Cara Mengajukan Komplain ke AnterAja yang Bermasalah dan Lama Sampainya

Ifan Prasya 09 Mar 2023 6 Menit 0

Cara mengajukan komplain ke AnterAja sebenarnya cukup mudah dan cepat, bisa untuk segala kendala yang dialami pelanggan.

Misalnya barang terlambat sampai, hilang entah ke mana, atau terjadi kerusakan isi paket yang dikirim.

Untuk membantu mengurangi masalah tersebut, Pintar Jualan sudah merangkum sejumlah catatan ringkas yang bisa kamu terapkan setelah ini, perihal:

  • Persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum menghubungi CS AnterAja,
  • Langkah-langkah untuk mengajukan keluhan kepada AnterAja lewat berbagai media,
  • Tips praktis agar nantinya terhindar dari masalah pengiriman yang mengkhawatirkan.

Namun seperti biasa, ketuk tombol Bookmark di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti mudah ditemukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: persiapan.

1. (Persiapan) Sebelum Ajukan Komplain AnterAja

Komplain ke anteraja

Di sini, kami merangkumnya menjadi 3 persiapan:

  1. Mengetahui kondisi terakhir barang yang dikirim,
  2. Memahami arti status pengiriman AnterAja,
  3. Mencatat seluruh kendala yang dialami.

Untuk penjelasan selengkapnya, scroll terus yaa..

1.1. Lacak Status Terakhir Barang

Langkah pertama, silakan dilacak lagi status terakhir dari barang yang sedang dikirim. Cara melacaknya bisa dengan bantuan website cek resi (resmi dari anteraja, atau pihak ketiga).

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman berikut pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pada kolom ekspedisi, pilih kurir AnterAja. Pada kolom nomor resi, isikan Nomor Resi AnterAja yang kamu terima.
  3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak warna oranye.
  4. Selesai deh!

Cara di atas hanyalah satu dari beberapa cara lain untuk mengetahui barang yang dikirim sudah sampai mana. Kalau kamu tertarik untuk melihat alternatif lainnya, kami sudah membuat postingan terpisah.

Kamu bisa baca lebih lanjut tentang Cek Resi Ekspedisi AnterAja Tanpa Captcha.

1.2. Pahami Arti Kode AnterAja

Setelah melacak, kadang tidak semua konsumen mengerti apa rincian yang ditampilkan di status pengiriman. Secara ringkas, setelah mengetuk tombol Lacak, nanti akan muncul sejumlah informasi seperti:

  • Details,
  • Tracking History.

Details sendiri berisi informasi dasar seperti: nama pengirim, nama penerima, tanggal pengiriman, dan jenis layanan yang dipakai. Sedangkan, tracking history berisi informasi riwayat pengiriman; mulai dari pick up hingga sampai di agen terdekat.

(Pada riwayat pengiriman inilah, biasanya akan muncul istilah-istilah yang mungkin sulit dipahami)

Karena itu, kami sudah membuat postingan terpisah yang membahas detail mengenai hal itu, dan kamu bisa membacanya di sini: Arti Istilah Status Pengiriman AnterAja.

1.3. Catat Kendala yang Ada

Setelah paham mengenai riwayat pengiriman dan apa arti dari tiap status yang ditampilkan, selanjutnya giliran kamu mencatat setiap kendala yang terjadi. Biasanya, tidak jauh-jauh dari hal berikut:

  • Pengiriman parcel sangat lama (melebihi estimasi layanan),
  • Parcel yang dikirim hilang (biasanya tertinggal/tertukar),
  • Parcel yang dikirim mengalami kerusakan saat pengantaran.

Adapun masalah-masalah lain yang sebetulnya masih dapat ditolerir seperti: penundaan pengiriman karena terkendala cuaca buruk, penundaan pick up karena operasional, dan sejenisnya; yang menyebabkan pengiriman terlambat.

Nah, setelah mencatat tiap-tiap kendala, kini giliran kita bersiap menghubungi Customer Service AnterAja. Untuk langkah-langkahnya, scroll terus yaa.

