Cara jualan di Instagram yang paling tepat adalah memaksimalkan seluruh fitur dan membuat konten semenarik mungkin.
Mengapa demikian? Penduduk Indonesia menempati urutan ke-4 di antara negara lain sebagai pengguna Instagram terbanyak di dunia dengan jumlah 89,15 juta.
Kebanyakan dari mereka mengakses Reels dan unggahan (feed) yang dianggap menarik serta memberikan informasi sesuai kebutuhannya.
Oleh karena itu, cara promosi produk di Instagram yang paling mudah adalah dengan menyuguhkan konten secara konsisten buat penonton.
Penasaran kan? Begini cara berjualan di IG bagi pemula yang ingin produknya laris manis setiap hari!
1. Cara Jualan di Instagram untuk Pemula
Cara jualan di Instagram agar mendapatkan engagement secara bertahap dan postingan tidak sepi bisa kamu lakukan dengan berbagai langkah.
Nah, berikut ini cara menjual produk di Instagram agar dilirik oleh pembeli!
1.1. Ganti Profil Pribadi ke Profil Bisnis
Bagi kamu yang mau jualan di Instagram, sebaiknya beralih ke profil bisnis agar dapat menggunakan banyak fitur profesional yang canggih.
Dengan mengubah akun pribadi ke Profil Bisnis, kamu akan mendapatkan beragam keuntungan seperti
- Mendapatkan fitur profesional seperti, insight tentang pengikut, kinerja akun, opsi kontak baru, dan lain-lain
- Menjangkau lebih banyak orang melalui iklan
- Membangun komunitas dan mencari target pemasaran yang tepat
- Mendapatkan opsi kontak baru yang memudahkan orang-orang mengetahui bisnis kamu
- Bisa melihat jumlah jangkauan konten terhadap penonton
- Informasi seputar bertambahnya pengikut, dll
Pembuatan akun profesional memerlukan waktu 30 detik dengan langkah yang mudah dan cepat.
Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk dan arahan yang ditampilkan oleh sistem.
ADVERTISEMENTS
1.2. Wajib Melengkapi Profil Akun
Baca Juga
Melengkapi profil akun pribadi maupun akun bisnis Instagram dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung atau pengguna lain.
Dengan profil yang lengkap, pengguna akan mendapatkan informasi secara detail tentang brand yang kamu bangun.
Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah
- Menampilkan foto profil IG bergambar logo brand sebagai ciri khas merek serta citra toko yang ingin kamu perlihatkan ke masyarakat
- Isi deskripsi bio Instagram yang mempresentasikan produk atau jasa yang kamu jual. Sertakan nomor WhatsApp yang bisa dihubungi dan jam operasional pelayanan toko
- Cantumkan link produk atau website toko kamu agar mereka mengenal lebih dekat produk yang kamu jual
- Tambahkan Highlight Story yang berisi kategori produk, jenis produk, dan review dari pelanggan
ADVERTISEMENTS
1.3. Bikin Konten yang Fresh, Menarik, dan Berkualitas
Cara jualan di Instagram yang ketiga yakni memperhatikan unggahan konten.
Konten yang berkualitas biasanya dibuat menggunakan kamera beresolusi tinggi, sehingga menghasilkan video yang jernih ketika dilihat.
Jadi, minimal gunakan kamera ponsel beresolusi 48-50 megapixel serta punya fitur stabilizer video di dalamnya.
Nah, untuk konten yang fresh dan menarik umumnya menampilkan video berisi pesan, nilai, humor receh, dan up to date.
Kamu bisa bisa dapat uang di Instagram dengan mengikuti tips sebagai berikut:
- Gunakan aplikasi editing video seperti CapCut, VN, dan lain-lain
- Manfaatkan aplikasi AI untuk menghasilkan caption (judul) yang menarik supaya banyak penonton meninggalkan komentar
- Pakai aplikasi pembuat katalog untuk membuat gambar atau foto estetik di Instagram
- Unggah konten paling tidak 3 kali dalam satu minggu agar makin banyak follower yang kamu peroleh. Makin konsisten konten dibuat, makin cepat pulau jangkauannya ke pengguna
- Riset hashtag Instagram dan tambahkan tagar yang sesuai dengan konten serta produk kamu
- Pilih jadwal posting yang tepat. Misalnya mendekati waktu istirahat dan waktu paling sering orang-orang membuka Instagram
- Gunakan lagu pendukung yang sedang viral atau trending
- Share seluruh konten ke media sosial dan platform lain seperti IG Story, WhatsApp, TikTok, Facebook, dan YouTube Short Video
ADVERTISEMENTS
1.4. Pakai Fitur Instagram Ads
Mau tahu cara jualan di Instagram agar produk cepat laku terjaul atau dikenal banyak orang? Coba pakai fitur Instagram Ads.
Setelah dihapusnya fitur Instagram Shopping, banyak pebisnis memilih memanfaatkan layanan iklan di IG.
Nantinya setelah berhasil mendaftar slot iklan, produk yang kamu kehendaki akan muncul di beranda utama dan fitur Global pengguna sesuai dengan prefrensi pencarian mereka di media sosial serta marketplace.
Keunggulan dari Instagram Ads adalah...
17 Agustus
tahun 45