Advertisement

Cara Mencari Email yang Lupa dengan Nomor HP, Gmail, dan Data Browser

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
22 Juli 2022
Waktu membaca
5 Menit

Ketika membeli HP baru, atau mau login di tempat baru, terkadang orang lupa dengan alamat email. Untungnya, ada cara mencari email yang lupa dengan nomor HP.

Ini biasa terjadi ketika kita sudah biasa menggunakan fitur autofill di HP atau laptop. Kita jadi lupa sama nama email kita sendiri. Termasuk juga lupa password akun Gmail.

Untungnya, Google menyediakan cara memulihkan akun dengan nomor telepon atau pun email pemulihan. Kalau nomor telepon kamu gak lupa kan?

Hal yang Dibutuhkan untuk Mencari Email yang Lupa Lewat Google

Sebelumnya, sudah tahu kan contoh alamat email seperti apa? Alamat email itu yang biasanya memiliki akhiran “@gmail.com”, misalnya jokowidodo@gmail.com.

Ketika lupa dengan alamat email, jadi tidak bisa login ke Google. Sehingga banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara menemukan akun Google saya? Untungnya, Google menyediakan cara untuk menemukan email yang lupa.

Tentu saja Google tidak bisa asal memberikan akun kepada sembarang orang. Oleh karena itu, Google ingin tahu kalau kamu benar-benar orang yang berhak mengakses akun tersebut. Makanya, Gmail membutuhkan verifikasi dari nomor HP atau pun alamat email pemilihan.

Google memberikan beberapa cara untuk bisa menemukan akun yang hilang. Sebelum mencari alamat email yang hilang, persiapkan dulu beberapa hal ini.

  • Nomor Ponsel/HP
  • Alamat email pemulihan
  • Nama lengkap akun email

Dengan menggunakan tiga petunjuk diatas, Google bisa membantu untuk menunjukkan email yang lupa. Sudah pernah memasukkan nomor telepon atau email pemulihan kan?

Itulah mengapa kami pernah menganjurkan menggunakan nama asli untuk nama email. Selain membuat email lebih profesional, nama email ini juga bisa digunakan untuk menemukan alamat email yang hilang.

Cara Menemukan Akun Google yang Lupa Alamat Email

Jika kamu lupa alamat email mu, langsung saja ini dia cara melihat alamat email nya. Baik menggunakan HP, Laptop, atau komputer, langkah dan tampilannya tidak jauh berbeda.

  1. Masuk ke halaman login Google seperti biasa
    Bisa dengan menggunakan “gmail.com” atau “account.google.com”
  2. Klik lupa email di bawah kotak alamat email > Berikutnya
  3. Masukkan Nomor Telepon atau Alamat Email Pemulihan > klik Berikutnya
  4. Masukkan Nama di kotak yang tersedia > Berikutnya
  5. Jika berhasil, Muncul permintaan untuk mengirimkan verifikasi ke email tujuan

    Jika salah, bisa klik coba lagi
  6. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email pemulihan
  7. Selesai, alamat email akan muncul

Jika menggunakan nomor telepon, akan ada sedikit perbedaan langkah. Misalnya, verifikasi langsung dikirim ke nomor telepon jika menggunakan nomor telepon untuk pemulihan. Tetapi inti langkahnya tidak jauh berbeda.

Begitulah cara mencari email yang lupa dengan nomor telepon dan akun gmail pemulihan. Jika belum memiliki akun email pemulihan, sebelumnya kami pernah membahas cara membuat akun email pemulihan lho.

Cara Melihat Alamat Email di HP Android

Karena sistem operasi android mengharuskan penggunanya untuk memiliki akun Google, pasti ada akun Google yang terdaftar supaya HP bisa berjalan dengan baik.

Untuk melihat alamat email di HP android, ini bisa dilakukan dengan membuka aplikasi google, contohnya gmail. setelah membuka gmail, maka akan muncul foto profil di kanan atas, klik foto tersebut. Maka akan muncul alamat email dan nama email yang digunakan.

Lebih lengkapnya ikuti cara di bawah.

  1. Buka aplikasi dari google, misalnya gmail
  2. Buka foto profil akun di kanan atas
  3. Maka akan terpampang alamat email yang terdaftar di perangkat tersebut.

Selesai, dengan menggunakan cara ini, akun gmail yang digunakan di perangkat tersebut bisa terlihat. Ini akan sangat berguna ketika kamu lupa alamat email yang pernah dibuat.

Diatas kita sudah membahas cara melihat email yang ada di HP. Mungkin kamu juga ingin tahu cara mengetahui email kita terdaftar di mana saja? Kami sudah pernah membahas cara melihat akun email terdaftar di perangkat lain sekaligus cara log out nya.,

Cara Melihat Alamat Email dari Browser

Sebelumnya, kita sudah membahas cara menemukan email yang hilang dengan menggunakan alamat email pemulihan dan nomor telepon. Tapi, Bagaimana Jika lupa sandi dan nomor HP yang sudah tidak aktif?

Jika kamu lupa alamat email, tetapi pernah login di browser, coba cek browser tersebut. Biasanya alamat email dan password masih tersimpan di browser tersebut.

Selain sebagai cara melihat alamat email yang lupa, cara ini juga bisa digunakan untuk melihat password/sandi email yang lupa sekaligus menggantinya. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel cara mengganti sandi email yang lupa.

Cara Melihat Alamat Email di Browser Chrome Mobile

Ketika menggunakan google form, mungkin kamu pernah login akun gmail di browser HP. Oleh karena itu, coba cek apakah browser di HP mu masih ada email yang digunakan. Selain dengan membuka gmail di browser, bisa juga dengan membuka google.

Browser Chrome ini juga bisa digunakan untuk menyimpan alamat email dan password yang pernah digunakan. Jadi ketika lupa password dan pernah login di chrome, cek juga browser ini.

Selama akun email tersebut belum log out, seharusnya masih bisa terlihat di browser. Jangan lupa aktifkan fitur menyimpan akun dan password sekaligus sinkronisasi gmail di Chrome, sehingga alamat email dan password gmail bisa disimpan di browser Chrome.

Cara Melihat Alamat Email di Browser Komputer

Tidak hanya di HP, browser chrome versi komputer ini juga memiliki fitur mengingat password. Oh iya, data login di browser juga tersimpan, jadi jika kamu pernah login di laptop dengan browser yang sama, coba buka gmail atau google dan lihat apakah di kanan atas ada foto profil.

Untuk melihat email yang penah disimpan di Chrome, ikuti langkah di wbawah ya

  1. Buka titik tiga di kanan atas
  2. Buka menu “settings” atau “setelan”
  3. Buka menu “Autofill” dan lihat bagian “saved password”

Selain browser Chrome, sebenarnya browser lain juga memiliki fitur yang mirip. Misalnya Browser Edge, Firefox juga memiliki fitur profil dan penyimpanan password. Ini bisa jadi cara menemukan email lama di HP.

Penutup

Begitulah cara melihat alamat email yang lupa. Selain menggunakan email akun pemulihan dan nomor telepon, kamu juga bisa melihat email yang terdaftar di Android dan browser baik di HP ataupun laptop. ini bisa jadi cara menemukan email lama di HP baru sekaligus cara mencari email yang hilang di hp.

Setelah mendapatkan alamat email yang lupa, mungkin kamu juga lupa kata sandinya? Kamu bisa mencoba cara memulihkan akun Gmail mu yang pernah kami ulas sebelumnya.

Samapai disini dulu artikel kami, sampai jumpa di artikel Pintarjualan berikutnya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

2 Comments

  1. satra berkata:

    Ingi memulihkan akun Email Teman saya yg lupa

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Bisa dipulihkan menggunakan nomor telepon dan seri nomor HP Kak Satra ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *