemar belanja online di Lazada, mungkin sempat terlintas untuk tidak ingin aktif belanja lagi. Namun, beberapa orang belum mengetahui cara hapus akun Lazada ini.

Jika di marketplace lain seperti Shopee ada fitur khusus untuk hapus akun Shopee. Namun di Lazada belum tersedia fitur tersebut. Tapi bisa dilakukan dengan menghubungi Staf Perlindungan Data Lazada dan melalui fitur Chat Customer Service.

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat cara dibawah ini, ya. Stay tuned !

Baca Juga : Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Beberapa Alasan Mengapa Perlu Hapus Akun Lazada

Bagi pengguna Lazada, pasti mempunyai alasan yang berbeda-beda mengapa perlu untuk mengahapus akun. Beberapa alasan tersebut antara lain :

Pertama, ada indikasi atau ciri-ciri bahwa akun Lazada sedang di hack orang yang tidak bertanggungjawab. Nah, biasanya terdapat aktivitas di akun yang mencurigakan. Misalnya seperti pembajakan akun dengan melakukan transaksi diluar kendali pemilik.

Kedua, sudah tidak ingin belanja online lagi karena beberapa alasan. Misalnya saja sering ditipu penjual karna barang tidak sesuai, tidak ingin belanja karna menjadi boros dan konsumtif berlebihan.

Ketiga, memilih menggunakan e-commerce lain yang menawarkan promo dan diskon yang lebih banyak. Sehingga belanja lebih hemat dan mendapat keuntungan lebih banyak.

Keempat, tidak ingat kata sandi dan email yang digunakan untuk login.

Nah, itulah beberapa alasan pengguna yang ingin menonaktifkan akun Lazada. Mungkin banyak juga pengguna yang mempunyai alasan tersendiri. Pastikan alasan yang kamu gunakan bisa diterima oleh Customer Service Lazada, ya!

Baca Juga : Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Diproses & COD

Cara Menghapus Akun Lazada Permanen

Setelah menentukan alasan yang tepat untuk menonaktifkan Akun Lazada, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Lazada dan pilih menu “Akun”.
  2. Pilih layanan “Bantuan”.
  3. Chat ke Customer Service Lazada.
  4. Sampaikan permohonan penghapusan akun.

Kami akan memberikan panduan yang jelas cara hapus akun Lazada di HP baik untuk seller maupun pembeli. Berikut ini langkahnya :

1. Pilih Menu Akun

pilih menu akun

Langkah pertama yaitu buka aplikasi Lazada dan login menggunakan email dan password Anda. Kemudian klik menu “Akun” pada bagian pojok kanan bawah.

2. Pilih Layanan Bantuan

layanan bantuan lazada

Selanjutnya yaitu scroll kebawah sampai menemukan menu layanan. Kemudian pilih menu “Bantuan”. Pada menu ini Anda akan dialihkan untuk ke halaman Help Center Lazada.

Baca Juga : [Panduan A-Z] Cara Jualan di Lazada dari Nol Sampai Sukses Menjual

3. Chat Customer Service Lazada

chat cs lazada

Setelah masuk ke halaman Help Center Lazada ID, akan banyak pilihan bantuan terkait permasalahan yang sering dihadapi pengguna.

Karna kita akan menghapus akun, maka tidak perlu memilih beberapa opsi yang tersedia karena tidak ada pilihan untuk hapus akun.

Kemudian scroll kebawah hingga menemukan layanan chat Customer Service. Klik “Chat Sekarang”, layanan ini dapat memberikan bantuan 24 jam non stop setiap harinya.

4. Sampaikan Permohonan Hapus Akun

chat cs hapus akun lazada

Selanjutnya Anda akan di alihkan lagi pada halaman jendela chat CS Lazada. Langsung saja tulis pesan ke CS, misalnya “Saya ingin hapus akun Lazada”.

Kemudian CS Lazada akan memberikan pertanyaan seperti alasan penghapusan akun, nama lengkap, nomor telepon, email dan lainnya. Hal itu digunakan Customer Service untuk memvalidasi data pada akun pemilik.

Jika pengajuan penghapusan akun Lazada disetujui Customer Service, Anda hanya tinggal menunggu beberapa saat hingga akun sukses di hapus. Selesai ~

Baca Juga : Cara Menggunakan Bonus Dadakan Di Lazada Untuk Belanja Online 2021

Cara Menonaktifkan Akun Lazada Via Telepon

Apakah akun Lazada bisa dihapus via telepon? Ya tentu bisa ! Jika cara diatas sudah dicoba namun Customer Service tidak menyetujui pengajuan hapus akun, ada cara alternatif yang bisa dicoba.

Caranya yaitu menghubungi Staf Bagian Perlindungan Data Lazada. Namun, cara ini tidak bisa melayani 24 jam non stop, ya. Terdapat waktu pelayananya yaitu pada hari Senin-Minggu pukul 09.00-17.00 WIB.

Untuk lebih lengkap caranya, bisa ikuti langkah berikut ini :

  • Lakukan panggilan telepon ke nomor 021-806-400-90,
  • Pastikan telepon seluler mempunyai pulsa yang cukup,
  • Sampaikan maksud dan tujuan jika ingin menghapus akun,
  • Ikuti petunjuk dari staf, misalnya untuk menyebutkan email, nomor telepon, nama lengkap, dan data yang lain,
  • Tunggu hingga staf memproses penghapusan akun,
  • Selesai !

Sangat mudah bukan? Jika kalian sudah berhasil melakukannya, email dan nomor telepon yang sudah pernah terdaftar, tidak bisa lagi digunakan untuk mendaftar kembali.

Pengguna bisa menggunakan email dan nomor telepon yang lain jika ingin aktif lagi menggunakan akun Lazada.

Akibat Setelah Menonaktifkan Akun Lazada

Terdapat beberapa akibat yang timbul setelah berhasil menghapus akun Lazada. Maka sebelum Anda benar-benar ingin menghapusnya, bisa pertimbangkan dahulu beberapa akibat yang akan terjadi.

Akibat ini berlaku untuk penjual maupun pembeli, diantaranya :

Pertama, email dan nomor telepon tidak bisa digunakan lagi untuk masuk dan mendaftar kembali ke aplikasi Lazada.

Kedua, jika kamu seorang penjual, maka kamu tidak bisa lagi mengakses profil pelanggan, ulasan pelanggan, hingga riwayat pembelian yang pernah dilakukan.

Ketiga, pengembalian dana dan pembayaran dana yang sedang diproses, maka secara otomatis akan ditutup di akun tersebut dan tidak bisa dilanjutkan kembali.

Keempat, tidak bisa mendapatkan penawaran lagi seperti voucher gratis ongkir Lazada, cashback dan promo lainnya.

Baca Juga : Cara Belanja di Lazada untuk Pemula (Bisa Bayar di Tempat & Gratis Ongkir)

FAQ

Dari penjelasan diatas, apakah masih kurang jelas? Nah, di sesi FAQ ini akan kami berikan rangkuman pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna beserta jawabannya.

  • Apakah Lazada bisa 2 akun ?

Ya tentu bisa. Jika Anda menggunakan smartphone, perlu mengaktifkan pengganda aplikasi (kloning). Dengan begitu, bisa login ke aplikasi Lazada (asli) dan aplikasi Lazada (kloningan).

  • Bagaimana cara mengubah akun Lazada ?

Cara mengganti akun Lazada yaitu klik profil > klik informasi akun > pilih pengaturan Lazada > klik ganti nama > masukkan nama yang akan diganti > pilih simpan > selesai !

  • Mengapa akun Lazada dinonaktifkan?

Akun Lazada bisa dinonaktifkan sendiri namun bisa juga secara tiba-tiba oleh pihak Lazada. Penyebabnya biasanya akun telah melanggar aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Penutup

Sangat menarik bukan pembahasan kali ini ? Cara hapus akun Lazada permanen sangat mudah dan simpel. Diatas kita bisa mencoba melalui panggilan telepon dan via aplikasi.

Namun, jika masi ada pertanyaan yang kurang jelas bisa tulis di “kolom komentar” atau diskusi langsung di Instagram kami @Pintarjualan.id. Jangan lupa untuk follow juga ya !

Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kalian. Agar lebih bermanfaat lagi, bisa bantu untuk share ke teman-teman atau kerabat yang sekiranya membutuhkan informasi ini.

Terimakasih sudah membaca, See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *