20+ Peluang Usaha Bisnis Mahasiswa Menjanjikan di 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
07 Januari 2022
Waktu membaca
8 Menit

Kamu masih jadi mahasiswa di tahun 2022 ini dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Tepat sekali, pada artikel kali ini, kami akan memberikan 20+ peluang usaha mahasiswa.

Selain itu, kami juga akan mencoba untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan peluang usaha mahasiswa secara umum.

Seperti misalnya, menjawab pertanyaan terkait peluang usaha apa yang cocok untuk part time bagi mahasiswa. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai selesai.

Keuntungan Usaha Saat Masih Jadi Mahasiswa

Ada banyak keuntungan jika kamu sudah mulai membuka usaha sejak masih jadi mahasiswa. Salah satunya kamu akan memiliki pengalaman di dunia usaha.

Selain itu, kamu juga akan memiliki banyak relasi. Sehingga setelah lulus kamu tidak bingung lagi mau ke mana dan harus bagaimana.

Lebih dari itu, yang paling penting adalah membuat kamu menjadi lebih mandiri. Tidak lagi bergantung misalnya kepada orang tua terkait dengan uang.

20+ Peluang Usaha Bisnis Mahasiswa

20+ peluang usaha ini sangat cocok bagi kamu yang masih menjadi mahasiswa. Selain bisa tanpa modal juga cukup menjanjikan untuk karir kamu ke depannya.

1. Jual Buku

Peluang usaha mahasiswa yang pertama adalah menjual buku. Peluang usaha ini sangat cocok karena buku memang banyak dibutuhkan oleh para mahasiswa. Apalagi mereka yang baru saja masuk kuliah dan terutama adalah para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Kebutuhan mahasiswa terhadap buku memang cukup tinggi. Jadi, tidak ada salahnya jika di samping membeli buku untuk kamu sendiri, kamu juga bisa sambil berjualan buku. Kamu bisa menawarkan buku-buku tersebut kepada teman-teman sesama mahasiswa.

Bagi siapa pun mahasiswa yang ingin mencobanya, tidak perlu khawatir karena menjual buku tidak harus memiliki stok yang banyak, namun bisa dengan sistem reseller atau dropship.

Jika menjadi reseller harus membeli beberapa buku saja untuk kemudian bisa dijual kembali, sedangkan dropship bisa dilakukan tanpa modal sedikit pun.

2. Les Privat

Les privat merupakan semacam kursus bimbingan belajar yang biasanya fokus pada pelajaran tertentu. Banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk mengikuti les privat.

Sebagai mahasiswa, kamu tentu sangat bisa memberi les privat pada anak-anak sekolah sesuai bidang yang sedang kamu tekuni di kampus. Misalnya matematika, fisika, kimia, dan seterusnya.

Waktu untuk les privat sendiri biasanya fleksibel. Bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah sehingga tidak bertabrakan. Hanya perlu membicarakan waktunya dengan orang tua anak yang akan les.

3. Jasa Ketik

Bisa dibilang pekerjaan mahasiswa itu menulis atau mengetik, karena pasti akan mendapat banyak tugas untuk membuat makalah dari berbagai mata kuliah yang sedang ditempuh.

Peluang usaha mahasiswa jasa ketik ini ini bisa jadi mungkin bisa kamu coba. Misalnya dengan membuka jasa ketik bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia, atau bahasa-bahasa lain yang kamu bisa.

Peluang ini bisa diambil karena tidak semua orang bisa mengetaik Arab misalnya, atau ada juga beberapa orang yang tidak memiliki waktu untuk mengetik. Nah, mereka biasanya akan mencari jasa ketik.

4. Freelance Desain Grafis

Peluang usaha mahasiswa yang satu ini juga sedang luamayan banyak dibutuhkan. Pasalnya, banyak orang yang sekarang berpindah menggunakan media digital untuk mempromosikan produk-produk mereka. Mereka tidak lagi menggunakan jasa sales eperti dulu.

Mahasiswa-mahasiswa DKV atau yang belajar desain grafis tentu tahu betul desain yang baik seperti apa. Sense mereka tentu di atas rata-rata soal desain. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya, mahasiswa bisa praktik langsung dengan menjadi desainer grafis.

Mahasiswa bisa menjadi freelancer di bidang grafis ini. Seperti misalnya menerima pesanan desain poster, undangan, flyer, brosur, dan sebagainya.

5. Freelance Editing Video

Jika kamu terbiasa menggunakan software-software misalnya Adobe Premiere Pro dan sebagainya, maka kamu bisa mencoba usaha yang satu ini.

Usaha atau bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan setelah kamu selesai kuliah dan mengerjakan tugas. Jadi, tetap tidak mengganggu waktu kuliah kamu.

Seorang editing video masih cukup banyak dibutuhkan sekarang ini. Apalagi semakin banyak orang yang ingin menjadi Youtuber karena cukup menjanjikan.

6. Freelance Fotografer

Pekerjaan fotografi biasanya bermula dari hobi. Menjadi mahasiswa bukan berarti harus belajar sepanjang hari, melainkan bisa bereksplorasi dengan hal-hal lain yang disukai.

Setelah benar-benar mahir menjadi seorang fotografi, tidak ada salahnya jika kamu mulai menawarkan diri untuk memulai usaha yang satu ini.

Kamu bisa mulai dengan menjadi fotografi untuk acara-acara seperti seminar, workshop, dan bahkan bisa juga pernikahan jika kamu sendiri mau.

7. Freelance Editor Tulisan

Hampir semua mahasiswa S1 akan menghadapi masa-masa di mana mereka harus menulis skripsi. Sayangnya, tidak semua mahasiswa itu mahir menulis.

Sehingga tidak sedikit pula mahasiswa yang akhirnya minder karena hasil tulisannya yang kurang begitu baik atau tidak begitu enak ketika di baca.

Jika kamu mahir atau memiliki selera tulisan yang bagus, kamu bisa mencoba usaha yang satu ini. Bahkan kamu juga bisa mencoba melamar ke berbagai penerbit.

8. Freelance Jasa Servis Laptop

Kamu seorang mahasiswa teknik komputer? Kenapa tidak mencoba usaha yang satu ini saja. Di Indonesia masih banyak orang yang begitu awam soal teknologi.

Setiap kali laptop yang biasa mereka pakai rusak, bisa dipastikan, mereka akan langsung mencri tukang service laptop. Bisa yang terbaik maupun terdekat.

Peluang usaha yang satu sangat menjanjikan. Apalagi semakin ke sini semakin banyak orang yang menggunakan laptop untuk bekerja sehari-hari.

9. Freelance Jasa Install Software

Menginstal software itu gampang-gampang sulit. Jika memang tidak ada kendala, orang awam pun sebenarnya bisa dengan mudah menginstall software.

Namun, jika ada sedikit saja sistem yang eror pada komputer atau laptop, maka meskipun berkali-kali menginstal software, maka bisa dipastikan akan gagal.

Nah, jika kamu memiliki pengetahuan seputar cara kerja sistem komputer atau laptop, maka kamu bisa mencoba peluang usaha yang satu ini.

Menjadi freelance jasa instal software tidak akan mengganggu kuliah kamu. Kamu tinggal atur waktu kapan kamu akan membuka jasa instalasi software tersebut.

10. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah bisa dijajal oleh mahasiswa yang konsentrasi studinya pada bahasa. Seperti misalnya mahasiswa dari jurusan sastra Arab, sastra Inggris, atau bahasa-bahasa lainnya.

Biasanya para penerjemah membuka jasa terjemah dari Bahasa Indonesia ke bahasa yang dikuasai, seperti misalnya Inggris atau Arab, dan sebaliknya.

Sampai hari ini, nampaknya banyak juga orang yang membutuhkan jasa penerjemah. Baik untuk keperluan studi, penerbitan buku-buku dari luar negeri, dan sebagainya.

11. Jual Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan paket data sepertinya sudah menjadi makanan pokok bagi orang zaman sekarang. Mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan dari kerja sampingan bisa mencoba peluang usaha jualan pulsa dan paket data ini..

Kamu bisa memulainya dengan menawarkan ke teman-teman sesama mahasiswa. Dengan begitu kamu sudah lumayan memiliki banyak mendapatkan pelanggan pembeli pulsa dan pekat data.

Kamu tidak perlu khawatir tentang tempat jualan, karena berjualan pulsa dan paket data bisa dilakukan dengan aplikasi-aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis di Play Store.

12. Jadi Blogger

Untuk mahasiswa yang gemar menulis, selain menjadi penulis freelance, bisa juga menjadi blogger. Blogger adalah orang yang memiliki dan mengelola blog dengan konten bebas.

Mahasiswa bisa mengisi blog dengan konten-konten yang diinginkan. Seperti misalnya puisi, cerita, bahkan artikel mata kuliah. Lalu apakah menjadi blogger bisa menguntungkan? Tentu saja bisa.

Dengan rutin mengisi konten kemudian mendaftarkan blognya ke Google Adsense misalnya, maka uang bisa masuk ke melalui Google Adsense yang telah didaftarkan tersebut.

13. Jualan Online

Saat ini jualan berbagai macam barang bisa dilakukan secara online. Para mahasiswa bisa berjualan hanya dari rumah atau dari kos dengan memanfaatkan marketplace.

Peluang usaha jualan online ini juga sangat simpel. Kamu hanya perlu membuat foto produk yang akan dijual dan diunggah ke marketplace-marketplace yang telah didaftarkan.

Setelah itu, kamu hanya tinggal menunggu saja. Apakah ada orang yang membeli produk yang kamu jual atau tidak. Sering-sering saja cek markeplace kamu.

14. Jastip (Jasa Titip)

Jastip adalah singkatan dari jasa titip. Peluang usaha yang satu ini biasanya hanya akan ramai saat ada momen-momen tertentu saja.

Seperti misalnya momen pameran buku. Orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk datang ke pameran tersebut biasanya akan menggunakan jastip.

Selain itu, jastip juga biasanya merupakan bagian langsung dari pameran tersebut. Mereka adalah orang-orang terpilih yang sudah lolos seleksi sebelumnya.

15. Jual Makanan Ringan

Hampir semua orang mencari makanan ringan. Meski tidak setiap hari, makanan ringan adalah makanan yang paling bisa diandalkan untuk menjamu tamu.

Mulai dari misalnya keripik pisang, makaroni,  hingga keripik singkong. Makanan-makanan tersebut dan sejenisnya biasanya banyak dicari.

Jika kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dari berjualan makanan ringan tersebut.

16. Jual Barang Bekas

Asal masih bisa digunakan atau masih layak untuk digunakan, barang-barang bekas juga biasanya memiliki peminatnya sendiri. Mungkin karena harganya yang murah.

Terkadang ada juga orang-orang tertentu yang memang sengaja memilih barang-barang bekas ketimbang barang-barang baru. Seperti misalnya ada orang-orang tertentu yang sengaja membeli rak buku yang bekas ketimbang rak buku yang baru.

Jika kamu bisa menaksir harga barang bekas dengan baik, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha mahasiswa ini. Tidak hanya rak, tetapi juga HP, laptop, dan sebagainya.

17. Jadi Pemandu Wisata

Saat musim libur, peluang usaha mahasiswa ini bisa kamu coba. Jika kamu mahir berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba jadi pemandu wisata untuk para turis.

Tidak hanya para turis, orang-orang dari luar kota juga biasanya membutuhkan seorang pemandu wisata ketika berwisata ke tempat yang mereka benar-benar tidak tahu.

Bukan saja uang jajan yang bisa kamu dapatkan, tarif untuk seorang yang menjadi pemandu wisata biasanya juga cukup untuk membeli sepatu baru.

18. Jasa Buat Website

Kamu bisa mencoba peluang usaha mahasiswa ini jika kamu adalah seorang mahasiswa IT. Pasalnya, peluang usaha ini zekarang sedang cukup banyak peminatnya.

Website kini tidak saja sekedar untuk branding atau sebagai media untuk menyampaikan informasi. Melainkan juga bisa untuk menghasilkan uang.

Salah satu cara agar website kamu bisa menghasilkan uang adalah dengan mendaftarkannya di Google AdSense. Namun, kamu juga harus mengikutti syarat-syarat yang diberikan oleh Google AdSense.

19. Jasa Buat Toko Online

Jangan ragu-ragu untuk menawarkan keahlian kamu membuat toko online kepada siapa saja yang membutuhkan. Biasanya di Facebook banyak orang yang mencarinya.

Apalagi jika kamu memang sudah benar-benar mahir dalam membuat toko online. Baik itu menggunakann bantuan plugin-plugin tertentu maupun coding sejak awal.

Jika kamu benar-benar menekuni peluang usaha mahasiswa yang satu ini, maka hasilnya tidak saja bisa untuk membayar uang kos. Melainkan juga bisa untun membayar SPP kuliah.

20. Jadi MC

Peluang usaha satu ini cocok untuk mahasiswa komunikasi. Jika bukan mahasiswa komunikasi tentu tidak masalah, karena menjadi MC juga bisa berdasarkan skill dan kepercayaan diri.

Jika merasa mampu menjadi MC, kamu bisa menawarkan diri saat ada acara kampus atau bahkan acara-acara pernikahan dan perayaan lainnya.

Namun ada yang perlu diperhatikan. Menjadi MC juga harus menyesuaikan. Apakah untuk acara formal atau non formal. Untuk masalah bayaran sendiri bisa dinegosiasikan dengan empunya acara.

22. Jadi Asisten Dosen

Bagi mahasiswa berprestasi atau memiliki kepiawaian di bidang akademik, maka bisa menjadi asisten dosen. Biasanya atas dasar rekomendasi atau ditunjuk langsung oleh dosen yang bersangkutan.

Asisten dosen ditugaskan untuk menggantikan proses belajar mengajar di kelas jika dosen berhalangan. Selain itu asisten dosen juga bisa membantu penelitian dosen.

Keuntungan menjadi asisten dosen boleh dibilang banyak. Mulai dari uang saku yang memang tidak bisa diperkirakan jumlahnya hingga pengalaman yang luar biasa.

23. Penulis Freelance

Penulis freelance adalah penulis yang tidak terikat kepada media mana pun. Jika kamu mahir menulis, kamu bisa mencoba peluang usaha mahasiswa yang satu ini.

Kamu bisa mengirimkan tulisan-tulisan kamu ke berbagai media. Dari media nasional seperti Kompas, Detik, dan sebagainya. Maupun media online seperti Artikula atau Alif.

Jika tulisan yang kamu kirimkan itu lolos, mereka biasanya akan memberikan imbalan berupa uang. Jumlah atau besaran imbalan tersebut tidak selalu sama setiap media.

24. Penulis Copywriting

Jangan keliru, penulis copywriting adalah penulis yang secara khusus menulis untuk mempromosikan suatu produk. Sangat berbeda dengan penulis artikel-artikel biasa.

Tugas utama seorang copywriting adalah membuat para pembaca tertarik untuk membeli suatu produk ternetu setelah membaca deskripsi dari produk tersebut.

Pelaung usaha mahasiswa yang satu ini cocok buat kamu yang suka menulis dan berjiwa marketing. Meyakinkan orang untuk membeli produk yang kita tawarkan barang juga tidak mudah.

25. Penulis SEO

Terakhir, tingkat penulis yang satu ini bisa dibilang lumayan sulit. Tapi, asal kamu suka menulis mengerti teknik-teknik SEO dasar, tidak salahnya mencoba peluang usaha mahasiswa ini.

Penulis SEO adalah penulis yang mau tidak mau musti menyelaraskan tulisan-tulisan mereka dengan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan seterusnya.

Tujuan utamanya adalah agar tulisan bisa berada di peringkat pertama atau paling tidak di halaman pertama (SERP) dari sebuah mesin pencari. Baik tiu Google, Yahoo, Bing, dan seterusnya.

FAQ 

  • Apa itu bisnis part time?

Bisnis part time adalah bisnis yang dikerjakan paruh waktu. Paruh waktu berarti hanya setengah hari atau terhitung berapa jam saja dalam satu hari. Bisnis part time sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah penghasilan di samping kuliah.

  • Usaha apa yang cocok sambil kuliah?

Usaha yang cocok dilakukan sambal kuliah sebenarnya ada banyak. Tergantung pada ketertarikan masing-masing. Mulai dari les privat, membuka bimbingan belajar, menjadi freelancer hingga jualan online.

  • Peluang usaha apa yang cocok untuk part time bagi mahasiswa?

Kamu bisa mencoba untuk menjual makanan-makanan ringan di sore hari sampai malam. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang penulis. Dengan catatan kamu suka menulis.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait peluang usaha mahasiswa yang ada di tahun 2022 dan mungkin bisa kamu coba. Mulai dari menjadi menjual buku hingga penulis dan asisten dosen.

Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan sendiri adalah freelance desain grafis. Ke depan seorang desain grafis tampaknya akan semakin dibutuhkan.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk membagi artikel ini ke teman kamu sesama mahasiswa.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *