Cara Mengajukan Komplain ke J&T Express, Atasi Paket Belum Sampai

Ifan Prasya 07 Sep 2022 6 Menit 12

Meski punya banyak keunggulan (drop point tanpa hari libur, lacak paket cepat dan mudah), namun masih banyak customer yang mengajukan komplain ke J&T Express. Mungkin termasuk kamu juga?

Jika iya, maka kamu sedang berada di laman yang tepat. Sebab, kami sudah merangkum semua informasi yang kamu butuhkan untuk menanyakan dan mengajukan keluhan ke J&T. Meliputi:

  • Persiapan yang perlu dilalui sebelum menghubungi pihak J&T Express,
  • Cara menghubungi CS J&T + template pesan agar cepat dibalas.
  • Cara melaporkan kurir J&T jika terdapat tindakan kurang menyenangkan

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti bisa kamu temukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai.

 

(Penting) Sebelum Kirim Komplain ke J&T

Setidaknya ada 2 persiapan yang perlu dilalui sebelum mengirim keluhan ke CS J&T, yaitu:

  • Rutin melakukan tracking barang di situs resmi / pihak ketiga,
  • Mencatat setiap keluhan yang dialami olehmu saat pengiriman.

Untuk penjelasannya, baca sesi berikut ini..

Rutin Cek Resi

Melacak barang J&T bisa kamu lakukan melalui beberapa cara: (1) Web resmi (jet.co.id), (2) Web pihak ketiga (pluginongkoskirim.com), (3) Aplikasi J&T, (4) Drop point J&T.

Kami juga sudah membuat postingan khusus perihal cara melacak barang J&T Express pada postingan berikut: Cara Cek Resi J&T.

Namun supaya lebih jelas, kami berikana contoh untuk cek resi menggunakan website pihak ketiga, yaitu PluginOngkosKirim.com. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman ini → pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pilih Kurir J&T dan masukkan No Resi. Jika sudah, klik tombol Lacak.
  3. Selesai! Barang kami sudah berhasil dilacak dan akan terlihat status pengirimannya.

Jika kamu ingin tahu maksud dan arti status pengiriman J&T, kamu juga bisa simak Arti Kode & Istilah Pengiriman J&T Express (Beserta Penjelasan).

Catat Keluhan

Persiapan berikutnya adalah mencatat kendala yang sedang kamu alami. Untuk hal ini, kami coba merangkumnya menjadi 3 kendala utama (yang seringkali dialami oleh customer J&T), yaitu:

[su_list icon=”icon: remove” icon_color=”#d80006″]
  • Paket belum sampai,
  • Barang hilang entah ke mana,
  • Barang yang diterima dalam keadaan rusak.
[/su_list]

Khusus untuk komplain hilang dan rusak, ada cara penanganannya tersendiri. Biasanya, nanti akan dipandu untuk mengklaim asuransi (jika kamu menggunakannya) sebagai ganti rugi.

Ketika mengecek paket, terkadang kita mendapati kalau paket tidak bergerak. Lalu, apa yang harus dilakukan jika paket J&T tidak bergerak?

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengajukan komplain. Dengan begitu, petugas J&T bisa segera mencarikan dan membantu pengiriman barang supaya bisa berjalan dengan baik.

Bagaimana cara mengajukan komplain ke J&T? simak caranya di bawah.

Cara Ajukan Komplain J&T Express

Setidaknya ada 4 cara tanya paket j&t express yang bisa kamu lakukan untuk menghubungi atau mengajukan pengaduan ke pihak Customer Care J&T Express, yaitu:

  • Menelepon call center J&T (24 jam),
  • Mengirim email resmi berisi keluhan,
  • Menanyakan lewat media sosial,
  • Mendatangi agen J&T terdekat.

Semua cara ini bisa kamu coba, tapi sesuaikan saja media mana yang nyaman untukmu. Tips Ringkas: Kalau ingin lebih cepat ditanggapi, menghubungi call center J&T sangat direkomendasikan. Namun, kekurangannya: bayar pulsa ?

Untuk penjelasan selengkapnya, baca sesi berikut ya..

Call Center J&T

Customer Care 24 Jam (J&T Express) → 021-8066-1888

Sebelum menelepon, ada baiknya kamu menyiapkan data diri sekaligus identitas barang yang dikirim. Biasanya cukup meliputi hal-hal berikut:

  • Nomor resi yang diterima,
  • Nama, alamat, dan no HP (pengirim dan penerima),
  • Pakai asuransi atau tidak,
  • Ciri-ciri paket yang dikirim.

Jika sudah komplit, ikuti petunjuk di bawah.

  1. Buka ponsel dan dial telepon, masukkan nomor 021-8066-1888 lalu ketuk Telepon.
  2. Setelah tersambung, kamu akan dipandu oleh suara robot untuk memilih layanan. Silakan pilih sesuai dengan keluhan yang kamu alami.
  3. Setelah memilih menu layanan, kamu akan disambungkan ke Customer Service J&T. Silakan ceritakan kronologi pengiriman, sampaikan pula data-data yang sudah dicatat tadi kepada CS. Tanyakan bagaimana solusinya.
  4. Jika sudah, sampaikan terima kasih. Selesai!

Kelebihan menghubungi CS J&T lewat telepon, adalah kamu bisa menyampaikan cerita kronologi dan komunikasi yang terjadi bisa 2 arah. Namun lagi-lagi, kekurangannya, kamu harus keluar biaya pulsa.

(Sayangnya, hingga saat ini, kami belum mendapat informasi berapa biaya per menit yang dikeluarkan – bagian akan di-update jika sudah dapat)

WhatsApp J&T

Nomor WhatsApp J&T → +62 811-8466-188

Tidak sedikit pelanggan J&T yang menanyakan apakah J&T punya WA?

Dengan mengiim pesan WA ke nomor tersebut, pelanggan akan ditangani langsung oleh Customer Service J&T Express.

Jangan lupa Lengkapi data pengiriman seperti Nama, Nomor telepon, dan Nomor resi.
Lengkapi juga dengan informasi pengirim/penerima, nama barang, harga barang, dan alamat jika perlu.

Email Resmi J&T

Email Customer Care J&T Express → jntcallcenter@jet.co.id

Kelebihan mengutarakan keluh kesah lewat email adalah, kamu bisa menambahkan lampiran berupa gambar ciri-ciri packing yang dikemas agar mudah ditemukan. Waktu balasnya tak secepat via telepon, namun persentase dibalas cukup tinggi.

Untuk mengirimkan email, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan: (1) Subjek/Judul, (2) Body.

  • Subjek → Buat menjadi to-the-point.
    Contoh: “[Komplain] Paket Barang Hilang – Mohon Segera Ditanggapi
  • Body → Isikan komplit dan tetap ringkas. Mencakup beberapa hal seperti no resi, identitas pengiriman, dan keluhan.
    Contoh:”Dear CS J&T Express,Perkenalkan nama saya (isi nama kamu), ingin mengajukan komplain terkait pengiriman dengan nomor resi berikut: (isi nomor resi pengiriman). Data diri saya (nama, no HP, alamat lengkap) sebagai penerima barang dan data diri pengirim (isi datanya).Sudah 5 hari yang lalu, penjual mengirim barang ke alamat saya namun hingga sekarang belum diterima. Saya cek di laman tracking J&T, terdapat status barang sudah diterima. Namun dengan nama orang lain dan itu bukan saya atau orang rumah.Karena itu, saya ingin meminta kejelasan dari pihak J&T Express. Jika memang hilang dan ganti rugi, hal apa yang perlu disiapkan agar bisa diproses segera.

    Terima kasih,
    (nama kamu)

Selesai! Kamu tinggal menunggu balasan dari CS J&T dan melanjutkan proses yang perlu dilewati. Sekali lagi, kamu wajib bersabar karena proses antrean email juga cukup banyak dan mereka harus membalas satu per satu.

Media Sosial J&T

Ada banyak sekali media sosial resmi dari J&T Express yang bisa kamu hubungi. Di antaranya:

  • Facebook → /jntexpressindonesia
  • WhatsApp → +62 811-8466-188
  • Twitter → @jntexpressid
  • Instagram → @jntexpressid
  • YouTube → J&T Express Indonesia
  • WeChat → @JTExpressID
  • LINE → @jtexpressid

Untuk tanggapan yang lebih cepat, menurut pengamatan kami, Twitter dan Facebook jauh lebih responsif. Waktu balasnya memang tak secepat lewat telepon, jadi kamu yang sabar menunggu, ya..

Oh iya, selalu siapkan data-data penting seperti yang disampaikan di awal: Nomor Resi, Alamat, No HP, Nama Lengkap.

Drop Point J&T

Cara lain yang bisa juga kamu pakai, cocok untuk kamu yang ingin langsung tau balasan dari pihak J&T. Yaitu datang langsung ke drop point (cabang) terdekat di wilayah kamu.

Caranya bagaimana? Ikuti petunjuk di bawah.

  1. Buka laman berikut → jet.co.id/finddroppoint
  2. Pada kolom pencarian, silakan pilih area Provinsi > Kabupaten/Kota. Lalu, klik tombol Cari.
  3. Silakan pilih kantor mana yang paling dekat dengan lokasimu saat ini. Di situ juga sudah tertera keterangan No HP masing-masing agen J&T yang dapat dihubungi.
  4. Selesai!

Cara Menghubungi Kurir J&T Express

Ketika menunggu paket datang, banyak yang ingin menghubungi kurirnya secara langsung.

Mungkin kamu juga penasaran, Apakah bisa menghubungi kurir J&T? Ada beberapa cara untuk menghubungi kurir secara langsung, mulai dari menggunakan aplikasi, bertanya ke drop point, hingga menanyakan langsung ke kurirnya.

1. Menggunakan Aplikasi J&T

Bagi pengguna setia J&T, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Salah satu fiturnya adalah bsia menghubungi kurir secara langsung.

Namun, aplikasi ini hanya bisa menampilkan nomor kurir ketika barang sudah dikirim oleh kurir. Setelah status pengiriman barang via aplikasi sudah dikirim oleh kurir biasanya ada keterangan “sedang dikirim oleh (nama kurir)”

Nah, baruslah nama kurir atau tanda seru disebelahnya bisa ditap. disitu, akan ditunjukkan profil si kurir, termasuk nomor HPnya.

2. Bertanya ke Drop Point J&T

Selain menggunakan aplikasi, bisa juga menanyakan informasi mengenai kurir di agen/drop point J&T terdekat. Tanyakan ke petugas nomor HP yang sedang mengirim barang.

Tunjukkan nomor resi agar petugas mengetahui kalau kamu memang pelanggan J&T. Kalau keluhanmu mendesak, petugas J&T juga bisa langusng menghubungi kurir.

3. Meyimpan Nomor HP Kurir

Tidak jarang, petugas kurir J&T juga kesultan menemukan alamat rumah. Makannya, terkadang, kurir juga menghubungi pelanggan secara langsung.

Kamu bisa simpan nomor tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain itu, bisa juga menanyakan ke kurirnya secara langsung waktu mengantar barang.

Rangkuman

[su_note]
  • Penting bagimu agar selalu rutin cek resi, karena pihak J&T akan selalu update secara berkala tiap kali paketmu sampai di drop point terdekat, atau saat terjadi kendala pengiriman.
  • Selain rutin cek resi, selalu catat keluhan apa yang kamu alami. Apakah barangnya terlambat dari estimasi (sudah lebih dari 1 minggu), barang yang dikirim hilang, atau bahkan rusak.
  • Untuk mengajukan komplain J&T Express, bisa lewat media berikut: (1) Call Center 021-8066-1888, (2) Email jntcallcenter@jet.co.id, (3) Media sosial FB /jntexpressindonesia, Twitter & IG /jntexpressid, (4) Drop point terdekat.
  • Agar terhindar dari masalah pengiriman, selalu pastikan: (1) Paket sudah di-packing dengan rapi dan tertera alamat jelas, (2) Alamat yang ditulis valid dan lengkap (Nama jalan, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kode pos, dll), (3) Selalu gunakan fitur layanan asuransi agar mendapatkan ganti rugi yang sepadan jika barang hilang/rusak.
[/su_note]

Sekarang sudah tahu kan, bagaimana jika paket J&T diterima orang lain? Kalau paket yang dikirim salah alamat, kamu bisa langsung komplain ke J&T sesuai denan cara yang sudah dijabarkan di atas.

Komplain ke Customer Service ini juga bisa membantu ketika paket J&T tidak bergerak. Petugas J&T bisa membantu mencarikan barang dan mengirikan barang tersebut.

Seperti kita ketahui bersama, Customer Service (CS) J&T Express beroperasi 24 jam (khusus untuk Call Center). Maka, kamu bisa manfaatkan fasilitas ini untuk menyampaikan keluhan yang kamu alami.

(Asal sudah siap dengan konsekuensi: bayar pulsa tiap menitnya ?)

Mungkin cukup sampai di sini dulu, ya. Jika ada pertanyaan, sampaikan saja lewat kolom komentar atau ketuk DM Instagram @PintarJualan.id. Di situ, kami juga sering diskusi seputar ? jualan online cepat laku. Kalau mau gabung, Follow (?) ya!

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
J&T
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

12 Comments

  1. Avatar of dian DIAN berkata:

    wahai J&T YG TUKANG JANJI MANIS TAPI PALSU
    PAKETAN SAYA NO. RESI JD0214415294 SAMPE SKR BELUM SAMPE
    TOLONG BANTU SAYA, SAYA HARUS GMN?

    1. Avatar of anisa juniardi Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Dian, apakah paketnya sudah diterima sekarang? Kalo belum juga, kakak bisa langsung ke drop point atau agen JNT Express terdekat ya Kak saran kami.

  2. Avatar of zainal aripin Zainal Aripin berkata:

    JT express Bali membuat laporan bahwa barang yang dikirim sudah diterima yang bersangkutan tanggal 9 Maret 2022 padahal belum diantarkan sampai tanggal 10 Maret 2023. Apa begini pelayanan prima JT exepress sekedar laporan asal atasan senang, tetapi dikotori dengan ketidakjujuran. kode pengiriman saya adalah JP2176865215

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Kak, coba cek resinya terlebih dahulu. Setelah itu datangi kantor agennya. Nah, langsung lakukan komplain aja Kak atau ambil paket di tempat. Dijamin..

  3. Avatar of zainal aripin Zainal Aripin berkata:

    Bagaimana JT Exepress tanggapannya atas keluhan pelanggan, apakah kolom pengaduan ini hanya sekedar basa-basi dan keranjang sampah. Kalau ada iktikad baik seharusnya pihak perusahaanlah yang mengkonfirmasi kepada pelaksana, bukan pelanggan.

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Maaf, Kak.. mohon maaf sebelumnya. Tapi kakak salah alamat. Silakan komplain langsung ke kantor agennya ya Kak. Kami aslik dah gatau apa apa.

  4. Avatar of agus muslim agus muslim berkata:

    sy beli barang dari jakarta sarung bhs jumlah 11, 1 dus isinya 10, 1yang sisanya di luar dus itu barang harganya 650000, hilang di perjalan , sy tanya ke kuril barangnya yang datang dari jakarta cuma satu tidak ada yang lain , pas sy cek pastiknya yang bawah sobek gimana ini min bisa terjadi

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Hai Kak Agus, sebelumnya mimin turut prihatin ya. Tapi maaf Kak, kami tidak ada sangkut pautnya dengan JNT Express. Tapi dengan kejadian yang Kakak alami, kemungkinan tergores karena kondisi overload, barang jualan hampir dilempar/dibanting Kak. Langsung ajukan asuransi Kak.

  5. Avatar of i wayan wiradana I Wayan Wiradana berkata:

    Dalam 1 bulan terakhir ini barang yang saya pesan di Shopee yg dikirim lewat J & T Economy tidak pernah sampai. Kurir tidak pernah menghubungi saya ataupun datang ke alamat saya tahu-tahu barangnya dikembalikan lagi ke penjual. Silakan cek Resi JP8635427410, JP4615590890, JP0094097710, JP4045082602. Saya member gold di Shopee. Ini adalah kejadian KE 6 kalinya selama berlangganan di Shopee, sebelumnya tidak pernah ada masalah. Ini sepertinya KURIRnya nggak beres

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Mimin cm bisa bilang, maaf ya kak Wayan ini harus terjadi ke Kakak. Kalo memungkinkan, saran mimin, kakak bisa datengin kantor agen JNT terdekat atau kantor JNT yang drop barang tersebut terakhir kali. Bisa juga kirim pengaduan ke media konsumen, Kak. Semoga peketnya kembali ke Kakak ya ^^

  6. Avatar of kiki kiki berkata:

    kemarin aku ada paket COD , padahal aku gak pesan , soalnya aku kerja dibayarlah paket itu,
    padahal alamat yang dikirim beda sesuai alamat yang aku tulis ditiktok..
    GILA penipuan model apa ini , ga kasihan perusahaannya ya ..

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      kak, kalo ada kasus kayak gini, paketnya jangan diterima. Balikin ke kurirnya. Lagi marak banget penipuan via COD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *