Tokopedia Ungkap Tren Penjualan Makanan Pedas 2022, Bisa Jadi Ide Bisnis Baru!

Anisa Juniardi 17 Jan 2023 2 Menit 0

Setelah viralnya latto-latto yang menguasai hampir lini penjualan mainan anak-anak, Tokopedia tak ketinggalan menyinggung tren penjualan makanan pedas 2022.

Menurut Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia, antusiasme makanan pedas hampir sebagian besar didominasi oleh kalangan millenial.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ekhel berkenaan dengan Hari Pedas Internasional (International Hot and Spicy Food Day) yang jatuh pada 16 Januari 2023. Dirinya pun membagikan sejumlah makanan pedas yang paling digandrungi generasi Y.

Berikut deretan produk makanan terpedas yang paling laris dan dicari oleh pengguna Tokopedia sepanjang 2022!

1. Tiga Makanan Pedas Kekinian Paling Laris

Tiga jenis snack atau jajanan ringan bercita rasa pedas yang paling laris dan diminati oleh pembeli adalah kerupuk bawang pedas, basreng (bakso goreng), dan keripik usus.

Sebenarnya varian original dari ketiganya sangat banyak, tetapi pembeli lebih memilih rasa pedas yang dianggap mampu meningkatkan nafsu makan.

Ekhel pun menjelaskan, jika tingginya minat masyarakat terhadap makanan pedas dapat dimanfaatkan untuk mendorong pemberdayaan serta jumlah pengusaha lokal seperti UMKMuntuk menjajakan jenis camilan serupa.

Melihat peluang tersebut, Ekhel membentuk kampanye Tokopedia NYAM! yang diharapkan mampu membawa semangat baru bagi para pengusaha makanan dan bidang kuliner.

2. Makanan Berat Bercita Rasa Pedas Meningkat Drastis

Tokopedia juga mencatat adanya peningkatan konsumsi pada makanan berat bercita rasa pedas yang mencapai 1,5 kali lipat pada 2022. Lebih tinggi dari tahun sebelum-sebelumnya.

Ketiga makanan berat tersebut adalah seblak, ayam geprek, dan oseng mercon. Khusus oseng mercon, tren penjualan mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat di Tokopedia.

Ini membuktikan bahwa ide jualan di marketplace memang cukup direkomendasikan. Terutama untuk menyosongsong digitalisasi UMKM.

3. Jenis Sambal Paling Laris

Sambal memang jadi salah satu pengiring makanan yang selalu dipesan oleh masyarakat di Indonesia ketika menyantap nasi dan lauk.

Makan tanpa sambal seperti sayur tanpa garam, hambar dan tidak menantang.

Hal itulah yang juga terlihat dari grafik penjualan di Tokopedia. Ekhel mengatakan kalau sambal bawang, sambal terasi, dan sambal cumi merupakan tiga jenis sambal yang paling laris di Tokopedia.

Sambal bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan dan berprofit tinggi. Apalagi harga cabai sedang stabil.

4. Daerah yang Paling Identik dengan Makanan Pedas

Selain melihat tren penjualan makanan pedas dari variannya langsung, Tokopedia juga mengukur gaya hidup tersebut melalui beberapa daerah yang paling banyak membeli dan menjual makanan bercita rasa pedas.

Beberapa kota yang dinilai paling kerap checkout produk sekaligu menjual makanan pedas di Tokopedia, antara lain, area Jabodetabek, Bandung, Medan, juga Surabaya.

5. Makanan Pedas Didominasi oleh Generasi Milenial

e-Commerce yang satu ini tak lupa menerangkan secara singkat bahwa generasi milenial merupakan konsumen tertinggi yang paling sering dan kerap membeli makanan pedas.

Mereka adalah pembeli berusia 1981-1996 yang begitu menyukai makanan pedas terutama untuk camilan sehari-hari.

Walaupun mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan kurang dianjurkan oleh ahli kesehatan, akan tetapi melihat animo masyarakat yang begitu gandrung terhadap hot and spicy food, tampaknya bisnis ini akan terus berlanjut.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Tokopedia: Intip Tren Penjualan Makanan Pedas 2022, Generasi Milenial Animo Tertinggi – https://pressrelease.kontan.co.id/news/tokopedia-intip-tren-penjualan-makanan-pedas-2022-generasi-milenial-animo-tertinggi
  • Tren Makanan Pedas di 2022, Seblak Sampai Kerupuk Bawang – https://www.msn.com/id-id/news/other/tren-makanan-pedas-di-2022-seblak-sampai-kerupuk-bawang/ar-AA16mhPJ
Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.