Cara Memulai Bisnis Travel Online, Panduan Lengkap dalam 5 Langkah

Mufid Hanif 19 Jan 2023 5 Menit 0

Bisnis yang berkaitan dengan transportasi saat ini menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi. Tidak heran, banyak yang ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis travel online.

sebenarnya, ada istilah khusus untuk bisnis travel online, yaitu Online Travel Agency (OTA).

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat orang lebih mudah dalam memesan perjalanan tanpa harus datang ke kantor agen perjalanan.

Namun, memulai bisnis travel online bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan agar usaha tour & travel rintisan ini dapat berkembang dengan baik.

Tidak perlu khawatir, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memulai bisnis travel online yang sukses.

1. Riset Pasar Industri Travel

Cara memulai bisnis travel agent yang paling pertama adalah riset pasar industri travel.

Sebelum menjajaki bisnis travel, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenali lanskap pasar industri travel terlebih dahulu. Pasar industri travel ini cukup luas, kamu bisa memilih yang sekiranya memiliki peluang paling baik atau cocok dengan sumber daya yang kamu miliki.

Riset pasar dalam industri travel adalah proses mengumpulkan informasi mengenai pasar travel dan industri terkait. Dari situ, kamu bisa mengetahui gambaran tentang tren, peluang, dan ancaman yang ada di industri travel.

Lanskap pasar industri travel online

Gambaran umum perusahaan besar dan bidang bisnisnya sebagai ota

Dengan mengetahui gambaran pasar ini, kamu bisa mengetahui model bisnis apa yang sekiranya cocok.

Beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan adalah

  • Target pasar, misalnya apakah mahasiswa dan pekerja yang pulang kampung atau turis
  • Analisis kompetitor: Pelajari tentang bisnis travel lain yang ada di pasar, termasuk produk dan layanan yang ditawarkan, harga, dan strategi pemasaran.
  • Analisis tren industri: Pelajari tentang tren yang ada dalam industri travel, seperti perubahan teknologi, perkembangan regulasi, dan perubahan gaya hidup pelanggan.
  • Analisis SWOT: Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dari bisnis Anda dan industri travel secara keseluruhan.

Melakukan riset pasar industri travel dapat membantu untuk mengidentifikasi peluang bisnis dan mengembangkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan begitu, kamu juga dapat membantu mengetahui persaingan yang ada dalam industri dan menemukan cara untuk membedakan bisnis dari kompetitor.

Sehingga, ketika kamu memulai bisnis tour & travel, kamu sudah lebih menguasai lika-liku pasar bisnis ini.

2.Tentukan Model Bisnis OTA

Setelah mengetahui peluang yang ada di pasar dan sumber daya yang kamu miliki, sekarang waktunya menentukan model bisnis travel apa yang hendak kamu tekuni.

Ada beberapa model bisnis yang dapat digunakan dalam industri travel, di antaranya :

  • Travel Wisata bisnis yang menyediakan paket perjalanan lengkap dengan itinerary, konsumsi, fasilitas transportasi, akomodasi, dan aktivitas wisata.
  • Pemesanan paket perjalanan: Model ini berfokus pada menyediakan paket perjalanan yang sudah teratur seperti hotel, transportasi, dan aktivitas yang akan dilakukan. Pemesanan paket ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merencanakan perjalanan tanpa harus repot mengatur jadwal dan aktivitas.
  • Rental mobil/sewa kendaraan: Model ini berfokus pada menyediakan jasa sewa kendaraan seperti mobil dan motor. Model bisnis ini cocok untuk wisatawan yang ingin bepergian dengan fleksibel dan tidak terikat dengan jadwal transportasi umum.

Masih belum memiliki ide usaha bisnis travel? Kami pernah mengulas 8 Ide peluang usaha bisnis travel yang menjanjikan.

Model bisnis yang akan ditekuni bisa kamu sesuaikan dengan tren bisnis, peluang, maupun sumber daya yang kamu miliki.

Misalnya, kamu sudah memiliki beberapa mobil yang bisa disewakan. Ini merupakan salah satu langkah sebagai cara memulai bisnis travel mobil.

Selain bisnis travel mobil, mobil tersebut juga bisa kamu gunakan untuk mengantar turis. Apalagi jika kamu sudah menguasai beberapa daerah destinasi wisata, tentunya bisnis travel pariwisata bisa kamu jalankan dengan lebih percaya diri.

Sementara jika kamu memiliki kenalan di bidang ticketing, kamu bisa menjadi agen dan menawarkannya ke teman-temanmu melalui platform chat online atau melalui media sosial. ini bisa jadi cara memulai bisnis travel tanpa modal.

3. Buat Rencana Bisnis Travel

Sudah memutuskan bidang travel apa yang kamu tekuni? sekarang kamu bisa melanjutkan untuk membuat rencana bisnis. Dengan membuat rencana bisnis, kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mulai menjalankan bisnis.

Selain analisa pasar dan model bisnis di atas, berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat rencana bisnis.

  • Produk dan layanan: Tentukan produk dan layanan yang akan ditawarkan, misalnya tiket apa saja yang akan disediakan, apa saja paket perjalanan yang akan dibuat, atau destinasi mana saja yang akan dikunjungi.
  • Rencana keuangan: Buat rencana keuangan yang mencakup proyeksi pendapatan, biaya, dan laba untuk jangka waktu tertentu.
  • Sistem manajemen: Tentukan sistem manajemen yang akan digunakan untuk mengelola bisnis, seperti sistem pemesanan, sistem pembayaran, dan sistem pelaporan.

Selain mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan untuk memulai menjalankan usaha, dari rencana bisnis tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk mengurus legalitas usaha yang kamu dirikan.

Dengan perusahaan yang jelas legalitasnya, kamu bisa mendapatkan kepercayaan calon konsumen untuk menggunakan travelmu pun.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.