Cara melihat riwayat pesanan di TikTok Shop umumnya bisa melalui dua cara. Asalkan sudah tahu cara daftar TikTok Shop dan melengkapi informasi data secara komplet.
Selain itu pengguna juga bisa mengecek status pengiriman di TikTok Shop hanya dalam beberapa klik saja.
Mengapa kegiatan ini penting? Sebab, bagi penjual bisa memberikan dampak bagi perkembangan tokonya dan dari sisi pembeli bisa memberikannya kepuasan.
Apakah pengecekan tersebut sama halnya dengan cek pesanan di Shopee? Ternyata hampir mirip, dengan begitu pengguna akan mendapatkan informasi yang akurat dan lengkap sebagaimana pada umumnya.
Cara Mengecek Pesanan di TikTok Shop Lengkap
Cara Melihat Riwayat Pesanan di TikTok Shop bagi Pembeli
Agar bisa melihat status atau rincian pesanan di TikTok Shop, maka dapat dilakukan secara manual.
Tentunya lewat aplikasi TikTok yang sudah diunduh oleh setiap pengguna.
- Langsung saja buka aplikasi TikTok di Smartphone
- Klik akun atau ikon bergambar profil user “Saya”
- Klik titik tiga di pojok kanan atas bagi pengguna android dan garis tiga bagi pemakai iOS, kemudian pilih opsi “pengaturan dan privasi”
- Geser atau scroll layar ke bawah sampai menemukan menu “Akun” dan silakan klik “Pesanan”
- Kemudian halaman pesanan pun muncul dan kamu bisa melihat status pesanan tersebut mulai dari keterangan pembayaran, pengiriman, dan sebagainya.
- Untuk mengecek status pengiriman dan cek resi TikTok Shop, pengguna bisa klik “Detail Pesanan” guna menampilkan riwayat pesanan secara terperinci
Sama seperti cara cek resi J&T di marketplace, perihal riwayat order barang di TikTok Shop juga dapat dilakukan lewat aplikasi maupun website.
Bahkan pengguna pun dapat melakukan pengembalian barang di TikTok Shop bila memang tidak sesuai yang ditampilkan oleh seller.
Selain pembeli, penjual ternyata juga bisa melihat status produk yang masuk ke dalam akun seller center lho!
Apalagi kalau ternyata pembeli meminta bantuan untuk checking status barang, karena terjadi masalah pada akun pribadinya.
Misalnya saja status pesanan yang sudah dihapus.
Bagaimana detilnya?
ADVERTISEMENTS
Cara Cek Riwayat Pesanan yang Masuk bagi Seller
Baca Juga
- Masuk akun seller center TikTok Shop
- Pilih icon berbentuk dokumen (Manage Orders) untuk mengatur pesanan
- Setelah itu, penjual bisa melihat id pesanan (nomor id order) dan beberapa rincian orderan lainnya yang masuk secara lengkap.
Mulai dari barang yang belum dibayar, sedang dalam perjalanan, pembelian selesai, dan sebagainya.
ADVERTISEMENTS
Beberapa Masalah Paket yang Sering Terjadi
Ada beberapa masalah terkait pesanan atau paket barang yang sering dialami pembeli.
Yang paling sering terjadi antara lain:
ADVERTISEMENTS
Paket Terlambat Dikirim
Keterlambatan paket bisa saja terjadi akibat beberapa situasi.
Katakanlah pihak jasa pengiriman di Indonesia memang sedang overload, sehingga paket yang harusnya terkirim sesuai estimasi harus mundur dari jadwal sebelumnya.
Tentu saja dalam hal ini bukan salah seller, melainkan ada pada kurir.
Namun meskipun demikian, pembeli sebaiknya tidak asal memarahi pihak ekspedisi, terlebih lagi jika mereka sudah bekerja keras untuk menyelesaikan seluruh pengiriman paket yang ada.
Sebaliknya, pembeli bisa memastikannya sendiri dengan menelepon kantor cabang atau pun drop poin terdekat.
ADVERTISEMENTS
Status Diterima Padahal Paket Belum Sampai
Masalah yang kedua adalah yang paling sering dialami oleh sebagian besar penerima pesanan.
Ya, padahal paket belum di tangan tetapi status pesanan di aplikasi sudah diterima oleh pembeli.
Kalau begini bagaimana cara mengatasinya?
Pertama, tunggu dulu selama 24 jam karena bisa saja pihak ekspedisi salah memproses status pengiriman.
Kedua, konfimasi ke pihak seller untuk menanyakan seputar paket tersebut.
Ketiga, lacak status melalui website perusahaan ekspedisi.
Apabila tiga cara di atas...