Mau Buka Usaha? Cek Dulu Tren Makanan dan Minuman di Tokopedia Paling Populer 2022

Anisa Juniardi 19 Jan 2023 2 Menit 0

Bukan cuma tren makanan pedas 2022 di Tokopedia yang mengalami peningkatan, tetapi tren makanan dan minuman rupanya juga menunjukkan popularitas setara.

Naiknya permintaan dari konsumen akan kebutuhan makanan dan minuman di Tokopedia tentu tidak dapat dilepaskan dari sederet kampanye yang telah digarap serius oleh e-Commerce satu ini.

Tokopedia mencatat bahwa susu dan diary product (produk olahan susu), aneka bumbu siap pakai, bahan memasak, minuman, juga snack, mie, dan pasta masuk dalam kategori produk makanan dan minuman yang mampu menghasilkan jumlah transaksi paling tinggi selama tahun 2022.

Data tersebut dibenarkan oleh Rizky Juanita Azuz, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia (18/1) yang mengungkap jika produk-produk tersebut sangat dicari masyarakat.

Sementara menurut data internal, pihak Tokopedia mengatakan jika Kabupaten Sidoarjo, kota Semarang, Bandung, Surabaya, dan Medan menjadi wilayah yang paling banyak melakukan transaksi makanan dan minuman di Tokopedia.

Sama halnya dengan di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. Rata-rata konsumen dari kota dan provinsi tersebut mencari brand makanan dan minuman dengan harga bervariasi di Tokopedia.

Meskipun dibanjiri fakta yang menggembirakan, Tokopedia tak lantas berpuas diri. Banyak kampanye yang digaungkan lewat penyediaan fitur baru agar mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap makanan dan minuman dengan lebih mudah, praktis, dan cepat.

Salah satu fitur terbaru yang juga banyak dimanfaatkan oleh pembeli adalah Dilayani Tokopedia. Artinya pemesanan produk akan ditangani langsung oleh Gudang Tokopedia dan pengemasannya jauh lebih eksklusif serta cepat.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan mendapatkan barang tak sesuai deskripsi toko karena seluruh produk yang masuk ke Gudang Tokopedia sudah melalui seleksi kelayakan.

Fitur Dilayani Tokopedia sengaja dibuat untuk memenuhi tantangan logistik atau pengiriman antar pulau di seluruh wilayah Nusantara. Tak terkecuali bagi para pelaku usaha khususnya UMKM yang bergelut di industri makanan serta minuman agar bisa mengoptimalkan hasil penjualan setiap tahunnya.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia juga menyebut bahwa jumlah transaksi kategori produk makanan dan minuman di marketplace juga meningkat hingga mencapai 3 kali lipat melalui fitur Dilayani Tokopedia selama tahun 2022. Nilai yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan 2021.

Rizky berharap dengan kampanye #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia mampu menjadi wadah sekaligus perantara bagi para pengusaha lokal, terutama UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Selain itu, inisiatif Hyperlocal Tokopedia atau strategi marketing untuk memasarkan produk ke daerah-daerah yang belum pernah dijangkau diharapkan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha serta mendukung pertumbuhan industri UMKM agar lebih makmur di dalam negeri.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Intip Tren Kategori Makanan dan Minuman Populer di Tokopedia – https://analisadaily.com/berita/baca/2023/01/18/1037991/intip-tren-kategori-makanan-dan-minuman-populer-di-tokopedia/
  • Masih Tetap Jadi Kategori Favorit, Berikut Tren Makanan dan Minuman Populer di e-Commerce – http://kanalsatu.com/id/post/59662/masih-tetap-jadi-kategori-favorit–berikut-tren-makanan-dan-minuman-populer-di-e-commerce
Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.