2. Cara Ajukan Komplain ke Ekspedisi AnterAja

Bagaiamana komplain ke Anteraja? Sejauh usaha kami untuk mengumpulkan informasi, setidaknya ada 4 cara yang dapat kamu lakukan:

  1. Menghubungi CS AnterAja lewat sambungan telepon (online 24 jam, tapi berbayar),
  2. Mengirimkan tulisan yang mudah dipahami lewat email resmi AnterAja,
  3. Mention ke akun resmi yang dimiliki oleh AnterAja di sosial media,
  4. Mendatangi kantor/agen Anteraja

2.1. Call Center AnterAja

Call center CS AnterAja di (021) 5060-3333 | Senin s/d Minggu (24 jam)

Sekarang, hotline AnterAja beroperasi 24/7 non-stop. Kamu bisa gunakan media ini untuk mengajukan keluhan, kritik, dan saran. Responnya relatif sigap, namun kekurangannya hanya 1: berbayar ?

Tapi tak apa, asal parcel yang diantar bisa segera tiba, atau jika terjadi kehilangan/kerusakan bisa langsung diproses dan mendapat ganti rugi dari AnterAja.

Untuk langkah-langkahnya, seperti biasa:

  1. Buka dial ponsel dan ketik (021) 5060-3333 lalu ketuk tombol Telepon.
  2. Setelah terhubung, kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Pilih saja layanan keluhan pelanggan atau CS.
  3. Saat terhubung dengan CS, kamu perlu menyampaikan beberapa rincian terkait pengiriman meliputi:
    – Nomor resi pengiriman,
    – Data pengirim (nama, no HP, alamat),
    – Data penerima (nama, no HP, alamat),
    – Jenis layanan (Reguler, Next Day, Same Day),
    – Ciri-ciri parcel yang dikirim (isi paket, packing).
  4. Selesai!

Dari situ, kamu juga bisa menanyakan kenapa paket Anteraja stuck? Dengan begitu mereka bisa segera menemukan paketmu dan meneruskan pengiriman.

2.2. Email Resmi AnterAja

Email resmi CS AnterAja di cs@anteraja.id | Senin s/d Minggu (08.00 – 20.00 WIB).

Buat kamu yang lebih nyaman berkomunikasi lewat tulisan, silakan dicoba cara ini. Syaratnya, kamu wajib punya email pribadi yang aktif. Jika belum punya, silakan buat dulu dengan mengikuti tutorial Cara Membuat Gmail Baru di HP.

Jika sudah, ikuti petunjuk di bawah.

  1. Buka Gmail di ponsel atau laptop kamu.
  2. Pada laman utama, ketuk + Tulis untuk menulis email baru.
  3. Pada draf penulisan email, isikan beberapa rincian meliputi:
    Kepada: berisi alamat email CS AnterAja (cs@anteraja.id)
    Subjek: berupa judul email yang sopan, ringkas, dan jelas,
    Isi: berupa keluhan yang ingin kamu sampaikan, disertai data-data pengiriman,
    Lampiran (opsional).
  4. Laporan pun selesai dibuat!

Kalau kamu bingung saat mengisi subjek dan isi email, silakan pakai template berikut.

[Komplain] Pengiriman Same Day AnterAja Terlambat 3 Hari – Mohon Ditanggapi

Dear CS AnterAja yang Baik Hatinya,

Saya merupakan pengirim parcel AnterAja bernama (isi nama kamu), bermaksud ingin menyampaikan keluhan terkait layanan yang terlambat. Saya sudah mengecek resi dan hasilnya masih sama, barang tidak bergerak dan hanya berhenti di gudang kota A (misal).

Untuk melengkapi kebutuhan pemeriksaan, berikut data-data pengirimannya:

  • Nomor Resi: (isikan nomor resi yang kamu terima)
  • Pengirim: (isikan data pengirim berupa nama, no HP, alamat)
  • Penerima: (isikan data penerima berupa nama, no HP, alamat)
  • Layanan: (isikan layanan yang digunakan: Reguler, Next Day, Same Day)

Demikian, mudah-mudahan dapat menjadi periksa dan mohon tindak lanjut dari AnterAja terkait pengiriman yang terlambat ini.

Terima kasih,
(isi nama kamu).

2.3. Sosial Media AnterAja

Kalau kamu tidak terburu-buru dan lebih nyaman mengobrol lewat sosial media, silakan pakai cara ini. Lebih mudah dan praktis karena tidak perlu format khusus; serta gratis.

Kamu cukup mention mimin AnterAja lewat media berikut:

Setelahnya, mimin akan memandu kamu untuk penyelesaian masalah. Mulai dari menanyakan nomor resi, mengecek data pengirim dan penerima, menanyakan layanan apa yang digunakan, dan seterusnya.

