Advertisement

50+ Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Menjanjikan di 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
17 Januari 2022
Waktu membaca
9 Menit

Ada banyak usaha makanan ringan serba 1000 yang bisa dicoba di 2022. Selain menjanjikan dan menguntungkan, untuk buka usaha ini juga bisa dengan modal kecil. Usaha makanan ringan memang salah satu usaha kecil-kecilan yang bisa dengan modal kecil.

Peluang usaha makanan ringan serba 1000 di 2022 bisa menjadi usaha profit besar karena bisa dititipkan di warung dan tahan lama. Selain itu, makanan ringan juga biasanya laku setiap hari.

Peluang usaha makanan ringan ini juga bisa menjadi peluang usaha rumahan. Oleh karena itu, ikuti terus artikel ini sampai selesai. Jangan sampai ketinggalan sedikit pun informasi. Sebelum itu, mari simak tips jualan makanan ringan serba 1000.

Tips Jualan Makanan Ringan Serba 1000

Tidak ada salahnya juga mencoba usaha jualan makanan ringan serba 1000 di 2022. Agar bisa mendatangkan untung besar, coba beberapa tips jualan makanan ringan berikut ini;

1. Buat Catatan Keuangan

Tips yang pertama, jangan lupa untuk membuat catatan keuangan serapi mungkin. Uang masuk atau keluar harus dicatat dengan baik dan rapi. Keuntungan dari hasil jualan tetap harus disisihkan meski hanya sedikit. Jangan sampai tercampur dengan uang selain dari hasil jualan.

2. Rasa Makanan Enak

Dengan harga makanan yang serba 1000, kamu harus pintar membuat rasa makanan tetap enak. Makanan yang laris dijual biasanya adalah makanan rasanya enak sekaligus murah.

3. Murah Tapi Tidak Murahan

Makanan yang murah tapi tetap terlihat berkualitas. Kamu juga harus pandai-pandai membuat makanan ringan yang kamu jual tetap terlihat berkualitas. Seperti misalnya kebersihan dari makanan ringan yang kamu jual benar-benar terjaga, kemasan rapi, dan sebagainya.

Berikut Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Meski serba 1000, jika dikelola dengan baik juga bisa mendatangkan untung besar. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini ide usaha makan ringan serba 1000 di 2022 yang mungkin bisa kamu coba.

1. Keripik Tempe

Keripik tempe merupakan makanan yang mudah ditemukan di mana saja. Selain rasanya yang enak dan gurih, harganya juga murah. Kamu bisa jualan keripik tempe ini dalam kemasan plastik-plastik kecil, agar bisa dijual dengan harga serba 1000.

2. Keripik Tahu

Sama halnya dengan keripik tempe, keripik tahu juga digemari banyak orang. Kamu bisa membungkusnya dalam plastik-plastik kecil disesuaikan yang layak dengan harga serba 1000.

3. Keripik Singkong

Singkong termasuk bahan makanan yang tergolong murah. Dengan harga 1000 mungkin kita bisa mendapatkan keripik singkong dengan jumlah lebih banyak dari tempe atau tahu.

4. Keripik Kentang

Berbeda dengan singkong, kentang termasuk bahan makanan yang cukup mahal. Jika kamu ingin jualan keripik kentang dengan harga 1000 tidak masalah. Namun, porsinya harus kamu kurangi.

5. Aneka Gorengan

Untuk aneka gorengan kamu bisa menjualnya dengan harga seribu per bijinya. Jika dirasa harga seribu masih terlalu murah untuk harga satu biji, kamu bisa mengecilkan ukuran gorengannya.

6. Aneka Donat

Donat merupakan makanan ringan dari bahan dasar tepung terigu, telur, dan gula. Kamu bisa membeli bahan-bahan yang harganya murah. Meski harga bahannya murah, asal kamu membuatnya dengan rasa yang enak, orang pasti akan mau membelinya.

7. Kue Kacang

Kue kacang cukup digemari oleh banyak orang sebagai makanan ringan. Kue kacang dijual tidak hanya saat lebaran. Kamu bisa menjualnya dengan menitipkan ke warung-warung kecil, kantin sekolah, dan sebagainya.

8. Gula Kacang

Gula kacang adalah makanan ringan yang terbuat dari gula dan kacang. Biasanya berbentuk bulat agak tipis. Kamu bisa menjual makanan ringan yang satu dengan harga 1000 rupiah saja.

9. Kacang Goreng

Jika kamu ingin mencoba jualan kacang goreng, tenang saja karena kacang goreng sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu membeli kacang mentah dan menggorengnya hingga kering. Terakhir taburkan garam agar rasanya semakin lezat.

10. Telur Gulung

Telur gulung termasuk salah satu makanan ringan yang bisa kamu jual dengan harga 1000 per tusuknya. Bahan untuk membuat telur gulung sederhana, hanya telur, garam atau penyedap rasa, dan air putih. Makanan ringan yang satu ini termasuk yang banyak diminati anak-anak.

11. Martabak Telur Mini

Martabak telur mini bisa dibuat dengan modal kecil. Dari bahan dasar telur, tepung, dan daun bawang misalnya, martabak telur mini sudah bisa dinikmati. Kamu bisa menjual martabak telur mini ini sesuai dengan pesanan saja. Sepertinya misalnya 500 atau 1000.

12. Gulali

Gulali adalah makanan yang terbuat dari gula. Gulali biasanya dijual dalam wadah yang lebar kemudian dijual secara spontan dengan melilitkan gulali pada tusuk sate. Harga per tusuknya bisa dihargai dengan 1000 rupiah.

13. Aneka Olahan Aci

Makanan dari bahan dasar aci atau tepung kanji kebanyakan berasal dari Sunda. Makanan tersebut antara lain cimol, cilok, cireng, cilor, cilung, bakso aci, dan sebagainya.

Jenis makanan tersebut cocok dijual dengan harga 1000 per bijinya. Namun, itu juga tergantung pada porsi makanannya. Sesuaikan saja antara ukuran atau jumlah dengan harganya.

14. Sempol Ayam

Sempol ayam yang murah bisa dibuat dari tepung terigu, tepung kanji, telur, dan daging ayam. Jika ternyata dengan daging ayam tidak bisa dijual dengan harga 1000, solusinya adalah diganti dengan kaldu ayam.

Sempol ayam biasanya dibuat dengan cara melilitkan adonan ke tusuk satu. Setelah itu tinggal digoreng. Agar rasanya semakin nikmat bisa ditambah sambal dan kecap.

15. Puding Agar

Puding agar sangat mudah dibuat di rumah. Kamu bisa menjualnya dalam cup-cup ukuran kecil. Agar lebih menarik, kamu bisa berkreasi dengan dua atau tiga warna agar dalam satu cup.

16. Keripik Bakso Kemasan 

Keripik bakso kemasan kecil bisa dijual dengan harga serba 1000. Biasanya orang-orang menyebut keripik bakso dengan basreng. Dengan bumbu pedas tambahan, basreng siap untuk dijual dalam kemasan-kemasan kecil.

17. Sosis Goreng

Cara membuat keripik sosis kurang lebih sama dengan membuat keripik bakso. Iris saja sosis menjadi bulat dan tipis-tipis, lalu goreng. Setelah itu taburkan bumbu tabur sebagai pelengkapnya. Bisa dengan bubuk cabe kering dan penyedap rasa.

18. Makaroni Goreng

Makaroni goreng juga bisa jadi salah satu makanan ringan serba 1000. Kamu hanya tinggal membungkusnya dalam plastik-plastik kecil. Setelah itu titipkan saja ke warung-warung terdekat.

19. Peyek Kacang

Peyek kacang malah biasanya dijual tidak lebih dari 1000. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu hanya dengan tepung beras dan kacang tanah. Bungkus dalam kemasan kecil dan langsung bisa dijual.

20. Peyek Kedelai

Selain peyek kacang, kamu juga bisa membuat peyek kedelai. Peyek kedelai bisa dimakan langsung sebagai cemilan atau teman makan nasi. Cara membuat peyek kedelai sama dengan membuat peyek kacang. Campur saja tepung beras dan kedelai, lalu goreng.

21. Peyek Ikan Teri

Teri yang sebaiknya digunakan untuk peyek adalah teri yang ukurannya kecil-kecil. Dengan begitu, teri yang digoreng bersama tepung beras juga akan menjadi renyah dan gurih.

22. Pisang Crispy

Pisang crispy juga bisa menjadi usaha makanan ringan serba 1000. Pasalnya harga pisang juga tidak terlalu mahal. Apalagi pisang yang ukurannya kecil-kecil. Peluang usaha yang satu ini bisa menjadi peluang usaha mahasiswa yang cukup menguntungkan.

23. Usus Crispy

Usus crispy bisa dijadikan cemilan maupun teman makan nasi karena rasanya yang asin dan gurih. Banyak orang yang menyukainya karena rasanya tersebut. Kamu bisa membuat usus crispy menjadi kemasan kecil-kecil. Sehingga bisa dijual dengan harga serba 1000.

24. Otak-Otak

Otak-otak juga bisa menjadi makanan ringan yang dijual dengan harga serba 1000 per bijinya. Otak-otak bisa disajikan dengan saus atau kuah yang rasanya asam. Selain itu, kamu juga bisa menjual otak-otak goreng.

25. Cakwe

Bahan-bahan untuk membuat cakwe sederhana. Sehingga kamu bisa mencobanya dulu di rumah. Cakwe bisa dijual dengan harga 1000 dengan tambahan saus sachet sebagai pelengkap.

26. Leker

Leker juga termasuk makanan ringan yang cocok jika dijual dengan harga serba 1000. Tinggal tambahkan topping seperti susu, coklat meses, selai dan sebagainya sudah bisa menarik pembeli.

27. Kue Bantal

Nama makanan ringan satu ini tidak sama di semua daerah. Ada yang menyebutkan odading. Ada juga yang menyebutkan bolang-baling. Rasa makanan yang satu ini manis dan gurih.

Kue bantal atau odading atau bolang-baling ini biasanya banyak dijual di pasar-pasar tradisional dan saat pagi hari. Sangat cocok jika dijual dengan harga serba 1000.

28. Serabi

Makanan ringan yang satu ini biasanya dijual dengan campuran kuah santan. Serabi termasuk salah satu makanan jadul asal Indonesia. Rasa serabi asli terbilang manis gurih. Menjadi semakin nikmat karena dicampur dengan kuah santan.

29. Kue Pukis

Bau dari kue satu ini biasanya sangat wangi atau bisa menggugah selera siapa saja yang menciumnya. Kue pukis biasanya banyak dijual di depan supermarket. Dijual satuan dengan harga serba 1000.

Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Bisa Dititipkan di Warung

Warung biasanya menerima titipan makanan-makanan ringan. Namun, tidak semua makanan ringan bisa dititipkan di warung. Berikut adalah makanan ringan 1000 yang bisa dititipkan di warung.

1. Stik Keju

Bahan untuk membuat stik keju sangat sederhana, yaitu tepung terigu, maizena, dan keju. Takaran keju yang dibuat untuk adonan tidak perlu banyak-banyak. Mengingat makanan akan dijual dengan harga serba 1000. Asal rasa enak, maka tidak masalah.

2. Stik Talas

Stik talas adalah jenis makanan seperti keripik. Hanya saja bentuknya panjang-panjang seperti stik. Kamu hanya perlu mengemasnya dalam plastik berukuran kecil. Sehingga cocok dijual dengan harga serba 1000.

3. Kuaci

Ada dua jenis kuaci yang biasa dijual sebagai makanan ringan, yaitu kuaci bunga matahari dan kuaci semangka. Namun kebanyakan yang dijual adalah kuaci bunga matahari.

Harga kuaci memang terbilang cukup mahal. Namun, kamu tetap bisa mengemasnya menjadi kecil-kecil. Sehingga kamu bisa menjadikan kuaci makanan ringan serba 1000.

4. Mie Lidi

Mie lidi biasanya sudah ada yang menjual mentahnya. Kamu hanya tinggal menggoreng mie tersebut dan memberinya dengan aneka penyedap rasa. Mulai dari yang gurih hingga pedas.

Agar bisa menjadi makanan ringan serba 1000, kamu bisa mengemasnya di wadah plastik-plastik kecil. Banyak anak-anak yang suka dengan makanan ringan yang satu ini.

5. Astor

Astor adalah makanan ringan berupa stik renyah berisi selai coklat. Panjang stiknya beragam. Ada yang pendek dan ada yang panjang. Warnanya juga tidak hanya cokelat, melainkan berwarna-warni.

6. Kembang Goyang

Kembang goyang teksturnya mirip keripik, tipis dan renyah. Makanan ini terbuat dari tepung terigu. Cara membuatnya dengan memasukkan adonan pada cetakan seperti bunga. Setelah itu dicelupkan ke minyak panas sambil digoyang-goyang hingga terlepas dari cetakannya.

Makanan yang bisa dititipkan di warung sebenarnya ada banyak. Mulai dari makanan basah seperti jajanan pasar hingga makanan kering seperti keripik. Semua tergantung warung yang mau dititipi. Makanan seperti apa yang boleh dititipkan 😊

Usaha Makanan Ringan Serba 1000 yang Laku Setiap Hari

Selain bisa dititipkan di warung, rata-rata makanan ringan juga bisa laku setiap hari. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa asal-asalan dalam menentukan makanan ringan untuk dijual. Berikut ini makanan ringan serba 1000 yang kemungkinan besar bisa laku setiap hari.

1. Gorengan

Aneka gorengan seperti tempe, tahu, bakwan, pisang, dan ubi goreng adalah makanan yang banyak dijual karena hampir laku setiap hari. Selain untuk camilan, bisa juga untuk lauk makan nasi.

2. Lemper

Lemper adalah jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan. Isian lemper biasanya berupa daging ayam yang diolah mirip seperti abon. Cara membuatnya adalah dibungkus dengan daun pisang dan dikukus di atas panci. Makanan ringan yang satu ini juga biasanya dijual dengan harga serba 1000.

3. Klepon

Klepon merupakan makanan ringan yang mudah dibuat karena bahan dasarnya juga mudah ditemukan. Klepon termasuk jajan pasar yang digemari banyak orang, sehingga makanan ini akan laku setiap hari.

4. Dadar Gulung

Dadar gulung terbuat dari adonan tepung yang dibuat seperti kulit lumpia. Namun, teksturnya sedikit basah. Kulit tersebut diisi dengan kelapa yang sudah dimasak dengan gula jawa.

5. Lumpia

Lumpia termasuk jajan pasar yang bisa laku setiap hari. Isian lumpia juga sangat beragam, mulai dari sayuran, rebung, hingga daging ayam atau sapi, membuat makanan ringan ini banyak digemari.

6. Risol

Risol hampir mirip seperti lumpia. Hanya tekstur kulitnya yang lebih basah dan luarnya dilumuri dengan tepung panir sehingga lebih krispi. Isiannya juga beragam, seperti sayuran, daging. Terkadang juga ada yang mengisinya dengan mayones dan telur.

7. Tahu Crispy

Tahu sangat cocok jika diolah menjadi tahu krispi sebagai makanan ringan. Cara membuatnya mudah, hanya dengan memotong tahu kotak-kotak dan menggorengnya dengan tepung krispi dalam minyak yang panas.

8. Pentol Kuah

Makanan ini juga banyak digemari orang karena ringan dan tidak terlalu mengenyangkan. Kamu bisa mencoba usaha makanan ringan ini karena sangat mudah dibuat. Makanan ringan serba 1000 sangat cocok dimakan ketika cuaca dingin atau saat hujan.

Jajanan pasar adalah makanan yang hampir laku setiap hari. Orang-orang menyukainya karena rasanya yang enak dan harganya yang tidak mahal 😊

Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Tahan Lama

Tidak semua makanan ringan bisa tahan lama. Ada yang hanya baru beberapa hari terkadang sudah tidak bisa dimakan. Oleh karena itu, kami sengaja memberikan beberapa makanan ringan yang bisa tahan lama. Berikut ini makanan ringan serba 100 yang bisa tahan lama.

1. Aneka Keripik

Banyak bahan makanan yang bisa dijadikan keripik. Mulai dari tempe, tahu, singkong, sayuran, hingga buah-buahan. Makanan yang sudah diolah menjadi keripik akan menjadi tahan lama.

2. Aneka Peyek

Peyek hampir sama dengan keripik. Peyek memiliki tekstur yang ringan dan renyah. Sehingga cukup tahan lama jika disimpan dengan cara yang benar. Ada banyak jenis peyek. Kamu bisa menjual peyek kacang, peyek kedelai, peyek teri, peyek bayam, peyek pare, dan sebagainya.

3. Aneka Kerupuk

Kerupuk juga termasuk makanan ringan yang tahan lama. Tapi kamu harus memperhatikan tempat penyimpanannya. Agar kerupuk bisa tahan lama dan tidak melempem.

Kerupuk yang bisa kamu jual dalam kemasan kecil-kecil antara lain kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk ikan, kerupuk tenggiri, dan sebagainya.

Makanan ringan yang tahan lama biasanya adalah jenis makanan yang teksturnya kering. Jika jenisnya basah biasanya akan divacum agar lebih awet 😊

Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Unik & Kekinian

Meski unik dan kekinian, harga makanan ringan ini tetap serba 1000. Ada banyak cara agar makanan ringan yang dijual tetap bisa serba 1000. Langsung saja, simak usaha makanan ringan serba 1000 yang unik dan kekinian.

1. Bakso Bakar

Siapa yang tidak suka bakso? Bakso bakar termasuk makanan yang unik dan kekinian. Bakso ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dioles dengan mentega, saus, dan bumbu-bumbu lainnya, lalu dibakar. Dengan tambahan sambal dan kecap, rasa bakso bakar menjadi semakin nikmat.

2. Sosis Bakar

Sosis bakar juga banyak digemari banyak orang karena rasanya yang gurih. Ditambah aroma bakar yang menggugah selera. Banyak anak-anak yang menyukai sosis bakar. Sosis ayam bakar atau sosis sapi bakar bisa kamu coba sebagai usaha makanan ringan yang kekinian dan unik.

3. Makaroni Aneka Rasa

Makaroni goreng bisa menjadi usaha makanan ringan yang kekinian dan unik. Kamu bisa menjualnya dalam kemasan-kemasan kecil dengan bumbu tambahan aneka rasa. Seperti balado, asin gurih, asin manis, manis pedas, keju, rumput laut, dan lain-lain.

4. Pisang Nugget Aneka Rasa

Pisang termasuk bahan makanan yang bisa diolah menjadi banyak jenis makanan. Pisang nugget menjadi pilihan yang tepat sebagai usaha makanan ringan unik dan kekinian.

Tambahkan topping di atas pisang nugget agar menambah kesan unik dan kekinian. Seperti misalnya topping cokelat nutella, matcha, red velvet, keju, dan sebagainya.

5. Crepes

Crepes adalah jenis makanan yang sebenarnya dibuat dari adonan yang mirip martabak manis. Akan tetapi dibuat menjadi setipis mungkin. Sehingga hasilnya menjadi renyah dan gurih.

Kamu bisa Crepes dengan berbagai macam varian rasa. Seperti misalnya buah-buahan segar, cokelat, susu, keju, berbagai macam selai, dan aneka topping kekinian lainnya.

Agar kamu bisa menjual makanan-makanan ringan unik dan kekinian tersebut dengan harga serba 1000, kamu hanya tinggal mengurangi porsinya saja 😊

FAQ

  • Apa makanan ringan kekinian yang laris dijual?

Makanan ringan kekinian biasanya adalah makanan-makanan jadul yang diubah rasanya menjadi beraneka ragam. Seperti martabak mini, ada yang rasa green tea, red velvet, dan sebagainya. Banyak makanan ringan kekinian yang laris dijual. Salah satunya makaroni.

  • Jualan makanan ringan apa yang modalnya sedikit tapi untungnya banyak?

Coba saja jual gorengan atau tahu crispy. Kedua usaha tersebut merupakan salah satu usaha rumahan modal 50rb. Semakin banyak yang terjual, akan semakin banyak pula untung yang didapatkan.

  • Makanan ringan apa yang lagi booming?

Ada banyak makanan ringan yang lagi booming. Hanya saja harganya bisa lebih dari 1000. Seperti misalnya, takoyaki, churros, mentai, mac and cheese, dan masih banyak lagi. Makanan-makanan ringan yang booming biasanya adalah makanan-makanan ringan milik artis.

Akhir Kata

Demikian kira-kira usaha makanan ringan serba 1000 di 2022. Sebelum memulai usaha, kamu bisa lebih dulu menanyakan ke warung-warung terdekat, apakah mereka bersedia menerima titipan makanan-makanan ringan atau tidak.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami PintarJualan.id membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu atau siapa saja yang menurut kamu membutuhkan. Semoga bermanfaat…

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *