Cara Menghapus Kontak di Whatsapp Sekaligus Secara Permanen

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
31 Desember 2021
Waktu membaca
4 Menit

Masih seputar Whatsapp, kali ini kami akan memberikan langkah-langkah cara menghapus kontak di Whatsapp. Para pengguna Whatsapp tidak perlu khawatir, karena aplikasi Whtasapp memang memungkinkan penggunanya untuk menghapus kontak di Whatsapp.

Selain memberikan langkah-langkah cara menghapus kontak di Whatsapp, di akhir artikel kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan kontak Whatsapp secara umum. Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai.

Sebelum itu, mari simak dulu hal-hal yang terkait dengan kontak Whatsapp. Seperti misalnya, dari mana munculnya daftar kontak Whatsapp atau cara menambah kontak Whatsapp.

Fitur Kontak Whatsapp

Whatsapp memungkinkan para penggunanya untuk menambah sekaligus menghapus kontak. Cara untuk menambah kontak langsung dari aplikasi Whatsapp sangat mudah. Tinggal pilih ikon pesan yang ada di pojok kanan bawah lalu pilih New Kontak.

Sedangkan cara untuk menghapus kontak Whatsapp bisa dengan berbagai cara. Mulai dari buku telepon bawaan HP hingga dari Google Kontak, yang jelas tidak bisa langsung ari aplikasi Whatsapp.

Daftar kontak yang ada di Whatsapp, selain berasal dari kontak-kontak yang kita tambahan melalui Whtasapp, juga berasal dari buku telepon yang ada di HP. Selain itu, daftar kontak Whatsapp juga bisa berasal dari kontak-kontak yang tersimpan Google Kontak.

 

 

Menghapus Kontak Whatsapp di Android

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghapus kontak Whatsapp di android atau HP android. Cara yang pertama bisa langsung melalui Buku Telepon HP. Sedangkan cara yang kedua bisa melalui Google Kontak.

Tanpa berlama-lama lagi berikut ini langkah-langkah cara menghapus kontak Whatsapp di android atau HP android baik dari buku telepon bawaan HP maupun dari Google Kontak;

Dari Buku Telepon HP

  1. Buka Buku Telepon atau Kontak HP;
  2. Pilih Kontak yang mau dihapus;
  3. Setelah itu pilih Delete;
  4. Selesai.

Dari Google Kontak

  1. Kunjungi Google Kontak;
  2. Login dan pastikan akun Gmail sama dengan yang ada di HP;
  3. Pilih Kontak;
  4. Buka Kontak yang mau dihapus;
  5. Pilih Titik Tiga pada kontak tersebut;
  6. Pilih Delete;
  7. Selesai.

Menghapus Kontak Whatsapp di iPhone

  1. Buka Folder Kontak yang ada di iPhone;
  2. Pilih Kontak yang mau dihapus;
  3. Pilih Edit yang ada di pojok kanan atas;
  4. Scroll ke bawah lalu pilih Hapus Kontak atau Delete Contact;
  5. Setelah itu akan muncul pop up yang berisi Hapus Kontak atau Cancel;
  6. Pilih Hapus Kontak;
  7. Selesai.

Sebenarnya cara menghapus kontak di iPhone hampir sama dengan cara menghapus kontak di HP android, yaitu melalui Buku Telepon atau Folder Kontak pada masing-masing HP.

Hanya saja, sejauh yang kami tahu, iPhone tidak memiliki fitur Google Kontak seperti yang ada di HP android. Sehingga kita tidak bisa menghapus kontak Whatsapp melalui Google Kontak tersebut.

Menghapus Kontak Whatsapp di Buku Telepon

Cara ini bisa digunakan untuk semua HP. Baik itu HP android seperti Samsung, Oppo, Xiomi, dan seterusnya. Maupun untuk iPhone di semua seri, dari iPhone 5 misalnya, sampai iPhone yang terbaru, iPhone 13. Dengan kata lain, bisa untuk HP apa pun.

  1. Buka Buku Telepon HP;
  2. Pilih Kontak yang mau dihapus;
  3. Setelah itu pilih Delete;
  4. Selesai.

Catatan Tambahan: Nama folder yang menyimpan daftar kontak HP tidak selalu sama di semua HP. Seperti misalnya, nama folder yang menyimpan daftar kontak HP di HP Samsung adalah Kontak. nama folder yang menyimpan daftar kontak HP di HP Oppo adalah Daftar Kontak.

 

 

Menghapus Kontak Whatsapp di Google Kontak

Cara Menghapus Kontak di Whatsapp Lewat Google Kontak

  1. Kunjungi Google Kontak;
  2. Login dan pastikan akun Gmail sama dengan yang ada di HP;
  3. Pilih Kontak;
  4. Buka Kontak yang mau dihapus;
  5. Pilih Titik Tiga pada kontak tersebut;
  6. Pilih Delete;
  7. Selesai.

Selain cara tersebut ada juga cara lain yang lebih simpel dan praktis. Setelah memilih kontak sebenarnya akan mucul daftar kontak yang tersimpan di Google Kontak. Tinggal pilih titik tiga pada kontak yang mau dihapus, lalu pilih delete, selesai.

Menghapus Kontak Whatsapp Sekaligus

Cara menghapus kontak Whatsapp sekaligus bisa melalui buku telepon bawaan HP dan Google Kontak. Tanpa berlama-lama lagi berikut ini langkah-langkah cara menghapus kontak Whatsapp sekaligus dari buku telepon bawaan HP maupun dari Google Kontak;

Dari Buku Telepon HP

  1. Buka Buku Telepon atau Kontak HP;
  2. Pilih semua kontak yang tersimpan di dalam Buku Telepon atau Kontak tersebut;
  3. Setelah itu, pilih Delete;
  4. Selesai.

Dari Google Kontak

  1. Kunjungi Google Kontak;
  2. Login dan pastikan akun Gmail sama dengan yang ada di HP;
  3. Pilih Kontak;
  4. Sorot salah satu kontak dan Ceklist kontak tersebut;
  5. Klik ikon Segi Tiga yaag ada di bawah kolom searvh atau pencarian;
  6. Pilih All;
  7. Klik Titik Tiga yang ada di sebelah kanan ikon segi tiga;
  8. Pilih Delete;
  9. Selesai.

FAQ

  • Kenapa kontak yang dihapus masih ada di Whatsapp?

Besar kemungkinan karena kontak tersebut masih tersimpan di Google Kontak. Jadi, jika ingin menghapusnya adalah bisa melalui Google Kontak. Caranya dengan buka (1) Google Kontak dan jaangan lupa untuk (2) Login terlebih dulu.

Setelah itu, pilih (3) Kontak; lalu (4) Buka kontak yang mau dihapus; pilih (5) Titik Tiga pada kontak tersebut; pilih (6) Delete; (7) Selesai. Jika sudah, coba cek kembali nomor tersebut di Whtasapp. Masih ada atau sudah terhapus.

  • Apakah kontak Whatsapp yang dihapus bisa dilihat?

Sejauh yang kami tahu, tidak. Kontak Whatsapp yang sudah dihapus tidak lagi bisa dilihat. Baik itu di HP android maupun iPhone. Kecuali kita sudah membackup kontak tersebut sebelumnya.

  • Kenapa kontak di Whatsapp tidak ada namanya?

Kontak belum tersimpan di HP maupun Google Kontak. Nama kontak tidak akan terlihat sebelum kita menyimpan kontak tersebut di HP maupun Google Kontak. Cara untuk menyimpan kontak sendiri sangat mudah.

Buka saja kontak tersebut melalui Whatsapp (biasanya terlihat nomornya saja). Setelah itu pilih Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas. Pilih Add to Contacs atau Tambahkan Kontak. Kemudian pilih Create New Contact. Isi dan nama dan sebagainya lalu pilih Save.

  • Bagaimana cara blokir nomor Whatsapp secara permanen?

Khusus terkait dengan blokir nomor Whatsapp, kamu bisa membaca artikel kami Cara Memblokir Kontak Whatsapp. Di artikel tersebut kami sudah memberikan cara memblokir kontak Whatsapp secara detail. Baik di HP android maupun iPhone.

  • Bisakah Menghapus Kontak di Whatsapp Web?

Kontak Whatsapp tidak bisa dihapus melalui Whtasapp Web maupun Whtasapp for Desktop. Di Whatsapp Web maupun Whtasapp for Desktop hanya terdapat fitur untuk menghapus chat. Jika ingin menghapus kontak Whtasapp melalui laptop, PC atau komputer bisa melalui Google Kontak.

  • Bagaimana cara menghapus kontak di Whatsapp Business?

Caranya sama dengan cara menghapus kontak di Whatsapp biasa. Bisa melalui Buku Telepon bawaan HP untuk HP android maupun iPhone. Bisa juga melalui Google Kontak khusus pengguna HP android.

 

 

Penutup

Demikian langkah-langkah cara menghapus kontak di Whatsapp. Baik di HP android maupun iPhone. Daftar kontak Whatsapp yang ada di aplikasi Whatsapp itu bisa berasal dari buku telepon maupun kontak yang sudah tersimpan di akun Google.

Jadi, untuk menghapus kontak, bisa langsung melalui buku telepon bawaan HP maupun dari akun Google. Caranya tinggal hapus saja kontak tersebut baik dari buku telepon atau akun Google.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca tulisan ini sampai selesai. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja dan dengan apa saja. Seperti dengan media-media sosial misalnya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *