10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Mudah [Semua Orang Bisa]

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
19 Juli 2021
Waktu membaca
5 Menit

Selain berguna untuk bersosial media, ternyata ada beragam cara mendapatkan uang dari Instagram. Bahkan, pemula seperti kita pun bisa melakukannya, asal dibarengi dengan konsistensi.

Dalam panduan praktis ini, kami telah merangkum beberapa ide untuk menghasilkan ceruk bisnis lewat Instagram. Secara detail akan membahas tentang:

  • Alasan mengapa Instagram cukup bagus untuk dimonetisasi,
  • Ide-ide kreatif agar bisa mendapat uang dari Instagram.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Kenapa Instagram Bagus untuk Dimonetisasi?

Apa-apa sekarang sudah harus ada di Instagram. Terutama bagi brand atau UMKM yang ingin menjual produk secara online. Instagram sangat bagus untuk membangun awareness hingga conversion.

Hal ini didukung pula dengan hadirnya fitur baru bernama Instagram Shopping. Salah satu fitur yang memungkinkan audiens untuk berbelanja langsung di aplikasi, tanpa harus klik website sana-sini.

(Kami sudah merangkum penjelasan mengenai IG Shopping, di sini: Apa itu Instagram Shopping? Cara Mengaktifkan Fitur IG Shop untuk Jualan.)

Beberapa keuntungan yang diperoleh saat “jualan” di Instagram, antara lain:

  • Gratis. Pembuatan akun tidak butuh biaya sepeserpun.
  • Laris. Audiens lebih suka cari-cari produk via Instagram.
  • Praktis. Tinggal upload foto, buat caption, dan jalin interaksi.
  • Cepat. Untuk akselerasi konversi, kamu bisa pasang iklan FB Ads.
  • Kreatif. Tidak hanya jualan produk, tapi juga ada alternatif lain.

Khusus untuk poin terakhir, di sinilah kami akan bahas secara lebih mendalam. Ide-ide bisnis apa saja yang bisa dijalankan melalui akun Instagram. Baik jualan produk, jasa, ataupun yang lainnya.

Untuk penjelasan selengkapnya, scroll terus, yaa~

Cara Praktis Mendapatkan Uang dari Instagram

Dalam ide praktis ini, kami sudah merangkum beberapa alternatif. Di antaranya:

  • Jualan barang-barang preloved,
  • Jualan jasa posting barang bekas,
  • Jualan jasa lelang barang branded,
  • Jualan produk buatan sendiri,
  • Mendapatkan sponsored post,
  • Mengadakan paid promote,
  • Jual jasa admin IG,
  • Jual jasa caption IG,
  • Promo link afiliasi,
  • Jual jasa titip barang.

Ke depannya, mungkin akan kami tambah ide-ide baru. Namun sekarang, kita bahas satu per satu dulu di bawah ini.

1. Jual Barang Preloved

Barang preloved kini kian dicari oleh pengguna Instagram. Yaps, barang-barang yang dirawat sepenuh hati dan masih layak dipakai.

Biasanya, barang-barang preloved meliputi produk kecantikan, fashion, hingga hobi. Memang benar, dominasi perempuan sangat kental di bidang ini. Siapa lagi yang doyan belanja~

Untuk tips menjalankan bisnis barang preloved, kami juga sudah merangkumnya ke dalam postingan yang lain. Kamu bisa membacanya di sini:

2. Jasa Posting Barang Bekas

Masih berhubungan dengan barang-barang preloved. Namun bedanya, kamu bisa memberikan jasa kepada orang-orang yang kesulitan menjual barang preloved mereka (atau tidak punya banyak stok).

Di sini, kamu mengumpulkan barang-barang dari orang lain untuk diposting dalam satu akun besar. Akun besar ini akan menjadi penengah antara seller dan buyer. Mirip-mirip seperti jasa pihak ketiga.

Dari situ, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari menerapkan rate untuk posting. Contoh yang paling bisa ditiru untuk model bisnis ini adalah akun berikut:

  • @infobarkassolo

instagram infobarkassolo posting barang preloved

3. Jasa Lelang Barang Branded

Masih berhubungan juga dengan poin pertama dan kedua, kali ini memakai sistem yang berbeda. Jika poin pertama jualan barang preloved milik pribadi, poin kedua mengumpulkan barang-barang dan menerapkan rate, maka..

..poin ketiga ini lebih fokus pada pelelangan. Yaps, barang-barang yang sekiranya sudah tidak laku dapat dikumpulkan kembali dan dijual menggunakan sistem lelang. Setiap barang yang akan dilelang diterapkan rate tertentu.

Sama seperti jasa posting barang preloved, lelang barang branded juga sebagai penengah antara seller dan buyer. Supaya lebih jelas, kamu bisa mencontoh akun berikut:

  • @usedbapeofficial

instagram usedbapeofficial lelang barang branded

4. Jual Produk Buatan Sendiri

Alternatif berikutnya, tidak lain adalah menjual produk buatan sendiri. Apapun itu. Bagi kamu yang masih kesulitan menemukan ide bisnis, tenang.. kami sudah menyiapkan ide-ide yang berpeluang bagus.

Di antaranya:

Silakan baca satu per satu, sesuai dengan minat kamu. Setelahnya, barulah memikirkan bagaimana cara jualan di Instagram. Kamu dapat membuat postingan dan mendaftar Instagram Shopping.

5. Sponsored Post (Endorse)

Salah satu syarat untuk mendapatkan kesempatan ini adalah memiliki followers yang cukup (minimal 1.000). Semakin bagus interaksi dan jumlah followers sebuah akun, kesempatan dapat endorse akan semakin besar.

Tarif endorse tentu dapat berbeda-beda, tergantung kondisi setiap akun bagaimana. Namun yang jelas, fase ini akan terasa cukup sulit dilakukan, karena butuh proses yang cukup lama dalam menumbuhkan akun Instagram.

6. Paid Promote (Akun Umum)

Apabila akun pribadi dirasa cukup sulit, maka solusi lain yang bisa kamu coba adalah mengembangkan akun umum. Akun-akun yang bersifat publik, namun fokus membahas tentang topik-topik tertentu. Akun niche, istilahnya.

Melalui akun-akun ini, kamu dapat share informasi-informasi bermanfaat kepada audiens. Lalu, menawarkan kepada brand untuk memasang iklan paid promote yang dapat bertahan selama beberapa hari.

7. Jual Jasa Admin Instagram

Apabila kamu lebih lihai untuk bidang jasa, maka bisa dicoba alternatif yang satu ini. Menawarkan kepada UMKM dan brand untuk mengelola akun Instagram mereka.

Mulai dari:

  • Kalendar konten
  • Strategi konten
  • Foto atau desain
  • Caption (copywriting)
  • Iklan (FB & IG Ads)

Jasa-jasa tersebut sekarang sedang booming dan banyak dicari. Karena makin banyak pula brand dan UMKM yang ingin terjun langsung ke Instagram untuk mengembangkan aset digital mereka.

8. Jual Jasa Copywriting Caption

Masih berhubungan dengan jasa admin, kamu bisa memfokuskan diri untuk melayani jasa copywriting. Khusus untuk caption Instagram. Ternyata, peminat dari jasa ini juga membeludak tinggi.

Kamu dapat mengajak kerja sama dengan desainer grafis yang sering mengerjakan proyek desain Instagram. Tawarkan kepada mereka untuk mengisi bagian copywriting, baik caption maupun materi desainnya.

9. Promosi Link Afiliasi Produk

Selain paid promote, akun-akun publik juga bisa mendapatkan uang dari Instagram dengan cara menyelipkan link afiliasi produk.

Afiliasi merupakan program mempromosikan produk dan jika ada yang membeli lewat link tersebut, maka kita mendapat komisi sekian persen. Cukup praktis, karena tinggal membuat link & mempromosikannya.

Salah satu platform yang paling potensial untuk model bisnis ini adalah Shopee Affiliate Program. Apabila kamu ingin tau lebih lanjut mengenai program tersebut, baca postingan berikut:

10. Jual Jasa Titip (Jastip)

Last but not least, kamu dapat menawarkan jasa titip. Model bisnis yang tidak kalah menjanjikan, karena begitu banyak orang yang malas keluar kota untuk membeli produk-produk tertentu yang hanya ada di kota tersebut.

Bagi para perantau, model bisnis ini bisa jadi pilihan. Target pasarnya tentu mereka yang tinggal di daerah tempat tinggal asli kamu. Lalu, tawarkan untuk jasa titip barang yang ada di kota yang saat ini menjadi tempat perantauan.

(Selain kota, juga bisa negara. Alias saat kamu jalan-jalan ke luar negeri, kamu bisa tawarkan jastip juga.)

Rangkuman

  • Instagram dapat menjadi platform yang efektif untuk menawarkan produk dan jasa. Terbukti dari banyaknya pengguna yang selalu cari-cari review dan foto terlebih dulu di Instagram, sebelum ke platform lain.
  • Ide-ide yang ada saat ini tentu tidak terbatas pada jualan produk dan jasa. Melainkan ada pula sponsored post, paid promote, promosi afiliasi, dan masih banyak lagi. Tinggal kita saja mau pilih yang mana.

Bagaimana, kamu tertarik untuk coba ide mendapatkan uang dari Instagram yang mana?

Kalau ada yang belum jelas, boleh tanyakan lewat kolom komentar. Sebisa mungkin kami jawab dan bantu carikan solusi praktisnya. Oiya, jangan lupa Follow akun IG kami di @PintarJualan.id, yaa~

Akhir kata, terima kasih dan semoga dapat membantu~ 😊

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *