Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online dari Nol untuk Pemula

Mufid Hanif 18 Jan 2023 4 Menit 0

Kosmetik jadi salah satu hal yang banyak dicari. apalagi di jaman sekarang makin banyak yang ingin tampil terbaik. Oleh karena itu, dengan mengikuti cara memulai bisnis kosmetik online ini kamu bisa raup untung besar.

Terutama untuk mahasiswa yang membutuhkan tambahan uang saku, kalian bisa mendapatkan sampel skincare gratis sambil mendapatkan keuntungan dari menjualnya.

Tidak memiliki pengalaman bukan maslah, karena kamu bisa memulai cara memulai bisnis kosmetik dari nol dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Bagaimana cara memulai bisnis kosmetik online? Simak langkah di bawah sampai selesai ya. 🙂

1. Amati Pengguna Kosmetik di Sekitarmu

Seperti ketika memulai usaha startup maupun usaha kuliner, sebelum mulai berjualan ada baiknya kamu melihat orang-orang di sekitarmu yang sekiranya akan menjadi pembeli potensial.

Dari situ, kamu bisa mempertimbangkan kira-kira produk kosmetik apa dan dari brand apa yang sekiranya bisa mereka gunakan.

Kita bisa lihat calon pelanggan dari beberapa hal, seperti usia, pendapatan, dan lokasi. Nah, dari situ kamu bisa menyasar, misalnya apakah produk kosmetikmu lebih menyasar anak muda atau ibu-ibu.

Kamu juga bisa memikirkan apakah kamu lebih cocok untuk memasarkan kosmetik untuk kelas menengah ke atas atau ke bawah. Tidak ketinggalan, lihat juga perkembangan pasar dan pesaing-pesaing kita di pasar kosmetik.

Dengan analisis pasar ini, kita bisa tau strategi pemasaran yang cocok, harga produk yang pas, dan tau apa yang dibutuhkan sama konsumen. Jadi kita bisa jual produk kita dengan lebih baik dan sesuai harapan konsumen.

2. Pilih Model Bisnis Kosmetik yang Akan Kamu Gunakan

Setelah mengerti mengenai produk kosmetik dan pasar yang mungkin kamu tawarkan untuk membeli produk kosmetik, sekarang waktunya untuk memilih model bisnis kosmetik yang akan kamu geluti.

Ada beberapa model bisnis yang cocok digunakan untuk kosmetik. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menjadi mitra usaha kosmetik brand terkenal. Beberapa brand kosmetik membuka peluang supaya kamu jadi member dan ikut menjual produknya.

  • Jadi member/konsultan brand kosmetik

Brand marketing yang membuka peluang supaya kamu bisa jadi member adalah Oriflame dan Jafra.

Cara memulai bisnis kosmetik oriflame

Menjadi member Oriflame memberikanmu kesempatan untuk menjual produknya dengan harga yang menarik. Brand asal Swedia yang sudah berkecimpung di bidang kosmetik selama 50 tahun ini memiliki berbagai produk kecantikan mulai dari skin care, parfum, deodorant, dan masih banyak lagi.

Cara memulai bisnis kosmetik - jafra 574951664880361-1-_0

Sementara Jafra adalah perusahaan kosmetik yang juga sudah memproduksi produk kecantikan sejak lama. Tepatnya didirikan di California pada 1956. Di Indonesia sendiri, Jafra mulai masuk pada tahun 2013 dengan perkembangan konsultan Jafra yang positif dari tahun ke tahun.

Dengan menjadi member atau konsultan, kamu bisa menawarkan produk skin care yang kamu jual dan menawarkannya sebagai solusi.

  • Jadi reseller/dropshipper produk kosmetik

Model bisnis lain yang bisa digunakan adalah Reseller dan Dropshipper. Sedikit berbeda dengan sistem member yang terikat dengan brand, dengan menggunakan sistem reseller atau dropshipper kamu bisa lebih bebas memasarkan produkmu.

Bagi kamu yang tidak ingin ribet stok barang dan mengurus pengiriman, sistem dropshipper sepertinya cocok untukmu.

Bagi yang mencari tempat supplier kosmetik skincare Korea, tidak perlu khawatir karena kami pernah mengulasnya.

Dari situ kamu bisa membuka toko online dan memasarkannya melalui WhatsApp, Instagram, TikTok, dan channel media sosial lainnya.

Dengan menemukan supplier kosmetik, langkah ini lebih mudah daripada cara memulai bisnis kosmetik sendiri yang perlu merancang brand dari awal hingga mengurus legalitas dan izin edar.

3. Kembangkan Konten untuk Media Sosial

Setelah menemukan pasar, dan produknya, sekarang waktunya memasarkannya. Di zaman online ini, cara memasarkan bisa dilakukan melalui media sosial.

Sebenarnya, media sosial ini juga bisa jadi cara untuk jualan secara afiliasi, misalnya dengan mendaftar Shopee Affiliate.

Pilih channel media sosial yang akan digunakan. Apakah kamu fokus menggunakan WhatsApp, atau juga menggunakan Instagram, Facebook, TikTok. Bahkan kalau kamu mau lebih serius, bisa juga mengembangkan blog untuk mempromosikan produk kecantikan.

Halaman Selanjutnya
Supaya konten yang dibuat bisa...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.