Aplikasi Line Messenger dan Line Official Account ternyata berbeda lho! Makanya, kenali dulu yuk cara menggunakan akun Line untuk bisnis online.
Misalnya saja ingin mengembangkan ide bisnis pesta dan craft atau beberapa usaha sampingan lainnya.
Karena pengguna asal Indonesia bisa mencari penghasilan tambahan tanpa harus berjualan di Line Shopping yang masih awam dioperasikan.
Singkatnya, akun Line khusus bisnis dapat diunduh melalui Google Play Store dan dihubungkan dengan Line Messenger.
Ingin tahu bagaimana menggunakan aplikasi Line untuk mencari cuan? Baca dulu artikel ini sampai tuntas ya!
Pengertian Line for Business
Line Business adalah layanan yang dibuat Line Official Account untuk pengguna yang ingin mendirikan bisnis dengan menuliskan deskripsi usaha, baik barang maupun jasa.
Aplikasi atau fitur ini tidak hanya digunakan oleh pebisnis online, tetapi juga selebriti, idol, penyanyi, komedian, dan tokoh-tokoh yang bergelut di industri hiburan.
Setiap kali ingin mendirikan akun bisnis remi, seluruh pengguna harus mendaftar dan membuat akun di Line Official Account.
Perbedaan Line for Business dan Line Messenger
Walaupun sama-sama dikenal dengan nama “Line”, akan tetapi aplikasi multimedia ini sama halnya dengan pembuatan akun WhatsApp dan WhatsApp Bisnis.
Keduanya dipisah meskipun berasal dari entitas yang sama.
ADVERTISEMENTS
Funsgi Line Official Account atau Line For Business
- Digunakan untuk mendaftar nama toko online
- Menghubungkan pemilik usaha dengan customer
- Mengelola aktivitas usaha
- Mempromosikan jualan atau produk pada konsumen
- Membuat kupon, voucher, dan diskon secara digital
- Menganalisa data bisnis
- Menjalin relasi dengan klien
- Aplikasi berlogo “L”
ADVERTISEMENTS
Tentang Line Messenger
- Berfungsi untuk mengobrol, chatting, dan membuat grup keanggotaan
- Membeli stiker, mengganti tema, dan mengumpulkan koin
- Untuk berbelanja online
- Membayar tagihan (Split bill, top up, dan lainnya)
- Membuat memo
- Bikin Line Voom
- Dan komunikasi lainnya
- Aplikasi berlogo “Line”
Simpulannya adalahLine messenger dimanfaatkan untuk belanja berbagai produk online, sementara Official Line Account digunakan untuk berjualan (bagi seller).
ADVERTISEMENTS
Kebijakan Line For Business yang Terbaru
Kebijakan Line terus berganti dan berubah seiring berjalannya waktu.
Setelah mengakhiri eksistensi Line Today dan fokus pada pengembangan fintech, ada sejumlah kebijakan terkait aplikasi yang satu ini.
Khususnya bila pengguna memakai Line Bisnis (Official Line Account)
ADVERTISEMENTS
Hanya Bisa Diakses via Aplikasi
Walaupun Line Official Account (LOA) tersedia dan dapat diakses melalui web, akan tetapi cara menggunakan Line untuk bisnis tetaplah harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.
Singkatnya, pengguna hanya bisa membaca tentang berita, tren, insight, dan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis di website resminya.
Baca Juga
Sedangkan untuk menjalankan bisnis, setiap pengusaha wajib download aplikasi “Official Line Account” atau mengetikkan keyword “Line Business” lewat kolom pencarian Play Store.
Pesan Siaran Gratis
Sejak Juli 2022 yang lalu, Line mengeluarkan kebijakan baru yang mengatakan kalau pihaknya hanya menyediakan paket free untuk pesan siar berjumlah 500 per bulan.
Ini artinya, pengguna hanya diizinkan mengirim chat berisi promo atau pemberitahuan produk ke konsumen maksimal 500 kali dalam 30 hari.
Sedangkan paket berbayar seperti basic dan pro, additional message, serta ID premium telah dihapus.
Sehingga untuk pengguna yang sudah terlanjur membeli atau masih punya sisa paket pesan siar, sistem akan mengalihkannya ke paket free (gratis) terhitung 1 Agustus 2022.
Namun jika paket ID premiumnya masih aktif, maka akan tetap berlaku sampai batas masa expired-nya.
Daftar Fitur Line for Business
Sesuai dengan perubahan-perubahan yang terjadi di tubuh Line Account, inilah berbagai macam fitur yang bisa pengguna akses dan optimalkan untuk berbisnis online tanpa modal yang besar:
- Pesan Siaran merupakan fitur untuk membuat pesan broadcast bernada promosi guna memperkenalkan produk, layanan, harga, dan semua hal yang menyangkut brand ke calon konsumen.
- Salam pembuka berguna untuk menyapa konsumen maupun pelanggan tetap agar hubungan antara penjual dan pembeli lebih dekat.
- Balasan pesan di Line hampir sama persis dengan fitur yang dimiliki oleh seller ketika mendaftar akun merchant Shopee Food.
- Kupon adalah sebuah fitur yang mengizinkan para penjual untuk membuat berbagai jenis kupon secara virtual dan membagikan atau mengirimkannya lewat pesan siar, grup chat, dan Line Voom.
- Kartu Loyalitas pada dasarnya persis dengan kupon, yaitu sebuah kartu berisi poin gratis yang diberikan pada konsumen supaya mereka menggunakannya untuk berbelanja di toko.
- Tambah Teman berfungsi untuk menambah teman dari berbagai platform seperti Line messenger, Facebook, Twitter, dan email.
- Profil atau deskripsi akun difungsikan untuk mengubah nama toko, mengunggah post, mendesain toko, membuat pengumuman, dan melakukan beberapa perubahan data.
- Menu Multimedia berguna menampilkan berbagai menu dalam satu akun
- Pengumuman berisikan informasi terbaru yang telah dirilis oleh pihak Line
- Pengaturan untuk mengatur, mengelola, mengubah, dan manajemen berbagai menu yang berhubungan dengan akun bisnis
- Pengaturan Pengguna bisa diakses dengan klik ikon titik tiga di sebelah pojok kiri atas untuk membenahi akun Line secara pribadi (obrolan, telepon, kualitas gambar, ukuran teks, dan sebagainya).
- Bantuan dapat menjadi solusi ketika pengguna masih memerlukan sejumah panduan dari Line secara langsung.
- Line Voom hampir sama dengan Facebook Reels yang resmi digunakan untuk mengunggah konten video maupun penggabungan foto.
- Obrolan ialah fitur yang bisa dioptimalkan untuk menjawab pertanyaan klien terkait bisnis, usaha, mengatur reservasi, dan menampung masukan dari pelanggan.
- Analisis menampilkan jumlah jangkauan ke teman/konsumen, pesan siar, respon pembeli, dan lainnya.
- Pemberitahuan (notifikasi) untuk melihat dan membaca seluruh rekomendasi yang dikirimkan oleh Line
Pengguna bisa membuat beberapa akun resmi Line (Brand atau nama online shop) lewat Line Official Account tersebut.
Panduan & Cara Membuat Akun Line Untuk Bisnis
Ikuti panduan dan tata cara membuat akun Line untuk bisnis
- Silakan download atau unduh aplikasi Line Official Account
- Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kiri atas
- Klik “Buat akun”
- Isi kolom registrasi atau pendaftaran secara benar dengan memperhatikan hal berikut:
– Nama akun tidak boleh lebih dari 20 huruf
– Pilih kategori bisnis dengan benar. Misalnya: perawatan kesehatan/kecantikan
– Pilih sub-industri. Contoh: Spa
– Wilayah negara diisi: Indonesia
– Nama perusahaan tidak boleh lebih dari 100 kata (ini berbeda dengan nama akun ya, tetapi bisa disamakan bila mau)
– Alamat email yang didaftarkan ke Line Messenger sebelumnya - Setelah itu, barulah klik “Lanjutkan”
- Selesai deh!
- Terakhir, kamu bisa mengatur atau mengubah dan mengelola akun Bisnis ini sesuai dengan perkembangan dan kebijakan toko maupun perusahaan yang telah dibangun/
Tips Jualan Pakai Line Bisnis
Pertama, kamu harus menambahkan teman atau cari konsumen sebanyak-banyaknya lewat Line.
Kedua, buatlah salam perkenalan dan sebar pesan siaran berisi produk atau layanan pada calon konsumen.
Ketiga, desain kupon atau bikin kartu loyalitas untuk 50 pelanggan pertama yang ingin check out produk kamu.
Setelahnya, kamu bisa memperbaiki pelayanan dan produk dengan meminta feedback dari para pembeli.
Kemudian, jangan lupa lakukan improvisasi dan evaluasi setiap hari lewat data analisis di menu Line Account.
Penutup
Bagaimana, cara menggunakan akun line untuk bisnis tidak sesulit yang dibayangkan ya ternyata?
Oke, kalau begitu selamat mencoba dan mengembangkan ide usaha di rumah.
Jangan lupa untuk follow Instagram dan Facebook @Pintarjualan.id.