Namun satu hal: harap bersabar karena biasanya antrean chat di sosial media resmi begitu banyak. Tidak ada jaminan dibalas saat itu juga.

Bagaimana jika paket salah kirim Anteraja? begini contoh komplainnya.

Selamat siang Admin Anteraja

Saya merupakan pengirim parcel AnterAja bernama (isi nama kamu), bermaksud ingin menyampaikan keluhan terkait layanan yang salah.

Setelah mengecek resi, hasilnya barang sudah diterima. Padahal saya belum menerima barangnya.

Untuk melengkapi kebutuhan pemeriksaan, berikut data-data pengirimannya:

  • Nomor Resi: (isikan nomor resi yang kamu terima)
  • Pengirim: (isikan data pengirim berupa nama, no HP, alamat)
  • Penerima: (isikan data penerima berupa nama, no HP, alamat)
  • Layanan: (isikan layanan yang digunakan: Reguler, Next Day, Same Day)

Demikian, mudah-mudahan dapat diperiksa dan mohon tindak lanjut dari AnterAja terkait pengiriman yang salah kirim ini.

Terima kasih,
(isi nama kamu).

Sekarang, kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan jika paket tidak sampai. Dengan menghubungi customer service, kamu bisa meminta kejelasan dan tindak lanjut mengenai paketmu yang tidak sampai atau salah alamat.

2.4. Agen AnterAja Terdekat

Cara terakhir ini cocok buatmu yang ingin menanyakan langsung kepada kurir secara tatap muka. Tapi ingat ya, karena sekarang lagi pandemi, selalu jaga protokol 3M (mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, dan menjauhi kerumunan).

Langkah-langkahnya juga sederhana:

  1. Buka Google Maps, lalu ketik “Kantor AnterAja Terdekat.”
  2. Pilih salah satu yang paling dekat jaraknya dengan lokasimu saat ini.
  3. Datangi agen tersebut, lalu sampaikan bahwa kamu ingin cek parcel.
  4. Sampaikan komplain yang sudah dicatat tadi beserta informasi pengiriman.
  5. Sudah selesai deh!

5. Tips Agar Terhindar dari Masalah Pengiriman

Selanjutnya, agar kamu terhindar dari peliknya masalah pengiriman (barang terlambat sampai, hilang, rusak); maka pastikan bahwa kamu sudah menerapkan tips berikut ini:

  • Tulis alamat yang lengkap. Meliputi nama jalan, nomor rumah, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Kode POS. Disarankan pula untuk mencantumkan isi parcel yang akan dikirim.
  • Pakai layanan packing dari AnterAja. Untuk standar packaging yang aman dan terjamin, diharapkan memakai layanan packing dari AnterAja (ada biaya tambahan).
  • Gunakan asuransi pengiriman dari AnterAja. Kami menyarankan agar kamu memakai asuransi untuk menjamin ganti rugi saat barang hilang / rusak.
  • Klaim asuransi sebelum tenggat waktu. Sebaiknya jika terjadi kehilangan/kerusakan, segera klaim maksimal 14 hari kerja. Ganti rugi 10x biaya pengiriman, atau maksimal Rp1.000.000.

Rangkuman

  • Sebelum mengajukan komplain AnterAja, kamu wajib menyiapkan beberapa hal: (1) status terakhir pengiriman, (2) kendala yang terjadi saat proses pengiriman, (3) data pengiriman.
  • Untuk mengajukan keluhan, gunakan beberapa opsi: (1) Call center (021) 5060-3333, (2) Email cs@anteraja.id, (3) Sosial media, (4) Agen terdekat. Buka Senin-Minggu, 08.00 – 20.00 WIB.
  • Agar terhindar dari masalah pengiriman, sebaiknya praktekkan beberapa tips: (1) tulis alamat lengkap pada parcel, (2) gunakan layanan packing, (3) gunakan asuransi pengiriman.

Bagaimana, sudah clear, ya? Sekarang kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan jika paket Anteraja tidak bergerak.

Akhir Kata

Jika kamu merasa terbantu dengan tulisan ini, kamu akan dijamin juga suka dengan diskusi kami di Instagram @PintarJualan.id. Follow yaa!

Oh iya, kami ingatkan kembali kepada kamu, ketuk Bookmark di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Agar nanti ketika dibutuhkan lagi, kamu tak perlu repot mencari.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi tonjoo.com.


Referensi:

  • Pusat Bantuan – Anteraja – https://anteraja.id/id/help
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *