Cara Agar Tidak Tertipu Diskon Palsu Tanggal Cantik

Noer 15 Des 2021 5 Menit 0

Tanggal cantik biasanya menjadi ajang para seller untuk memberikan diskon ke pelanggannya. Namun, terkadang ada juga seller yang hanya memberikan diskon palsu belaka. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas seputar cara agar tidak tertipu Diskon Palsu tanggal cantik.

Kami akan mengulas berbagai topik terkait dengan diskon palsu tanggal cantik. Mulai dari (1) momen-momen yang banyak diskon, (2) macam-macam diskon, dan (3) tips agar tidak tertipu diskon palsu.

Selain itu, di akhir tulisan, kami juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait dengan tips agar tidak tertipu berbagai macam diskon secara umum. Oleh karena itu, simak terus tulisan ini sampai selesai. Sebelum itu, mari simak dulu momen-momen apa saja yang biasanya banyak diskon.

Momen-Momen Diskon

Melihat pasar yang begitu besar, marketplace-marketplace terus berusaha untuk mendapatkan banyak pengunjung. Salah satu usaha yang mereka lakukan adalah dengan memberikan diskon pada momen-momen tertentu. Kita dapat menjumpai diskon-diskon tertentu pada setiap tanggal cantik.

Seperti misalnya tanggal 10 Oktober, disingkat menjadi 10.10, 12 Desember, disingkat menjadi 12.12, dan seterusnya. Bahkan ada juga event 12.12, tanggal cantik ini menjadi Hari Belanja Online Nasional di Indonesia atau Harbolnas. Di hari tersebut makin banyak diskon yang disuguhkan para seller.

Baca juga:

Selain Harbolnas, para seller juga biasanya akan memberikan diskon menjelang Hari Kemerdekaan dan Hari Raya. Selain itu, ada juga diskon Cuci Gudang. Biasanya bertepatan dengan akhir tahun. Para seller memberikan diskon besar agar barang-barang mereka dapat terjual lebih cepat.

Macam-Macam Diskon

Para seller biasanya tidak saja memberi satu macam diskon. Melainkan berbagai macam diskon. Mulai dari yang paling sering adalah diskon gratis ongkir. Sampai yang paling ekstream adalah diskon 100%. Berikut ini adalah macam-macam diskon yang biasanya diberikan oleh seller.

Cara agar tidak tertipu diskon palsu tanggal cantik shopee

1. Gratis Ongkir

Akhir-akhir ini, diskon gratis ongkir adalah diskon yang paling sering ditawarkan. Gratis ongkir menjadi salah satu tawaran yang diberikan oleh marketplace untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan begitu calon pembeli hanya perlu membayar barang yang dibeli tanpa pusing memikirkan ongkirnya.

2. Diskon 75%

Diskon ini biasanya diberikan para seller sebagai bagian dari promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Memberikan diskon dengan prosentase memang jauh lebih menarik para pelanggan. Apalagi jika para seller berani memberikan diskon dengan prosentase tinggi.

Oleh karena itu tidak sedikit toko-toko online di marketplace yang mau memberikan diskon hingga 75% (bahkan ada yang sampai 100%) kepada para pembeli. Namun, tentu dengan beberapa perhitungan sebelumnya. Para seller tentu sudah membuat kalkulasi atas diskon-diskon yang mereka berikan.

3. Buy 1 Get 2

Buy 1 Get 2 dan semacamnya adalah salah satu tawaran diskon yang diberikan oleh para seller. Dengan membeli satu barang, kita akan mendapat 2 barang. Orang memang lebih tertarik dengan iming-iming beli 1 dapat 2 dengan harga Rp.150.000 ketimbang membeli satu barang dengan harga Rp. 50.000.

4. Bonus

Siapa yang tidak menyukai bonus? Sepertinya hampir semua orang menyukainya. Apalagi dalam hal jual beli. Maka tawaran diskon yang diberikan oleh para seller juga bisa dalam bentuk bonus. Dengan membeli barang tertentu kita akan mendapat barang lainnya yang biasanya harganya tidak seberapa.

Seperti misalnya ada toko yang menjual sepatu dengan menyertakan keterangan bahwa akan disediakan bonus bagi para pembeli. Ketika ada orang yang membeli, misalnya, sepatu dengan model tertentu, maka ia berhak mendapatkan bonus sandal rumahan atau bonus-bonus tertentu.

5. Cashback

Cashback adalah penawaran kepada pembeli untuk mendapatkan pengembalian berupa uang tunai atau non tunai dan semacamnya. Masing-masing marketplace memiliki cara sendiri dalam menerapkan cashback. Seperti misalnya Shopee yang memberikan cashback dalam bentuk koin.

Cara Agar Tidak Tertipu Diskon Palsu

Ada setidaknya 5 cara agar tidak tertipu diskon palsu saat tanggal cantik. Salah satunya adalah dengan mencari tahu terlebih dulu harga asli barang yang diberi diskon tersebut. Selain itu ada juga cara lain, yaitu simak cara agar tidak tertipu diskon palsu saat tanggal cantik berikut ini;

1. Cek Kualitas Barang

Banyaknya toko di marketplace menuntut kita untuk pintar-pintar memilih mana toko yang bagus dan mana toko yang abal-abal. Sebelum membeli barang tertentu, ada baiknya kita mengecek terlebih dulu bagaimana kualitas barang yang akan kita beli tersebut. Biasanya ada harga ada kualitas.

Salah satu cara untuk mengetahui toko yang menjual barang berkualitas adalah kita bisa melihat review yang telah diberikan oleh para pembeli sebelumnya. Jika ada toko yang menjual barang bagus tapi dengan harga murah, biasanya barang yang dijual tersebut tidak memiliki kualitas bagus.

2. Cek Harga Asli Barang

Meskipun ada banyak diskon yang ditawarkan oleh para seller, kita juga harus bisa menjadi pembeli yang cerdas, artinya tidak mudah tertipu. Seperti misalnya ketika ada diskon buy 1 get 2. Tidak ada salahnya jika kita mengecek terlebih dahulu harga asli barang tersebut.

Bisa jadi dua barang yang mereka jual harga aslinya murah. Seperti beli satu kaos dengan harga Rp. 150.000 tapi dapat promo atau diskon buy 1 get 2. Setelah kita cek, ternyata harga asli masing-masing kaos tersebut adalah Rp. 50.000. Jika begitu, maka kita tidak mendapatkan diskon sebenarnya.

3. Cek Limit Diskon

Prosentase diskon yang tinggi belum tentu menarik jika kita teliti lagi. Bisa jadi, diskon dalam bentuk prosentase tersebut memiliki limit atau batasan potongan harganya yang sangat kecil. Jangan sampai kita terkecoh hanya karena diskon tersebut memberikan diskon dengan prosentase tinggi.

Seperti misalnya terdapat voucher diskon 75%, akan tetapi potongan maksimalnya hanya Rp.15.000 atau 100% tetapi maksimal Rp. 10.000. Diskon dengan prosentase tinggi biasanya terdapat limit. Oleh karena itu, kita musti jeli ketika membaca syarat dan ketentuan diskon yang diberikan.

4. Cek Review Pembeli dari Komentar

Review-review dari pembeli sebelumnya dapat kita jadikan acuan untuk menimbang apakah barang yang akan kita beli bagus atau tidak. Biasanya orang-orang yang sudah membeli pada toko online akan meninggalkan komentar dan memberikan penilaian tentang barang yang mereka beli.

5. Retur Barang/Produk Mudah

Marketplace biasanya memiliki fitur pengembalian barang. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang mereka berikan. Pastikan bahwa alur pengembalian barang atau produknya mudah agar kita juga tidak kesulitan jika mau mengembalikan barang atau produk yang telah kita beli karena tidak sesuai.

FAQ

  • Apa ciri-ciri diskon palsu?

Salah satu ciri diskon palsu adalah diskon yang diberikan tidak masuk akal. Seperti misalnyanya diskon 100% atau casback 100%. Diskon-diskon yang serba 100% tersebut biasanya terdapat limit.

  • Apa toko online yang terpercaya?

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah toko tersebut bisa benar-benar dipercaya atau tidak adalah dengan review-review dari pembeli sebelumnya yang ada di kolom komentar.

  • Apa saja tips belanja secara online?

Pastikan membeli barang di toko online yang benar-benar terpercaya. Jangan abai terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku dan disediakan oleh toko atau detail barang yang akan kita beli.

Jangan tertipu dengan harga yang sangat murah atau tidak masuk akal. Pilih cara pembayaran yang paling aman dan menyimpan bukti pembayaran. Agar jika terjadi penipuan kita memiliki bukti.

  • Bagaimana cara mendapatkan diskon?

Biasanya para seller memberikan syarat tertentu, seperti minimal belanja Rp.100.000. Khusus untuk diskon ongkir Shopee Anda bisa membaca 7 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Shopee Hingga Rp.0.

Penutup

Demikian cara-cara agar tidak tertipu diskon palsu saat tanggal cantik. Maraknya marketplace menuntut kita untuk bijak dan cerdas dalam berbelanja. Kita musti memperhatikan secara detail tentang barang itu sendiri, hingga syarat dan ketentuan yang diberikan oleh marketplace atau para seller.

Tertarik kepada diskon adalah hal yang sangat wajar dan manusia. Namun, hal tersebut terkadang justru dimanfaatkan untuk hal-hal yang bisa merugikan orang lain. Seperti misalnya diskon-diskon palsu yang banyak beredar saat momen-momen tertentu seperti tanggal-tanggal cantik atau harbolnas.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini hingga selesai. Agar semakin banyak orang yang tahu bagaimana cara agar tidak tertipu diskon palsu saat momen-momen tertentu seperti tanggal cantik, jangan ragu untuk membagi artikel ini ke semua orang.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Noer
Ditulis oleh

Noer

Freelance Writer di Pintarjualan.id menyajikan konten-konten yang bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com