Advertisement

Cara Blokir Email Gmail Lewat HP & Laptop dari Pengganggu [Permanen]

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
22 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Email berfungsi untuk menerima pesan dari orang lain, tapi terkadang ada orang yang tidak dikenal dan mungkin ingin mengganggu. Google memberikan solusi dengan memberikan filter spam dan cara blokir email Gmail.

Mungkin ada orang yang sebal sama kamu dan sering mengirim email tidak jelas, atau mantanmu yang sudah tidak ingin kamu hubungi lagi dan terus-terusan mengirim email ke kamu. Apalagi sekarang makin banyak tool yang digunakan orang orang untuk “bomb spam” ke email orang.

Untungnya, fitur blokir di Google bisa membantumu dari gangguan di atas. Ini termausk pengetahuan dasar menggunakan email lho.

Cara Blokir Alamat Email lewat HP

Jika ada alamat email yang kamu tidak ingin menerima emailnya lagi, kamu bisa blokir alamat email tersebut. Baik dengan HP iphone ataupun Android, Lakukan langkah blokir alamat email seperti yang dicontohkan di bawah.

  1. Buka email yang dikirimkan oleh alamat email yang ingin kamu blokir
  2. Di kanan atas, klik titik tiga yang terletak di samping pengirim
    Bukan yang paling atas ya
  3. Tap Blokir

Selesai, begitulah cara blokir email di Gmail android. sekarang inbox mu tidak akan mendapatkan email dari alamat email tersebut. Cara Blokir ini tidak jauh berbeda apakah HP Android ataupun Iphone.

Dengan cara tersebut, alamat email yang mengirim pesan itu akan terblokir permanen hingga kamu sendirinya yang mengubahnya di pengaturan.

Cara Blokir Email Gmail lewat Browser di Komputer

Cara memblokir email di Komputer sebenarnya tidak jauh berbeda. Perbedaan utama ada di tampilannya, sementara langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Caranya adalah dengan membuka email yang alamat emailnya ingin diblokir, kemudian klik blokir pengirim tersebut. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti langkah di bawah.

  1. Buka email
  2. klik titik tiga kanan atas
  3. Blokir

Selesai, sekarang tidak akan mendapatkan email dari pengirim tersebut. Alamat email tersebut akan terblokir selama permanen, selama blokir tersebut tidak dilepas melalui pengaturan Google dibawah.

Cara Melihat Alamat Email yang Diblokir lewat HP

Mungkin kamu tidak sengaja memblokir orang. Atau masalah dengan orang yang kamu blokir sudah selesai, sehingga kamu ingin berhenti memblokirnya. Untuk melepaskan blokirannya, ikuti cara melihat email yang diblokir di bawah ini.

  1. Buka gmail
  2. Klik profil di kanan atas
  3. Buka kelola akun google
  4. Orang & berbagi
  5. Kontak diblokir

Selain menggunakan cara diatas, bisa juga membuka email yang baru saja diblokir. Di situ akan ada tombol untuk berhenti memblokir pengirim.

Selesai di situ kamu bisa melihat alamat email apa saja yang diblokir dan melepas blokirannya. Jadi kalau kamu tidak sengaja memblokir email orang, ikuti tutorial menghapus blokir email email diatas.

Ini juga bisa kamu cek ketika seharusnya ada email masuk, tetapi kamu tidak menerimanya. Jangan-jangan ada email yang terblokir.

Cara Melihat Alamat Email yang Diblokir lewat Komputer

Cara melihat alamat email yang diblokir di komputer juga tidak jauh berbeda. Yang sedikit berbeda adalah tampilanya. Jika menu di HP ada di atas seperti tab, sementara panel menu kelola akun Google versi komputer ada di sebelah kanan.

Ini dia langkahnya.

  1. buka Gmail di browser
  2. klik profil di kanan atas
  3. buka kelola akun google
  4. orang & berbagi
  5. kontak diblokir

Selesai, sekarang kamu bisa melihat kontak dan melepas blokiran yang sebelumnya sudah kamu pasang.

Cara Hapus Email

Jika email sebelumnya sudah terlanjur masuk, dan kamu ingin menghilangkannya, lakukan langkah berikut.

  1. Buka email tersebut
  2. Klik tombol sampah di kanan atas

Selain dengan membuka email, bisa juga menghapusnya dari inbox. Caranya juga sangat singkat, yaitu dengan klik kotak disamping subjek email dan klik ikon sampah.

Singkat, kan. Semudah itu menghapus email menggunakan gmail. Setelah email dihapus, email tersebut email itu akan masuk kotak sampah.

Email yang masuk ke kotak sampah ini masih bisa dipulihkan atau dikembalikan ke kotak inbox. Tapi ada tapinya, yaitu cuma sampai 30 hari aja. Setelah lebih dari 30 hari, email di tempat sampah itu akan dihapus.

Laporkan Email sebagai Spam

Selain fitur blokir, sebenarnya email juga memiliki fitur filter spam yang secara otomatis mendeteksi email mencurigakan. tapi sebenarnya, apa sih spam itu?

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *