Cara Menggunakan Tailwind untuk Menganalisis Performa Media Sosial

Anisa 26 Dec 2023 3 Menit 0

Sudah tahu cara menggunakan Tailwind? Yakni software atau social media analytic tool kekinian untuk mengukur serta menganalisis media sosial. Mulai dari analisis konten lewat interaksi, like, share, engagement, kunjungan profil, dan sebagainya.

Alat ini tentu sangat dibutuhkan bagi para pebisnis yang penerapan strategi bisninya melalui channel atau saluran pemasaran digital masa kini.

Dengan Tailwind, kamu bisa mengetahui seberapa besar jangkauan konten dan akun media sosial kamu ke para pengguna, sehingga dapat menentukan strategi marketing yang tepat.

Penasaran bagaimana cara menganalisis media sosial lewat Dashboard Tailwind? Baca dulu yuk sampai selesai!

1. Apa itu Tailwind?

Gambar tailwind app

Tailwind adalah software social media dan email marketing yang menawarkan beragam fitur lengkap, termasuk layanan untuk menganalisis performa media sosial lewat tampilan matrik yang sederhana.

Alat ini banyak digunakan oleh pebisnis pemula, UMKM, brand besar, dan organisas-organisasi di dunia untuk melakukan suatu kampanye melalui konten di media sosial.

Seperti misalnya kampanye penjualan sepatu ramah lingkungan yang dipasarkan lewat Facebook, Instagram, dan TikTok guna menarik minat pecinta lingkungan dan menyadarkan publik akan pentingnya membeli sepatu yang eco-friendly.

Nah, tujuan-tujuan seperti itulah yang sejalan dengan konsep Tailwind, yakni turn followers into customers (membuat pengikut menjadi pelanggan).

Kalau kamu mau ingin membuat strategi pemasaran khusus brand UMKM, coba pakai Tailwind. Sebab banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pada tool yang satu ini.

2. Fitur Social Media Analytic Tailwind

Sebelum membahas cara menggunakan Tailwind, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal tentang fitur-fitur alat ini.

Berikut fitur andalan pada social media analytic Tailwind:

ADVERTISEMENTS

2.1. Fitur Switch untuk Beberapa Akun

Tailwind menyediakan beragam kemudahan bagi pengguna yang terbiasa menangani banyak akun dalam satu waktu.

Lewat fitur switch sekali klik ini, kamu bisa berpindah dari satu akun ke akun lainnya dengan cepat tanpa harus login atau memasukkan data seabrek. Contoh saja, kamu membuka akun media sosial Instagram, kemudian ingin menganalisis akun Facebook, maka tinggal klik opsi switch saja.

Adanya fitur ini tentu akan memudahkan kamu yang bekerja di bidang digital marketing dan harus dihadapkan dengan analisis serta audit performa konten dari berbagai brand.

ADVERTISEMENTS

2.2. Melihat Tampilan Performa Tiap Bulan

Nah kalau social media management tools bisa digunakan untuk menjadwalkan konten, menggunakan hashtag relevan, mencari influencer atau brand, maka di analytic tool ini kamu bisa mengetahui performa dari publikasi konten tersebut tiap bulannya.

Kelebihan Tailwind ini dapat menyajikan matrik yang mudah dipahami dan tidak perlu keahlian khusus dalam bidang matematika.

Kamu pun bisa menganalisisnya sembari mempelajari engagement konten dan akun media sosial lewat laporan yang dibuat oleh Tailwind.

ADVERTISEMENTS

2.3. Ekspor Laporan Hasil Analisis

Setelah seluruh performa tiap bulan keluar dan dapat dianalisis, kamu bisa mengekspornya dan membagikannya ke platform atau media sosial lain.

Tujuannya agar bisa dianalisis bersama tim/klien/pihak brand dan mencari solusi yang tepat sebelum memilih atau membuat strategi pemasaran yang cocok dari hasil laporan tersebut.

Walaupun tampak sederhana, tetapi fitur-fitur tersebut sudah cukup membantu bagi agensi atau perusahaan yang ingin menggunakan tool analisis. Terutama untuk pemula.

Nah bagaimana cara menggunakan Tailwind untuk pebisnis pemula? Yuk, baca pembahasan berikutnya.

ADVERTISEMENTS

3. Cara Menggunakan Tailwind dengan Mudah

Inilah cara menggunakan Tailwind, social media analytic tools yang berfungsi mengukur performa media sosial kamu:

3.1. Login Tailwind via Email

Langkah pertama, silakan buka website taildiwind.com. Kemudian klik menu Feature (fitur)
Pilih Social Media Analytics dan klik Sign up free. Di sini kamu bisa pilih Sign up with email agar lebih cepat.

Cara daftar tailwind lewat email

3.2. Daftar Akun

Selanjutnya masukkan nama kamu, alamat email, password, dan website. Lalu klik Next
Pilih fokus utama website kamu.

Misal: Blogger Kemudian klik See How it Works untuk melihat sampel cara kerja Tailwind. Klik See Tailwind Create.

Bagaimana cara daftar tailwind

Nah untuk menikmati fitur-fitur tailwind kamu bisa membayar biaya berlangganan terlebih dahulu ya
Kemudian ikuti petunjuk yang ada di websitenya

FAQ

Apakah Tailwind.app gratis?

Pendaftaran akun di Tailwind.app gratis dan pengguna dapat mencoba versi gratis selamanya (free forever) tetapi dengan fitur yang terbatas. Sementara untuk menikmati seluruh fiturnya dengan lengkap, pengguna dapat berlangganan Tailwind mulai dari $14.99 hingga $49.99 atau sekitar Rp232.780,46 hingga Rp776.297,21 (per 21 Desember 2023)

Apakah Tailwind cukup efektif untuk mengukur performa media sosial?

Tailwind App sangat direkomendasikan bagi pengguna dari seluruh kalangan tanpa terkecuali untuk menganalisis dan mengukur performa konten sekaligus akun media sosial setiap hari, minggu, dan bulannya.

Kesimpulan

Ternyata tidak sulit ya cara menggunakan Tailwind? Akan tetapi perlu diingat, untuk menggunakan seluruh fiturnya, kamu harus membayar biaya berlangganan terlebih dahulu.

Sama halnya ketika pakai software KeyHole untuk merancang strategi bisnis.


Janganlupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber: Pemaparan di atas diperolehmelalui riset yang dilakukan oleh penulis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *