Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa, Bagaimana Cara Menggunakannya?

Anisa Juniardi 16 Nov 2022 4 Menit 0

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa ada pada berbagai fitur dan layanannya yang mengutamakan kepentingan materiel.

WA Bisnis menjadi salah satu solusi sekaligus cara untuk jualanonline dengan cepat dan laris karena memungkinkan untuk berinteraksi dengan pelanggan, menyebarkan brosur online, promo, rilis produk baru, pemberitahuan event, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan WA biasa yang dipakai mengobrol dengan teman, kerabat, dan keluarga.

Nah, untuk memaksimalkan aplikasi tersebut, perusahaan pun akhirnya menambahkan fitur baru yang sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi pengguna.

Baca selengkapnya di pembahasan kali ini yuk!

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelaku usaha atau pemilik bisnis; baik kecil, menengah, maupun skala besar untuk mengembangkan usaha mereka.

Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai tipe ponsel, terutama pada android dan iPhone bahkan WhatsApp Web sekali pun layaknya WA biasa.

Tak sedikit pelaku bisnis makanan pre order yang menggunakan WhatsApp sebagai teknik marketing awalan untuk membuka pasar dari tempat tinggal sekitarnya.

Baru setelahnya mereka merambah ke marketplace.

Makanya, jika kamu ingin membuka usaha, entah di bidang pengadaan barang atau jasa, WhatsApp Business bisa dipertimbangkan sebagai opsi pertama, kemudian baru masuk ke Instagram Shopping untuk meletakkan produk, Shopee, serta lainnya.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa

Kamu nanya? Kamu bertanya-tanya “Apa perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa?”

Nah pembahasan lengkapnya di poin-poin berikut mungkin bisa memberikan opsi terbaik buat kamu sebelum menggunakan WhatsApp Business untuk mengembangkan usaha.

1. Informasi Profil Lengkap

Beda business account whatsapp

Source: whatsapp business

Kelebihan utama WhatsApp Business yakni menyediakan banyak fitur dalam satu paket komplet di profil bisnis milik pengguna.

Informasi tersebut meliputi:

  • Deskripsi toko
  • Alamat toko/tempat usaha
  • Jenis usaha (jasa, manufaktur, ritel, homemade, dan lain-lain)
  • Jam operasional usaha
  • Kolom untuk mencantumkan alamat website maupun blog
  • Tersedia katalog untuk menambahkan produk atau barang yang dijual
  • Fitur pesanan untuk membalas chat dari pelanggan secara otomatis, menyambut pelanggan baru secara otomatis, membalas cepat, memberikan label pesan dari pelanggan, menambahkan tautan, nomor telepon, dan lain-lain.

Sedangkan profil WhatsApp biasa hanya diisi oleh nama pengguna, info singkat, serta nomor telepon.

2. Menambahkan Label Pesan

Perbedaan whatsapp business dan whatsapp biasa

Source: whatsapp business

Pemilik bisnis dapat memberikan label pada pesan yang datang dari pelanggan. Tujuannya untuk mengelompokkan jenis pesan tersebut.

Misalnya label biru untuk pesan dari pelanggan yang belum dilayani. Label kuning untuk komplain dari pelanggan. Label pink untuk pelanggan yang telah melakukan pembayaran, dan sebagainya.

Dengan menerapkan labeling, pelaku bisnis mampu mengelola data pelanggan dengan baik.

Fitur label sayangnya tidak ditemukan pada WhatsApp biasa.

3. Menyebarkan Pesan Siar

Jika dulunya pesan siar (broadcast) WhatsApp Business dan WA biasa sama-sama menampung sekitar 256 dalam satu hari, kini kabarnya angka tersebut berubah.

Menurut pemberitahuan WA Bisnis per September lalu, Meta telah menambahkan kapasitas untuk pesar siar dari 200-an menjadi dua kali lipatnya, yaitu 512 anggota.

Sementara WA biasa masih kosisten dengan 256 anggota untuk sekali broadcast dalam 24 jam.

4. Nama Toko Bisa Ditemukan Lewat WA Biasa

Saat kamu membuka WA biasa dan klik ikon new text atau ingin kirim pesan ke orang lain, pasti menemukan beberapa daftar mulai dari Grup Baru, Kontak Baru, Komunitas Baru, dan di bawahnya terdapat fitur Temukan Bisnis, bukan?

Nah ketika fitur Bisnis diklik, pengguna bisa mengetikkan nama bisnis di kolom pencarian. Misalnya “J&T”, maka akan muncul “J&T Cargo Indonesia”, “J&T Express Indonesia”, dan seterusnya

Jika ingin daftar agen J&T Cargo, pilih salah satu di akun WA Bisnis tersebut dan klik profilnya, maka kamu akan mendapati berbagai informasi seputar sumber terkait.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com