Mau buka bisnis makanan di Instagram? Jangan lupa buat bio Instagram untuk jualan makanan ya karena sangat penting untuk meningkatkan penjualan, menaikkan branding, dan mendapatkan banyak followers!
Bio Instagram adalah deskripsi singkat mengenai profil akun IG yang kamu buat, jadi kalau kamu buat akun Instagram untuk jualan alias profil bisnis, maka pastikan deskripsinya juga jelas. Selain itu juga harus berisi informasi singkat tentang usaha yang kamu bangun.
Mau tahu cara buat bio Instagram untuk bisnis makanan agar tampak aesthetic? Berikut contoh dan panduannya!
1. Pentingnya Membuat Bio Instagram yang Menarik untuk Jualan Online
1.1. Menjelaskan Profil Usaha
Bio Instagram berguna untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pada konsumen mengenai produk dan jasa yang ditawarkan oleh sebuah UMKM atau pun perusahaan.
Dengan mencantumkan beberapa penjelasan singkat seperti slogan usaha, keterangan produk, jam buka usaha, cara order, link tautan, lokasi, dan lain-lain, orang akan langsung paham dengan usaha yang kamu jalankan.
ADVERTISEMENTS
1.2. Menguatkan Branding Usaha
Bio instagram juga mampu menjelaskan betapa kuatnya brand yang kamu bangun. Misalnya saja, kamu menggunakan slogan jualan kue dengan kalimat yang santai dan lucu.
Melihat slogan yang kamu pasang di bio IG tersebut, konsumen akan berpikir bahwa pemilik atau produk kue yang kamu jual punya dekorasi yang juga unik, lucu, antimainstream. Seperti tokoh-tokoh karakter di dalam film animasi 3D atau pun dekorasi yang lucu sesuai pesanan pelanggan.
Makanya, saat membuat bio Instagram untuk jual makanan, kamu harus benar-benar memikirkan dampaknya terhadap bisnis yang kamu bangun. Jangan asal dan jangan mengambil slogan atau menjiplak usaha orang lain, karena akan berimbas pada usaha kamu.
ADVERTISEMENTS
1.3. Rujukan Informasi bagi Konsumen
Semenjak fitur Instagram Shopping dihapus oleh pihak IG, kini hampir sebagian pengusaha membuat page bisnis untuk memberikan informasi ter-update untuk para pengikutnya.
Dengan menambahkan informasi seperti waktu operasional atau jam buka, waktu order makanan, lokasi kedai/rumah usaha, dan sebagainya akan mempermudah konsumen dalam mengatur, menjadwalkan, dan mengambil pesanan mereka.
Selain itu, informasi tersebut juga akan mempengaruhi kebiasaan konsumen dalam belanja produk di tokomu.
ADVERTISEMENTS
1.4. Meningkatkan Target Penjualan
Di bio Instagram, setiap admin atau pengusaha makanan dapat menyisipkan linktree atau link web resmi usaha mereka. Website tersebut biasanya berisi daftar produk, layanan, kode promo, nomor WhatsApp yang dapat dihubungi, dan sebagainya.
Nah, untuk mengarahkan konsumen agar membeli produk dengan berbagai kode promo tersebut juga bisa dilakukan melalui bio IG, sehingga target penjualan meningkat.
ADVERTISEMENTS
2. Cara Mengisi Bio Instagram untuk Jual Makanan
Cara mengisi bio Instagram untuk jual makanan, kamu bisa buka profil Instagram, kemudian klik Edit Profile dan isi nama, username, bahasa (pronouns), bio, tambahkan link, dan sebagainya.
Berikut informasi yang perlu ditambahkan pada bio Instagram kamu:
2.1. Tulis Nama Toko atau Brand
Tujuan utama menulis nama toko atau nama brand di bio Instagram adalah untuk memberitahu pengunjung atau pengikut bahwa akun tersebut merupakan akun jualan/untuk usaha, bukan akun pribadi.
Untuk membuat nama toko online, kamu bisa gunakan referensi nama-nama toko online bagus yang kami rekomendasikan sebelumnya atau manfaatkan website untuk generate nama brand makanan.
Sementara itu, untuk penulisannya, kamu bisa memilih tulisan yang selalu diawali huruf kapital atau seluruhnya kapital.
Misalnya âToko Jajanan Jadoel â90″ atau “DAPUR BERLAPIS”. Jangan lupa agar menebalkan nama toko tersebut, sehingga kamu perlu gunakan bold. Satu lagi, pastikan bahwa antara nama toko/brand di bio Instagram sama juga dengan user IG yang kamu daftarkan agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan baru.
2.2. Tambahkan Deskripsi Singkat
Baca Juga
Perlu kamu ketahui bahwa terdapat kolom deskripsi di bio Instagram dengan pembatasan 150 karakter, sehingga kamu harus membuat deskripsi sesingkat, sepadat, dan seberbobot mungkin.
Contoh: jika usahamu bergerak di bidang jual makanan yang dibuat fresh saat pesanan masuk, coba tuliskan deskripsi “House of Chombro memasak makanan setelah pesanan masuk. Selalu dibuat fresh oleh ahlinya! Klik link di bio untuk pilih menu”
2.3. Cantumkan Waktu Operasional, Kontak, dll
Setelah berhasil membuat nama toko dan deskripsi singkat, selanjutnya masukkan waktu operasional, nomor kontak seperti WhatsApp atau telepon seluler, dan alamat singkat untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung serta followers kamu.
Karena bisa saja setelah mengetahui informasi tersebut, mereka justru ingin dine in atau makan di tempat.
Perlu kamu ketahui bahwa keberadaan informasi tersebut sangat berguna bagi pengikutmu karena:
- Makanan adalah produk yang tidak bisa tahan lama, sehingga sebagian pengunjung akan datang ke outlet secara langsung untuk melihatnya secara langsung dan memesannya
- Jam operasional akan membantu pengunjung mengatur pesanan mereka sesuai dengan jam buka dan menghindari jam-jam sibuk (seperti waktu makan siang, ngemil, dll)
- Kontak akan memudahkan pengunjung terhubung dan berinteraksi dengan mudah dengan admin yang handle IG usaha kamu. Dan kamu pun bisa menawarkan produk best seller/produk populer/produk baru, dll
2.4. Cantumkan Link Website Official atau Linktree
Kemudian, pasang juga short link dari linktree atau link yang mengarah ke website bisnis resmi kamu yang biasanya berisi:
- Nama produk atau nama menu makanan
- Link yang mengarah ke GrabFood/GoFood/ShopeeFood
- Marketplace
- Membership
- Metode pembayaran
- Cara pemesanan, dll
Linktree ini akan memudahkan pengunjung untuk memproses pesanan mereka. Selain itu, banyaknya opsi juga akan membuat mereka lebih leluasa dalam memesan, sehingga menaikkan performa dan layanan usaha makanan kamu.
Untuk cara pembuatan Linktree bisa kamu baca di website kami, ya.
3. Contoh Bio Instagram untuk Jualan Makanan
Berikut beberapa contoh untuk referensi kamu dalam mengisi data di bio Instagram untuk jualan makanan:
3.1. Contoh Bio Instagram untuk Jualan Makanan yang Simple
3.2. Bio Instagram yang Aestethic
3.3. Contoh Bio Instagram dengan Slogan Khas
3.4. Contoh Bio Instagram yang Simple
3.5. Contoh Bio Instagram yang Detail
4. Kesimpulan
Cara membuat bio Instagram untuk jualanan makanan agar terkesan lebih estetik dan menarik adalah dengan memberikan ciri khas tersendiri pada usahamu.
Salah satunya yakni menggunakan slogan atau tagline yang singkat, mudah diingat, dan bermakna. Namun sebelum membuat bio IG, pastikan untuk menjalankan usaha ini, kamu beralih ke Instagram Bisnis yang lebih profesional.
Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id