Semua pasti merasa kesal & khawatir, jika pengiriman terlambat, rusak, atau hilang. Karena itu, kita butuh mengajukan komplain JNE Express. Tapi sayangnya, tidak semua komplain ditanggapi dengan sigap & cepat.
Untuk mengatasi hal tersebut, kami sudah membuat panduan ringkas seputar teknik mengirim pesan keluhan agar cepat dibalas oleh CS. Selain itu, akan kami sampaikan pula beberapa hal terkait keluhan CS JNE, seputar:
- Persiapan yang wajib dilakukan sebelum mengajukan keluhan,
- Media yang bisa kamu pakai untuk pengajuan komplain.
Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah ditemukan nanti. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling dini: persiapan.
(Persiapan) Sebelum Komplain ke Pihak JNE
Penting sekali untuk menyiapkan hal-hal berikut. Karena akan memudahkan kamu untuk mendapat jalan keluar dari permasalahan yang sedang dialami.
Persiapannya cukup ada 2:
- Lacak paket barang sudah sampai mana,
- Mencatat keluhan yang kamu alami.
Berikut ulasan selengkapnya..
Cek Resi JNE
Untuk melacak barang, kami sudah membuat postingan yang berbeda di sini: Cara Cek Paket JNE Sudah Sampai Atau Belum.
Namun sebagai gambaran saja, langkahnya cukup mudah, kok:
- Buka laman berikut â pluginongkoskirim.com/cek-resi
- Pada laman cek resi, pilih Ekspedisi JNE dan isikan Nomor Resi. Jika sudah, ketuk tombol Lacak.
- Selesai. Nanti akan otomatis muncul status pengiriman terakhir dari barang yang dikirim.
Cek resi tetap harus kamu lakukan sebelum mengajukan komplain, ya. Karena sistem JNE selalu update, bahkan dalam hitungan menit. Takutnya, sudah capek-capek komplain, eh malah barang sudah sampai ?
Dalam status pengiriman cek resi, biasanya akan muncul informasi yang berupa bahasa asing. Kami sudah membahasnya pula di postingan berbeda, kamu bisa baca di sini: Arti Kode JNE Express.
Baca Juga
Nah, jika ada status yang mengatakan jika barang hilang, rusak, dan tidak kunjung sampai rumah (padahal sudah melebihi estimasi pengiriman), silakan lanjut baca ke poin berikutnya..
ADVERTISEMENTS
Catat Keluhan
Persiapan kedua yang perlu kamu lakukan adalah mencatat kendala yang kamu alami untuk disampaikan kepada Customer Care JNE Express agar diberi jalan keluar.
Biasanya, masalah-masalah tersebut tidak jauh-jauh dari beberapa hal berikut:
[su_list icon=”icon: remove” icon_color=”#d80006″]- Barang tidak sampai-sampai padahal sudah melebihi estimasi pengiriman (paling sering terjadi: JNE YES),
- Keterangan pada cek resi menyebutkan jika barang sudah diterima namun justru diterima oleh orang lain,
- Barang sudah kamu terima namun terjadi kerusakan yang disebabkan oleh pihak JNE saat pengiriman,
- Barang yang dikirim tidak tau di mana, keterangan pada cek resi menyebutkan jika barang tersebut hilang.
Jika masalah-masalah di atas juga kamu alami, lanjutkan ke poin berikut..
ADVERTISEMENTS
Identitas Pengiriman
Ini juga cukup penting dan tidak boleh dilewatkan. Kamu wajib mencatat beberapa identitas, meliputi:
[su_note]- Nomor resi JNE,
- Nama pengirim,
- Nama penerima,
- Kota asal,
- Kota tujuan,
- Tanggal pengiriman,
- Ciri-ciri barang yang dikirim (ukuran, warna, kemasan, dll)
- Jenis layanan yang digunakan (REG, YES, OKE, JTR),
- Status terakhir barang yang dikirim (On Process, Waiting, dll).
Tips: Tulis semua identitas tersebut di notes HP kamu agar mudah untuk di-copy paste saat mengajukan komplain JNE Express nanti.
ADVERTISEMENTS
Cara Komplain Pengiriman JNE Terlambat
Ketika mau mengirimkan keluhan ke pihak JNE, banyak yang bertanya komplain JNE kemana ya?
Untuk mengajukan komplain, ada beberapa...