Sekarang, makin banyak orang yang menggunakan media sosial. Mengutip dari KataData, Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3,2 jam sehari di media sosial. Makannya, semakin banyak calon marketer yang mencari cara belajar internet marketing.
Dengan teknik internet marketing yang tepat, produk yang diiklankan pun bisa lebih dikenali oleh target audience yang sesuai. Penjualan pun bisa semakin meningkat.
Makannya, Internet marketing ini menjadi hal yang penting di era digital ini. Bagaimana cara memulai belajar internet marketing? Mari kita mulai dari pembagian fokus internet marketing dan skillset yang biasanya dimiliki oleh internet marketing.
Pertama: Pilih Fokus Internet Marketing
Sebelum belajar lebih jauh mengenai Internet Marketing, ada baiknya calon marketers mengetahui lingkup dalam marketing itu sendiri. Marketing itu luas sekali, lho!
Ada banyak marketing channels dan divisi dalam digital marketing itu sendiri. Tidak semua produk, perusahaan, atau agensi menggunakan semua teknik marketing yang ada. Karena masing-masing teknik memiliki karakteristik, keunggulan, dan kekurangan yang berbeda-beda.
Kamu bisa memilih dan mendalami mana yang sekiranya sesuai dengan dirimu atau produk yang akan kamu pasarkan. Ini dia divisi digital marketing menurut webfx dan marketbusinessnews.
a. Social Media Marketing
Seperti yang sudah dijabarkan di atas, sekarang banyak orang yang menggunakan media sosial. Bahkan tidak jarang, yang pertama kali di buka ketika bangun tidur dan sebelum tidur adalah HP.
Makannya, media sosial menjadi media marketing yang efektif untuk berbagai produk. Apalagi, membuat akun media sosial itu gratis.
Kalau kamu ingin menggunakan Social Media Marketing, ada banyak media sosial populer yang bisa dipilih. mulai dari TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dan Youtube. Kamu tidak harus menggunakan semuanya, tetapi pilih lah beberapa media sosial yang sekiranya banyak digunakan oleh target market mu.
Keuntungan dari Social Media Marketing adalah untuk membangun brand voice dan karakteristik dari brand mu.
ADVERTISEMENTS
b. Social Media Advertising
Pernah beli produk gara-gara lihat iklannya di media sosial? Banyak kok orang yang juga beli produk gara-gara melihat iklan di media sosial.
Berbeda dari sebelumnya yang hanya membuat akun dan membuat konten sesuai bahasa brand nya, untuk beriklan di media sosial, perlu membayar ke pihak media sosialnya.
Keunggulan dari social media advertising atau sering disebut ads adalah iklan yang ditampilkan biasanya berupa targeted ads. Jadi, iklan yang ditampikan bisa sesuai dengan umur, gender, dan karakter demografis lainnya. Bahkan bisa lebih spesifik lagi.
Misalnya, pengguna baru saja mencari produk tertentu di Google Search, algoritma mesin pencari akan memberikan laporan ke Google Ads kalau penggunanya sedang mencari produk tertentu. produk tersebut akan muncul di Google Ads. Begitu juga Facebook Ads yang bisa menarget calon pembeli secara spesifik.
ADVERTISEMENTS
c. Influencer Marketing/KOL Marketing
Kalau kamu mengikuti selebgram, pasti sudah familiar dengan teknik marketing yang satu ini. Seperti namanya, influencer marketing adalah teknik marketing yang melibatkan influencer, KOL, atau akun media sosial yang memiliki follower banyak.
Tidak hanya selebgram, tetapi atlet terkenal juga cukup sering ditemui untuk menjadi brand ambassador. Teknik ini bisa menjaring banyak fans untuk ikut menggunakan brand atau produk yang digunakan oleh idolanya.
Marketing dengan menggunakan KOL ini memiliki banyak keuntungan. Mengutip dari grin.co, KOL bisa membantumu untuk tetap terhubung dengan audiens yang tepat.
Keunggulan lain dari KOL marketing atau influencer marketing adalah biasanya meninggalkan kesan mendalam dan kebanggaan tersendiri bagi penggunanya. Contohnya, “Kobe Bryant mainnya keren, Sepatunya apa sih? Pakai juga ah” atau “Pakai make up nya Awkarin, pasti bisa cantik kayak dia“
Kalau kamu orang yang suka di belakang panggung, kamu bisa jadi KOL Specialist atau KOL management. tetapi kalau kamu orang yang jadi pusat perhatian, kamu bisa jadi KOL nya di Instagram maupun TikTok.
ADVERTISEMENTS
d. Content Marketing
Pernah ingin beli produk setelah melihat review produk di YouTube, blog, infografis atau konten TikTok? Nah, ini adalah salah satu bagian dari Content Marketing.
Konten Marketing fokus untuk membagikan hal bernilai dan informasi yang relevan dengan industri kepada audiens. Dengan konten yang relevan dan berkualitas, bisnismu pun bisa dikenal semakin banyak orang yang tertarik sambil membuat mereka terhibur dan teredukasi dengan konten yang kamu berikan.
ADVERTISEMENTS
e. Web design
Website adalah hal vital untuk online marketing, terutama untuk brand-brand besar. Website bertindak layaknya pusat dari bisnis, atau muka bisnis di dunia maya. Kehadiran website resmi sering menjadi patokan apakah perusahaan tersebut perusahaan yang benar-benar serius atau tidak.
Makannya, alamat website hingga desain website yang bagus jadi hal penting dalam website. Tidak hanya enak dilihat, website yang baik juga harus nyaman dijelajahi sekaligus meninggalkan kesan positif.
Oh iya, kalau kamu membutuhkan jasa web design, kamu bisa menghubung salah satu web designer yang sudah lama berkecimpung di bidangnya. Langsung saja, hubungi Tonjoo.
f. SEO
Di era Google ini, hal yang pertama kali dilakukan ketika seseorang ingin tahu tentang hal baru adalah melalui Google. Ngaku deh, kamu juga gitu kan?
Makannya, ketika suatu produk tampil di halaman teratas Google, produk tersebut memiliki potensi untuk semakin dikenal banyak orang.
Keuntungan dari SEO marketing adalah brand atau produk kamu akan ditampilkan ke orang yang mencari sesuatu yang relevan. Jadi, walaupun tidak berujung pada hard sales, tetapi SEO bisa membangun brand awareness dan kesan kepada khalayak.
g. Email marketing
Baca Juga
Tidak ketinggalan, email marketing mungkin banyak diremehkan. Tetapi ketika menarget profesional yang sering menggunakan email, ini bisa jadi teknik marketing yang jitu.
Ada beberapa tipe email yang biasa digunakan dalam marketing, misalnya Newsletter, Customer Service, Follow up, Loyalty/rewards, rekomendasi, dan promosi.
Kedua: Pelajari Skillset Internet Marketing
Setelah mengetahui cabang dari digital marketing dan media yang digunakannya, mungkin kamu sudah punya gambaran, bagian digital marketing mana yang ingin menjadi fokus mu?
Selain berbagai macam bentuk dan media internet marketing, seorang marketers sebaiknya juga mengetahui apa saja skill yang diperlukan untuk menjadi master marketer.
a. Media Sosial
Media sosial menjadi salah satu hal yang tidak terpisahkan dari internet marketing. Makannya, keahlian menggunakan media sosial menjadi hal wajib kalau kamu ingin menjadi internet marketers yang baik.
Kuasai fitur-fitur dari media sosial, seperti like, comment, follow, friend dan lainnya. Contohnya seperti bagaimana cara live di TikTok.
Apalagi kalau kamu ingin menjadi Media social specialist, admin media sosial atau social media strategist, ini penting banget.
b. Copywriting
Merangkai kata-kata alias wording yang sesuai juga jadi hal penting bagi marketers baik online maupun offline. Makannya, copywriter selalu dibutuhkan untuk membuat text copy yang digunakan di material marketing dan promosi.
Mulai dari heading iklan hingga caption Instagram, semua membutuhkan rangkaian kata yang sesuai dengan maksud dan tujuan namun juga membuat pembaca tertarik.
c. Marketing Communication
Tidak ketinggalan, teknik komunikasi yang tepat juga diperlukan untuk membuat calon pelanggan memutuskan untuk membeli produkmu. baik internet marketing maupun offline marketing juga membutuhkan skill ini.
Bedannya, ketika online, maka kita lebih sering berinteraksi melalui internet, seperti chat media sosial, chat dm, atau kolom komentar.
Biasanya marketing communication fokus pada menyampaikan pesan mengenai produk dan brand baik secara langsung maupun tidak langsung kepada calon pembeli, dengan tujuan akhir supaya mereka melakukan pembelian.
d. Design
Desai juga jadi salah satu elemen penting dari marketing. Ada pepatah, “one picture is worth thousand worth”, atau sat gambar bisa bernilai seribu kata.
Enggak heran, kadang sebuah gambar bisa meninggalkan impresi mendalam ke calon customer. Makannya, seorang marketers juga harus mengerti hal terkait desain, seperti makna warna dan bagaimana desain yang sesuai dengan karakter brand.
Ketiga: Praktekkan dan Belajar Internet Marketing dari Mentor
Tidak ketinggalan, belajar dari mentor yang sesuai juga adalah salah satu cara belajar digital marketing yang cost-efficient. Dngan adanya mentor, kamu bisa mendapatkan insight mengenai hal-hal yang kamu lakukan.
Apalagi, marketing ini ilmu yang hanya bisa dikuasai dengan dipraktekkan. kamu tidak akan bisa jadi marketer handal tanpa bukti nyata berapa banyak barang yang kamu jual.
Makannya, mentor yang baik akan mengarahkan anak didiknya untuk menjadi marketer handal. Kalau kamu memulai belajar dan pratek marketing tanpa mentor, mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyadari kesalahanmu.
Jadi, kamu bisa terhindar dari kebingungan, materi apa yang harus dipelajari, model marketing mana yang cocok.
Kalau kamu mencari mentor SEO, kami juga pernah mengulas Pakar SEO Indonesia. Dengan belajar ke pakarnya langsung, ilmu yang didapat pasti ndaging, deh.
Ada juga materi belajar marketing online gratis yang bisa di akses di YouTube. Beberapa channel YouTube yang mengajarkan digital marketing ada:
- DennySantoso
- Dewa Eka Prayoga
- Hendra Hilman
Kemudian, bisa juga bergabung di Group Facebook, Group WA dan forum pengusaha atau marketers. Tidak jarang, beberapa perusahaan terkemuka juga sering membuka Webinar terkait digital marketing, misalnya Glints, Niagahoster, dan lain-lain.
Selain itu, bisa juga mengikuti online course. Biasanya mereka menyediakan paket lengkap di mana kamu bisa belajar materi hingga praktek dengan dibimbing mentor. Bahkan, terkadang ada promo trial gratis, misalnya RevoU.
Akhir kata
Bagaimana, sekarang kamu sudah tahu kan, ada bidang apa saja yang di bawah internet marketing? Untuk memulai mempelajari digital marketing, kamu bisa memulainya dengan memilih salah satu fokus di atas.
Selain fokus digital marketing di atas, ada juga pembagian lain seperti affiliate marketing. Mungkin kamu juga tahu divisi marketing lain yang belum kami sebutkan? beritahu kami di kolom komentar, ya.
Kemudian, kalau ingin belajar dengan tertta dan terstruktur, kamu bsia mengikuti online course dan belajar langsung dari ahlinya.
Jangan lupa, belajar marketing itu harus dipraktekkan, jadi cara belajar internet marketing harus terjun langsung ke pasar.
Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Digital Marketing atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id
Telah diperbaharui: 4 Oktober 2022
Referensi:
–