20+ Peluang Usaha Bisnis Mahasiswa Menjanjikan di 2022

Noer 07 Jan 2022 8 Menit 0

Kamu masih jadi mahasiswa di tahun 2022 ini dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Tepat sekali, pada artikel kali ini, kami akan memberikan 20+ peluang usaha mahasiswa.

Selain itu, kami juga akan mencoba untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan peluang usaha mahasiswa secara umum.

Seperti misalnya, menjawab pertanyaan terkait peluang usaha apa yang cocok untuk part time bagi mahasiswa. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai selesai.

Keuntungan Usaha Saat Masih Jadi Mahasiswa

Ada banyak keuntungan jika kamu sudah mulai membuka usaha sejak masih jadi mahasiswa. Salah satunya kamu akan memiliki pengalaman di dunia usaha.

Selain itu, kamu juga akan memiliki banyak relasi. Sehingga setelah lulus kamu tidak bingung lagi mau ke mana dan harus bagaimana.

Lebih dari itu, yang paling penting adalah membuat kamu menjadi lebih mandiri. Tidak lagi bergantung misalnya kepada orang tua terkait dengan uang.

20+ Peluang Usaha Bisnis Mahasiswa

20+ peluang usaha ini sangat cocok bagi kamu yang masih menjadi mahasiswa. Selain bisa tanpa modal juga cukup menjanjikan untuk karir kamu ke depannya.

1. Jual Buku

Peluang usaha mahasiswa yang pertama adalah menjual buku. Peluang usaha ini sangat cocok karena buku memang banyak dibutuhkan oleh para mahasiswa. Apalagi mereka yang baru saja masuk kuliah dan terutama adalah para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Kebutuhan mahasiswa terhadap buku memang cukup tinggi. Jadi, tidak ada salahnya jika di samping membeli buku untuk kamu sendiri, kamu juga bisa sambil berjualan buku. Kamu bisa menawarkan buku-buku tersebut kepada teman-teman sesama mahasiswa.

Bagi siapa pun mahasiswa yang ingin mencobanya, tidak perlu khawatir karena menjual buku tidak harus memiliki stok yang banyak, namun bisa dengan sistem reseller atau dropship.

Jika menjadi reseller harus membeli beberapa buku saja untuk kemudian bisa dijual kembali, sedangkan dropship bisa dilakukan tanpa modal sedikit pun.

2. Les Privat

Les privat merupakan semacam kursus bimbingan belajar yang biasanya fokus pada pelajaran tertentu. Banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk mengikuti les privat.

Sebagai mahasiswa, kamu tentu sangat bisa memberi les privat pada anak-anak sekolah sesuai bidang yang sedang kamu tekuni di kampus. Misalnya matematika, fisika, kimia, dan seterusnya.

Waktu untuk les privat sendiri biasanya fleksibel. Bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah sehingga tidak bertabrakan. Hanya perlu membicarakan waktunya dengan orang tua anak yang akan les.

3. Jasa Ketik

Bisa dibilang pekerjaan mahasiswa itu menulis atau mengetik, karena pasti akan mendapat banyak tugas untuk membuat makalah dari berbagai mata kuliah yang sedang ditempuh.

Peluang usaha mahasiswa jasa ketik ini ini bisa jadi mungkin bisa kamu coba. Misalnya dengan membuka jasa ketik bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia, atau bahasa-bahasa lain yang kamu bisa.

Peluang ini bisa diambil karena tidak semua orang bisa mengetaik Arab misalnya, atau ada juga beberapa orang yang tidak memiliki waktu untuk mengetik. Nah, mereka biasanya akan mencari jasa ketik.

4. Freelance Desain Grafis

Peluang usaha mahasiswa yang satu ini juga sedang luamayan banyak dibutuhkan. Pasalnya, banyak orang yang sekarang berpindah menggunakan media digital untuk mempromosikan produk-produk mereka. Mereka tidak lagi menggunakan jasa sales eperti dulu.

Mahasiswa-mahasiswa DKV atau yang belajar desain grafis tentu tahu betul desain yang baik seperti apa. Sense mereka tentu di atas rata-rata soal desain. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya, mahasiswa bisa praktik langsung dengan menjadi desainer grafis.

Mahasiswa bisa menjadi freelancer di bidang grafis ini. Seperti misalnya menerima pesanan desain poster, undangan, flyer, brosur, dan sebagainya.

5. Freelance Editing Video

Jika kamu terbiasa menggunakan software-software misalnya Adobe Premiere Pro dan sebagainya, maka kamu bisa mencoba usaha yang satu ini.

Usaha atau bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan setelah kamu selesai kuliah dan mengerjakan tugas. Jadi, tetap tidak mengganggu waktu kuliah kamu.

Seorang editing video masih cukup banyak dibutuhkan sekarang ini. Apalagi semakin banyak orang yang ingin menjadi Youtuber karena cukup menjanjikan.

6. Freelance Fotografer

Pekerjaan fotografi biasanya bermula dari hobi. Menjadi mahasiswa bukan berarti harus belajar sepanjang hari, melainkan bisa bereksplorasi dengan hal-hal lain yang disukai.

Setelah benar-benar mahir menjadi seorang fotografi, tidak ada salahnya jika kamu mulai menawarkan diri untuk memulai usaha yang satu ini.

Kamu bisa mulai dengan menjadi fotografi untuk acara-acara seperti seminar, workshop, dan bahkan bisa juga pernikahan jika kamu sendiri mau.

Halaman Selanjutnya
7. Freelance Editor Tulisan...

Laman: 1 2 3 4

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Noer
Ditulis oleh

Noer

Freelance Writer di Pintarjualan.id menyajikan konten-konten yang bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com