Cara Mengembalikan Barang di Lazada Bagi Pembeli [100% Sukses]

Anisa 06 Jun 2022 4 Menit 0

Cara Mengembalikan Barang di Lazada bisa dilakukan dengan menyimpan foto produk yang dirasa tak sesuai kemudian unggah pada fitur yang telah tersedia.

Pengembalian biasanya terjadi karena adanya kerusakan, kesalahan, maupun hal lainnya pada produk tersebut.

Dan bisa saja diakibatkan sistem yang eror, kesalahan penjual langsung, atau justru datang dari kurir yang tidak hati-hati.

Oleh karena itu, pembeli atau konsumen pun tak segan-segan ingin mengembalikannya.

Apalagi kalau bernominal besar dan kesalahannya sangat fatal.

Sudah pasti pembeli ingin melakukan beberapa cara untuk refund.

Lalu, bagaimana sih caranya agar barang tersebut dapat dikembalikan sesuai prosedur Lazada?

Syarat dan Aturan Mengembalikan Barang di Lazada

Para konsumen serta pelanggan ecommerce dan online shop berhak mengajukan pengembalian selama memenuhi beberapa persyaratan.

Tak terkecuali di Lazada.

Memangnya, siapa sih yang mau rugi dengan menerima barang tak sesuai deskripsi produk atau sudah rusak?

Namun, perlu diperhatikan dulu nih beberapa hal sebelum melakukan pengembalian barang atau produk tertentu di Lazada.

  • Siapkan seluruh bukti pendukung seperti resi pemesanan, invoice, faktur, foto maupun video barang sejak pertama kali dibuka
  • Jangan memberikan ulasan atau review pada penjual yang bersangkutan apabila hendak mengembalikan barang. Sebab, ketika pembeli sudah terlanjur mengisi ulasan produk, maka dianggap oleh sistem bahwa transaksi selesai dan barang telah diterima.
  • Sebaiknya pembeli memilih teknik drop off karena tidak akan dikenakan biaya administrasi apa pun (gratis) dan pembeli juga dapat memperlihatkan nomor resinya melalui aplikasi Lazada serta mencetak label pengiriman yang menempel pada paket.
  • Isi formulir pengembalian barang yang sudah disediakan oleh Lazada sesuai keadaan dan situasi yang sebenarnya
  • Jika ingin memeriksa kualitas barang pada produk yang telah dikirim menggunakan password, lebih baik hapus atau unlock sebelum dikirim.
  • Kirim paket lewat lokasi drop point atau konter kurir terdekat lengkap dengan alamat pengirim (penjual) yang tertera pada barang.
  • Pastikan dikirim kembali pada seller secepatnya dan tidak melebihi tenggat waktu yang ditentukan oleh pihak Marketplace. Makin lama waktu pengembalian, makin sulit proses approved pengembalian barang tersebut.

Masa Garansi dan Tenggat Pengembalian Barang di Lazada

Sama halnya dengan marketplace lain, tenggat retur barang di Lazada dibatasi waktu-waktu tertentu.

  1. Pengembalian barang impor dari luar negeri seperti platform Taobao dan sejenisnya dapat dilakukan selama 7 hari sejak barang diterima pembeli
  2. Barang jenis retail FBL (Disediakan dan dikirim oleh Lazada langsung) boleh dikembalikan selama 14 hari atau dua minggu sejak barang sampai di tangan konsumen
  3. Pengembalian barang yang dikirimkan oleh pihak admin online shop paling lambat 7 hari sejak pertama kali barang diterima buyer
  4. Untuk barang yang berasal dari Lazada Mall atau official store harus dikirim selambatnya 15 hari sejak pertama kali barang sampai di rumah konsumen.

Aturan tersebut bisa saja berubah dalam beberapa tahun sekali menurut kebijakan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Lazada.

Sehingga, konsumen atau pengguna Lazada perlu mencermatinya terlebih dahulu sebelum berbelanja di Lazada terutama melakukan retur atau pengembalian barang.

ADVERTISEMENTS

Tata Cara Mengembalikan Barang di Lazada

Sekarang ikuti petunjuk dan tata cara pengembalian barang di marketplace yang satu ini!

  1. Kunjungi situs atau masuk ke akun Lazada masing-masing
  2. Pada halaman pertama yang muncul, klik opsi ‘Lihat Semua Pesanan’
  3. Kemudian pilih pesanan yang dirasa tak sesuai dan ingin mengajukan pengembalian barang
  4. Setelah itu, lanjut ke menu ‘Detail Pesanan’ dan klik opsi ‘Pengembalian Saya’
  5. Langsung klik ‘Saya ingin Mengembalikan Produk’
  6. Berikutnya pilih alasan yang paling mendekati, mengapa kamu ingin mengembalikan produk tersebut dan jelaskan secara detail lewat kolom keterangan tentang hal-hal dan latar belakang barang tersebut mesti dikembalikan.
  7. Kalau sudah, langsung saja klik ‘Selanjutnya’
  8. Pilih metode atau sistem pengembalian uang yang sebelumnya digunakan untuk membeli produk tersebut.
    Di sini, kamu bisa memilih pembeli mentransfer pengembalian uang ke rekening secara langsung atau dikembalikan berupa voucher yang sewaktu-waktu dapat dicairkan untuk berbelanja.
  9. Jika sudah, periksa seluruh kelengkapan dan persyaratan. Serta cek kembali alasan pengembalian sudah betul atau belum. Kalau jumlahnya juga sudah sesuai, klik ‘Confirm’ atau ‘Konfirmasi’.
  10. Usai tanda konfirmasi, pembeli bisa mengantarkan paket ke konter kurir terdekat sesuai dengan ekspedisi yang digunakan sebelumnya.
  11. Bisa juga memilih ‘Pick Up’ oleh kurir dengan mengklik ‘Pilih’. Misalnya lewat J&T
  12. Baru kemudian klik ‘Kirimkan’

Ketika permintaan sudah diproses, itu artinya kamu berhasil dalam melakukan retur barang.

Lalu, tunggu lagi informasi detailnya dari penjual.

Biasanya mereka akan chat atau menanyakan kemungkinan rincian dan detail tentang pengembalian barang tersebut.

Penting: Sebelum melakukan retur, ada baiknya mengirim pesan atau chat pada seller untuk mengkonfirmasi dan menanyakan secara detail terkait produk yang hendak dikembalikan.

ADVERTISEMENTS

Review Pengembalian Barang di Lazada

Cara mengembalikan barang di Lazada bagi sebagian orang terbilang cepat dan mudah.

Namun, ada pula yang merasa kesulitan karena ditolak akibat beberapa alasan yang kurang menentu.

Namun jika kamu ingin berhasil maka penting sekali mengikuti aturan yang ada.

Jangan sedikit pun meremehkan instruksi atau arahan dari Lazada apabila terjadi kegagalan.

“Pengalaman pengembalian barang ini datang dari seseorang yang pernah membeli kipas portable warna pink di Lazada.

Namun pembeli mengirimkan warna kuning.

Sontak pembeli ini pun mengirimkan pesan ke penjual dan ingin mengajukan pengembalian barang.

Beruntung, sang penjual mengakui kesalahan tersebut dan setuju untuk mentransfer pengembalian dana atas produk itu.”

Menurut pengakuannya, proses pengembalian terbilang transparan.

Begitu hari Selasa dikirim kembali ke penjual, selang beberapa hari uang sudah kembali masuk ke akun dompet digital miliknya.

Pembeli itu juga memberikan saran bahwa untuk mengembalikan barang, sebaiknya tidak ada satupun bagian yang rusak.

Termasuk kardus bawaan dari barang langsung.

Namun untuk bubble wrap masih bisa diganti sendiri sesuai dengan pengemasan sebelumnya.

ADVERTISEMENTS

FAQ

Q: Siapa yang menanggung ongkir pengembalian barang?

A: Pengembalian barang dari pembeli ke penjual biasanya ditanggung oleh pembeli. Umumnya nominal ongkir sama dengan ketika barang pertama kali dibeli. Sebaliknya, ongkir akan ditanggung oleh penjual jika pihak penjual yang mengirim barang ke pembeli.

Q: Apakah setiap mengembalikan barang di Lazada harus bayar?

A: Lazada kini memberikan pembiayaan gratis atau tidak membebankan sepeser pun bagi pembeli yang ingin mengembalikan barang.

Layanan ini bersifat umum dan pembeli dapat mengantarkan barang tersebut ke konter kurir maupun lokasi drop off paling dekat dengan rumah.

Q: Bagaimana cara mengembalikan barang COD di Lazada?

A: Untuk mengembalikan produk yang sudah terlanjur dibeli sistem COD dan ingin dikembalikan, maka caranya hampir persis di atas. Pembeli wajib mengunggah foto produk yang rusak atau salah, kemudian mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang disediakan oleh Lazada.

Q: Berapa proses pengembalian barang di Lazada?

A: Tenggat pengembalian produk atau barang bisa berbeda-beda tergantung jenisnya. Namun, umumnya masa garansi tersebut berkisar antara 7 hari sampai 15 hari (dua minggu).

ADVERTISEMENTS

Penutup

Nah, mungkin itulah pembahasan mengenai cara mengembalikan barang di Lazada.

Semoga membantu kamu yang sedang kesulitan ingin refund atas produk yang tak sesuai, akan tetapi ragu.

Jangan lupa, ikuti segudang aktivitas kami via instagram Pintarjualan dan bagikan konten ini.

Terima kasih banyak!

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *