Cara Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim, Uang Langsung Balik!

Anisa 05 Des 2022 5 Menit 0

Ada nggak sih cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim? Tenang aja, karena ternyata banyak cara yang bisa dicoba. Kamu juga dapat mengambil uangmu kembali melalui beberapa prosedur.

Ya, sebagai pengguna aplikasi e-wallet atau dompet digital harus berhati-hati sebelum kirim saldo atau pun pulsa.

Apalagi sekarang cara transfer DANA ke GoPay, OVO, ShopeePay, dan lain-lain lebih mudah semenjak ada beberapa jasa konversi dari pihak ketiga.

Makanya, kamu harus waspada dan biasakan memeriksa kembali seluruh kebenaran serta akurasi informasi yang diperoleh serta dikirimkan ke orang lain.

Mengapa Bisa Salah Kirim Saldo DANA?

Salah transfer DANA bisa terjadi dan menimpa siapa saja, bahkan termasuk kamu sekali pun.

Walaupun dikategorikan sebagai human error akibat kecerobohan dan ketidaktelitian pengguna, kamu masih bisa meminimalisirnya.

Jadi, apa sih penyebab salah transfer Saldo DANA?

  1. Kamu salah memasukkan nomor rekening dan ID DANA penerima (kurang angka, salah angka, dan lain-lain)
  2. Nominal atau jumlah saldo yang dimasukkan salah
  3. Kamu tidak mengikuti panduan dan petunjuk tentang tata cara mendapatkan saldo DANA gratis dan mentransfsernya ke akunmu yang lain atau milik penerima lain
  4. Server sedang error
  5. Akun telah dibajak atau kena hack oknum sehingga tampak mengirim sejumlah saldo ke nomor tak dikenal

Kalau sudah terjadi seperti hal-hal di atas, jangan panik dulu! Ada beberapa kontak DANA yang bisa kamu hubungi, di antaranya:

  • Nomor WhatsApp DANA: 0819-1150-0445
  • Email DANA: help@dana.id
  • Nomor telepon: 1500445
  • Instagram: @dana.id
  • Facebook: @danawallet atau https://www.facebook.com/danawallet/
  • Twitter: @danawallet atau DANA.id
  • Websit: http://www.dana.id/

Setelah mengetahui fakta di atas, inilah beberapa cara dan solusi yang bisa kamu coba berdasarkan jenis kasus yang dihadapi!

Cara Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim

Kamu tetap bisa kok mengembalikan saldo DANA yang salah kirim ke nomor atau akun orang lain yang tidak dikenal.

Namun dalam kasus seperti ini, kamu harus memastikan bahwa ada kesepakatan antara kedua belah pihak di antara kalian, terutama dari pihak penerima yang harus mengirimkan kembali saldo tersebut.

Bagaimana cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim ke nomor tak dikenal?

  1. Pertama, hubungi nomor yang terdaftar pada akun DANA tersebut melalui WhatsApp. Jika nomor tersebut ternyata tidak terdaftar pada akun WhatsApp, maka silakan telepon melalui panggilan regule terlebih dahulu. Pastikan juga kartumu masih ada pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan.
  2. Kemudian perkenalkan diri, jelaskan kronologinya, dan minta tolonglah pada orang tersebut untuk mentransfer kembali saldo DANA karena uang tersebut sangat penting.
  3. Jika orang tersebut masih enggan karena merasa kesalahan tersebut murni dari kamu pribadi, maka pakai plan B yakni memberikan imbalan sebagai bentuk jasa karena berkeinginan membantu menyelesaikan masalah tersebut

Negosiasikan pula jenis dan berapa banyak imbalan yang diinginkan.

Misalnya ingin penerima mentransfer seluruh saldo tersebut seperti sedia kala karena hendak kamu pakai, maka sebagai imbalannya adalah top up saldo DANA lewat bank atau alfamart untuk orang tersebut.

Apabila cara tersebut tidak berhasil juga, maka mau tidak mau, suka atau tidak suka, kamu harus mengikhlaskannya.

Panduan Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim ke Nomor Tidak Aktif

Kasus berikutnya adalah pengguna salah kirim saldo DANA ke no. tidak aktif dan akun tersebut sudah mengganti nomor DANA dengan yang baru.

Memangnya ada ya? Ada dong! Cara mengganti nomor DANA yang sudah tidak aktif sangat mudah dan cepat, sehingga pengguna dengan leluasa mengajukan perubahan data.

Kalau sudah begitu, kamu perlu menghubungi pihak pusat bantuan DANA secara langsung. Nah, begini nih cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim via customer service:

Pertama, buka akun gmail kamu dan tulis alamat penerima yakni help@dana.id, kemudian isikan juga bagian subjek dengan kalimat “Salah kirim saldo DANA ke akun DANA orang lain yang sudah tidak aktif lagi”

Cara mengembalikan uang di dana ke rekening

Barulah setelah itu, tuliskan isi email secara padat, jelas, dan lugas sesuai dengan apa yang kamu alami, supaya mendapatkan tanggapan yang cepat dari Pusat Bantuan DANA. Contoh penjelasan yang bisa kamu tulis seperti ini:

Cara mengembalikan saldo e money ke rekening

“Selamat siang, DANA. Saya Amril Husadi dengan nomor atau ID DANA 081325876980 yang hari ini, tepatnya pukul 12.05 WIB mengirim saldo DANA ke nomor yang tidak aktif.

Bagaimana saya tahu kalau nomor tersebut sudah tidak aktif? Saat saya tambahkan ke kontak WhatsApp, nomor tersebut ternyata tidak terdaftar.

Kemudian, saya coba hubungi menggunakan panggilan telepon biasa lewat provider, tetapi operator mengatakan bahwa nomor sudah tidak aktif dan tidak terdaftar.

Dari hasil tersebut saya menyimpulkan bahwa akun DANA pihak penerima sudah tidak aktif dan saya meminta bantuan dengan sangat pada Pusat Bantuan DANA untuk refund saldo yang salah kirim itu ke nomor saya kembali.

Mohon berkenan membalas pesan saya karena saldo tersebut satu-satunya yang saya miliki dan sangat penting untuk pembayaran sebuah transaksi.

Terima kasih”

Selain melalui email, kamu juga bisa melakukannya lewat aplikasi secara langsung untuk mendapatkan respon cepat dari CS DANA.

  1. Buka akun DANA dan masuk ke menu Riwayat lalu lihat riwayat transaksi
    Cara mengembalikan saldo yang salah kirim

    Source: azmadiaz_channel 2 milyar on youtube

  2. Setelah itu cari akun yang menerima transferan saldo salah sasaran dari kamu
    Cara mengembalikan uang dana ke rekening

    Source: azmadiaz_channel 2 milyar on youtube

  3. Klik CARI BANTUAN dan pilih Chat untuk berkomunikasi dengan CS DANA melalui pesan teks atau chat WhatsApp
    Tata cara mengembalikan saldo dana yang salah kirim ke nomor tidak dikenal

    Source: azmadiaz_channel 2 milyar on youtube

  4. Katakan keluhan atau laporan terkait salah transfer uang secara jelas dan padat
    Cara mengembalikan saldo dana yang salah kirim

    Source: azmadiaz_channel 2 milyar on youtube

     

     

Sebagian pengguna memilih cara di atas karena dianggap lebih memudahkan mereka dalam memantau update atau laporan terbaru dari CS DANA.

Ditambah lagi notifikasi WhatsApp juga langsung terhubung dengan ponsel. Tidak seperti email yang kadang terlambat masuk.

Tutorial Mengembalikan Saldo DANA yang Salah Kirim ke Rekening Bank

Tidak hanya ke sesama pengguna DANA, salah kirim saldo juga kerap terjadi ketika pengguna mentransfer uang ke rekening bank orang lain.

Misalnya transfer BRI, transfer CIMB, Mandiri, BNI, dan beberapa bank lainnya.

Kalau sudah begitu, gimana ya cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim ke rekening bank orang lain?

  1. Pertama kamu harus mengajukan permohonan ke bank terlebih dahulu agar dibantu oleh customer service bank
  2. Bank akan menjadi mediator antar nasabah apabila terjadi kendalam dalam transfer atau lainnya
  3. Bawa bukti yang mendukung permohonan laporan atau aduan tersebut
  4. Jika bank berhasil menghubungkan kamu dengan akun penerima tersebut, maka kamu dapat mengajukan kesepakatan dengan penerima.

Perlu diingat bahwa pihak bank tidak dapat membagikan informasi nasabah begitu saja karena mereka harus menjaga kerahasiaan data seluruh pelanggannya.

Jadi, apabila salah transfer ke rekening bank milik orang lain, maka jangan terlalu berharap uangmu bakal kembali.

Hal ini dikarenakan sebagian penerima saldo salah transfer menganggap bahwa peristiwa seperti itu murni kesalahan pengirim dan bukan tanggung jawabnya.

Sebagai gantinya, kamu bisa menerapkan tips berikut agar tidak salah kirim saldo DANA!

Infografik cara mengembalikan saldo dana yang salah kirim

Tips Kirim Saldo DANA agar Tepat Sasaran

Tahu nggak sih? Transfer saldo DANA ke nomor lain memang berisiko, apalagi kalau nominal yang dikirim lumayan banyak.

Oleh karena itu, agar saldo DANA tepat sasaran dan diterima oleh pihak yang memang dikehendaki, kamu dapat menerapkan hal berikut:

  • Pastikan nomor rekening atau nomor akun DANA sudah sesuai dan benar dengan melihat nama penerimanya
  • Cek lagi sebelum klik transfer saldo untuk memastikan nomor dan nominal sudah betul
  • Masukkan kode bank penerima dengan benar untuk menghindari kesalahan saat transfer uang
  • Apabila kamu ragu dengan pihak penerima karena nama akun/ID miliknya berbeda dari yang diberitahukan sebelumnya, maka telepon atau hubungi kembali orang tersebut untuk mengkonfirmasi data yang sebenarnya
  • Jika kamu mengalami kendala atau masalah saat transfer, seperti gagal kirim padahal saldo mencukupi, sistem error, dan sebagainya, maka hubungi Pusat Bantuan DANA untuk mendapatkan panduan dan solusi paling tepat.

Mulai dari sekarang harus lebih jeli dan teliti ya sebelum mengirim saldo DANA ke akun orang lain. Kalau ke akun sendiri sih nggak masalah karena kamu bisa mentransfernya kembali.

Namun akan lain cerita bila hal tersebut diterima oleh orang asing dan tidak kamu kenal.

FAQ

Apakah salah transfer DANA bisa dibatalkan?

Pembatalan transfer bisa saja dibatalkan dengan syarat pihak penerima bersedia untuk tidak menerima saldo DANA tersebut dan bersedia jika pihak DANA mengembalikan saldo ke pihak pengirim. 

Q: Apakah bisa melakukan refund DANA?

Refund bisa dilakukan dengan mengubungi Pusat Bantuan DANA dan menjelaskan kronologi yang dialami dengan melampirkan beberapa bukti. Refund akan berhasil kalau jumlah saldo DANA penerima sudah mencapai limit bulanan, terjadi gangguan pada server bank dan sistem DANA, akun DANA sedang dibekukan atau diblokir sementara, pengirim sudah melebihi batas limit transfer saldo.

Berapa lama proses pengembalian saldo DANA akibat salah transfer?

Pengembalian saldo DANA akan membutuhkan waktu satu hingga dua minggu tergantung masalah yang dialami oleh pengguna

Akhir Kata

Nah, itu dia cara mengembalikan saldo DANA yang salah kirim, entah ke nomor orang tak dikenal, ke rekening bukan penerima sebenarnya, dan lain-lain.

Semoga bisa membantumu untuk memecahkan masalah terkait e-money ya!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Bagaimana jika Saya salah transfer ke rekening bank pengguna lain – https://dana.zendesk.com/hc/id-id/articles/4908079305241-Bagaimana-jika-Saya-salah-transfer-ke-rekening-bank-pengguna-lain-#:~:text=Apabila%20kamu%20ingin%20menghubungi%20pihak,sini%20untuk%20bantuan%20lebih%20lanjut.
  • Bagaimana jika Saya salah kirim isi Saldo DANA ke nomor lain – https://dana.zendesk.com/hc/id-id/articles/4908185726105-Bagaimana-jika-Saya-salah-kirim-isi-Saldo-DANA-ke-nomor-pengguna-lain-
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *