Advertisement

Pengalaman Bergabung Shopee Affiliate, Berapa Pendapatan Pemula?

Diterbitkan pada
10 September 2022
Waktu membaca
4 Menit

Pengalaman bergabung Shopee Affiliate setiap orang akan berbeda. Ada yang bisa mencapai target buatannya sendiri setiap bulan, dikontrak oleh toko di Shopee Mall, dan sebagian harus rela menelan pil pahit karena tidak memperoleh sepeser pun komisi dari program afiliasi Shopee.

Bahkan proses pendaftaran Shopee Affiliate tidak serta merta diterima. Perlu waktu tiga hari atau 3 x 24 jam agar bisa diterima

Bagaimana dengan kamu, coba share atau bagikan pengalaman kamu menjadi member Shopee Affiliate melalui kolom komentar di bawah ini!

Artikel ini berisi beberapa pengalaman menjadi bagian dari Shopee Affiliate yang bisa kamu jadikan pertimbangkan sebelum bergabung.

Pengalaman Menjadi Shopee Affiliate Marketer

berapa komisi ikut shopee affiliate

Shopee Affiliate: program afiliasi yang disediakan oleh Shopee bagi influencer, pengguna media sosial, pembeli dan penjual di Shopee.

Shopee Affiliate Marketer: pihak yang bergabung dan menjadi member Shopee Affiliate alias saya dan kamu.

Pertama kali bergabung dengan Shopee Affiliate, saya mendapat notifikasi agar berkenan menunggu hasil peninjauan oleh tim Shopee Affiliate selama 3 hari. Hmm, waktu yang tidak begitu lama.

Setelah tiga hari berjalan, ada pemberitahuan melalui email bahwa saya dinyatakan belum lulus persyaratan untuk menjadi bagian dari Shopee Affiliate. Kegagalan tersebut sedikit beralasan, yang memang tidak bisa saya bantah.

Sebab, fakta berbicara demikian kalau saya:

  • Jarang belanja online di Shopee, bahkan hanya dalam satu tahun saya cuma membeli 2-3 item saja di marketplace ini (Karena lebih suka belanja di toko ijo).
  • Saya juga tidak aktif di Facebook, akun Instagram selalu tergembok (hampir tidak pernah dibuka), dan sudah lama tidak main Twitter. Scrolling media sosial terlalu lama memang bukan saya banget sih.
  • Akun Youtube punya sih, tetapi itu kayak akun buat fanbase, bukan akun pribadi jadi susah juga kali ya tim Shopee Affiliate menimbangnya gimana.

Padahal kalau melihat geliat teman-teman lainnya, sepertinya agak mudah untuk bergabung dengan program afiliasi yang satu ini.

Sangat berbeda ketika bergabung program afiliasi Amazon yang punya karakteristik berlainan.

Ditambah lagi ketika mendengar pengakuan beberapa affiliate marketer pemula yang bisa mengumpulkan ratusan ribu dalam satu minggu tuh bikin terpycu alias ke-trigger. Kok bisa ya? Setidaknya begitulah pertanyaan yang sering mondar-mandir di kepala.

Yah, inilah pengalaman bergabung Shopee Affiliate versi saya yang sangat berbeda dengan Indah. Iya, teman saya yang satu itu memang paling lihai kalau disuruh bikin link Shopee Affiliate dan menyebarkannya di media sosial.

Selain anaknya memang ekstrover, jumlah follower akunnya saja sudah ribuan. Bak langit dan bumi dengan saya yang the umbies ini. Hiks.. hiks. Indah banget pengalaman bergabung Shopee Affiliate menurutnya.

Baru pertama kali bergabung, Indah sudah mampu mengantongi komisi dari Shopee Affiliate Rp189.300,00 dalam satu minggu.

Nilainya hampir dua ratus ribu dan kalau dijumlahkan, maka dalam satu bulan, Indah sudah bisa mengumpulkan paling tidak Rp700.000,00. Karena penasaran dengan trik yang dia lakukan, akhirnya saya beranikan diri menanyakan padanya tentang kiat-kiat sukses bergabung dengan Shopee Affiliate.

Menurut Indah, perjalanannya juga tidak mudah, karena hasil yang diperoleh juga tidak tetap per bulannya. Namun dia tetap mau berbagi sedikit tips kalau mau menekuni bisnis sampingan dengan menjadi affiliate marketer ini!

  1. Masuk dan join grup “Belajar Shopee Affiliate” di Facebook dan Telegram untuk meminta saran dan masukan dari para suhu yang sudah lebih dulu menjadi affiliate merketer Shopee.
  2. Jangan terlalu sering share link produk di beranda Fb karena rentan kena blokir oleh Facebook. Harus diberi jeda beberapa hari agar tidak mendapat teguran dari Fb, apalagi ada akun kompetitor lain yang terkadang suka nge-report agar akun kamu tumbang.
  3. Setiap kali barang yang dibeli di Shopee harus di-unboxing dan divideokan agar bisa jadi konten Reels Instagram. Nanti link produk tersebut barulah dicantumkan link bio. Setelah itu, video tersebut mesti diunggah ulang di FB, WA Story, Snapchat, TikTok, dan lain-lain.
  4. Sebaiknya tidak mendaftar program afiliasi di akun Shopee yang dipakai untuk berjualan. Dalam artian, punya toko online di Shopee. Sebaliknya, cobalah untuk membuat akun baru agar akun Shopee Affiliate biasa tidak berubah menjadi akun Shopee Affiliate Penjual.
  5. Akan lebih baik kalau custom dan bagikan link produk dari Shopee Mall dan Star Seller, karena komisinya lebih besar. Per checkout bisa mencapai 8 – 10 ribu rupiah.
  6. Sebagai pemula jangan mudah patah semangat atau mengharapkan komisi yang terlalu besar, karena perlu mencari pasar dan kepercayaan konsumen terlebih dahulu.
  7. Untuk segala pertanyaan mengenai program afiliasi di Shopee sebaiknya tidak bertanya ke CS Shopee, tetapi ke RM (Relationship Manager) Shopee karena mereka jauh lebih paham aturan tentang Shopee Affiliate.
  8. Pastikan membaca aturan dan syarat Shopee Affiliate sebelum mengisi form pendaftaran.

Semoga tips dari teman saya bermanfaat ya! Katanya juga, sekarang kompetitor atau member Shopee Affiliate makin banyak, sehingga kerap terjadi beberapa masalah.

Bisa dibilang hal tersebut merupakan sisi keburukan affiliate marketing.

Salah satunya adalah komisi di Shopee Affiliate tiba-tiba hilang menjadi 0 dan dianggap tidak sah.

Menurut beberapa pengguna yang sudah mengalaminya, komisi mereka mendadak dinilai tidak sah. Rupanya ada satu penyebab, yakni pihak yang membeli produk adalah sesama affiliate marketer. Padahal dari segi kebijakan, tindakan tersebut tidak diperbolehkan.

Mungkin memang ada beberapa CS Shopee yang mengatakan bahwa tindakan tersebut sah-sah saja, tetapi tidak dengan fakta di lapangan. Kamu bisa menjajalnya sendiri untuk membuktikan hal tersebut secara langsung!

Berapa Pendapatan Shopee Affiliate?

Keuntungan Shopee Affiliate berbeda dari satu anggota ke anggota lain.

Sebagian dalam satu minggu mendapat Rp40.000,00 – Rp200.000,00.

Dan genap satu bulan setelah proses akumulasi, affiliator mampu memperoleh komisi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Makin banyak orang menjangkau konten yang kita buat, kian besar pula kesempatan mereka untuk mengklik link dan membelinya.

Jadi harus sering-sering bikin konten yang kreatif dan ajak orang lain untuk checkout produk tersebut.

Kesimpulan

Pengalaman bergabung Shopee Affiliate memang tak selalu seindah yang diperlihatkan dan digemborkan segelintir orang, karena tetap saja memerlukan banyak perjuangan juga usaha.

Jika ingin seperti mereka, maka harus siap tahan dengan lelahnya belajar materi dan banyak hal lainnya.

Semoga tips dan beberapa informasi lainnya berguna ya. Jangan lupa follow akun @pintarjualan.id untuk menanyakan hal-hal terkait ekspedisi, bisnis, karir, keuangan, berita, dan lain-lain.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *